Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Mengenal 5 Jenis Contact Center untuk Keperluan Bisnis

Mengenal 5 Jenis Contact Center untuk Keperluan Bisnis

12 Januari 2023

Image of Mengenal 5 Jenis Contact Center untuk Keperluan Bisnis

Menjaga kesetiaan pelanggan adalah salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas biaya marketing. Salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan memberikan layanan contact center yang sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan.  

Apa itu contact center? 

Contact center adalah layanan kontak yang menghubungkan pelanggan dengan brand melalui berbagai kanal secara multichannel maupun omnichannel. Contact center dapat berupa telepon, email, SMS, live chat, hingga media sosial. 

Sayangnya, masyarakat kerap salah mengartikan dengan menyamakan contact center dan call center. Padahal nyatanya, call center adalah salah satu bagian dari contact center itu sendiri. Bedanya, call center berpusat pada layanan kontak melalui panggilan telepon. 

Contact center pada dasarnya memiliki beberapa tipe dengan fungsi dan layanan yang berbeda. Oleh karena itu, memahami setiap tipenya akan membantu Anda mengetahui mana yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Berikut ini adalah lima jenis contact center yang perlu Anda ketahui. 

  1. Inbound contact center

 

Inbound contact center lebih banyak dilakukan dengan menerima panggilan telepon. Dengan kata lain, ada sejumlah agen dan perwakilan perusahaan terlatih yang bertugas menjawab telepon dan memberikan layanan penjualan maupun layanan konsumen. 

Pelanggan yang melakukan panggilan telepon biasanya ingin bertanya mengenai produk, bantuan teknis, atau pendampingan mengenai produk dan layanan yang sudah dibeli. Tujuan inbound contact center adalah memberikan respons terhadap masalah pelanggan dengan cepat dan efisien. 

  1. Outbound contact center

 

Outbound contact center adalah kebalikan dari inbound contact center. Perusahaan-lah yang melakukan kontak langsung dengan pelanggan atau calon pelanggan. Tujuannya adalah mendapatkan sales dari pelanggan baru dan yang sudah pernah beli sebelumnya. Beberapa bentuk layanan outbound contact center adalah telemarketing, telesales, dan telereminder 

  1. On-premise contact center

 

Jenis contact center satu ini memanfaatkan tempat kerja milik perusahaan untuk menyimpan semua peralatan contact center. Setiap hardware dan software dioperasikan dan dikelola oleh tim IT dari perusahaan. On-premise contact center mengedepankan keamanan data pelanggan dan perusahaan. Selain itu, kualitas panggilan pun lebih bagus dan dapat diandalkan.  

  1. Cloud-based contact center

 

Disebut juga sebagai virtual call center, cloud-based contact center adalah pusat kontak informasi yang memanfaatkan layanan virtual dalam menjawab setiap pertanyaan pelanggan. Perusahaan memanfaatkan layanan penyedia cloud-based contact center sehingga tidak perlu lagi membeli perangkat dan melatih tenaga kerja. Tim contact center bahkan bisa bekerja kapan saja dan di mana saja selama tersedia layanan koneksi internet yang baik. 

  1. Omnichannel contact center

 

Omnichannel contact center adalah tipe contact center yang paling efektif. Tidak hanya dapat dilakukan dengan melakukan panggilan telepon, omnichannel contact center memungkinkan pelanggan menghubungi brand melalui kanal komunikasi lain seperti email, SMS, live chat, hingga media sosial. Omnichannel contact center juga memungkinkan bisnis Anda menjangkau lebih banyak pelanggan melalui kanal yang berbeda-beda dan terintegrasi.  

Dari semua tipe contact center di atas, semuanya dapat diterapkan untuk mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dan efektif. Metode tersebut dapat disempurnakan dengan menyematkan teknologi otomatisasi sehingga memungkinkan setiap aktivitas contact center dilakukan secara sistematis dan otomatis. Sistem contact center-lah yang nantinya akan menerima dan menjawab pertanyaan dari pelanggan sesuai dengan pengaturan algoritma di aplikasi tersebut. 

VADS Indonesia menjadi salah satu penyedia layanan contact center terbaik di Indonesia. Tidak hanya menyediakan, tetapi VADS Indonesia juga membantu pelanggan untuk menentukan jenis contact center mana yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. 

Penggunaan layanan contact center dari VADS Indonesia dapat membantu Anda lebih fokus terhadap hal-hal penting dari bisnis yang Anda buat. Selain itu, Anda juga masih dapat mengontrol pengeluaran operasional bisnis. Manfaatkan layanan contact center untuk memaksimalkan penjualan dengan VADS Indonesia sekarang juga! 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik