VADS

Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Strategi Meningkatkan Contact Center, Simak Tren Contact Center 2021 Ini!

Strategi Meningkatkan Contact Center, Simak Tren Contact Center 2021 Ini!

14 Januari 2021

image.jpg

Beberapa bulan terakhir ini, layanan pelanggan semakin bersiap dalam menerima penelepon dalam jumlah yang besar. Banyak pelanggan perusahaan yang membutuhkan informasi, arahan, kenyamanan, menyampaikan kendala, dan juga menyampaikan keluhannya atas ketidakpuasan terhadap suatu produk ataupun layanan. Perusahaan harus memberbarui fokus mereka untuk meningkatkan pengalaman pelanggan mereka sekaligus dapat mengefisiensikan dan melakukan penghematan biaya. Penggunaan contact center secara tradisional tidak akan cukup untuk dapat meningkatkan pengalaman perusahaan. Berbagai cara yang dimanfaatkan adalah dengan cara outsource, otomatisasi cerdas menggunakan artificial intelligence, dan juga penggunakan teknologi cloud.

Berikut ini merupakan trend contact center yang dapat perusahaan Anda terapkan sebagai strategi utama di tahun 2021 untuk meningkatkan operasional contact center yang lebih baik di masa depan :

  1. Menggunakan Outsourcing

Transformasi digital sangat cepat diterapkan terutama dalam masa pandemi seperti sekarang ini. Cara berkomunikasi perusahaan dengan agen maupun dengan pelanggan pun terguncang. Bagi perusahaan yang menggunakan jasa outsourcing, perusahaan cukup fleksibel dalam menyesuaikan jumlah agen untuk penambahan dalam melayani pelanggan dan juga tantangan operasional lainnya.

  1. Menggunakan Solusi BCP (Business Continuity Plan)

Terjadinya bencana baik itu akibat manusia maupun alam membuat perusahaan akan membutuhkan banyak dukungan dan tenaga terutama dalam melayani pelanggan. Penggunaan opsi jarak jauh dan model karyawan yang fleksibel membantu contact center tetap siap dalam menghadapi kondisi apapun termasuk kondisi darurat pada masa sulit. (Simak solusi Business Continuity Plan dari VADS Indonesia)

  1. Prioritaskan Penggunaan Digital

Transformasi digital seperti otomatisasi, artificial intelligence, sistem berbasis cloud menjadi sebuat kebutuhan bagi contact center. Perusahaan harus menyadari manfaat penting dari prioritas penggunakan media digital untuk menerapkan solusi yang cepat dalam melayani pelanggan terutama pada saat krisis seperti pandemic ini yang membuat transaksi dan komunikasi menjadi melalui medium dan tidak bertatap muka secara langsung. Saat ini AI sudah berkembang pesat dan akan terus berkembang. Contact center harus dapat memanfaatkan fungsi tersebut misalnya seperti menganalisis sentimen pelanggan dan juga memberikan saran yang relevan dan juga real time. Hal tersebut dapat menghemat biaya contact center namun dapat meningkatkan produktivitas karyawan yang akan berdampak pada kepuasan pelanggan melalui perpaduan kinerja agen dan teknologi.

  1. Meningkatkan Layanan Customer Experience Secara Mandiri

Perusahaan harus bisa mendukung kebutuhan mendesak yang dibutuhkan oleh para pelanggannya seperti memberikan layanan Smart IVR, menyediakan FAQ Online, dan chatbot otomatis untuk memberikan pengetahuan dan informasi kepada pelanggan sebagai pertanyaan umum. Sehinggan agen contact center dapat memberikan perhatian lebih banyak untuk pertanyaan atau permasalahan yang lebih kompleks. Sehingga pelanggan dapat dengan cepat mendapatkan informasi tanpa harus membuat mereka untuk menghubungi atau menelepon melalui saluran suara. Kedepannya, contact center juga harus menyediakan omnichannel dengan dukungan manusia. Sehingga ketika pelanggan sudah menggunakan customer experience secara mandiri, pelanggan dapat dengan mudah berpindah saluran jika ingin menghubungi agen contact center apabila permasalahannya belum terjawab.

  1. Jangan Melupakan Aspek Keamanan (Security Solutions)

Berbagai inovasi teknologi memungkinkan pekerjaan jarak jauh dengan menggunakan jaringan pribadi seperti VPN, cloud, dan third parties lainnya yang bisa digunakan pada contact center. Namun contact center harus dapat memperkuat sistem dan keamanan yang lebih baik. Penggunaan two factor authentication lebih aman dibanding hanya mengandalkan kata sandi sebagai keamanan data perusahaan anda. (Simak Solusi Blockchain Secure Authentication dari VADS Indonesia untuk Keamaan Data Anda)

  1. Merancang Pelatihan Terbaru untuk Agen Contact Center

Agen contact center merupakan bagian terpenting dalam sebuah perusahaan karena membantu melayani pelanggannya dan juga berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Maka, dibutuhkan pelatihan agen contact center untuk membuat contact center yang baik. Perusahaan harus memikirkan kembali seperti apa teknologi yang digunakan saat ini, perubahan perilaku pelanggan, dan juga update layanan dan produk perusahaan sehingga agen contact center selalu update dalam penggunaan teknologi maupun informasi yang dimiliki. (Layanan Customer Service Learning Center VADS Indonesia)

  1. Penggunaan Cloud Contact Center

Adanya pandemi Covid-19 dan pembatasan sosial membuat perusahaan harus bisa mengguanakan cloud untuk dapat melanjutkan bisnis seperti biasanya salah satunya adalah layanan pelanggan yang memungkinkan agen dapat berinteraksi dengan konsumen dimanapun berada. Cloud computing (komputasi awan) memungkinkan perusahaan untuk mengakses software di internet sebagai layanan sehingga staf layanan pelanggan dapat menyelesaikan tugas mereka dimanapun mereka berada. Selain itu, penggunaan cloud juga dapat terkoneksi dengan sistem bisnis lainnya seperti CRM, ERP, dan lainnya. (VADS Indonesia Cloud Solutions untuk Meningkatkan Produktivitas Perusahaan Anda)

  1. Penggunaan Media Sosial

Platform media sosial telah menjadi kontak yang diperlukan baik dari sisi perusahaan maupun dari sisi pelanggan. Contact center dengan menggunakan media sosial memberikan cara yang nyaman untuk berkomunikasi antara perusahaan dengan pelanggannya. Contact center melalui media sosial terus meningkat dan juga dapat menjangkau pelanggan dengan lebih luas. Perusahaan dapat menggunakan chatbot atau memanfaatkan artificial intelligence untuk menanggapi pertanyaan di media sosial seperti WhatsApp, Line, Twitter, Facebook, dan Instagram. Meda sosial juga merupakan platform yang efektif untuk berkomunikasi karena dapat berkomunikasi secara dua arah antara pelanggan dan perusahaan. Pelanggan dapat memposting ulasan dan pengalaman mereka di media sosial. ( Solusi Media Sosial untuk Berkomunikasi dengan Pelanggan Anda)

Itulah beberapa ide inovasi contact center 2021 yang dapat diterapkan oleh perusahaan Anda untuk menjaga bisnis Anda tetap kompetitif di era pandemi dan new normal seperti saat ini. Mengikuti tren contact center diatas diharapkan dapat memenuhi harapan pelanggan Anda untuk pengalaman yang lebih baik untuk contact center generasi selanjutnya.

Diskusikan kebutuhan contact center Anda bersama VADS Indonesia, Business Process Outsourcing (BPO) di bidang contact center dan customer experience dengan layanan manajemen contact center profesional yang dapat meningkatkan dukungan pelanggan perusahaan Anda. Segera konsultasikan di marketing@vads.co.id untuk contact center perusahaan Anda yang bertujuan untuk meningkatkan layanan contact center dan mengoptimalkan layanan contact center perusahaan Anda.

 

Source :

Ttec.com

Voiptimecloud.com



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik