Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 3 Tren Pendukung Business Process Outsourcing Indonesia pada 2022

3 Tren Pendukung Business Process Outsourcing Indonesia pada 2022

19 Januari 2022

Image of 3 Tren Pendukung Business Process Outsourcing Indonesia pada 2022

Bagaimana tren Business Process Outsourcing Indonesia pada 2022 ini? Geliat industri Business Process Outsourcing Indonesia semakin terasa. Tahun 2021 membuktikan bahwa Indonesia masih menjadi pasar potensial untuk industri Business Process Outsourcing atau BPO.

Hal ini tentu tak bisa dilepaskan dari tren bisnis yang mengadopsi berbagai jenis inovasi teknologi untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Selain itu, pandemi pun sedikit banyak telah mengubah metode operasional perusahaan dari yang semula manual kini menjadi otomatis. Lalu, bagaimana perkembangan Business Process Outsourcing Indonesia pada 2022?

Apa itu Business Process Outsourcing?

Business Process Outsourcing atau BPO merupakan suatu metode bisnis yang mengalihdayakan proses bisnis perusahaan kepada pihak ketiga. Artinya, perusahaan menyerahkan pengerjaan sebagian proses bisnisnya kepada pihak lain. Dengan begitu, perusahaan bisa fokus pada proses bisnis inti yang lebih penting.

Pemilihan pihak ketiga dalam BPO pun tidak sembarangan. Perusahaan memilih pihak yang memang punya keahlian dalam proses bisnis tersebut. Misalnya, sebuah perusahaan produsen makanan ringan memerlukan layanan contact center. Maka, pihak ketiga yang dicari adalah perusahaan yang menyediakan jasa contact center dan memang telah memiliki pengalaman di bidang tersebut.

Prospek Business Process Outourcing di Indonesia

Lalu, sebenarnya bagaimana prospek Business Process Outsourcing di Indonesia itu sendiri? Prospek BPO di Indonesia sendiri sangat menjanjikan. Ini karena ada banyak sekali bisnis di Indonesia yang sangat dinamis dan cenderung cepat perkembangannya.

Saat sebuah perusahaan berkembang dengan pesat, tentu ada banyak sekali perubahan dalam proses bisnisnya. Bisa jadi akan muncul suatu proses bisnis yang tidak pernah diperhitungkan sebelumnya. Alhasil, perusahaan tidak memiliki sumber daya yang mumpuni untuk menjalankan proses tersebut.

Dalam skenario tersebut, BPO bisa menjadi solusi yang sangat efisien. Perusahaan bisa tetap menjalankan proses bisnis intinya tanpa takut menurunkan kualitas proses bisnis lain yang belum menjadi keahliannya.

Skenario lainnya masih berhubungan dengan tren adaptasi dinamika pandemi. Di masa pandemi seperti sekarang, ada banyak sekali proses bisnis yang mengalami perubahan. Proses yang dulunya dijalankan secara manual, sekarang mau tak mau harus menjadi digital. Di sinilah BPO bisa membantu perusahaan yang memang belum terbiasa dengan proses bisnis digital.

Tren pendukung Business Process Outsourcing Indonesia pada 2022

Lantas, seperti apa tren yang mendukung Business Process Outsourcing Indonesia pada 2022 ini? Berikut adalah tiga tren utama yang akan menjadi pendukung BPO Indonesia pada 2022.

1. Transformasi digital masih terus dijalankan

Transformasi digital masih harus terus dijalankan pada 2022. Sebab, pada tahun ini, adaptasi terhadap dinamika pandemi masih terus berjalan. Menariknya, transformasi digital yang berjalan saat ini tidak hanya memindah kanal-kanal tradisional ke digital. Pada banyak sektor, transformasi digital bahkan mampu memangkas proses manual yang sering kali menghabiskan waktu.

2. Inovasi dan nilai manfaat layanan sebagai pembeda utama

Tingkat persaingan di era digital seperti sekarang ini sangat tinggi. Pemain baru akan terus muncul dan menawarkan keragaman solusi dan tentunya harga bersaing. Oleh karenanya, inovasi serta nilai manfaat layanan akan menjadi hal utama yang membedakan tiap-tiap penyedia layanan BPO pada 2022 ini.

3. Layanan keuangan dan e-Commerce, sektor utama pendorong pertumbuhan bisnis BPO

Diprediksi, tahun 2022 ini akan menjadi tahun gemilang bagi layanan keuangan dan industri e-Commerce. Baik layanan keuangan maupun e-Commerce akan menjadi sektor utama yang mendorong pertumbuhan bisnis BPO. Jika melihat performa bisnis pada 2021 lalu, diperkirakan e-Commerce dan layanan keuangan akan tetap stabil dan bahkan terus tumbuh secara positif.

 

Tahun 2021 lalu, Business Process Outsourcing Indonesia menunjukkan performa positif. Semakin banyak perusahaan yang berkembang dan melakukan transformasi digital untuk meningkatkan produktivitas mereka. BPO terbukti menjadi jawaban yang tidak hanya solutif, tapi juga efisien atas tantangan tersebut.

Ingin meningkatkan produktivitas perusahaan Anda dan melakukan transformasi digital? VADS Indonesia menghadirkan berbagai solusi praktis untuk Anda seperti Contact Center hingga Digital Marketing. Hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi mengenai layanan Business Process Outsourcing yang cocok bagi perusahaan Anda!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik