Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Apa Itu Call Center: Pengertian, Fungsi, dan Tugasnya

Apa Itu Call Center: Pengertian, Fungsi, dan Tugasnya

01 November 2021

Image of Apa Itu Call Center: Pengertian, Fungsi, dan Tugasnya

Apa itu call center? Sebenarnya, apa fungsi call center di sebuah perusahaan? Bagi sebuah perusahaan, keberadaan klien atau pelanggan sangatlah penting. Tanpa adanya pelanggan, perusahaan mustahil bisa berkembang.

Maka dari itu, menjaga hubungan baik dengan pelanggan merupakan sebuah keharusan. Adanya call center akan membantu Anda menjalankan fungsi tersebut. Call center akan berperan sebagai jembatan yang menghubungkan Anda dengan para pelanggan. Untuk menjawab pertanyaan apa itu call center dan fungsinya di perusahaan, mari simak penjelasan berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan call center?

Apa itu call center? Call center sendiri merupakan frasa dalam bahasa Inggris yang berarti “pusat panggilan”. Seperti namanya, call center  merupakan suatu bagian dalam perusahaan yang menjadi pusat untuk menerima atau melakukan panggilan.

Umumnya, call center di sebuah perusahaan merupakan sebuah bentuk layanan kepada pelanggan. Melalui call center, pelanggan dapat berkomunikasi dengan perusahan. Entah itu memberikan feedback, melayangkan komplain, atau bahkan menanyakan informasi terkait produk yang dijual.

Pada model konvensional, call center dilakukan oleh internal perusahaan. Artinya, perusahaan merekrut karyawan yang diberi job desc sebagai call center. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, call center juga bisa dialihdayakan kepada pihak ketiga di luar perusahaan.

Fungsi call center di perusahaan

Lalu, apa fungsi dari call center itu sendiri? Fungsi call center berhubungan erat dengan komunikasi terhadap pelanggan, berikut rinciannya:

  1. Sebagai penghubung antara perusahaan dan pelanggan.
  2. Sebagai pemberi informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan terkait dengan produk perusahaan.
  3. Menjalankan aktivitas pemasaran (marketing) kepada calon pelanggan melalui sambungan telepon.
  4. Melakukan riset pasar dengan menganalisis data yang didapat dari komunikasi terhadap pelanggan.

Tugas dan tanggung jawab call center

Setelah membahas tentang apa itu call center berikut dengan fungsinya, sekarang mati membahas tentang tugas dan tanggung jawabnya. Tugas utama call center sendiri adalah menerima dan menjawab panggilan dari pelanggan sehingga terjadi komunikasi dua arah antara pelanggan dan perusahaan. Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab yang diemban call center:

  1. Menerima dan menjawab panggilan yang masuk ke perusahaan.
  2. Mendengarkan keluhan yang diajukan oleh pelanggan dengan saksama.
  3. Memberikan solusi atas keluhan yang diajukan pelanggan.
  4. Menyampaikan informasi lengkap mengenai produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.
  5. Menanggapi seluruh panggilan pelanggan dengan layanan yang baik, cekatan, ramah, dan tentunya solutif.

Di samping tugas tersebut, ada kalanya call center juga harus melakukan panggilan keluar. Panggilan tersebut ditujukan kepada calon pelanggan dan merupakan salah satu bentuk marketing perusahaan.

Jenis-jenis call center

Call center sendiri ada bermacam-macam jenisnya. Berikut adalah beberapa jenis call center yang umum ditemukan di perusahaan Indonesia:

  • Pusat panggilan masuk (inbound call center) - Merupakan jenis call center yang paling umum diterapkan di perusahaan. Pusat panggilan masuk bertugas menerima seluruh panggilan yang masuk ke perusahaan.
  • Pusat panggilan keluar (outbound call center) - Kebalikan dari pusat panggilan masuk. Fungsi call center jenis ini justru melakukan panggilan keluar. Umumnya, panggilan dilakukan untuk menghubungi calon pelanggan.
  • Pusat panggilan domestik - Call center domestik memiliki tugas spesifik, yaitu untuk menerima panggilan masuk dengan nomor dari negara yang sama.
  • Pusat panggilan internasional - Sama seperti namanya, pusat panggilan internasional bertugas untuk menerima panggilan dari nomor luar negeri. Call center jenis ini umum ditemukan pada perusahaan multinasional.

Alasan perusahaan membutuhkan call center

Mengapa sebuah perusahaan harus memiliki call center? Dengan adanya call center, maka Anda bisa menjaga hubungan dengan pelanggan. Anda bisa memastikan apakah pelanggan puas dengan produk atau justru menemukan kesulitan dalam menggunakan produk dari perusahaan.

Kualitas yang baik dengan pelanggan akan meningkatkan potensi repeat order dari pelanggan. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika pelanggan akan menjadi “marketing” perusahaan karena merasa puas dengan produk Anda. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan kepuasan pelanggan sekaligus meningkatkan penjualan dan bahkan mencapai efisiensi bisnis.

 

Dari ulasan mengenai apa itu call center dan fungsinya ini, bisa diketahui bahwa peran call center ternyata sangat penting bagi sebuah perusahaan. Pasalnya, call center adalah jembatan penghubung antara perusahaan dan pelanggan. Call center menjadikan komunikasi dengan pelanggan terjalin baik.

Ingin memiliki call center untuk bisnis Anda sendiri, tapi belum memiliki resources yang menjanjikan? Tak perlu khawatir, VADS Indonesia melalui Contact Center Services siap membantu Anda. Melalui layanan tersebut, Anda bisa memilih jenis call center yang sesuai dengan perusahaan saat ini. Klik di sini untuk konsultasi langsung mengenai Contact Center Services dari VADS Indonesia!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik