Articles

Call Center Layanan Kesehatan Sebagai Kunci untuk Meningkatkan Industri Layanan Kesehatan

Dipos pada 27 Apr 2021

Industri Kesehatan merupakan suatu Industri yang dimana dapat menjadi aspek utama agar kehidupan yang dimiliki oleh suatu individu menjadi lebih baik lagi khususnya terhadap pasien atau client yang dimiliki. Mereka harus bisa memberikan pelayanan yang tentunya dapat diberikan dan juga di akses kapan dan dimana saja. Diketahui permintaan yang sudah sangat tinggi akan pelayanan kesehatan seperti perawatan atau penanganan pasien dan juga rumah sakit sangat menghawatirkan dikarenakan jumlah biaya dan tenaga yang dibutuhkan sangatlah besar. Disinilah peran healthcare call center dijadikan sebagai senjata utama agar dapat memenuhi kekurangan sumber daya yang tersebut dan pastinya memenuhi kebutuhan dari para pasien yang beraneka ragam. Dengan begitu peran healthcare call center disini dapat menjadikan solusi utama agar industri kesehatan dan perawatan menjadi lebih stabil dan terus meningkat.

Mengapa Healthcare Call Center dikatakan sebagai kunci utama Untuk Mengembangkan Industri Kesehatan ?

1. Layanan Pelanggan dan Kepuasan Pasien

Sudah jelas bahwa tujuan dan fungsi utama dari setiap call center yang ada yaitu untuk melayani para pelanggan yang dimana dalam dunia kesehatan pelanggan tersebut merupakan pasien. Hubungan dengan setiap customer/pasien yang ada sangatlah penting dengan begitu agent dari call center yang dimiliki menjadi wajah utama untuk memulai hubungan dengan para customer tersebut agar mereka membentuk rasa nyaman akan pelayanan yang sudah diberikan. Untuk itu mengalihkan setiap pusat panggilan kepada agent-agent yang telah terlatih dan tentunya terpercaya sangatlah disarankan dikarenakan merekalah pondasi utama agar tercapainya hal-hal seperti customer loyalty, customer satisfaction dan juga business profit.

2. Dukungan Sumber Daya dengan Kualitas yang Baik

Untuk membuat level pelayanan khususnya pada aspek pelayanan panggilan pada lembaga kesehatan terus meningkat, diperlukan tools dan juga support sumberdaya seperti contohnya Call Center berbasis Cloud yang dimana dapat meningkatkan optimalisasi data, Omnichannel Support untuk berkomunikasi melalui berbagai macam media seperti Email, Website dan juga Social Media, Modern IT Support, Layanan Chatbot, Facillity, dan juga para Trainers yang dapat membantu para agent dengan memberikan pelatihan dan mentoring untuk membantu mereka memaksimalkan segala pelayanan diberikan nantinya. Tentunya segala sumberdaya yang dimiliki akan memenuhi standar yang diperlukan oleh lembaga tersebut. Dengan begitu dengan menggunakan healthcare call center sendiri akan memaksimalkan performa bisnis yang diberikan.

3. Mengurangi dan Menghemat Biaya

Dengan banyaknya biaya yang dibutuhkan dalam aspek perawatan dan juga pelaksanaan yang dilakukan oleh suatu lembaga kesehatan, tentunya mereka harus mencari cara agar layanan customer service dan customer care yang diberikan tetap memiliki kualitas yang tinggi. Outsourcing sendiri dapat membantu organisasi kesehatan untuk menghemat pengeluaran. Setiap biaya operasi yang berkurang sendiri tidak berarti kualitas yang nantinya akan didapatkan akan lebih rendah, dikarenakan penyedia layanan outsourcing sendiri selalu berusaha meningkatkan pelayanan yang mereka miliki.

4. Mengurangi Resiko Bisnis

Healthcare Call Center akan memastikan tidak akan ada lagi kesalahan seperti panggilan tidak terjawab sehingga setiap panggilan yang masuk akan selalu dipastikan mendapatkan respon dari setiap agent yang bertugas. Healthcare Call Center juga memungkinkan untuk menjawab panggilan setiap waktu dikarenakan tidak sedikit customer atau pasien yang memiliki kebutuhan atau pertanyaan seputar medis secara mendesak. Dengan memperhatikan setiap panggilan costumer tersebut, dipastikan tidak akan menyebabkan hilangnya peluang bisnis dan juga dapat mempengaruhi reputasi dari lembaga kesehatan tersebut.

Dengan memiliki layanan Healthcare Call Center yang tepat dan sesuai, disimpulkan sangat membantu dan memberikan manfaat yang signifikan kepada lembaga/organisasi kesehatan untuk menangani keluhan yang diberikan oleh para customer/pasien. Healthcare Call Center juga berdampak terhadap hubungan yang nantinya akan dimiliki dengan para customer yang dimana hal tersebut sangat diperlukan untuk mencapai customer satisfaction dan juga customer loyalty. VADS Indonesia sendiri tentunya menyediakan solusi layanan Call Center untuk membantu meningkatkan dan mengembangkan rencana bisnis anda dengan memiliki pelayanan yang memuaskan. Silahkan menghubungi marketing@vads.co.id untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai solusi Call Center yang kami miliki.

Articles

Pentingnya Call Center Untuk Layanan Kesehatan

Dipos pada 22 Apr 2021

Call Center telah berubah selama bertahun-tahun dan terus dikembangkan untuk menjadi lebih baik dalam memberikan layanan pelanggan dan juga disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Call Center saat ini biasanya dihubungkan di cloud atau melalui internet. Call center modern saat ini juga dapat terintegrasi dengan email, obrolan web, SMS, dan juga video call. Tujuannya adalah agar agent call center dapat terlibat dengan pasien baru dan juga pasien lama melalui saluran pilihan mereka. Sehingga semakin banyak pilihan channel yang dapat dipilih oleh pasien.

Bagi sebagian besar organisasi kesehatan, call center adalah garis terdepan dalam memberikan layanan kepada para pasien. Penting bagi call center memberikan layanan yang efisien untuk membantu organisasi kesehatan dalam memberikan layanan yang terbaik kepada para pasien. Call center layanan kesehatan membantu memastikan bahwa pasien mendapatkan layanan yang tepat. Pasien biasanya memiliki kebutuhan yang mendesak seperti harus membuat janji pada hari yang sama. Sehingga call center layanan kesehatan yang berkualitas akan membuat pasien menerima pengalaman yang positif.

Keuntungan yang dapat dirasakan dengan menggunakan call center layanan kesehatan diantaranya adalah :

Meningkatkan Hubungan dengan Pasien

Walaupun internet dan media sosial sudah muncul menjadi saluran komunikasi baru dan populer untuk menyediakan layanan pelanggan perawatan kesehatan, akses berbicara langsung dengan agen call center masih menjadi saluran yang paling disukai bagi orang-orang yang mencari bantuan dengan cepat. Namun seiring berjalannya waktu, penggunaan email dan media sosial dapat diadopsi penggunaannya dalam melayani kebutuhan pasien sehingga pasien lebih puas dan juga dapat meningkatkan nilai bagi layanan kesehatan.

Call Center Meningkatkan Kepuasan Pasien

Memiliki nomor telepon untuk dihubungi oleh pasien tidak cukup untuk memberikan layanan pasien yang memuaskan. Sehingga dibutuhkan layanan pasien yang nyata, andal, dan dipersonalisasi sehingga dapat membuat pasien mendapatkan pengalaman pasien yang baik. Dengan demikian, call center layanan kesehatan yang dapat memberikan perhatian yang cepat, akurat, dan personalisasi tidak hanya membantu mengurangi tingkat pengabaian panggilan, tapi juga dapat menghasilkan persepsi merek dan juga rujukan yang lebih baik.

Call Center Meningkatkan Manajemen Rumah Sakit

Perluasan model pembayaran alternatif seperti pembayaran secara terpadu ataupun perawatan berbasis nilai menuntut rumah sakit untuk terus memprioritaskan tindak lanjut dengan pasien untuk memastikan hasil yang memuaskan. Call center layanan kesehatan bisa digunakan untuk tindak lanjut pasca pemulangan, pengingat janji, membuat janji dengan tenaga kesehatan, dan bisa juga untuk survey kepuasan pasien.

Call Center Meningkatkan Brand Awareness Rumah Sakit dan Rujukan Dokter

Rumah sakit atau layanan kesehatan adalah hal yang unik karena pasiennya bukanlah “pelanggan” dalam pengertian tradisional bisnis karena tidak merawat mereka untuk menjadi “pelayan tetap”. Namun pemasaran yang bersifat universal seperti word of mouth sangat berperan penting. Hampir tiga perempat pasien mengatakan bahwa mereka akan merekomendasikan rumah sakit dengan pelayanan yang baik kepada teman dan keluarga.

Modernisasi call center layanan kesehatan harus didukung oleh peningkatan sumber daya manusia yang dapat memberikan layanan terbaiknya kepada para pasien. Berbagai fitur dan manfaat call center layanan kesehatan yang modern yaitu dapat terintegrasi dengan sistem online dan penagihan medis lainnya sehingga semuanya dirancang untuk memberikan layanan terbaik kepada pasien. Selain itu industri kesehatan juga dapat menghemat biaya, meningkatkan produktivitas agen, melakukan layanan mandiri untuk pasien, dan juga akses yang lebih baik dalam merawat pasien.

PT VADS Indonesia dapat membantu layanan kesehatan Anda menjadi lebih baik. Diskusikan kebutuhan call center layanan kesehatan Anda bersama dengan PT VADS Indonesia, Business Process Outsourcing (BPO) di bidang contact center dan customer experience dengan layanan manajemen pusat panggilan profesional yang dapat meningkatkan dukungan pelanggan layanan kesehatan Anda. PT VADS Indonesia memberikan POC gratis untuk meningkatkan customer experience layanan kesehatan Anda. Segera hubungi marketing@vads.co.id dan tingkatkan customer experience Anda bersama PT VADS Indonesia.

 

Articles

Virtual Call Center, Layanan Call Center di Era New Normal

Dipos pada 19 Apr 2021

Virtual call center adalah call center yang memberikan layanan pelanggannya dengan tidak berada di satu lokasi. Mereka berada di berbagai lokasi, bisa bekerja dari rumah ataupun bekerja di kantor yang berbeda namun tetap terhubung melalui software virtual call center. Virtual call center bisa digunakan oleh perusahaan untuk memberikan dukungan kepada para pelanggannya di berbagai zona waktu yang dibutuhkan sehingga dapat memberikan solusi hemat biaya untuk solusi call center.

Berbagai keuntungan dengan menggunakan virtual call center diantaranya adalah tidak ada batasan geografis sehingga agen dapat login secara fleksibel, dapat diakses melalui phone ataupun laptop, dapat di set up secara cepat dengan menggunakan sistem virtual phone, serta dapat dimonitor secara live. Selain itu agen virtual call center tidak membutuhkan perangkat telepon namun bisa diakses melalui browser menggunakan laptop atau mobile phone. Sistem yang digunakan virtual call center juga dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sistem lainnya seperti helpdesk, CRM, billing software, analytics, dan lainnya. Virtual call center hanya menggunakan IP Network seperti LAN dan WAN untuk memastikan data dan suara memiliki kualitas yang bagus.

Cara kerja virtual call center pada dasarnya memiliki call center yang dapat diakses dari jarak jauh. Platform virtual call center dapat dihosting di cloud atau d premises tertentu tergantung kebutuhan dari masing-masing perusahaan. Setelah sistem selesai diterapkan, agen virtual call center masuk ke dalam sistem dari lokasi masing-masing dan siap untuk menangani panggilan pelanggan seperti yang ada di lingkungan kantor.

Pekerjaan agent virtual call center sama seperti yang dikerjakan agen call center pada umumnya yaitu menangani panggilan telepon masuk dan keluar dan biasanya dibutuhkan kemampuan untuk menangani tugas-tugas berikut :

  • Menjawab panggilan telepon
  • Membalas email atau pesan obrolan online
  • Menangani masalah pelanggan
  • Mengarahkan pelanggan ke bagian resolusi apabila dibutuhkan penyelesaian yang kompleks
  • Melakukan telemarketing dan penjualan
  • Melakukan panggilan untuk verifikasi data

Agen virtual call center membutuhkan peralatan komputer yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam melayani hubungan pelanggan. Selain itu diperlukan juga pengalaman dan pelatihan untuk memberikan agen bekal yang cukup dalam mengelola layanan pelanggan perusahaan. Selain memiliki pengetahuan tentang perusahaan tempat mereka bekerja, mereka juga harus dilatih mengenai cara menangani masalah umum terkait pelanggan. Sehingga mereka harus memiliki beberapa keterampilan berikut :

Keterampilan interpersonal

Keterampilan berkomunikasi sehingga agen harus tersenyum, professional, dan ramah terutama dalam berbicara di telepon dengan nada yang jelas. Sehingga agen virtual call center harus mahir dalam menanggapi telepon.

Kesabaran

Agen call center virtual harus bisa sabar terutama dalam menghadapi penelepon yang frustasi atau marah terkait dengan keluhannya. Sehingga agen call center virtual harus mampu mengatasi situasi tersebut.

Kemampuan dalam memecahkan masalah

Agen virtual call center harus mampu berpikir cepat, menilai situasi, dan mencari solusi terbaik dalam setiap permasalah yang dialami oleh para pelanggannya masing-masing.

Keterampilan berorganisasi

Agen virtual call center membutuhkan banyak informasi dan beralih dari satu panggilan ke panggilan yang lain dengan permasalahan yang berbeda, sehingga dibutuhkan orang yang bisa mengatur dan selalu siap dalam setiap panggilan yang berbeda tersebut.

VADS Indonesia menghadirkan layanan virtual call center yang melayani pelanggan berbagai perusahaan di berbagai saluran. VADS Indonesia mengetahui dan memastikan bahwa pelanggan memiliki pengalaman dukungan dengan menggunakan virtual call center yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi layanan pelanggan perusahaan Anda. Hubungi kami, dan kami akan mendemonstrasikan bagaimana virtual call center dapat meningkatkan upaya dukungan layanan pelanggan Anda. Yakin dengan berbagai manfaat dari virtual call center tapi bingung mau mulai dari mana? Silahkan hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi mengenai virtual call center untuk meningkatkan layanan pelanggan perusahaan Anda.

 

 

Articles

Tips Keamanan Call Center untuk Melindungi Data Pelanggan

Dipos pada 15 Apr 2021

Penyalahgunaan dan juga pelanggaran data sudah marak terjadi yang dimana hal tersebut dapat terjadi setiap harinya dengan jumlah pelanggaran yang tentunya tidak sedikit. Banyak sekali pertanyaan diberikan kepada perusahaan mengenai apakah mereka dapat menjamin bahwa segala segala data customer yang mereka punya dapat terjaga dengan sangat baik dan dipastikan bahwa data tersebut jauh dari gangguan para pembajak diluar sana. Penting sekali bagi perusahaan untuk menanggapi hal seperti ini dan membuktikan bahwa mereka mampu untuk memastikan terjaganya setiap data konsumen yang dimiliki. Pada masa ini juga diketahui perkembangan dan juga peningkatan pada industri call center atau contact center seperti adanya layanan Inbound dan Outbond contact center sampai muncul dan berkembangnya Omnichannel menjadikan proses yang dijalankan menjadi lebih efektif dan juga efisien. Tetapi dengan berkembangnya hal-hal tersebut, masih rentan akan terjadinya pelanggaran privasi yang terjadi. Dengan memahami bagaimana cara agar call center atau contact center dapat melindungi segala data customer, dipastikan hal tersebut dapat mencegah akan terjadinya pelanggaran dan pebajakan data. Berikut merupakan beberapa cara yang dapat anda implementasikan agar layanan call center/contact center anda dapat melindungi setiap data customer yang sudah dimiliki. 

Kuatkan Protokol Keamanan Security Question 

Pelanggaran yang terjadi pada kebocoran informasi dan juga data pribadi sudah banyak memakan korban yang menjadikan kerugian kepada individu tersebut. Dengan begitu, anda harus dapat menguatkan keamanan data customer anda terutama pada protokol kemananan security question yang dipunya. Berikanlah pertanyaan keamanan yang dimana hanya dapat dijawab oleh customer resmi yang anda miliki. Gunakan metode pertanyaan yang spesifik dan juga pertanyaan yang tidak hanya berada di dokumen data customer anda tersebut seperti, sudah berapa lama mereka memiliki akun ini ataupun kapan pertama kali mereka membuat akun tersebut dan juga kapan terakhir kali mereka menggunakan akun tersebut. 

Terapkan Pengamanan Extra 

Apabila anda hanya memiliki satu lapisan pertahanan terhadap segala data customer yang anda miliki, hal tersebut merupakan suatu yang sangat fatal karena akan mudahnya pembajakan ataupun penyalahgunaan data tersebut. Dengan begitu sebisa mungkin gunakanlah lebih dari tiga lapisan pertahanan agar anda lebih mudah mengetahui segala aktivitas yang dilakukan terhadap suatu profile tersebut dan dapat mengidentifikasi apabila terdapat aktivitas yang mencurigakan dalam hal tersebut. 

Edukasi Agent dan Upgrade Resources 

Setiap agent dan juga sumberdaya yang dimiliki juga menjadikan suatu aspek agar mencegah pelanggaran keamana terhadap seluruh data customer yang anda miliki dapat tentunya agar menjadikan data tersebut seaman mungkin. Anda dapat mengedukasi setiap agent yang dimiliki dengan memberikan training dan mentoring untuk memastikan bahwa semua agent yang dipunya sudah layak dan tentunya dapat menjalankan segala aturan untuk menjaga setiap data yang sudah ada dan juga mencegah akan terjadinya pelanggaran keamanan data customer. Selain itu, sumberdaya seperti trainers, modules, dan juga development program yang tidak kalah penting untuk menambah skill customer service kepada setiap agent yang dimiliki. Meningkatkan sistem perangkat lunak atau Software juga menjadikan aspek agar setiap data customer yang ada jauh dari virus yang memungkinkan dapat membahayakan segala data tersebut. 

Memiliki pelayanan call center dengan teknologi yang mumpuni guna menyempurnakan pengalaman pelanggan memanglah penting, tetapi disamping itu segala sistem yang dimiliki untuk melindungi segala data pelanggan juga menjadi target yang ingin diperoleh. Dengan begitu diharapkan beberapa tips keamanan call center untuk melindungi segala data customer diatas dapat membantu anda untuk memiliki keamanan yang lebih baik lagi pada pelayanan customer yang sudah disediakan. VADS Indonesia sendiri tentunya menyediakan solusi Call Center untuk membantu meningkatkan dan mengembangkan rencana bisnis anda dengan memiliki perlindungan data yang memuaskan. Silahkan menghubungi marketing@vads.co.id untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai solusi Call Center yang kami miliki. 

Articles

Alasan Outsource IT Support untuk Perusahaan Anda

Dipos pada 13 Apr 2021

Kita ketahui bersama bahwa teknologi merupakan kunci dan inti pertama yang menjadikan wajah utama akan terlihatnya bisnis yang dimiliki tersebut baik ataupun tidak. Seiring zaman yang terus berkembang ini, Teknologi dapat memperlihatkan bagaimana perusahaan tersebut berjalan dengan baik dan memberikan dampak yang maksimal. Teknologi yang mendukung juga menjadi fungi agar bisnis yang kita jalani dapat bersaing dengan kompetitor diluar sana dan memastikan apakah kita akan kalah bersaing ataupun mendominasi pasar yang ada. Disinilah peran dukungan IT menjadi aspek utama apakah perusahaan yang kita jalankan berhak berada di posisi yang terdepan. Dukungan IT mempuni sendiri juga dapat memastikan perusahaan Anda terhindarkan dari masalah seperti cyber crime ataupun cyber attack. Kita tahu juga bahwa apabila kita menginginkan dukungan IT yang baik diperlukan bugdet yang cukup besar. Dengan begitu, mengalihdayakan dukungan IT sendiri menjadi jalan utama dikarenakan budget yang dikeluarkan akan lebih murah dan tentunya sistem IT yang lebih profesional. Lantas, apa alasan mengapa mengalihdayakan dukungan IT sangatlah penting? Berikut penjelasannya. 

Memperkecil Pengeluaran Biaya Operasional IT 

Outsourcing sendiri sangat membantu anda tanpa harus mengeluarkan biaya-biaya tambahan internal yang nantinya sangat menguras bugdet yang dipunya. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan dana internal tambahan untuk merekrut staff IT yang berpengalaman dan memberikan  mereka pelatihan dikarenakan dengan mengalihdayakan dukungan IT anda, tentunya anda akan mendapatkan tim IT profesional yang sudah dibekali melalui pelatihan yang maksimal dan pastinya dengan biaya yang lebih terjangkau. Tentunya dengan mengalihdayakan dukungan IT sangat bermanfaat untuk budget perusahaan anda dalam jangka panjang, dikarenakan anda hanya akan mengeluarkan biaya untuk layanan IT yang sudah ada tanpa harus memikirkan keperluan dalam aspek IT lainnya. 

Tingkat Keamanan yang Lebih Besar 

Memberikan perlindungan ekstra terhadap teknologi dalam suatu perusahaan sangat  menguras waktu dan pastinya memerlukan biaya tambahan lainnya. Dengan mengalihdayakan dukungan  IT sendiri, anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut dikarenakan penyedia layanan  IT outsourcing  selalu memastikan keamanan dan perlindungan terhadap hal-hal seperti hacker ataupun malware. Mereka akan selalu berupaya untuk meningkatkan dan juga mengupgrade sistem perlindungan yang mereka miliki. 

Mengurangi Resiko Masalah IT 

Resiko ataupun turnover tentunya kerap bermunculan walaupun anda sudah selalu maksimal untuk mencegah hal tersebut terjadi. Dengan mengalihdayakan dukungan IT sendiri anda dapat meminimalisir masalah-masalah tersebut dikarenakan setiap staff IT yang dimiliki oleh penyedia layanan IT support tersebut akan selalu memantau sistem IT anda setiap saat dan memastikan bahwa tidak akan ada satu kesalahan pun yang terjadi kedepannya. Apabila mereka menemukan masalah yang terdapat pada sistem IT tersebut, mereka akan selalu sigap untuk menemukan solusi agar masalah tersebut dapat terselesaikan dalam waktu yang singkat. 

Teknologi IT yang Selalu Meningkat dan Update

Setiap saat teknologi yang ada selalu berkembang tanpa kita ketahui dan tentunya akan memakan banyak waktu dan biaya agar service yang kita miliki selalu terlindungi dan juga terupgrade setiap saatnya. Sangat diperlukan sistem IT yang dapat menghandle berbagai macam bidang mulai dari pengaturan server sampai pengelolaan IT lainnya. Diperlukan juga sistem yang selalu memiliki kapasitas untuk mengelola bidang itu semua dan tentunya sistem yang dimiliki harus berkembang agar nantinya dapat menyelesaikan apabila memiliki varian masalah yang bermunculan. Dengan begitu, mengalihdayakan dukugan IT kepada penyedia layanan IT outsourcing sendiri sangatlah disarankan karena mereka akan selalu memastikan teknologi yang dipunya selalu memadai dan up to date sehingga anda tidak perlu khawatir akan peningkatan sistem teknologi IT yang ada. 

Perusahaan Tetap Fokus pada Core Business 

Pertanyaan-pertanyaan seperti siapa yang nantinya akan mengelola dan juga memonitoring server disaat anda berada diluar jam kerja ataupun tidak memiliki waktu untuk melalukan hal tersebut pastinya akan selalu dipertanyakan sehingga bagaimana hal tersebut dapat diatasi. Aspek seperti ini nantinya akan membuat anda lebih overthinking dan tidak dapat memaksimalkan inti bisnis yang ada miliki.  Jangan menjadikan IT sebagai penghambat berkembangnya bisnis anda dikarenakan kerapnya anda memikirkan bagaimana sistem IT tersebut tetap meningkatkan sembari anda melakukan inti bisnis yang tentunya lebih fundamental. Dengan mengalihdayakan dukungan IT sendiri, anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut dikarenakan penyedia layanan outsourcing memiliki staff yang selalu fokus terhadap inti pekerjaan mereka yaitu memberikan dukungan IT terhadap client-client yang mereka mereka miliki. 

Itulah penjelasan mengenai alasan untuk mengalihdayakan dukungan IT anda, diharapkan dengan artikel diatas dapat membantu anda untuk lebih mengembangkan aspek dukungan IT yang anda miliki. VADS Indonesia sendiri tentunya menyediakan solusi dukungan IT dengan layanan yang memuaskan untuk membantu meningkatkan rencana bisnis anda. Silahkan menghubungi marketing@vads.co.id untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai solusi IT Service Management yang kami miliki. 

Articles

Apa Itu IT Service Management?

Dipos pada 08 Apr 2021

Teknologi Informasi atau yang biasa kita sebut IT sudah menjadi komponen yang dapat membantu meningkat segala kebutuhan bisnis yang perusahaan miliki. Setiap perusahaan pastinya sudah memiliki layanan teknologi informasi mereka masing-masing dan tentunya ingin selalu memperbagus layanan tersebut. Diketahui juga bahwa dalam upaya memenangkan persaingan dalam dunia bisnis, penerapan teknologi informasi sangat diperlukan sebagai alat bantu agar organisasi tersebut dapat lebih maju dan berkembang. Terdapat suatu proses atau metode yang bernama Information Technology Service Management (ITSM) yang memiliki banyak manfaat apabila dipraktikan dan juga dikembangluaskan oleh perusahaan atau organisasi yang menggunakan proses ini. Lantas, apa yang dimaksud dengan ITSM? Manfaat apa saja yang diperoleh dari penggunaan ITSM itu sendiri? berikut merupakan penjelasannya. 

Pengertian IT Service Management 

Information Technology Service Management (ITSM) atau Manajemen layanan TI sendiri singkatnya merupakan sebuah aktivitas yang mengacu dan terlibat pada proses membuat, merancang, mendukung, menyampaikan, dan mengelola siklus hidup layanan teknologi informasi itu sendiri. ITSM juga dapat diartikan sebagai sebuah proses untuk mengelola sistem IT yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan IT terhadap perusahaan dan juga manfaat ITSM. ITSM juga dapat diartikan sebagai suatu kemampuan untuk memberikan nilai kepada pelanggan dalam bentuk layanan. Berbeda dengan praktik manajemen IT yang biasanya lebih terfokus pada teknologi, seperti perangkat keras, jaringan, atau sistem. 

Apa Saja Manfaat dari IT Service Management ? 

1. Meningkatkan Kualitas dan Efesiensi 

Kualitas dan juga efesiensi merupakan hal yang selalu diinginkan dalam penyediaan suatu layanan. Dengan menggunakan IT Service Management sendiri dapat dipastikan akan memaksimalkan segala sumberdaya yang ada dan menjadikan tingkat keefesienan bertambah yang menghasilkan kualitas yang sempurna. Manajemen layanan TI juga menyediakan high quality dan technical support service yang berproses selama 24 jam penuh.

2. Memberikan Pelayanan Extra dalam Pengalaman Pelanggan 

Tentunya customer experience menjadi salah satu aspek utama dalam menjadikan berkembangnya service yang diberikan oleh suatu perusahaan apalagi jika harus menggunakan layanan IT untuk memaksimalkan hal tersebut. Diketahui juga untuk menyelaraskan setiap aktivitas dan juga kebutuhan bisnis akan terjadinya proses strategi layanan membutuhkan sistem IT yang mumpuni. Sistem IT tersebut dapat juga membantu untuk menanggapi setiap laporan insiden ataupun permintaan layanan yang diterima. Dengan begitu, memiliki IT Service Management yang menjanjikan dapat menjadikan point plus dalam suatu bisnis atau perusahaan yang dijalankan. 

3. Menghemat Waktu dan Bisnis Biaya 

Pastinya memiliki suatu service yang dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dengan waktu yang singkat dan juga tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya merupakan impian setiap perusahaan. Dengan menggunakan IT Service Management sendiri anda dapat mewujudkan impian tersebut. ITSM sendiri memiliki suatu proses yang bernama Manajemen Pengetahuan yang dimana dapat membantu menemukan kembali  informasi yang sudah pernah dimiliki dan menjadikan kebutuhan bisnis dalam melakukan informasi tersebut akan berkurang dan otomatis akan menghemat waktu pekerjaan. Dari proses Manajemen Pengetahuan ini sendiri nantinya dapat dikembangkan juga untuk mendorong penghematan biaya. 

4. Membantu Meningkatkan Kolaborasi Antara Divisi Bisnis 

Dengan menggunakan IT Service Management sendiri, akan lebih mudah apabila suatu department atau divisi ingin membantu ataupun berkolaborasi dengan department lain dan tentunya akan lebih efektif kedepannya. ITSM sendiri dapat membantu department lain seperti Finance untuk meningkatkan dan juga mengoptimalkan IT Invesment ataupun mereka dapat berkolaborasi dengan department Facillity untuk meningkatkan dan juga memastikan kokohnya keamanan informasi yang dimiliki. 

Itulah penjelasan mengenai IT Service Management dan juga manfaat yang dapat diperoleh dalam penggunaannya. VADS Indonesia sendiri tentunya menyediakan solusi IT Service Managament untuk membantu meningkatkan dan mengembangkan rencana bisnis anda. Silahkan menghubungi marketing@vads.co.id untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai solusi IT Service Management yang kami miliki. 

Articles

Keuntungan Menggunakan Automated Customer Service

Dipos pada 05 Apr 2021

Penggunaan teknologi automation telah berkembang dan menjadi sangat populer dengan berbagai macam manfaatnya. Automation dapat digunakan untuk berbagai industri salah satunya adalah pelayanan pelanggan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh IBM pada tahun 2020, 85% dari semua interaksi pelanggan ditangani tanpa agen manusia. Penggunaan chatbot dan kecerdasan buatan dapat membantu agent contact center untuk dapat lebih fokus pada tugas-tugas yang lebih kompleks sehingga pekerjaan customer service dapat lebih efektif.

Apa itu Automated Customer Service?

Automated Customer Service adalah metode dukungan konsumen yang disediakan oleh sistem secara otomatis seperti chatbot, voicebot, ataupun kecerdasan buatan lainnya dengan menggunakan alat untuk mengotomatiskan alur kerja atau tugas. Automated customer service dapat memberikan layanan selama 24/7 dan digunakan untuk membantu agent contact center dalam menerima panggilan dari pelanggan dan juga menanggapi kebutuhan pelanggan secara efektif dan efisien. Layanan pelanggan berarti memahami kebutuhan pelanggan dan memberikan bantuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut.

Dengan mengotomatiskan layanan pelanggan, menciptakan peluang untuk memindahkan atau menghilangkan poin kontak dari manusia ke manusia jika tidak efisien atau tidak diperlukan. Otomatisasi tidak untuk menggantikan kebutuhan untuk membangun hubungan dengan pelanggan, namun otomatisasi seharusnya membuatnya lebih mudah untuk melakukan hubungan baik dengan pelanggan.

Salah satu bentuk automated customer service adalah asisten virtual seperti chatbot dan voicebot yang populer digunakan dan menggunakan aturan yang telah ditentukan sebelumnya dengan menggunakan kecerdasan buatan untuk membantu pelanggan menyelesaikan masalahnya dengan cepat. Automated Customer Service dapat digunakan di seluruh saluran komunikasi pilihan pelanggan perusahaan sehingga perusahaan dapat menyesuaikan saluran yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggannya.

Dengan menggunakan automated customer service, pertanyaan yang lebih kompleks dapat diteruskan ke agent contact center sehingga agent contact center dapat lebih membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh pelanggan dengan lebih solutif, lebih cepat, dan juga akurat. Selain itu, perusahaan dapat lebih fokus untuk membangun hubungan dengan pelanggan perusahaan.

Kebutuhan untuk mengotomatiskan proses layanan pelanggan merupakan preferensi dan harapan konsumen untuk mendatkan informasi dan layanan yang lebih cepat. Di era digital, pelanggan mengharapkan bantuan 24/7 untuk masalah dan pertanyaan namun juga dibutuhkan pengalaman yang lebih spesifik dan juga personalisasi. Contoh teknologi automated customer service adalah pengguanaan chatbot untuk layanan pelanggan, otomatisasi melalui proses CRM, tanggapan otomatis melalui emai, pemantauan media sosial, percakapan melalui IVR ataupun voicebot.

Berbagai manfaat yang dapat dirasakan dengan menggunakan automated customer service diantaranya adalah :

  • Waktu respons yang lebih cepat
  • Efisiensi budget karena biaya operasional yang lebih rendah
  • Meningkatkan kualitas hubungan dengan pelanggan
  • Mengurangi terjadinya human error
  • Meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan
  • Mengoptimalkan pengalaman layanan pelanggan sesuai dengan kebutuhan
  • Meningkatkan produktivitas agent contact center

Artificial intelligence sekarang menjadi bagian dari tenaga kerja sehingga membantu perusahaan menciptakan kepuasan pelanggan untuk dukungan yang cepat dan berkualitas tinggi. Automated customer service yang menggabungkan kecerdasan buatan dengan agent contact center akan memberikan pengalaman pelanggan yang baik sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Kecerdasan buatan dapat digunakan dalam skenario yang berulang dan sederhana seperti live chat sehingga permasalahan yang lebih kompleks akan dibantu oleh agent contact center.

Automated customer service menjadi langkah penting dalam memberikan layanan kepada pelanggan. VADS Indonesia memiliki solusi automated customer service seperti smart chat assistant dan juga voicebot yang dapat melakukan fungsi layanan pelanggan lebih optimal dan produktif. Automated customer service membuat layanan pelanggan menjadi cepat, efisien, dan dapat terintegrasi dengan sistem yang dimiliki oleh perusahaan. Perpaduan antara saluran digital , otomatisasi, AI, dan keterlibatan manusia menjadikan automated customer service menjadi suatu terobosan untuk meningkatkan layanan perusahaan dalam berkomunikasi dengan pelanggannya. VADS Indonesia mengetahui dan memastikan bahwa pelanggan memiliki pengalaman dukungan dengan menggunakan automated customer service yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi layanan pelanggan perusahaan Anda. Hubungi kami, dan kami akan mendemonstrasikan bagaimana automated customer service dapat meningkatkan upaya dukungan layanan pelanggan Anda. Yakin dengan berbagai manfaat dari automated customer service tapi bingung mau mulai dari mana? Silahkan hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi meningkatkan layanan pelanggan perusahaan Anda.

 

Articles

Bagaimana Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Contact Center

Dipos pada 02 Apr 2021

Dalam dunia layanan pelanggan, perusahaan harus bisa mengukur kepuasan pelanggan untuk mengetahui sejauh mana produk dan layanan perusahaan dapat memenuhi harapan pelanggan sehingga bisa menciptakan kesuksesan merek dan juga perusahaan. Kepuasan pelanggan berfokus pada hal yang sama yaitu bagaimana perusahaan dapat mengukur ekspektasi pelanggan. Semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan, maka akan semakin besar pelanggan akan bertahan dan meningkatkan pembelian kepada perusahaan tersebut.

Banyak contact center menggunakan survei kepuasan pelanggan di akhir panggilan. Pelanggan diminta untuk mengisi survei singkat setelah setiap panggilan dan menilai tingkat layanan yang mereka terima dan memahami bagaimana perasaan pelanggan tentang bisnis Anda. Survei kepuasan pelanggan membantu perusahaan menemukan masalah dengan layanan mereka secara tepat waktu. Mereka juga memberikan visibilitas ke kinerja setiap anggota tim Anda.

Kepuasan pelanggan adalah metrik penting bagi perusahaan karena memberikan wawasan tentang hal-hal seperti loyalitas pelanggan, kemungkinan churn, dan juga membantu mengidentifikasi masalah dengan produk atau layanan. Perusahaan yang memberikan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi juga dapat menggunakannya untuk membedakan dirinya dari pesaingnya. Berikut ini merupakan beberapa langkah yang bisa dijadikan pedoman untuk contact center Anda dalam menciptakan kepuasan pelanggan :

Memahami harapan pelanggan perusahaan Anda

Masih banyak pelanggan yang tidak puas terhadap layanan suatu perusahaan, ketidakpuasan tersebut harus dikumpulkan dan diberikan umpan balik untuk perusahaan memahami apa yang diharapkan pelanggan untuk perusahaan Anda. Mengadakan survey kepuasan pelanggan menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah pelanggan sudah puas terhadap layanan yang diberikan oleh perusahaan. Metode survey yang dilakukan bisa melalui telepon, email, IVR, online maupun tatap muka sehingga dapat memberikan insight yang dapat mengembangkan perusahaan.

Jangan membuat pelanggan menunggu

Layanan contact center perusahaan dapat menawarkan panggilan kembali selama periode waktu antrian yang lama ketimbang membuat pelanggan dipaksa menunggu. Solusi contact center yang baik dapat membuat pelanggan merasa puas dengan layanan yang diberikan kepada perusahaan. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Harvard Business Review yang disebutkan dalam artikel Genesys mengatakan bahwa pelanggan yang keluhannya ditangani dalam waktu kurang dari lima menit membelanjakan lebih banyak uang dengan perusahaan Anda untuk pembelian di masa mendatang. Hal ini membuktikan bahwa semakin pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan, maka akan menghasilkan keuntungan untuk perusahaan tersebut.

Memberikan pelatihan dan pengembangan professional kepada tenaga contact center

Tim contact center yang terlatih dan professional membuat mereka lebih efisien dalam memberkan layanan yang lebih baik dan juga menjadi layanan pelanggan yang unggul sehingga akan berdampak menciptakan skor customer satisfaction atau kepuasan pelanggan yang diinginkan oleh perusahaan Anda.

Memberikan dukungan di multichannel

Dengan menggunakan layanan contact center yayng lebih bervariasi dalam menggunakan media yang digunakan seperti media sosial, live chat, telepon, dan juga email yang menjadi semakin penting untuk pelanggan sehingga layanan contact center perusahaan dapat terhubung dengan pelanggan di saluran yang mereka gunakan. Dukungan multichannel dan juga omnichannel ini tidak hanya menawarkan banyak channel, namun juga hal ini menghindari pelanggan memberikan informasi yang berulang kepada agent contact center yang bebeda karena hal tersebut dapat mengganggu pelanggan dan berpotensi merusak reputasi perusahaan karena ketidakpuasan pelanggan.

Memberikan contact center yang proaktif

Menghubungi pelanggan sebelum mereka menelpon perusahaan Anda supaya lebih efektif, tepat waktu, personalisasi, dan juga relevan dengan konsumen perusahaan Anda. Strategi proaktif ini bisa diterapkan dengan telesales, telereminder, telecollection, dan juga teleretention yaitu contohnya sebagai pengingat pembayaran, skema loyalitas pelanggan yang dipersonalisasi, dan memberikan informasi mengenai produk dan layanan terbaru dari perusahaan Anda. Startegi ini dapat mengurangi panggilan masuk dan juga meningkatkan efisiensi dari agent contact center. Hal ini juga membuktikan bahwa menawarkan layanan pelanggan yang baik tidak hanya baik untuk pelanggan saja, namun juga baik untuk kelanjutan bisnis kedepannya sehinggan menghasilkan revenue untuk perusahaan.

Memberikan manfaat tambahan

Berikan pelanggan Anda dengan penawaran gratis atau potongan harga sehingga dapat membantu perusahaan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Diskon yang diberikan untuk produk yang selama ini menjadi incaran pelanggan Anda atau memberikan aksesori tambahan sebagai dukungan pasca pembelian akan membuat pelanggan merasa puas dan diperhatikan dengan kebutuhannya sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan juga membangun citra positif merek dan peruasahaan Anda.

Data yang dimiliki terkait dengan survey kepuasan pelanggan merupakan cerminan pengalaman pelanggan sebenarnya terhadapa perusahaan Anda. Data tersebut dapat digunakan oleh perusahaan Anda untuk mengambil tindakan. Penting untuk data tersebut diolah sehingga dapat dijadikan peluan untuk perusahaan Anda dalam meningkatkan kepuasa pelanggan terutama dengan menyediakan jasa atau produk sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Menciptakan kepuasan pelanggan yang baik adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis. VADS Indonesia bisa membantu perusahaan Anda untuk membangun dan meningkatkan hubungan pelanggan yang baik sehingga tercipta kepuasan pelanggan yang baik. Berbagai keunggulan yang dimiliki untuk menangani pelanggan dengan menggunakan voice ataupun teknologi digital dapat mempermudah pekerjaan perusahaan Anda terutama dalam membangun hubungan pelanggan. Selain itu, perusahaan Anda dapat lebih cepat dalam berinteraksi dengan konsumen sehingga dapat membantu menjawab pertanyaan konsumen dengan berbagai pertanyaan yang diajukan dan meresponnya dengan cepat sehingga hal tersebut dapat membuat konsumen senang karena mendapatkan jawaban atau solusi yang dibutuhkan dengan cepat. Teknologi tersebut juga dapat berfungsi selama 24 jam sehingga kapanpun dan jam berapapun pelanggan bertanya, akan dengan cepat dan mudah dijawab. Hal tersebut dapat membuat konsumen senang dan puas sehingga dapat meningkatkan customer experience untuk perusahaan Anda. Hubungi marketing@vads.co.id untuk informasi lebih lanjut untuk membantu perusahaan Anda dalam membangun dan meningkatkan hubungan pelanggan

Articles

Simak Cara Meningkatkan Jumlah Pelanggan Melalui WhatsApp Business

Dipos pada 30 Mar 2021

Dalam melakukan pemasaran kepada calon pelanggan Anda, penting untuk menentukan menggunakan saluran apa yang tepat untuk mencapai target pelanggan Anda. Apakah menggunakan media sosial seperti Facebook atau Twitter atau mungkin LinkedIn? Atau mungkin menggunakan email dan menghubungi melalui telepon? Saat ini kita akan membahas mengenai salah satu platform berbasis teks yang juga memiliki banyak pengguna, yaitu WhatsApp.

WhatsApp menjadi salah satu saluran untuk melakukan pemasaran yang menarik. WhatsApp adalah aplikasi yang dapat membuat user mengirim pesan secara gratis kepada siapapun yang menginginkannya. Tidak hanya untuk mengirim pesan berupa teks, namun WhatsApp dapat digunakan untuk mengirimkan gambar, pesan suara, lokasi, video, dokumen, dan juga GIF. Bahkan Anda juga dapat melakukan panggilan suara dan video.

Saat ini WhatsApp juga menyediakan WhatsApp Business yang dibuat secara khusus dengan mempertimbangkan pemiliik bisnis kecil sehingga dapat membantu perusahaan untuk terhubungan dengan pelanggan dan memberikan layanan pelanggan yang dapat dipersonalisasi. Aplikasi WhatsApp Business tersedia untuk Android dan iOS. Bisnis Anda dapat berinteraksi dengan pelanggan secara efisien dengan dapat mengotomatiskan pesan, menyortir, dan juga cara cepat menanggapi pesan. Beberapa fitur yang tedapat di WhatsApp Business diantaranya adalah :

  • Business Profile : Perusahaan dapat membuat profil bisnis dengan memberikan informasi yang bermanfaat seperti alamat, nama perusahaan, deskripsi bisnis, email, dan juuga website.
  • Quick Replies : dengan menggunakan fitur quick replies, perusahaan dapat menyimpan dan menggunakan kembali pesan yang sering ditanyakan oleh para pelanggan dan yang sering Anda kirimkan sehingga dengan cara yang ini, Anda dapat dengan mudah menjawab pertanyaan yang paling sering diajukan dalam waktu singkat.
  • Automated Messages : sama seperti chatbots, dengan menggunakan fitur automated messages, Anda dapat merespons pesan para pelanggan Anda jam berapapun dan kapanpun bahkan diluar jam operasional perusahaan Anda. Atau Anda dapat membuat pesan selamat datang untuk memperkenalkan calon pelanggan ke bisnis Anda diawal percakapan sehingga terkesan personalisasi dan pelanggan akan seang berkomunikasi dengan Anda.
  • Message Statistics : Anda akan mendapatkan insight mengenai seberapa banyak pesan yang berhasil dikirimkan dan dibaca oleh para pelanggan Anda.
  • Labels : fitur ini bisa memudahkan Anda dalam mengatur kontak atau obrolan dengan label sehingga Anda dapat menemukannya lagi dengan mudah berdasarkan label tersebut.
  • Product Catalogue : fitur ini membuat pelanggan dapat melihat produk Anda di dalam WhatsApp tersebut. Fitur ini bisa menyortir beberapa produk tergantung dengan produk perusahaan Anda dengan maksimal 500 produk atau layanan. Setiap produk atau layanannya dapat menyertakan judul, harga, deskripsi, kode produk, dan tautan ke situ web perusahaan Anda.

Setelah akun WhatsApp Business sudah siap, selanjutnya adalah memikirkan cara untuk menjangkau pelanggan Anda. Bagaimana bisnis Anda dapat menyesuaikan diri dengan menggunakan percakapan melalui WhatsApp. Gunakan percakapan yang lebih personal sehingga memberikan kesan bahwa konsumen sedang berbicara dan berkomunikasi dengan Anda. Tahap selanjutnya adalah mulai meningkatkan konsumen melalui WhatsApp Business.

Meskipun Anda mungkin sudah memiliki seluruh daftar kontak di telepon orang-orang yang pernah Anda hubungi sebelumnya, Anda tidak dapat mengirimkan pesan apa pun kepada mereka jika mereka tidak menyimpan nomor bisnis (baru) Anda di telepon mereka. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mulai berkomunikasi dengan pelanggan perusahaan Anda adalah dengan meletakkan tombol WhatsApp di situs web perusahaan Anda sehingga mereka dapat dengan cepat memulai percakapan dengan Anda. Selain meletakkan di website, publikasikan nomor WhatsApp Business Anda di berbagai media sosial yang dimiliki oleh perusahaan Anda sehingga semakin banyak yang mengetahui bahwa Anda memiliki WhatsApp untuk berkomunikasi dengan cara yang mudah dan cepat. Cara umum lain yang bagus adalah dengan menawarkan sesuatu yang berharga untuk ditukar dengan nomor telepon mereka. Ini bisa menjadi salah satu promosi dan juga menyediakan beberapa informasi berharga yang mungkin mereka inginkan. Anda dapat membuat promosi yang menarik sehingga mempermudah orang untuk berbagi nomor mereka dengan Anda.

Dengan menggunakan fungsi pesan otomatis, Anda dapat langsung mengirimi mereka penawaran promo. Namun, jangan lupa untuk menawarkan lebih dari sekadar pesan otomatis dengan penawaran promo, namun libatkan mereka sejak awal sehingga Anda dapat mulai membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Apa saja yang bisa kita lakukan dengan menggunakan WhatsApp Business? Dengan menggunakan layanan WhatsApp Business, perusahaan Anda dapat memberikan layanan pelanggan dengan lebih baik dan lebih cepat. Selain itu, perusahaan juga mendapatkan feedback dari hubungan yang baik dengan para pelanggan sehingga hal ini dapat dimanfaatkan untuk mencari tahu dan menggali lebih dalam keinginan dan kebutuhan para pelanggan perusahaan Anda. Penggunaan WhatsApp Business juga dapat membantu perusahaan Anda melakukan pekerjaan lainnya seperti mengirimkan informasi terkait status pemesanan, reminder terkait pembayaran, dan juga mengirimkan penawaran special kepada para pelanggan perusahaan Anda.

Dengan beragam keunggulan yang dimiliki oleh WhatsApp Business yang dapat menjawab kebutuhan perusahaan Anda terutama dalam meningkatkan konsumen, sudah saatnya perusahaan Anda menggunakan WhatsApp Business untuk menjadi salah satu solusi terbaik untuk memaksimalkan bisnis Anda. Hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi terkait dengan kebutuhan WhatsApp Business di perusahaan Anda.

Articles

Bagaimana Cara Meningkatkan Revenue Perusahaan?

Dipos pada 26 Mar 2021

Setiap perusahaan tentunya ingin layanan/produk yang mereka sediakan mendapatkan respon yang baik dari para customer. Mereka selalu berusaha sebaik mungkin agar layanan/produk yang mereka berikan menjadi opsi utama dari para pelanggan. Dengan memiliki cakupan customer yang berlimpah, dipastikan revenue/profit akan didapatkan dengan sangat mudah. Lalu, apa yang dimaksud degan revenue itu sendiri ? Revenue sendiri dikatakan sebagai suatu kenaikan manfaat ekonomi selama periode yang sudah ditentukan yang dapat berbentuk sebagai penambahan aset ataupun pemasukan. Untuk itu, perusahaan harus bisa memaksimalkan mungkin segala kinerja dan sumberdaya yang dipunya untuk mendorong mereka mencapai target pendapatan yang sudah diinginkan. Dengan begitu, apakah ada cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan revenue perusahaan selain memiliki starategi marketing yang mumpuni? Berikut merupakan beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan revenue perusahaan anda.

Ragam Cara untuk Meningkatkan Revenue Perusahaan Anda

1. Memiliki Goals Yang Lebih Besar

Target dan tujuan merupakan hal paling utama apabila anda ingin mencapai kesuksesan dalam bisnis yang anda jalankan. Dengan memiliki target tentunya anda sudah mengetahui apa saja yang harus anda lakukan agar bisnis tersebut dapat berhasil dan tentunya disenangi oleh para pelanggan. Apabila target tersebut sudah anda capai, sebaiknya jangan hanya berhenti disitu. Rangkailah tujuan-tujuan baru yang tentunya dapat memberikan nilai yang lebih terhadap perusahaan anda. Jangkau pasar yang lebih luas untuk meningkatkan profit dan keuntungan yang lebih dari sebelumnya. Buatlah inovasi-inovasi service/produk baru dan memiliki gaya tersendiri agar anda dapat mencakup para calon pelanggan menjadi lebih banyak lagi.

2. Bangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Pelanggan yang anda miliki sendiri menjadi salah satu aspek penting akan meningkatnya revenue dari perusahaan. Dengan membangun hubungan yang baik dengan mereka, dipastikan tingkat keloyalitasan customer terhadap service/produk yang anda berikan akan terus meningkat. Maka dari itu mulailah membangun hubungan yang baik dengan para customer yang anda miliki. Bersikap ramah/sopan dan selalu mendengarkan segala keluhan mereka menjadi kunci utama untuk mencapai kesuksesan ini. Lakukanlah interaksi sebanyak mungkin dengan mereka guna mencapai relasi yang lebih dekat lagi. Nantinya pelanggan akan merasa bahwa mereka diperlakukan seperti “lebih dari pelanggan” dan menjadikan mereka nyaman terhadap apa yang sudah anda berikan.

3. Gunakan beragam media untuk pemasaran

Semakin dikenalnya service/produk yang anda berikan, semakin banyak juga calon-calon customer yang akan anda dapatkan. Dengan begitu gunakanlah sebanyak mungkin media agar informasi mengenai service/produk yang anda berikan dapat terlihat dan sampai kepada para calon-calon pelanggan tersebut. Anda dapat menggunakan media Digital seperti Social Media, Website ataupun Email dan juga menggunakan media Non-Digital seperti Brosur, Spanduk, Banner ataupun Papan Reklame untuk melakukan pemasaran tersebut.

4. Naikan Value Dagang kepada Customer

Apabila dikatakan anda sudah meraup banyak pelanggan, sangat disarankan untuk selalu membentangkan layanan/produk anda menjadi lebih baik dalam segala aspek. Para pelanggan yang merasa dirinya sudah loyal dalam suatu layanan akan memiliki perasaan bahwa ia ingin mendapatkan sesuatu yang lebih karena sudah setia kepada perusahaan tersebut. Maka dari itu, mulailah tingkatkan value dagang anda menjadi lebih bagus lagi seperti memberikan penawaran yang menarik ataupun mempermudah proses transaksi pembelian. Dengan begitu customer menjadi lebih nyaman dan tentunya menjadikan layanan/produk anda menjadi pilihan utama mereka.

5. Bangkitkan Motivasi Team

Salah satu dampak atas terjadinya sautu keberhasilan yang dicapai dalam suatu perusahaan/bisnis, tentunya didapatkan dari membangun kerjasama team yang sempurna. Banyak sekali perusahaan yang merasa mengapa mereka sedikit sekali mendapat keuntungan dan kemajuan dari bisnis yang dilakukan tetapi disamping itu mereka juga tidak peduli dengan apa yang terjadi dan dirasakan oleh para karyawannya. Apabila anda merasakan hal seperti ini, mulailah perbaiki hubungan dengan karyawan/team anda. Lakukanlah interaksi dengan mereka sebanyak mungkin agar mereka menjadi lebih nyaman akan bekerja bersama dengan anda. Berikanlah motivasi dan juga inspirasi kepada karyawan/team anda sehingga nantinya mereka akan mulai menumbuhkan rasa haus untuk meningkatkan value perusahaan anda. Dengan memiliki environment yang sama-sama memiliki tujuan yang jelas, dipastikan profit dan revenue akan mudah untuk selalu ditingkatkan.

Itulah beberapa cara yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan revenue perusahaan anda. Diharapkan beberapa cara tersebut dapat membantu anda untuk selalu mengembangkan revenue perusahaan anda kedepannya. VADS Indonesia sendiri tentunya menyediakan layanan sangat memuaskan dan dapat membantu bisnis yang anda jalankan. Silahkan menghubungi marketing@vads.co.id untuk mengkonsultasikan rencana bisnis anda dan informasi lebih lanjut.

Articles

Bagaimana Transformasi Digital Meningkatkan Contact Center?

Dipos pada 23 Mar 2021

Transformasi digital adalah integrasi teknologi digital ke semua area bisnis, menghasilkan perubahan mendasar dalam cara bisnis beroperasi dan nilai yang perusahaan berikan kepada pelanggan. Transformasi digital mengubah cara perusahaan mengelola contact center nya. Teknologi memberikan wawasan untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan cara terbaru dan juga untuk meningkatkan produktivitas kinerja operasional contact center. Faktor utama perusahaan harus memanfaatkan transformasi digital ini adalah karena pelanggan yang juga mulai beralih ke digital dalam melakukan kegiatan nya sehari-hari. Pelanggan diharapkan dapat menghubungi perusahaan kapan saja, dimana saja, dan dengan menggunakan platform apapun yang mereka inginkan. Sehingga penting bagi perusahaan untuk menentukan strategi contact center nya agar lebih bermanfaat untuk para pelanggannya.

Contact center perusahaan harus bisa mengikuti transformasi teknologi untuk memberikan pengalaman pelanggan yang baik sehingga harus memiliki strategi yang berpusat pada pelayanan pelanggan. Perusahaan harus memikirkan teknologi apa yang digunakan oleh pelanggan untuk efisiensi budget dan juga efisiensi waktu dalam memberikan layanan, meningkatkan interaksi dengan pelanggan serta untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Beberapa manfaat yang dirasakan dengan adanya transformasi digital dalam dunia contact center diantaranya adalah :

1. Percakapan dilakukan secara otomatis

Otomatisasi adalah bagian dari proses transformasi digital sehingga dalam contact center melakukan otomasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas agen contact center dan juga untuk mengurangi biaya. Selain itu otomatisasi dapat meningkatkan pengalaman pelanggan salah satunya adalah dengan menggunakan chatbot ataupun voicebot.

2. Memanfaatkan saluran omnichannel

Contact center yang baik idealnya memberikan layanan secara 360 derajat dari pelanggan sehingga dapat memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan sehingga dapat membuat pelanggan puas terhadap layanan yang diberikan oleh perusahaan. Transformasi digital dapat dimanfaatkan contact center untuk mengintegrasikan seluruh saluran yang dimiliki untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, namun tentunya perusahaan harus bisa mengidentifikasi saluran yang disukai oleh pelanggan perusahaan tersebut. Sinkronisasi dalam setiap saluran juga harus diperhatikan supaya pelanggan tidak mengeluhkan sesuatu yang harus ia ceritakan secara berulang.

3. Memanfaatkan data

Dengan transformasi digital memungkinkan perusahaan Anda akan mendapatkan data yang diperoleh dari para pelanggan Anda. Transformasi digital membantu perusahaan mendapatkan data yang berharga untuk meningkatkan customer experience perusahaan Anda. Teknologi tersebut dapat memberikan data mengenai perilaku pelanggan, persepsi perusahaan, dan layanan dukungan pelanggan perusahaan Anda. Sehingga dengan mengetahui data tersebut, perusahaan dapat fokus meningkatkan pengalaman pelanggan dan juga meningkatkan layanan dan memperbaiki produk dan layanan yang diberikan kepada pelanggan. Tentunya, akan memberikan pengalaman yang dipersonalisasi sesuai dengan masing-masing pelanggan.

4. Penghematan biaya

Dengan menggunakan transformasi digital, memang benar perusahaan Anda akan menginvestasikan beberapa teknologi untuk dapat dimanfaatkan, namun dengan peningkatan produktivitas dan mengurangi biaya perangkat keras lainnya misal dengan dapat beroperasi dimana saja sehingga dapat menghemat budget operasional perusahaan Anda.

Harapan pelanggan saat ini semakin tinggi, mereka membutuhkan layanan pelanggan atau contact center yang lebih personal, tepat waktu, dan selalu ada di seluruh saluran terutama dalam saluran digital. Itulah pentingnya transformasi digital dapat terintegrasi dan memberikan layanan secara menyeluruh kepada pelanggan. Pada tahun 2021 dan seterusnya, otomatisasi contact center semakin cepat, sehingga penting bagi perusahaan untuk menerapkan praktik terbaik, atau berisiko tertinggal dalam persaingan. Kemajuan teknologi dalam otomatisasi proses robotik (RPA), AI, dan pembelajaran mesin (ML) benar-benar mengubah wajah layanan pelanggan.

Diskusikan kebutuhan contact center digital Anda bersama VADS Indonesia, Business Process Outsourcing (BPO) di bidang contact center dan customer experience dengan layanan manajemen pusat panggilan profesional yang dapat meningkatkan dukungan pelanggan perusahaan Anda. Segera konsultasikan di marketing@vads.co.id untuk contact center digital perusahaan Anda yang bertujuan untuk meningkatkan layanan contact center dan mengoptimalkan layanan contact center perusahaan Anda.

Articles

Meningkatkan Customer Retention dengan Contact Center

Dipos pada 15 Mar 2021

Dalam suatu bisnis atau perusahaan yang dijalankan, tentunya memiliki customer yang berlimpah menjadi suatu impian yang ingin selalu terealisasikan. Dengan memiliki skala customer yang terbilang besar, pastinya perusahaan atau bisnis yang dijalankan akan lebih mudah mendapatkan partnership,channel, dan tentunya profit dikarenakan sudah terpercayanya produk atau jasa tersebut oleh banyak individu. Tetapi, apabila hal tersebut sudah terealisasikan, bagaimana cara perusahaan untuk mempertahankan para customer yang mereka miliki agar selalu menggunakan dan loyal terhadap produk atau jasa mereka? Kemampuan untuk mempertahankan para customer tersebut dikatakan sebagai Customer Retention 

Apa yang di Maksud Dengan Customer Retention? Apakah Contact Center Dapat Membantu Untuk Meningkatkan Customer Retention? 

Singkatnya, Customer Retention memiliki pengertian sebagai suatu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan customer yang mereka miliki agar tetap menggunakan produk dan layanan yang sudah mereka sediakan dan mencegah agar para customer tidak beralih ke perusahaan/kompetitor lain. Lalu, bagaiman cara meningkatkan customer retention? Apakah dengan menggunakan contact center dapat membantu untuk meningkatkan customer retention? Berikut merupakan beberapa keuntungan menggunakan contact center untuk meningkatkan customer retention. 

1. Meningkatkan Customer Relationship 

Hubungan yang kita miliki dengan pelanggan, menjadi salah satu aspek utama akan keberhasilan dalam menjual suatu jasa ataupun produk. Dengan memiliki hubungan yang baik dengan para pelanggan anda, disitulah customer retention dapat dijalankan dengan baik lagi. Contact Center sendiri menjadi salah satu cara agar anda dapat meningkatkan hubungan dengan para pelanggan. Contact Center dapat memberikan pengalaman berinteraksi ataupun bertransaksi menjadi lebih baik dan lebih mudah yang nantinya para pelanggan akan lebih nyaman akan apa yang sudah anda berikan. Dengan begitu mereka akan lebih loyal dan tentunya akan selalu menggunakan produk/jasa yang anda sediakan. 

2. Mengetahui Customer Needs 

Banyak sekali bisnis ataupun perusahaan yang memili target konsumen yang tinggi dan ingin para konsumennya selalu menggunakan produk/layanan yang mereka berikan tetapi tidak mengatahui apa yang sebenarnya para konsumen butuhkan. Contact Center sendiri diketahui memiliki banyak media ataupun cara untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh para pelanggan. Dengan melakukan interaksi melalui Social MediaEmail,Chatbot ataupun Call Center Agent sendiri mereka dapat mendapatkan feedback berupa informasi akan apa yang sebenarnya customer butuhkan. Contact Center sendiri juga dapat mengetahui informasi tentang apa-apa saja yang dapat mereka tingkatkan terhadap jasa atau produk yang sudah diberikan. Nantinya informasi-informasi yang sudah ada tersebut akan dijadikan acuan oleh perusahaan agar selalu mengembangkan produk/jasa yang ada dan dapat selalu memaintain customer mereka. 

3. Pengelolaan Data Customer 

Pengalaman interaksi yang baik dan kemudahan dalam melalukan transaksi pastinya selalu diinginkan oleh setiap pelanggan apabila ingin menggunakan suatu produk ataupun jasa. Pelanggan yang sudah pernah menggunakan produk atau jasa anda tentunya tidak ingin membuang-buang waktu untuk memberikan informasi lagi tentang profile customer yang mereka miliki. Maka dari itu dengan adanya Contact Center yang memiliki sistem seperti Customer Data Analysis (CDA) dapat membantu untuk mempermudah mengetahui database tentang para pelanggan yang sudah anda miliki. Hal seperti ini tentunya menjadi point plus yang menjadikan pelanggan akan merasa lebih diperhatikan dan diprioritaskan yang nantinya mereka akan selalu menjadikan layanan/produk anda sebagai pilihan utama. 

4. Mengantisipasi Resiko Pelanggan dengan Ragam Solusi 

Kehilangan dan juga berkurangnya pelanggan yang anda miliki tentunya tidak bisa kita hindari dikarenakan semua itu merupakan keputusan pribadi dari setiap pelanggan. Dengan Contact Center sendiri, anda dapat mengantisipasi akan terjadi hal-hal tersebut dengan selalu tersedianya solusi seperti layanan Call Center Agent yang selalu mendengarkan keluhan dari para pelanggan dan memberikan solusi secara instan. Selain itu, layanan seperti Chatbot sendiri sangatlah membantu untuk memberikan solusi cepat terhadap masalah yang dimiliki oleh para pelanggan. Anda juga dapat memberikan opsi layanan lain yang memungkinkan dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut. Contact Center tentunya juga  memiliki operasi seperti Quality Assurance(QA) yang diamana perusahaan dapat menjamin segala kualitas akan produk/jasa yang mereka berikan. Dengan begitu dapat diketahui bahwa resiko pelanggan dapat datang kapan saja dan anda harus bisa memberikan solusi dan juga layanan yang optimal untuk mencegah hal tersebut terjadi. 

Itulah beberapa keuntungan yang dapat anda raih dengan menggunakan Contact Center untuk meningkatkan Customer Retention. VADS Indonesia sendiri tentunya menawarkan layanan Contact Center yang terintegrasi dengan berbagai macam media dan juga agen yang selalu menyediakan pelayanan yang memuaskan yang tentunya dapat membantu mengembangkan rencana bisnis anda. Silahkan menghubungi marketing@vads.co.id untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai solusi Contact Center yang kami miliki. 

Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik