Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 6 Kelebihan Artificial Intelligence dalam Social Media Marketing untuk Perusahaan

6 Kelebihan Artificial Intelligence dalam Social Media Marketing untuk Perusahaan

28 Februari 2022

Image of 6 Kelebihan Artificial Intelligence dalam Social Media Marketing untuk Perusahaan

Kelebihan artificial intelligence dapat dimanfaatkan untuk menunjang proses social media marketing perusahaan. Hubungan yang erat antara teknologi artificial intelligence (AI) dan media sosial memang tidak dapat dihindarkan. 

Dalam media sosial, teknologi AI digunakan untuk memberikan banyak kemudahan bagi para penggunanya. Sebagai platform untuk interaksi sekaligus berbagi informasi, media sosial bisa menjadi lahan potensial bagi perusahaan untuk menjalankan strategi marketing. Lalu, apa hubungannya dengan AI? Simak enam kelebihan artificial intelligence dalam social media marketing untuk perusahaan berikut ini!

  1. Menyediakan insight dari social listening

Salah satu kelebihan artificial intelligence yang sudah tentu akan bermanfaat bagi social media marketing adalah kemampuan AI dalam menyediakan insight dari social listening. Social listening tool yang diberdayakan oleh teknologi artificial intelligence dapat membantu Anda memperoleh informasi terkait profil dan audiens media sosial dari brand Anda.

Dengan kemampuan artificial intelligence dalam menganalisis data sosial berskala besar, maka teknologi AI mampu menghasilkan ekstraksi dari data yang diperoleh. Sehingga jika penerapannya dilakukan dengan tepat, sangat memungkinkan bagi Anda untuk mengembangkan bisnis dan menargetkan audiens yang tepat melalui proses pemantauan insight yang ditampilkan di media sosial. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi social media marketing perusahaan Anda.

  1. Memungkinkan pemasangan iklan secara tepat sasaran

Kelebihan artificial intelligence lainnya adalah memungkinkan Anda untuk memasang iklan yang dapat menjangkau sasaran secara tepat. Teknologi AI mampu melakukan analisis atas berbagai data yang ada di media sosial.

Jadi, ketika Anda melakukan pemasangan iklan, penargetan secara demografis atas pelanggan maupun calon pelanggan di media sosial akan sangat diperhatikan. Iklan yang Anda pasang akan tampil pada target audiens yang sesuai. Sehingga, efektivitas iklan Anda menjadi semakin meningkat.

  1. Meningkatkan pengalaman konsumen

Pengalaman konsumen merupakan poin penting yang perlu diperhatikan dalam kegiatan social media marketing. Semakin baik pengalaman konsumen, maka akan semakin meningkat pula kepuasan yang mereka dapatkan. Hal ini tentu berdampak baik bagi bisnis dan perusahaan Anda.

Dengan kemampuannya, teknologi artificial intelligence dapat membantu Anda meningkatkan pengalaman konsumen secara signifikan. Berkat artificial intelligence, Anda akan mampu memahami preferensi konsumen sehingga bisa mengenal konsumen Anda secara lebih dekat. Alhasil, nantinya Anda mampu membuat konten dan menargetkannya secara tepat pada konsumen. Selain itu, Anda pun akan mampu mengetahui keluhan dan menanggapi keluhan konsumen Anda, sehingga membuat pengalaman konsumen menjadi meningkat.

  1. Mengukur customer sentiment

Customer sentiment merupakan bagian penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Dengan mengukur customer sentiment, maka perusahaan akan mengetahui bagaimana tingkat emosi pelanggan. Hal ini akan sangat berguna untuk perusahaan karena dapat membuat perusahaan mengetahui topik serta campaign yang cocok untuk para audiens.

  1. Analisis kompetitor

Dalam social media marketing, menganalisis kompetitor akan memberikan keuntungan bagi perusahaan Anda. Dengan kelebihan artificial intelligence, Anda dapat menganalisis profil pesaing secara cepat dan akurat. Anda pun akan mampu memantau kompetitor dan mencari strategi paling tepat untuk mengungguli kompetitor, sehingga bisa berada selangkah lebih maju dibanding kompetitor Anda.

  1. Memudahkan manajemen konten

Kegiatan manajemen konten sering kali memerlukan proses merepotkan sekaligus menghabiskan waktu yang cukup lama. Dengan adanya teknologi artificial intelligence di media sosial, maka proses yang memakan waktu tersebut dapat diatasi.

Anda dapat menyingkat proses distribusi konten dan mengelolanya secara bersamaan dalam waktu singkat. Bahkan, Anda pun tidak hanya mampu menjadwalkan konten yang akan di-posting, tetapi juga dapat menyebarkan konten tersebut di berbagai platform media sosial yang Anda miliki. Alhasil, pengelolaan dan manajemen konten menjadi lebih efektif dan efisien.

 

Kelebihan artificial intelligence dalam media sosial mampu memberikan dampak yang signifikan dalam social media marketing untuk perusahaan. Jika Anda membutuhkan layanan analitik untuk media sosial perusahaan Anda, VADS Indonesia merupakan solusi paling tepat. Dengan layanan Social Media Analytics, VADS Indonesia mampu memberikan hasil analisis terhadap tanggapan dan pendapat dari para pelanggan atas produk yang perusahaan Anda berikan.

Untuk mendapatkan informasi lanjut seputar layanan ini, Anda dapat mengakses VADS Indonesia dan melakukan proses konsultasi dengan menghubungi marketing@vads.co.id. Semakin cepat Anda membuat keputusan untuk memakai jasa Social Media Analytics dari VADS Indonesia, semakin jauh pula Anda akan melangkah dan mengungguli kompetitor bisnis Anda!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik