Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Top 7 Contact Center Trends 2023 untuk Mengoptimalkan Bisnis Anda

Top 7 Contact Center Trends 2023 untuk Mengoptimalkan Bisnis Anda

10 Januari 2023

Image of Top 7 Contact Center Trends 2023 untuk Mengoptimalkan Bisnis Anda

Pandemi membuat seluruh pergerakan dan pekerjaan di dunia yang dahulunya bersifat tradisional beralih ke digital. Tetapi, perilaku dan ekspektasi pelanggan untuk mendapatkan layanan yang cepat dan efisien tidaklah berubah. Oleh karena itu perusahaan yang menggunakan contact center pun harus mengikuti teknologi terkini, supaya dapat bertahan dan bersaing dengan yang lain. Karena konsumen menilai sebuah merek berdasarkan pada pengalaman mereka, maka transformasi digital ini sangat membantu penilaian mereka terhadap suatu merek, dimana segala keluhan, dan permasalahan mereka dapat segera terselesaikan dengan cepat. 

Untuk memberikan pengalaman pelanggan yang baik dan menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi untuk perusahaan, kita harus terus memantau tren yang saat ini sedang berkembang terutama di industri contact center. Berikut adalah tren contact center di tahun 2023: 

  • Penggunaan AI yang terintegrasi dalam percakapan pelanggan  

artificial intelligence

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah tren yang dapat membantu agen contact center untuk dapat segera mendeteksi sentimen pelanggan dan memberikan feedback. Sehingga layanan pelanggan menjadi lebih berkualitas, cepat, dan baik. Data dari Gartner memperkirakan bahwa tahun 2026, teknologi percakapan menggunakan AI termasuk chatbots dan IVR akan mengurangi biaya tenaga kerja agen sebesar $80 miliar dan dalam beberapa laporan, AI akan meningkatkan produktivitas contact center sebesar 35%.   

  • Remote Contact Center  

remote contact center

Pandemi memicu terjadinya gaya kerja jarak jauh, sehingga membuat agen contact center juga bisa bekerja dari jarak jauh. Menerapkan kerja hybrid dan mobile merupakan salah satu alternatif kerja perusahaan. Manfaatnya adalah pengurangan biaya operasional, agen berkualitas dengan jangkauan yang lebih luas, dan juga perluasan layanan global. Namun terdapat beberapa tantangan yang harus dipertimbangkan seperti menjaga dan memantau tingkat produktivitas, pelatihan dan pengembangan agen, menjaga keamanan data pelanggan, dan komunikasi yang efektif.   

  • Advance Analytics  

analytics

Analytics dapat membantu perusahaan mendapatkan insight mengenai kinerja agen dan juga perilaku pelanggan. Data tersebut membantu perusahaan fokus pada analisis percakapan antara agen dan pelanggan, hanya dengan menggunakan kata kunci atau frasa dan juga melakukan deteksi emosional. Sehingga perusahaan memiliki insight untuk menyelesaikan masalah mereka serta meningkatkan efisiensi dan pengalaman pelanggan. Contact center juga membutuhkan analitik kinerja yang real time untuk menghasilkan laporan produktivitas karyawan demi pertumbuhan dan keberhasilan bisnis. 

  • The Cloud Contact Center  

cloud contact center

Teknologi cloud dapat membantu operasional layanan contact center untuk memastikan transisi model kerja hybrid berjalan lancar. Teknologi cloud dapat menjadi alat manajemen tenaga kerja yang efektif yang memungkinkan agen contact center dapat bekerja jarak jauh, dimana saja dan memberikan layanan pelanggan 24/7. Cloud juga dapat membantu perusahaan untuk membangun alur kerja yang cepat karena dapat menangani volume panggilan yang tinggi. Investasi dalam teknologi cloud dapat membantu perusahaan menciptakan lingkungan kerja yang fleksibel dan meningkatkan keamanan data pelanggan.   

  • Customize Customer Experience  

feedback customer experience

Pengalaman pelanggan yang dapat dipersonalisasi sangat membantu dalam membangun loyalitas pelanggan. Hal ini bisa juga untuk meningkatkan matriks pengalaman pelanggan seperti skor kepuasan pelanggan, tingkat retensi pelanggan, dan lain lain. Berdasarkan data dari McKinsey’s 2021, 71% konsumen mengharapkan pengalaman yang dipersonalisasi. Agen dapat menemukan data pelanggan dalam satu solusi sehingga mereka bisa mempersonalisasi interaksi pelanggan. Personalisasi pengalaman pelanggan dapat menghasilkan ulasan yang positif untuk layanan contact center perusahaan Anda dan bisa menawarkan pengalaman yang lebih kompetitif dibandingkan dengan contact center yang tidak memprioritaskan kebutuhan pelanggan.   

  • Memberikan dukungan dengan Omnichannel  

omnichannel

Omnichannel memungkinkan industri contact center untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di berbagai platform. Dengan cara ini, pelanggan dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai komunikasi dengan perusahaan dan pelanggan tidak perlu mengulang masalah mereka sewaktu mereka beralih dari channel yang satu ke channel yang lain. Sehingga dukungan omnichannel ini menjadi jalan komunikasi yang baik dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.   

  • Contact Center Automation  

automation

Otomasi muncul sebagai salah satu tren utama dalam contact center. Otomasi dapat menghemat biaya dan juga meningkatkan efisiensi. Selain itu dapat menumbuhkan pengalaman pelanggan dengan memberikan solusi yang bisa dipersonalisasi kapan saja. Otomasi juga dapat mengotomatiskan tugas-tugas agen yang repetitif sehinga agen bisa lebih fokus untuk menyelesaikan permasalahan pelanggan. Otomasi dalam contact center bisa dalam aktivitas rutin seperti ekspor laporan data, transfer tiket, dan mempercepat jangkauan dengan dialer prediktif atau IVR.    

Teknologi contact center seperti Robotic Process Automation (RPA) dan Natural Language Processing (NLP) dapat membantu contact center mengotomatisasi tugas rutin yang berulang. Bot RPA dapat menjawab pertanyaan umum pelanggan dan mengeluarkan data pelanggan yang relevan saat melakukan panggilan telepon.   

 

Beradaptasi dengan tren contact center akan membantu perusahaan memenuhi harapan pelanggan dan meningkatkan produktivitas agen untuk menangani semua masalah pelanggan. PT VADS Indonesia menyediakan layanan contact center untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik perusahaan Anda yang dilengkapi dengan banyak channel, fitur yang dapat disesuaikan, dan integrasi platform sehingga memudahkan untuk mengelola semua aktivitas contact center perusahaan Anda.   



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik