Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Seberapa Pentingkah ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Suap bagi Perusahaan?

Seberapa Pentingkah ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Suap bagi Perusahaan?

14 Februari 2023

Image of Seberapa Pentingkah ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Suap bagi Perusahaan?

Penyalahgunaan kekuasaan untuk keuntungan pribadi atau kelompok merupakan salah satu masalah yang kerap kali ditemukan di dunia. Contoh dari penyalahgunaan kekuasaan tersebut adalah korupsi dan penyuapan. Kegiatan tersebut tidak hanya terjadi di departemen administrasi dan politik saja, namun terjadi juga di asosiasi perdagangan dan juga perusahaan. Suap antara atasan dan bawahan maupun antar mitra bisnis dengan tujuan mendapatkan keuntungan dan mendapatkan beberapa jabatan senior di organisasi perusahaan merupakan hal yang sering terjadi.

Untuk mencegah kegiatan tersebut, Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) telah menerbitkan sistem yang dirancang khusus untuk membantu perusahaan menerapkan dan meningkatkan program anti korupsi, yaitu Sistem Manejeman Anti Suap ISO 37001. Standar ini didasari pada fenomena korupsi yang semakin meningkat di seluruh dunia. Melalui ISO 37001 perusahaan dapat membuat kebijakan yang dapat mencegah tindak penyuapan melalui beberapa cara seperti mengidentifikasi adanya risiko, menganalisis, dan melakukan evaluasi.  ISO 37001:2016 dapat membantu perusahaan memberikan jaminan keamanan sebagai perusahaan yang bersih dari penyuapan kepada pihak ketiga atau proyek kerja sama yang akan dilakukan kedepannya.

Pengenalan sertifikasi ISO 37001 di perusahaan dapat menjadi perlindungan untuk mencegah penyuapan di organisasi/perusahaan dan mitra bisnis lainnya. Pemantauan rutin dan audit internal rutin wajib dilakukan sebagai bukti komitmen perusahaan dalam memerangi suap, selain audit rutin dengan metodologi Plan Do Check Action (PDCA). Berikut adalah beberapa manfaat penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan:

  1. Memperkuat sistem manajemen perusahaan

Organisasi dapat langsung merasakan manfaat ISO 37001 berkat peningkatan sistem manajemen organisasi. Perusahaan yang telah mendapatkan sertifikasi anti penyuapan memiliki peluang yang lebih baik untuk mengurangi risiko penyuapan.

Penguatan sistem manajemen organisasi mempengaruhi berbagai bidang di dalam dan di luar perusahaan. Beberapa di antaranya adalah penghematan biaya, upaya menghindari masalah hukum, atau penanganan konflik kepentingan.

  1. Menunjukkan kompetensi perusahaan terhadap undang-undang yang berlaku

Peraturan perundang-undangan di Indonesia sudah jelas bahwa suap merupakan pelanggaran hukum. Siapapun yang terlibat suap, baik perusahaan maupun organisasi, harus berhadapan dengan hukum jika terbukti bersalah.

Penerapan standar SMAP ISO 37001 menunjukkan bahwa perusahaan mematuhi undang-undang dan peraturan tertentu. Standar ini memang tidak menjamin praktik suap akan hilang sama sekali dari perusahaan, namun dengan menggunakan ISO 37001 dapat meminimalisir permasalahan hukum yang muncul dalam bentuk suap.

  1. Mempermudah perusahaan memantau dan mengelola risiko organisasi dan jaringan rantai pasokan

Standar ISO 37001 merupakan keterlibatan aktif para pelaku bisnis dan berbagai organisasi dalam meminimalisir kasus suap di Indonesia. Hal ini dimungkinkan karena pemberlakuan standar ini akan memaksa pemberi kerja untuk memantau dan mengelola lebih dekat risiko terkait penyuapan di dalam perusahaan.

Tidak hanya memantau dan mengelola risiko suap internal, tetapi perusahaan bersertifikat ISO 37001 dapat melakukan hal-hal yang terkait dengan jaringan rantai pasokan mereka. Pemantauan dan pengendalian risiko ini tidak terjadi sendiri, melainkan melibatkan kerjasama antar pemangku kepentingan.

  1. Menilai kewajiban subkontraktor, agen dan pemasok

Manfaat penerapan standar ISO 37001 juga dapat digunakan untuk menilai secara akurat seberapa besar komitmen mitra seperti pemasok, subkontraktor atau distributor dan agen. Menerapkan sistem manajemen anti suap yang optimal mencegah terjadinya gangguan pada perusahaan ketika muncul masalah pada rantai pasok. Langkah ini meningkatkan bisnis dan menghindari penyuapan. 

  1. Meningkatkan kredibilitas perusahaan

Menerapkan standar ISO 37001, konsumen akan melihat bahwa perusahaan memiliki komitmen terhadap anti penyuapan atau anti korupsi sehingga tidak akan ragu untuk membeli produk dan layanan dari perusahaan tersebut. Hal itu karena adanya jaminan kualitas dan juga proses produksi yang andal sehingga keamanannya cukup baik dan akan meningkatkan kepuasan konsumen di kemudian hari. Keuntungan lainnya yang akan berdampak adalah perusahaan memiliki brand image yang baik. Sehingga tidak hanya citra perusahaan yang baik, namun keuntungan perusahaan juga akan terus meningkat.

Saat ini, PT VADS Indonesia menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001:2016 sebagai bentuk komitmen untuk menjalankan bisnis dengan selalu mengedepankan etika dan kejujuran. Dengan tersertifikasinya Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001:2016, maka para mitra dan stakeholder mendapatkan jaminan bahwa PT VADS Indonesia telah melaksanakan praktik kontrol anti penyuapan yang diakui secara internasional dan nasional.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik