Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 4 Kelebihan Business Process Outsourcing (BPO)

4 Kelebihan Business Process Outsourcing (BPO)

26 Januari 2023

Image of 4 Kelebihan Business Process Outsourcing (BPO)

Business Process Outsourcing (BPO) merupakan jenis praktik dalam suatu perusahaan ketika beberapa tugas dan proses bisnisnya dialihkan ke pihak penyedia jasa BPO. Proses ini juga dilengkapi kontrak yang disepakati kedua belah pihak, sehingga fungsi dan tujuan yang diinginkan oleh pihak pertama dapat tercapai.  

BPO mempunyai banyak fungsi dan kelebihan yang berdampak positif untuk suatu perusahaan bisnis pada waktu-waktu krusial. Salah satu fungsi utamanya adalah memastikan Business Process Management (BPM) terealisasi sesuai target. Selain itu, apa saja kelebihan dari BPO? Simak langsung empat kelebihan BPO melalui penjelasan di bawah ini! 

  1. Lebih hemat biaya

 

Saat bobot pekerjaan perusahaan sedang naik dan tidak setara dengan jumlah karyawan, maka perusahaan mungkin akan melakukan rekrutmen karyawan baru. Namun, hal ini tentunya menguras biaya dan waktu karena perusahaan mesti melakukan training pegawai baru. Oleh karena itu, perlu dipikirkan kembali jalan lain yang lebih praktis.  

Dengan BPO, perusahaan tidak perlu membuang waktu dan biaya lebih untuk melakukan perekrutan dan pelatihan karyawan baru. Penyedia jasa BPO sudah menyediakan tenaga kerja yang experienced dan eligible, tanpa harus di-training dari awal. Dengan demikian, pekerjaan dapat diselesaikan dengan proses dan biaya yang lebih efisien.  

  1. Meningkatkan produktivitas

 

Dengan bantuan dari penyedia jasa outsourcing, maka tugas-tugas perusahaan dapat di-cover oleh pihak ketiga ini. Sehingga, lebih banyak waktu untuk mengembangkan bisnis utamanya. Selain itu, perusahaan juga lebih fokus kepada produktivitas divisi lain yang benar-benar membutuhkan perhatian penuh. 

Ketika masing-masing divisi sudah mendapat perhatian yang cukup, proses bisnis akan lebih efisien dan efektif. Pada akhirnya, praktik business process outsourcing dapat mewujudkan hasil pekerjaan yang lebih baik dan praktis untuk bisnis Anda. Artinya, Anda dapat lebih memperhatikan bagian-bagian yang krusial sembari memantau pekerjaan yang dilakukan oleh BPO. 

  1. Perusahaan dapat lebih fokus pada inti bisnis

 

Produktivitas yang  telah berkembang berkat adanya bantuan dari penyedia jasa outsourcing ini membuat perusahaan untuk memfokuskan tanggung jawab pada praktik bisnis utama. Sebab, proses front dan back-office yang biasa dilakukan secara mandiri oleh perusahaan telah didukung penuh oleh penyedia jasa outsourcing dalam masa waktu tertentu. 

Di samping itu, inti bisnis adalah faktor utama dari penghasilan perusahaan. Naik turunnya suatu perusahaan juga dititikberatkan pada inti bisnis perusahaan. Para eksekutif juga perlu fokus secara penuh pada inti bisnis perusahaan, sehingga sangat bijak kalau Anda menerapkan praktik business process outsourcing untuk divisi di luar inti bisnis agar output lebih maksimal. 

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan

 

Salah satu contoh jenis tugas yang dapat di-handle oleh business process outsourcing adalah peningkatan kepuasan pelanggan. Dengan begitu, customer experience management yang termasuk ke dalam business process management harus turut dipertimbangkan. Hal ini merupakan titik krusial pada perusahaan karena business process management yang baik dapat menentukan kesuksesan suatu bisnis.  

Cara paling umum untuk meningkatkan kepuasan pelanggan adalah membangun komunikasi yang baik dengan mereka. Pasalnya, berkomunikasi secara interaktif dengan pelanggan adalah bentuk usaha nyata dan kontinu dalam peningkatan kualitas pelayanan. Supaya hasil kualitas pelayanan perusahaan dapat berkembang, Anda dapat meminta layanan outsourcing kepada penyedia jasa BPO profesional. Salah satu contoh perusahaan BPO professional terkemuka yang menyediakan jasa customer experience adalah VADS Indonesia 

Setelah membaca penjelasan di atas, terbukti bila praktik business process outsourcing memang sangat penting untuk menyukseskan business process management bisnis Anda. Salah satunya melalui kiat peningkatan kualitas pelayanan pelanggan. Nah, agar Anda dapat lebih fokus mengurus inti bisnis, VADS Indonesia dapat menjadi solusi yang sangat tepat untuk kebutuhan customer experience management perusahaanmu. Majukan perusahaan Anda dengan menggunakan business process outsourcing dari VADS Indonesia, penyedia jasa outsourcing yang kredibel dan tepercaya! Klik di sini untuk informasi selengkapnya! 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik