Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 4 Strategi Digital Marketing untuk Campaign Produk Baru Anda

4 Strategi Digital Marketing untuk Campaign Produk Baru Anda

28 Maret 2023

Image of 4 Strategi Digital Marketing untuk Campaign Produk Baru Anda

Bagaimana suatu produk baru bisa diketahui oleh target konsumen jika tidak ada campaign khusus? Adanya campaign dapat membantu penjualan produk baru, terutama jika diterapkan dengan strategi digital marketing yang tepat.

Memang, campaign secara offline juga sah-sah saja dilakukan. Namun, apabila dibandingkan, campaign produk baru secara digital dapat dikatakan lebih dinamis dan berkelanjutan daripada kampanye pemasaran secara konvensional. Nah, digital campaign umumnya menggunakan media elektronik dan internet yang bertujuan meningkatkan brand awareness serta brand presence.

Saat mengadakan kampanye pemasaran digital, suatu brand memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk menjangkau audiens idealnya melalui berbagai cara. Media ini termasuk email, media sosial, mesin pencari, PPC, blogging, situs belanja, dan masih banyak lagi. Lantas, bagaimana cara menyusun strategi digital marketing yang efektif untuk produk terbaru Anda?

4 Contoh strategi digital marketing untuk campaign

Terdapat beberapa contoh strategi digital marketing untuk kampanye produk terbaru perusahaan Anda. Dengan begitu, Anda dapat membuat kampanye yang tak hanya menarik, tapi juga sesuai kebutuhan target pasar. Berikut beberapa contohnya:

  1. Video marketing

Sesuai namanya, video marketing adalah strategi digital marketing yang menggunakan video untuk menjangkau target pasar secara efektif. Melalui video marketing, Anda dapat memperluas jangkauan konsumen, meningkatkan pendapatan, serta memperluas kampanye. Termasuk dalam salah satu strategi content marketing, video marketing fokus pada pembuatan video yang informatif dan berharga untuk target audiens.

Melalui video tersebut, Anda dapat menarik perhatian target audiens untuk menggunakan produk baru sambil memberikan edukasi kepada mereka dalam waktu bersamaan. Video marketing sering digunakan oleh produk-produk besar yang menyewa artis top untuk menjadi model dalam mempromosikan produk lewat video singkat yang menarik.

  1. Influencer marketing

Influencer marketing merupakan strategi digital marketing di mana Anda bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk terbaru. Dengan membayar sejumlah dana tertentu untuk beberapa postingan dalam kurun waktu tertentu, influencer akan mempromosikan produk Anda melalui social media. Influencer yang memiliki banyak followers diharapkan dapat menarik perhatian target konsumen untuk membeli produk terbaru Anda.

  1. Content marketing

Contoh strategi digital marketing yang berikutnya adalah melalui pembuatan konten atau disebut juga strategi content marketing. Dalam hal ini, konten yang dimaksud bermacam-macam, mulai dari video seperti yang disebutkan di atas, foto, hingga artikel SEO.

Hindari untuk selalu membuat konten yang bersifat promosi. Sesekali, Anda dapat menghadirkan konten bersifat edukatif, informatif, hingga yang cenderung fun seperti kuis atau giveaway. Cara ini begitu efektif untuk meningkatkan engagement target konsumen.

Tips agar digital campaign Anda berhasil

Terdapat sejumlah tips yang dapat Anda terapkan agar digital campaign produk baru bisnis Anda bisa berjalan efektif dan berhasil menjangkau target pasar. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Lakukan riset terhadap target market

Tips pertama adalah melakukan riset terhadap target pasar. Dengan semakin berkembangnya era digitalisasi, Anda dengan mudah mendapatkan data tentang perilaku hingga kebutuhan target pasar secara cepat dan akurat. Sehingga, strategi digital marketing hingga produk yang diproduksi akan sesuai dengan kebutuhan target pasar.

  1. Tetapkan tujuan

Setelah mendapatkan data target pasar, tetapkan tujuan digital marketing bisnis Anda. Sebagai contoh, tetapkan apakah Anda bertujuan untuk meningkatkan traffic dari target pasar, meningkatkan engagement, atau langsung memasang target tinggi untuk mendapatkan keuntungan secepat-cepatnya.

Setiap tujuan pemasaran media sosial Anda haruslah SMART: spesifik, measurable (terukur), achievable (dapat dicapai), relevan, dan terikat waktu. Dengan menetapkan tujuan tersebut, maka strategi digital marketing akan lebih terarah.

  1. Evaluasi strategi yang sudah berjalan

Pastikan juga Anda selalu melakukan evaluasi terhadap strategi yang sudah berjalan. Dengan begitu, Anda dapat mengganti strategi yang dianggap tidak efektif dan menyusun strategi terbaru bersama tim marketing. Setelah itu, lakukan evaluasi serupa dalam kurun waktu tertentu untuk memastikan strategi digital marketing perusahaan dapat mencapai target yang sudah ditetapkan.

  1. Manfaatkan tool jika dirasa perlu

Jangan ragu memanfaatkan tool yang diperlukan untuk memastikan strategi digital marketing Anda sudah sesuai rencana. Tool ini bermacam-macam, misalnya Google Ads untuk riset keyword artikel sekaligus memasang iklan, hingga tool social media management jika Anda punya lebih dari satu akun media sosial. Penggunaan tool akan memudahkan Anda untuk mengelola dan mengeksekusi digital campaign secara lebih efektif dan efisien.

Strategi digital marketing harus disusun secara efektif agar kampanye produk terbaru perusahaan dapat berjalan baik dan mencapai keuntungan sesuai target. PT VADS Indonesia dapat membantu kampanye produk terbaru Anda dengan layanan Digital Campaign.

Melalui layanan tersebut, kampanye produk Anda akan dilakukan secara efektif melalui social media hingga berbagai strategi lain seperti pembuatan video, content, atau menggunakan jasa influencer. Sehingga, kampanye produk terbaru Anda akan berjalan dengan baik dan menjangkau target pasar dalam waktu cepat. Segera klik di sini untuk mengetahui info selengkapnya!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik