Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Alasan Penggunaan Kecerdasan Buatan Untuk Kembangkan Digital Marketing

Alasan Penggunaan Kecerdasan Buatan Untuk Kembangkan Digital Marketing

16 Mei 2022

Image of Alasan Penggunaan Kecerdasan Buatan Untuk Kembangkan Digital Marketing

Kecerdasan buatan merupakan sebuah teknologi baru berupa simulasi proses kecerdasan manusia oleh mesin atau kemampuan program komputer. Siri milik Apple yang memahami dan menerima perintah verbal adalah salah satu contoh kecerdasan buatan. Penerapan teknologi kecerdasan buatan ternyata juga penting dalam digital marketing untuk mendukung kelancaran bisnis. Berikut beberapa alasan penggunaan kecerdasan buatan untuk mengembangkan digital marketing yang perlu Anda ketahui!

  1. Meningkatkan pengalaman pengguna

Salah satu alasan penggunaan kecerdasan buatan untuk kembangkan digital marketing adalah dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Kecerdasan buatan meningkatkan pengalaman pengguna dengan memungkinkan pembuatan konten relevan untuk mereka. Itu karena kecerdasan buatan mampu mengumpulkan data dan memutuskan jenis konten yang paling sesuai berdasarkan beberapa kriteria seperti lokasi, data historis, dan perilaku masa lalu pengguna.

Kesuksesan strategi digital marketing sangat bergantung pada pengalaman pengguna dan kecerdasan buatan membantu meningkatkan aspek ini. Bisnis yang menyuguhkan konten relevan tentu saja memberikan kesan pada pengguna bahwa brand tersebut khusus dibuat untuk mereka sehingga memberikan kesan eksklusivitas. 

Salah satu contoh penggunaan kecerdasan buatan untuk meningkatkan pengalaman pengguna adalah fitur virtual makeup try on untuk mencoba makeup secara virtual. Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah menentukan cocok atau tidaknya sebuah makeup tanpa harus mencoba produk tersebut secara langsung. Pengguna yang lebih suka belanja online tanpa datang ke toko fisik dapat memanfaatkan fitur ini dan merasa lebih puas melakukan transaksi pembelian.

  1. Promosi lebih tepat sasaran

Dalam aktivitas pemasaran, promosi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengenalkan produk oleh perusahaan. Tujuannya adalah untuk menarik minat pembeli sehingga produk yang dijual dapat diterima dengan baik oleh pembeli. Kegiatan untuk meningkatkan barang atau jasa ke arah yang lebih baik ini dapat memengaruhi, menyampaikan sesuatu, membujuk, dan meningkatkan pasar sasaran bisnis. Semakin tepat sasaran suatu promosi dilakukan, maka akan semakin tinggi pula peluang promosi mendatangkan pelanggan. 

Kecerdasan buatan dapat membantu promosi yang lebih tepat sasaran karena teknologi ini memungkinkan perusahaan menganalisis jenis dan target promosi yang lebih strategis. Kecerdasan buatan juga mampu mengakses data yang luas sehingga memungkinkan perusahaan untuk menggali potensi pelanggan yang lebih besar. Penggalian potensi pelanggan ini dilakukan lewat pencarian kata kunci, profil pengguna, serta berbagai data online lainnya.

  1. Kemampuan memprediksi customer behaviour

Kecerdasan buatan juga memiliki kemampuan memprediksi customer behavior atau perilaku pelanggan. Sebab, kecerdasan buatan bisa mengumpulkan berbagai informasi mengenai pengguna di internet dengan bantuan platform manajemen data (DMP). Dengan demikian, bisnis Anda dapat mempersonalisasi kebutuhan pengguna secara otomatis lewat profil dan situs apa saja yang mereka kunjungi. Hasilnya, Anda dapat menargetkan prospek pelanggan potensial dan meningkatkan potensi konversi lewat strategi digital marketing yang efektif.

  1. Meningkatkan ROI

ROI dapat meningkat dengan bantuan kecerdasan buatan karena teknologi ini terus mengumpulkan, menganalisis, serta menafsirkan data agar dapat digunakan untuk keuntungan bisnis. Kecerdasan buatan membantu memperkirakan penjualan dan ROI sehingga bisnis bisa menyusun strategi digital marketing yang tepat. Di samping itu, kecerdasan buatan juga membantu bisnis menghemat anggaran pemasaran dengan cara menghemat waktu dan biaya pemasaran, serta membuat pelanggan pelanggan lebih efisien dan personal.

  1. Pengambilan keputusan lebih mudah

Alasan penggunaan kecerdasan buatan untuk mengembangkan digital marketing yang terakhir adalah membantu pengambilan keputusan yang lebih mudah. Dengan menghilangkan kesalahan manusia dan menganalisis sejumlah besar data dengan cepat dan terus-menerus, kecerdasan buatan memberi bisnis berbagai informasi dan solusi terstruktur untuk masalah yang timbul.

Contohnya, saat bisnis mempertimbangkan untuk meluncurkan produk baru ke pasar baru, menyusun strategi digital marketing yang tepat bisa menjadi tantangan. Kecerdasan buatan dapat menyederhanakan proses pengambilan berbagai keputusan dengan cara mengumpulkan banyak data berbeda dan melakukan studi interdisipliner. 

Data yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan dapat dimanfaatkan oleh bisnis untuk mengambil keputusan tepat dari tahap pengembangan produk hingga pendekatan digital marketing untuk promosi produk. Kecerdasan buatan juga mengoptimalkan berbagai jenis prediksi dan manajemen risiko, misalnya memprediksi dan mengoptimalkan harga dengan bantuan alat AI.

Itulah informasi tentang beberapa alasan penggunaan kecerdasan buatan untuk mengembangkan digital marketing. Jika butuh bantuan dalam mengembangkan digital marketing, Anda dapat menggunakan layanan Digital Marketing dari VADS Indonesia.

Layanan ini membantu Anda membuat dan mempublikasikan kampanye pemasaran melalui berbagai saluran digital. Bisnis Anda pun akan terbantu dalam meningkatkan berbagai aspek, seperti awareness, penjualan, hingga loyalitas pelanggan. Klik di sini jika Anda butuh informasi lebih lanjut mengenai layanan Digital Marketing dari VADS Indonesia dan berbagai layanan menarik lainnya!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik