Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Mengenal Berbagai Istilah dalam Virtual Assistant

Mengenal Berbagai Istilah dalam Virtual Assistant

16 Februari 2021

Image of Mengenal Berbagai Istilah dalam Virtual Assistant

Berbicara dengan virtual assistant menjadi salah satu cara para pelanggan berkomunikasi dengan perusahaan. Virtual assistant juga merupakan salah satu media yang digunakan perusahaan untuk memberikan respons yang tercepat kepada pelanggan dan juga kapanpun pelanggan menghubungi perusahaan. Chatbot dan Voicebot menjadi salah satu trend yang digunakan oleh perusahaan terutama dalam melayani pelanggan memang menjadi salah satu inovasi yang diminati baik oleh perusahaan maupun pelanggan.

Cara kerja Chatbot dan Voicebot memungkinkan komputer atau mesin dapat merespon percakapan dengan memahami, belajar, dan juga berinteraksi layaknya seorang agen contact center. Hal ini berkat kemampuan Chatbot dan Voicebot yang disisipkan Artificial Intelligence didalamnya sehingga dapat terus belajar dan berkembang dalam merespons percakapan pelanggan.

Berikut in merupakan beberapa terminologi umum terkait Chatbot dan Voicebot yang bisa Anda pahami ketika berhubungan dengan Chatbot dan Voicebot :

  1. Chatbot

Perangkat lunak yang secara otomatis menjawab pertanyaan dari pelanggan dengan menggunakan bahasa yang alami sebagai komunikasi dan interaksi tersebut.

  1. Voicebot

Merupakan chatbot tingkat lanjut yang berinteraksi dengan pelanggan menggunakan suara atau lisan. Namun bisa juga menggunakan kombinasi suara dan text tertulis atau terkadang tanpa menggunakan grafis apapun atau hanya suara saja.

  1. Artificial Intelligence

Sistem komputer yang mampu melakukan tugas yang membutuhkan kecerdasan manusia seperti pengenalan ucapan, pemahaman, penerjemah bahasa, hingga pengambilan keputusan.  

  1. Machine Learning

Sistem ini didasarkan pada algoritma yang membuat komputer atau mesin mampu belajar secara mandiri dari data yang diberikan. Machine Learning dalam chatbot dan voicebot berfungsi untuk meningkatkan kemampuan chatbot dalam menjawab pertanyaan pelanggan yang kompleks dari waktu ke waktu sehingga dapat melatih mesin merekomendasi dan memberikan jawaban yang tepat saat pelanggan berbicara dengan bot.

  1. Natural Language Processing (NLP)

Dengan kata lain adalah pemrosesan bahasa alami adalah bidang dalam Artificial Intelligence yang berhubungan dengan pengajaran komputer bagaimana dapat memahami dan menghasilkan ucapan dalam bahasa secara alami sehingga seperti berkomunikasi dengan manusia.

  1. Natural Language Understanding (NLU)

NLU adalah subbidang NLP yang berfokus pada pemahaman ucapan manusia yaitu dengan menganalisis dan mengekstraksi informasi darinya. Ini digunakan pada chatbot dan voicebot yang didukung AI untuk memahami pertanyaan pelanggan dan menjawabnya dengan tepat.

  1. Deep Learning

Algortime yang digunakan dalam pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan untuk mendapatkan wawasan.

  1. Image Recognition

Proses mengidentifikasi dan mendeteksi objek atau fitur gambar dan video digital untuk melakukan tugas visual berbasis mesin.

  1. Voice Recognition

Suatu pengembangan teknik dan sistem yang memungkinkan komputer untuk menerima masukan berupa kata yang diucapkan dengan cara digitalisasi kata dan mencocokkan sinyal digital tersebut dengan suatu pola tertentu yang disimpan di dalam perangkat. Hasil dari identifikasi pola tersebut akan terbaca oleh perangkat teknologi sebagai sebuah perintah untuk melakukan sesuatu.

  1. Human Takeover

Jika chatbot gagal, dapat dibackup oleh operator manusia yang mendukung dan mengendalikan percakapan. Faktanya memang chatbot dan voicebot tidak dapat menyelesaikan semua permasalahan terutama masalah yang belum diprogram atau yang lebih kompleks. Sehingga campur tangan manusia sangat membantu dan membuat pengalaman pelanggan tetap berjalan dengan baik (Human Augmented Bot)

Berbagai kemajuan dan perkembangan dalam kecerdasan buatan yang dimiliki Chatbot dan Voicebot membuat perannya semakin penting untuk perusahaan. Chatbot dan Voicebot juga dapat menghasilkan informasi dan juga data yang real time yang dibutuhkan oleh perusahaan sehingga perusahaan dapat meningkatkan layanan pelanggannya dan menghasil produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggannya. Berbagai teknologi yang ada di dalam Chatbot dan Voicebot membuat keduanya dapat merespon dan menanggapi dengan cepat sehingga jumlah percakapan yang diterima semakin meningkat.

VADS Indonesia dapat membantu perusahaan Anda untuk lebih optimal dalam memberikan layanan kepada pelanggan dengan menyediakan solusi Chatbot dan Voicebot serta Human Augmented Bot, yaitu chatbot dan voicebot yang dilengkapi dengan agen contact center untuk mlengkapi layanan pelanggan perusahaan Anda. Segera hubungi marketing@vads.co.id untuk diskusi dan konsultasi mengenai solusi yang tepat untuk meningkatkan layanan pelanggan perusahaan Anda semakin lebih optimal dan lebih produktif serta lebih efisien.

 

 

Source :

Chatbotsjournal.com

Ometrics.com

 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik