Articles

Strategi SEO yang Ampuh Bangun Bisnis dengan PT VADS Indonesia

Dipos pada 25 Mei 2022

Salah satu strategi untuk membangun bisnis adalah dengan menerapkan SEO (Search Engine Optimization). Sebagai salah satu strategi pemasaran online yang sangat penting bagi bisnis, SEO memiliki beragam manfaat. Misalnya seperti menyediakan konten yang relevan dan menjangkau konsumen yang lebih luas. Mari simak informasi lengkap mengenai strategi SEO yang ampuh bangun bisnis dengan PT VADS Indonesia berikut ini!

  1. Riset keyword

Salah satu strategi SEO yang ampuh bangun bisnis dengan PT VADS Indonesia adalah riset keyword. Keyword merupakan ide atau topik yang menentukan isi konten Anda. Dalam SEO, keyword adalah kata yang dimasukkan pencari ke mesin pencari. Sebagai pemilik website dan pembuat konten, Anda perlu membuat keyword yang relevan dengan apa yang dicari orang. Tujuannya agar konten tersebut berpeluang besar untuk ditemukan oleh pengguna internet di antara hasil pencarian.

Untuk menemukan keyword yang relevan, Anda perlu melakukan riset keyword. Riset keyword adalah proses meneliti istilah pencarian populer yang diketik orang ke mesin pencari seperti Google dan secara strategis menyertakannya dalam konten Anda. Dengan begini, konten Anda berpeluang untuk muncul lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari. Proses ini merupakan praktik mendasar dalam SEO. 

Contohnya, katakanlah Anda sedang meneliti keyword "cara memulai blog" untuk konten artikel. "Blog" dapat berarti postingan blog atau website blog itu sendiri. Pengertian blog yang dimaksud pencari di balik keyword tersebut akan memengaruhi arah artikel Anda. Misalnya, pencari mungkin ingin belajar cara bikin posting blog pribadi atau cara meluncurkan domain website untuk keperluan blogging.

Untuk memverifikasi maksud pengguna dalam sebuah keyword, Anda bisa masukkan keyword tersebut ke mesin pencari dan lihat jenis hasil pencarian seperti apa yang muncul. Pastikan jenis konten yang muncul di Google terkait erat dengan konten yang Anda buat untuk keyword tersebut.

  1. Periksa plugin SEO

Plugin SEO adalah modul ekstensi untuk sistem manajemen konten, browser, dan solusi software. Ia memperluas cakupan software sumber dengan tugas dan fungsi khusus yang memengaruhi pengoptimalan mesin telusur, analisis web, pemasaran online, dan aspek lainnya. 

Ada banyak plugin untuk CMS WordPress yang menangani tugas-tugas khusus yang terkait dengan mesin pencari. Memeriksa plugin SEO penting untuk membantu Anda meningkatkan konten pada mesin telusur. Misalnya, plugin SEO membantu Anda menghindari penggunaan keyword secara berlebihan untuk meningkatkan keterbacaan konten Anda.

  1. Tentukan search intent

Search intent adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan tujuan pencarian online atau alasan mengapa seseorang melakukan pencarian tertentu. Misalnya untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang mereka miliki, mengunjungi website tertentu, atau ingin membeli sesuatu.

Google terus meningkatkan algoritmanya agar dapat menentukan maksud pencarian orang. Mereka akan memberi peringkat halaman paling sesuai dengan istilah pencarian yang dimasukkan seseorang, serta maksud pencarian di balik permintaan pencarian tersebut. Itu sebabnya Anda perlu memastikan bahwa postingan atau halaman Anda sesuai dengan maksud pencarian audiens.

  1. Siapkan konten berkualitas

Tanpa konten berkualitas tinggi, sulit untuk mendapatkan manfaat penuh dari SEO. Hanya konten yang relevan dan bermanfaat yang dapat memotivasi pengunjung website berada di halaman website lebih lama, sehingga berdampak positif pada peringkat pencarian Anda. Menyiapkan konten berkualitas juga membantu Anda mendapatkan backlink. Salah satu strategi SEO terbaik adalah mendapatkan backlink berkualitas tinggi dari website otoritas tinggi. 

  1. Masukkan meta tags

Meta tags adalah potongan teks yang menjelaskan konten halaman website. Meta tags tidak muncul di halaman website, melainkan di kode sumber halaman. Pada dasarnya, meta tags adalah deskriptor konten kecil yang membantu memberi tahu mesin pencari tentang halaman website.

Mesin pencari seperti Google menggunakan meta tags untuk memahami informasi tambahan tentang halaman website. Mesin pencari dapat menggunakan informasi ini untuk tujuan peringkat atau untuk menampilkan cuplikan dalam hasil pencarian. Contoh meta tags termasuk elemen <title> dan <description>.

  1. Gunakan backlink

Backlink adalah tautan dari satu website ke halaman website lain. Google melihat backlink berkualitas tinggi sebagai tanda bahwa sebuah website kredibel dan tepercaya. Semakin banyak website lain yang memasukkan tautan menuju website Anda, maka artinya Anda memiliki backlink yang berkualitas. Alhasil, Anda memiliki peluang lebih baik untuk muncul dalam peringkat atas hasil pencarian Google.

Demikian informasi tentang strategi SEO yang ampuh bangun bisnis dengan PT VADS Indonesia. Jika butuh bantuan mengeksekusi strategi SEO untuk bisnis atau brand, Anda dapat menggunakan layanan Digital Marketing dari PT VADS Indonesia.

Layanan ini membantu Anda membuat dan mempublikasikan kampanye pemasaran melalui berbagai saluran digital, termasuk website SEO. Klik di sini jika Anda butuh informasi lebih lanjut mengenai layanan Digital Marketing dari VADS Indonesia dan berbagai layanan menarik lainnya!

Articles

Mengenal Search Engine Marketing dan Manfaatnya bersama PT Vads Indonesia

Dipos pada 23 Mei 2022

SEM atau Search Engine Marketing merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengembangkan bisnis dan menjangkau pelanggan baru. Menggunakan strategi organik bagi bisnis untuk menarik traffic dalam jangka panjang memang penting. Namun, untuk kondisi di mana bisnis Anda tidak dapat bersaing dengan baik di Search Engine Result Page (Halaman Hasil Mesin Pencari) tanpa bantuan, SEM bisa diandalkan. Mari mengenal Search Engine Marketing dan manfaatnya bersama PT VADS Indonesia di artikel ini!

Apa itu Search Engine Marketing (SEM)?

Pada dasarnya, Search Engine Marketing merupakan sebuah kampanye iklan penelusuran berbayar, contohnya Google Ads. Tujuan utama SEM adalah membantu mengoptimalkan visibilitas website dan halaman website melalui mesin pencari. SEM juga membantu bisnis mendapatkan posisi mesin pencari yang lebih baik di Google dan situs serupa lainnya.

Berbeda dari SEO, SEM mendapatkan penempatan mesin telusur secara cepat, tapi dengan cara berbayar. Metode berbayar ini mencakup keseluruhan strategi periklanan yang menghasilkan iklan di mesin pencari seperti Google, misalnya iklan dan keyword-keyword tertentu. Brand bisa membuat kampanye SEM di Google, mulai dari yang paling umum hingga yang paling konkret dengan berbagai opsi dan struktur iklan.

Apa saja manfaat SEM?

Strategi SEM banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan bukan tanpa alasan. Hal ini tidak terlepas dari berbagai manfaat SEM berikut ini:

  1. Efisiensi biaya

Efisiensi biaya dalam bisnis membantu menciptakan stabilitas keuangan. Bisnis dapat menerapkan efisiensi biaya, salah satunya dengan cara menerapkan SEM. SEM dapat memberikan hasil yang diinginkan oleh bisnis dengan anggaran yang terbatas. 

Anda dapat menyesuaikan iklan SEM dengan kebutuhan anggaran Anda kapan pun Anda mau. Menjalankan kampanye SEM untuk bisnis Anda juga tidak butuh investasi awal yang besar. Oleh karena itu, strategi SEM cocok untuk usaha kecil dan menengah.

  1. Relatif lebih cepat dari SEO

SEM relatif lebih cepat dari SEO soal membawa traffic yang sangat berkualitas ke website. Ia efektif menarik perhatian pengguna dan menghasilkan klik karena memungkinkan pengguna memfilter berdasarkan kata-kata yang mereka cari. Oleh karena itu, SEM memastikan traffic Anda terdiri dari orang-orang yang berpotensi tertarik dengan brand Anda.

Selain itu, peringkat SEM juga lebih fleksibel karena peringkat kedua atau bahkan ketiga bisa sama bermanfaatnya dengan peringkat pertama. Misalnya, Anda memiliki iklan di Google. Setelah seminggu, iklan Anda secara konsisten muncul di hasil pencarian pada posisi kedua atau ketiga saat menggunakan kata kunci yang Anda pilih. Anda tidak perlu mengeluarkan uang ekstra hanya untuk mendapatkan posisi teratas itu. Faktanya, pengguna mesin pencari sama seringnya mengklik iklan posisi kedua atau ketiga dalam hasil pencarian dengan iklan posisi pertama.

  1. Naikkan conversion rate

Conversion rate (tingkat konversi) adalah rasio tindakan yang ditentukan berdasarkan jumlah pengunjung website dikalikan 100. Oleh karena itu, bentuk conversion rate selalu dalam persentase. Misalnya, sebuah perusahaan menerima 1.000 pengunjung website. Conversion rate akan dihitung saat pengunjung website tersebut membeli produk. SEM menaikkan conversion rate karena Google Ads bantu mengukur konversi sehingga memastikan bahwa iklan Anda benar-benar efektif.

Apa saja jenis-jenis SEM?

Secara umum, Search Engine Marketing terdiri dari empat jenis. PT VADS Indonesia telah merangkum penjelasan masing-masing jenisnya berikut ini:

  1. Phrase Match Keyword

Phrase match keyword adalah jenis keyword yang ditambahkan sebelum atau setelah keyword. Misalnya, jika keyword utama Anda adalah ‘Baju Kantoran’, Anda dapat menambahkan phrase match keyword seperti ‘Baju Kantoran Murah’. Keyword yang lebih terfokus ini bertujuan memperoleh audiens dengan tingkat spesifikasi dan traffic sedang.

  1. Exact Match Keyword

Sesuai namanya, exact match keyword merupakan jenis keyword yang sangat fokus dan spesifik. Untuk keyword utama ‘Baju Kantoran’ misalnya, exact match keyword yang bisa Anda tambahkan adalah ‘Baju Kantoran untuk Wanita’. Trafik jenis keyword ini memang rendah, namun audiens yang melihat iklan Anda jadi sangat spesifik sehingga kemungkinan besar tertarik dengan brand Anda.

  1. Negative Keyword

Negative keyword sebaiknya dihindari karena merupakan keyword yang tidak relevan atau berkaitan dengan bisnis Anda. Contoh negative keyword untuk keyword ‘Baju Kantoran Mewah’ misalnya adalah ‘Baju Kantoran Bekas’.

  1. Broad Match Keyword

Broad match keyword merupakan keyword yang sifatnya sangat umum sehingga memungkinkan Anda menjaring calon pelanggan yang beragam lewat tingginya traffic. Broad match keyword juga merupakan keyword default Google Ads sehingga iklan Anda akan muncul dalam berbagai keyword jika Anda membidik satu kata kunci umum. Contohnya, jika memilih keyword ‘Baju Kantoran’, maka iklan Anda akan muncul saat audiens mengetikkan kata kunci ‘Baju Bisnis’, ‘Baju Formal’, dan lain-lain.

Itulah informasi tentang mengenal Search Engine Marketing dan manfaatnya yang telah dirangkum PT VADS Indonesia. Jika butuh bantuan mengeksekusi strategi SEM untuk bisnis atau brand, Anda dapat menggunakan layanan Digital Marketing dari PT VADS Indonesia. Layanan ini membantu Anda membuat dan mempublikasikan kampanye pemasaran melalui berbagai saluran digital. Klik di sini jika Anda butuh informasi lebih lanjut mengenai layanan Digital Marketing dari VADS Indonesia dan berbagai layanan menarik lainnya!

Articles

Mengenal Apa itu SEO dan Cara Kerjanya bersama PT VADS Indonesia

Dipos pada 20 Mei 2022

SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu strategi pemasaran online yang sangat penting bagi bisnis. Calon konsumen menghabiskan banyak waktu di internet sehingga strategi SEO yang tepat dapat menarik perhatian calon konsumen dan menjangkau konsumen yang lebih luas. SEO bahkan tidak hanya bisa menjaring konsumen lokal, namun juga konsumen dari luar negeri. Mari lebih mengenal apa itu SEO dan cara kerjanya bersama PT VADS Indonesia di sini!

Apa itu SEO?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, SEO adalah salah satu strategi pemasaran online yang fokus pada hasil dari mesin pencarian Google. Strategi pemasaran ini mengoptimasi mesin pencarian, sebuah praktek untuk meningkatkan traffic website, baik dari segi kuantitas maupun kualitas lewat pencarian organik menggunakan mesin pencari. Tujuan SEO sederhana, yaitu agar website yang mengulas konten produk Anda bisa muncul pada peringkat atas hasil pencarian Google. 

Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap potensi calon konsumen untuk membeli dari bisnis Anda. Konten-konten SEO yang menarik juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen sehingga melakukan pembelian. 

Mengingat SEO fokus pada hasil pencarian organik, bukan melalui iklan (Google Ads), Anda perlu membuat konten semenarik mungkin dan sesuai dengan sistem pencarian Google. Contohnya, konten SEO biasanya mengandung keyword tertentu dan membahas topik yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat.

Jenis-jenis SEO

Secara umum, SEO terdiri dari tiga jenis, yaitu on page, off page, dan technical. Berikut ulasan lengkapnya:

  1. On page

SEO on page merupakan apa pun yang berada di halaman website Anda, misalnya blog, produk, dan sebagainya. Semua langkah yang Anda ambil untuk membuat peringkat halaman website Anda lebih tinggi di mesin pencari termasuk ke dalam SEO on page. SEO on page mencakup pembuatan konten berkualitas tinggi dengan tujuan agar bermanfaat bagi pengunjung website Anda. 

Jenis SEO ini juga menambahkan meta tags untuk membantu bot Google lebih memahami konten Anda, menggunakan tag HTML untuk menyorot judul dan elemen konten lainnya, serta memastikan tidak ada tautan rusak atau duplikat pada konten atau halaman. Tak hanya itu, membersihkan struktur URL, memiliki sistem penamaan yang berurutan untuk berbagai halaman serupa yang termasuk dalam satu kategori, dan memilih gambar yang tidak terlalu besar saat menulis nama file deskriptif, juga termasuk kategori SEO on page.

  1. Off page

SEO off page mencakup semua aktivitas dan strategi SEO yang dilakukan di luar website Anda. SEO off page mengarahkan lalu lintas kembali ke website Anda dan menunjukkan kepada mesin pencari bahwa Anda adalah website yang andal. SEO off page memberi tahu mesin pencari apa yang dipikirkan orang lain tentang Anda. Misalnya, ketika banyak tautan mengarah ke website Anda, mesin pencari menganggap Anda memiliki konten bagus yang memberi nilai bagi penggunanya.

Oleh karena itu, jenis SEO ini berkontribusi besar dalam menciptakan eksposur untuk merek Anda, membangun kepercayaan, dan meningkatkan kesadaran merek. Salah satu taktik SEO off page adalah pembuatan tautan, yang penting dalam hal menentukan peringkat halaman website.

  1. Technical

Technical SEO atau SEO teknis digunakan untuk memperbaiki infrastruktur website sehingga bot mesin pencari dapat melacak dan mengindeks halaman di website Anda dengan lebih efektif. Jenis SEO ini melibatkan proses audit dan pengoptimalan elemen teknis website sehingga memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google. Meningkatkan efisiensi kinerja website untuk mesin pencari membutuhkan keterampilan SEO teknis yang tinggi.

Fungsi memiliki SEO teknis yang solid untuk website adalah meningkatkan waktu buka halaman, membuatnya lebih mudah untuk dijelajahi mesin pencari, dan menyediakan algoritma mesin pencari informasi yang cukup tentang website Anda untuk mengindeksnya secara akurat. SEO teknis berada di bawah SEO on page. Oleh karena itu, fokus utamanya terletak pada peningkatan berbagai elemen di website yang dapat meningkatkan citranya di mata mesin pencari.

Cara kerja SEO

Mesin pencari online, seperti Google, digunakan oleh orang-orang yang memiliki pertanyaan dan ingin mencari jawabannya di internet. Algoritma mesin pencari adalah program komputer yang mencari petunjuk untuk memberikan hasil yang tepat sesuai apa yang pengguna cari. Mesin pencari mengandalkan algoritma untuk menemukan website dan diberi peringkat untuk kata kunci tertentu. 

SEO adalah produk dari mesin pencari. Mesin pencari mengembangkan faktor peringkat dan menggunakan faktor-faktor tersebut untuk menentukan konten yang paling relevan untuk pencarian. Namun, sebelum mesin pencari dapat menentukan konten yang paling relevan, mesin pencari harus crawling (merayapi) dan indexing (mengindeks) konten. Berikut penjelasannya:

  • Perayapan - Mesin telusur melakukan crawling untuk menemukan halaman baru dan yang sudah ada di web. Crawler menggunakan tautan untuk menemukan konten, itulah sebabnya internal link (tautan internal) dan backlink (tautan balik) penting untuk SEO.
  • Pengindeksan - Mesin pencari menggunakan pengindeksan untuk menyimpan konten dari web dan kemudian mengirimkannya melalui hasil pencarian. Pengindeksan terjadi setelah perayapan. Sebagian besar halaman akan masuk ke indeks mesin pencari, namun halaman yang berisi spam, telah diblokir, atau duplikat biasanya jarang diindeks.

Itulah informasi tentang apa itu SEO dan cara kerjanya yang diulas oleh PT VADS Indonesia. Jika butuh bantuan untuk mengeksekusi strategi SEO untuk bisnis atau brand, Anda dapat menggunakan layanan Digital Marketing dari PT VADS Indonesia.

Layanan ini membantu Anda membuat dan mempublikasikan kampanye pemasaran melalui berbagai saluran digital, termasuk SEO pada website. Bisnis Anda pun akan terbantu dalam meningkatkan berbagai aspek bisnis, seperti awareness, penjualan, hingga loyalitas pelanggan. Klik di sini jika Anda butuh informasi lebih lanjut mengenai layanan Digital Marketing dari VADS Indonesia dan berbagai layanan menarik lainnya!

Articles

Apa Itu AI dan Gunanya bagi Search Engine Optimization?

Dipos pada 18 Mei 2022

Artificial Intelligence, biasa disingkat AI, merupakan kecerdasan buatan yang dapat meningkatkan atau mengautomasi pengambilan keputusan dan tugas yang dilakukan oleh manusia. Itulah mengapa AI kerap digunakan oleh bisnis dan sangat penting untuk transformasi bisnis digital. AI memungkinkan bisnis untuk mengurangi biaya tenaga kerja, menghasilkan model bisnis baru, dan meningkatkan proses atau layanan pelanggan. Lantas, apa itu AI dan, terutama, gunanya bagi Search Engine Optimization?

​​Apa itu AI dan hubungannya dengan SEO?

AI telah mengubah proses pencarian secara permanen. Pengguna internet mendapatkan hasil pencarian khusus berdasarkan pencarian sebelumnya, perangkat yang digunakan, lokasi, dan ratusan faktor lainnya. Mesin pencari semakin tahu apa yang diinginkan pengguna. Pergeseran teknologi ini juga mendorong perubahan penting dalam Search Engine Optimization (SEO). Sebab, teknologi AI mampu membangun strategi pengoptimalan yang disesuaikan.

Saat menggunakan AI untuk melihat hubungan antara search intent dan konten, hasil pencarian disesuaikan dengan lanskap konten tertentu. Dengan kata lain, SEO yang bekerja untuk satu kelompok keyword mungkin tidak bekerja dengan baik untuk kelompok keyword lainnya. SEO yang mengandalkan AI menganalisis hubungan antara situs, halaman konten, dan peringkat mesin pencari, serta memberikan hasil yang cepat dan dapat ditindaklanjuti.

Manfaat penggunaan AI bagi SEO

Berikut beberapa manfaat penggunaan AI bagi praktik SEO dalam digital marketing:

  1. Pencarian menggunakan suara

Mesin pencari mengandalkan AI untuk memberikan hasil pencarian yang relevan. Mesin telusur menggunakan AI, machine  learning (pembelajaran mesin), dan deep learning (pembelajaran mendalam) untuk memproses query penelusuran, lalu memprediksi hasil mana yang akan memenuhi segala jenis penelusuran. 

Itu berarti, teknologi AI memainkan peran penting dalam menentukan peringkat konten Anda dan bagaimana merek Anda ditemukan oleh pengguna internet, terlepas dari mesin pencari yang digunakan. Pencarian menggunakan suara, misalnya, hanya memungkinkan dengan bantuan AI. 

Pencarian menggunakan suara bergantung pada teknologi AI dalam pembuatan dan pemrosesan bahasa alami agar berfungsi optimal. Saat ini, pencarian menggunakan suara menjadi lebih umum sehingga bisnis perlu menerapkan strategi SEO untuk pencarian menggunakan suara.

  1. Pencarian topik

Penggunaan AI bagi SEO juga membantu pencarian topik. AI dapat membantu pencarian topik yang tepat karena mampu menemukan pola dalam kumpulan data yang besar, termasuk data pada volume pencarian. Penggunaan AI memungkinkan Anda memilih topik konten dengan traffic pencarian tinggi untuk kelompok keyword tertentu. 

Bisnis dapat menggunakan AI untuk mengekstrak topik dari data pencarian, sehingga Anda dapat melihat apa yang dilakukan situs peringkat teratas lainnya untuk muncul pertama kali dalam peringkat pencarian di sekitar keyword terkait. AI membantu Anda membuat konten baru di sekitar hasil pencarian dan dapat membantu mengoptimalkan konten yang sudah Anda miliki. Tujuannya tentu mendapatkan peringkat yang lebih baik untuk keyword yang sama. 

  1. Analisis traffic

Traffic merupakan lalu lintas organik gratis yang meningkatkan visibilitas website Anda di mesin pencari. Itu berarti, traffic SEO penting bagi setiap bisnis untuk mendapatkan lebih banyak prospek, pelanggan, dan penjualan dari mesin pencari yang tidak harus dibayar. 

Traffic baik untuk SEO karena semakin populer situs Anda,  maka semakin baik peringkatnya di hasil mesin pencarian. Website yang mendapatkan lebih banyak traffic akan meningkatkan metrik SEO. Mesin pencari seperti Google lebih suka memberi peringkat pada konten yang ingin dikunjungi orang.

AI dapat membantu analisis traffic dan memberikan wawasan berharga dari data web. Perusahaan dapat menggunakan informasi ini untuk meningkatkan layanan pelanggan, mempersonalisasi rekomendasi produk, dan memastikan kepatuhan data. 

Di sisi lain, AI juga membantu menganalisis data pelanggan, mempelajari perilaku konsumen, dan memberikan penawaran yang dipersonalisasi. Hal ini penting karena konsumen akan membeli dari perusahaan yang menawarkan produk yang disesuaikan dengan preferensi mereka.

  1. Prediksi peringkat

Memahami peringkat website Anda dan pertumbuhan traffic sangat penting untuk SEO. Anda bisa mendapatkan informasi tentang peringkat website dan pertumbuhan traffic menggunakan Google Analytics. Namun, Google Analytics dapat memakan waktu lama untuk menafsirkan data. Penggunaan AI dalam SEO menjadi penting karena teknologi AI dapat memprediksi dan memperingatkan tentang pertumbuhan peringkat, sehingga dapat mengautomasi identifikasi masalah dan memberikan tindakan korektif.

  1. Kontrol SEO lebih terfokus

AI akan berdampak besar pada strategi SEO karena mengubah cara bisnis mendekati SEO dan bagaimana SEO membantu bisnis mencapai hasil yang lebih baik. Bisnis yang mampu merangkul AI akan mampu menjadi yang terdepan dalam persaingan dan mendominasi hasil mesin pencarian. AI memungkinkan bisnis untuk mengautomasi komunikasi dengan lebih baik, serta memungkinkan kontrol langsung atas strategi berbasis AI dan fokus kata kunci.

Itulah informasi tentang apa itu AI dan gunanya bagi Search Engine Optimization. Jika butuh bantuan mengeksekusi strategi SEO untuk bisnis atau brand, Anda dapat menggunakan layanan Digital Marketing dari PT VADS Indonesia. Layanan ini membantu Anda membuat dan mempublikasikan kampanye pemasaran melalui berbagai saluran digital, termasuk website SEO. Klik di sini jika Anda butuh informasi lebih lanjut mengenai layanan Digital Marketing dari VADS Indonesia dan berbagai layanan menarik lainnya!

Articles

Alasan Penggunaan Kecerdasan Buatan Untuk Kembangkan Digital Marketing

Dipos pada 16 Mei 2022

Kecerdasan buatan merupakan sebuah teknologi baru berupa simulasi proses kecerdasan manusia oleh mesin atau kemampuan program komputer. Siri milik Apple yang memahami dan menerima perintah verbal adalah salah satu contoh kecerdasan buatan. Penerapan teknologi kecerdasan buatan ternyata juga penting dalam digital marketing untuk mendukung kelancaran bisnis. Berikut beberapa alasan penggunaan kecerdasan buatan untuk mengembangkan digital marketing yang perlu Anda ketahui!

  1. Meningkatkan pengalaman pengguna

Salah satu alasan penggunaan kecerdasan buatan untuk kembangkan digital marketing adalah dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Kecerdasan buatan meningkatkan pengalaman pengguna dengan memungkinkan pembuatan konten relevan untuk mereka. Itu karena kecerdasan buatan mampu mengumpulkan data dan memutuskan jenis konten yang paling sesuai berdasarkan beberapa kriteria seperti lokasi, data historis, dan perilaku masa lalu pengguna.

Kesuksesan strategi digital marketing sangat bergantung pada pengalaman pengguna dan kecerdasan buatan membantu meningkatkan aspek ini. Bisnis yang menyuguhkan konten relevan tentu saja memberikan kesan pada pengguna bahwa brand tersebut khusus dibuat untuk mereka sehingga memberikan kesan eksklusivitas. 

Salah satu contoh penggunaan kecerdasan buatan untuk meningkatkan pengalaman pengguna adalah fitur virtual makeup try on untuk mencoba makeup secara virtual. Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah menentukan cocok atau tidaknya sebuah makeup tanpa harus mencoba produk tersebut secara langsung. Pengguna yang lebih suka belanja online tanpa datang ke toko fisik dapat memanfaatkan fitur ini dan merasa lebih puas melakukan transaksi pembelian.

  1. Promosi lebih tepat sasaran

Dalam aktivitas pemasaran, promosi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengenalkan produk oleh perusahaan. Tujuannya adalah untuk menarik minat pembeli sehingga produk yang dijual dapat diterima dengan baik oleh pembeli. Kegiatan untuk meningkatkan barang atau jasa ke arah yang lebih baik ini dapat memengaruhi, menyampaikan sesuatu, membujuk, dan meningkatkan pasar sasaran bisnis. Semakin tepat sasaran suatu promosi dilakukan, maka akan semakin tinggi pula peluang promosi mendatangkan pelanggan. 

Kecerdasan buatan dapat membantu promosi yang lebih tepat sasaran karena teknologi ini memungkinkan perusahaan menganalisis jenis dan target promosi yang lebih strategis. Kecerdasan buatan juga mampu mengakses data yang luas sehingga memungkinkan perusahaan untuk menggali potensi pelanggan yang lebih besar. Penggalian potensi pelanggan ini dilakukan lewat pencarian kata kunci, profil pengguna, serta berbagai data online lainnya.

  1. Kemampuan memprediksi customer behaviour

Kecerdasan buatan juga memiliki kemampuan memprediksi customer behavior atau perilaku pelanggan. Sebab, kecerdasan buatan bisa mengumpulkan berbagai informasi mengenai pengguna di internet dengan bantuan platform manajemen data (DMP). Dengan demikian, bisnis Anda dapat mempersonalisasi kebutuhan pengguna secara otomatis lewat profil dan situs apa saja yang mereka kunjungi. Hasilnya, Anda dapat menargetkan prospek pelanggan potensial dan meningkatkan potensi konversi lewat strategi digital marketing yang efektif.

  1. Meningkatkan ROI

ROI dapat meningkat dengan bantuan kecerdasan buatan karena teknologi ini terus mengumpulkan, menganalisis, serta menafsirkan data agar dapat digunakan untuk keuntungan bisnis. Kecerdasan buatan membantu memperkirakan penjualan dan ROI sehingga bisnis bisa menyusun strategi digital marketing yang tepat. Di samping itu, kecerdasan buatan juga membantu bisnis menghemat anggaran pemasaran dengan cara menghemat waktu dan biaya pemasaran, serta membuat pelanggan pelanggan lebih efisien dan personal.

  1. Pengambilan keputusan lebih mudah

Alasan penggunaan kecerdasan buatan untuk mengembangkan digital marketing yang terakhir adalah membantu pengambilan keputusan yang lebih mudah. Dengan menghilangkan kesalahan manusia dan menganalisis sejumlah besar data dengan cepat dan terus-menerus, kecerdasan buatan memberi bisnis berbagai informasi dan solusi terstruktur untuk masalah yang timbul.

Contohnya, saat bisnis mempertimbangkan untuk meluncurkan produk baru ke pasar baru, menyusun strategi digital marketing yang tepat bisa menjadi tantangan. Kecerdasan buatan dapat menyederhanakan proses pengambilan berbagai keputusan dengan cara mengumpulkan banyak data berbeda dan melakukan studi interdisipliner. 

Data yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan dapat dimanfaatkan oleh bisnis untuk mengambil keputusan tepat dari tahap pengembangan produk hingga pendekatan digital marketing untuk promosi produk. Kecerdasan buatan juga mengoptimalkan berbagai jenis prediksi dan manajemen risiko, misalnya memprediksi dan mengoptimalkan harga dengan bantuan alat AI.

Itulah informasi tentang beberapa alasan penggunaan kecerdasan buatan untuk mengembangkan digital marketing. Jika butuh bantuan dalam mengembangkan digital marketing, Anda dapat menggunakan layanan Digital Marketing dari VADS Indonesia.

Layanan ini membantu Anda membuat dan mempublikasikan kampanye pemasaran melalui berbagai saluran digital. Bisnis Anda pun akan terbantu dalam meningkatkan berbagai aspek, seperti awareness, penjualan, hingga loyalitas pelanggan. Klik di sini jika Anda butuh informasi lebih lanjut mengenai layanan Digital Marketing dari VADS Indonesia dan berbagai layanan menarik lainnya!

Articles

Pentingnya Content Marketing untuk Pertumbuhan Bisnis

Dipos pada 13 Mei 2022

Bagi pemilik bisnis, membuat content marketing adalah salah satu cara efektif untuk melakukan pemasaran. Pasalnya, content marketing merupakan suatu strategi berupa penyebaran konten yang relevan dengan bisnis. Dengan menyebarkan konten ini, audiens akan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk atau bisnis Anda. 

Tentunya, membentuk strategi marketing yang kuat akan membantu bisnis Anda untuk bertumbuh dan berkembang. Berikut ini penjelasan pentingnya content marketing dan bentuk-bentuknya. Anda bisa menyesuaikan bentuk content marketing yang dibutuhkan bagi bisnis Anda. Dengan begitu, pemasaran yang Anda lakukan bisa tepat sasaran.

Pentingnya content marketing untuk bisnis

Content marketing sangat penting bagi pertumbuhan bisnis Anda. Hal ini diperlukan untuk menarik perhatian audiens agar bisa mengetahui produk atau brand Anda. Ada beberapa poin penting mengapa bisnis Anda harus melakukan content marketing, salah satunya untuk meningkatkan awareness. 

Dengan kehadiran konten yang Anda sebarkan, maka banyak orang akan memahami brand dan produk yang Anda tawarkan ke publik. Konten tersebut juga bisa digunakan oleh calon konsumen untuk melakukan riset. Biasanya, jika para calon konsumen sudah tertarik dengan brand ataupun produk dari bisnis Anda, mereka akan menggali lebih dalam tentang hal-hal yang bersangkutan dengan produk yang mereka minati. 

Jika sudah demikian, mereka akan melakukan pertimbangan hingga akhirnya sampai pada tahap pembelian. Apabila banyak orang sampai pada tahap pembelian, maka strategi marketing Anda berhasil meningkatkan awareness dan juga daya beli masyarakat. Itulah pentingnya content marketing untuk meningkatkan keuntungan bagi bisnis Anda.

7 Bentuk content marketing

Sebelum membuat konten untuk content marketing, Anda perlu memahami beberapa bentuk konten yang bisa Anda gunakan. Dengan mengetahui ragam content marketing, Anda bisa membuat konten yang tepat.

  1. Infografik

Banyak orang membutuhkan informasi, namun sayangnya ilmu yang ada disajikan dalam bentuk tulisan yang panjang. Alhasil, banyak orang tidak tertarik untuk membaca secara lengkap. Untuk itu, muncullah infografik yang disajikan dengan gambar dan tulisan yang sudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Poin pentingnya adalah Anda harus bisa menyampaikan informasi secara padat dan to the point.

  1. Video

Bentuk content marketing yang kedua adalah video. Saat ini, video masih dianggap sebagai konten yang efektif untuk memberikan edukasi bagi banyak orang. Apalagi, saat ini platform YouTube sangat digandrungi oleh banyak orang, baik tua maupun muda. Konten dengan format video dapat lebih mudah dinikmati serta dipahami oleh banyak orang.

  1. Podcast

Konten yang sempat meningkat beberapa tahun ke belakang ini adalah podcast. Podcast adalah konten berupa suara layaknya Anda mendengarkan radio. Namun, tidak seperti radio yang banyak memutarkan lagu, podcast hanya berisi perbincangan antara pemilik akun dengan tamu undangan, misalnya. Dari konten ini, orang-orang bisa mendapatkan informasi dan ilmu dengan mudah. Mereka hanya perlu mendengarkan podcast yang berisi topik relevan dengan bisnis Anda.

  1. Blog

Salah satu konten tradisional yang sudah ada sejak lama adalah blog. Tak hanya blog, tapi juga website karena biasanya pada website bisnis, Anda bisa menempatkan section berisi artikel-artikel terkait produk Anda. Namun, ada hal yang harus Anda perhatikan ketika membuat artikel atau konten bagi blog bisnis Anda yaitu, SEO. SEO tidak bisa Anda pisahkan dari konten berbentuk artikel. Hal ini penting agar konten Anda bisa muncul di bagian teratas hasil mesin pencarian online (search engine).

  1. Media sosial

Berikutnya adalah media sosial. Siapa, sih, yang tidak memiliki media sosial saat ini? Tentu saja banyak orang dari kalangan muda dan dewasa yang memiliki setidaknya satu media sosial. Ada berbagai jenis platform yang bisa Anda pakai untuk memaksimalkan marketing bisnis, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, bahkan YouTube. Penggunaan media sosial ini akan sangat berpengaruh untuk menciptakan interaksi dengan pelanggan agar mereka bisa lebih mudah memahami produk Anda.

  1. Influencer

Content marketing selanjutnya adalah dengan menggunakan influencer. Saat ini, influencer memiliki peran yang penting untuk meningkatkan kemampuan pemasaran bisnis Anda. Mereka bisa memberikan jasa untuk mempromosikan konten Anda kepada followers mereka yang biasanya berjumlah banyak. Dengan begitu, target audiens yang Anda capai juga akan sesuai dengan yang diperlukan. Selain itu, influencer juga bisa membangun kepercayaan pelanggan dengan produk atau merek Anda.

  1. Testimoni dan review

Terakhir adalah testimoni atau review. Percaya atau tidak, review online akan sangat membantu bisnis Anda untuk lebih maju lagi. Semakin banyak yang memberikan testimoni baik setelah menggunakan produk Anda, maka akan semakin banyak pula orang yang tertarik dengan merek bisnis Anda.

Itulah ketujuh bentuk content marketing yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan. Pentingnya content marketing akan membantu bisnis untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat serta mengelola konten yang baik, gunakanlah layanan Digital Solutions dari PT VADS Indonesia. Bersama dengan PT VADS Indonesia, mari tingkatkan performa bisnis Anda!

Articles

Mengapa Social Media Management Penting untuk Kembangkan Bisnis?

Dipos pada 11 Mei 2022

Media sosial saat ini memang menjadi platform yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Mulai dari individu hingga bisnis, kini semuanya pasti memiliki akun media sosial agar mampu bersaing dan memasarkan produk atau layanannya dengan baik. Namun, ada hal yang masih sering dilupakan, yakni bahwa social media management penting untuk menjaga konsistensi dalam bermedia sosial. Memangnya, apa itu social media management?

Apa itu social media management?

Social media management atau manajemen media sosial adalah proses membagikan konten di berbagai media sosial yang dibantu dengan platform maupun software tertentu. Platform ini bertugas menjadwalkan kapan konten akan diunggah hingga menanggapi komentar warganet secepat mungkin. Selain itu, social media management juga bisa membuat bisnis berinteraksi dengan konsumen maupun calon konsumen untuk mengetahui tingkat kepuasan hingga harapan mereka terhadap perusahaan tersebut.

Social media management penting untuk bisnis, mengapa?

Setelah memahami apa itu social media management, kini saatnya Anda tahu mengapa social media management penting untuk diterapkan dalam bisnis. Simak tiga alasannya berikut ini!

  1. Menunjukkan jati diri perusahaan

Sekarang ini branding menjadi hal yang tak kalah penting bagi individu maupun perusahaan bisnis. Banyak yang kemudian menunjukkannya di media sosial dengan maksud memperkenalkan atau menunjukkan jati dirinya sebagai sebuah perusahaan. Bisnis yang memiliki jati diri menarik dengan produk yang berkualitas tentu akan lebih diminati jika dibandingkan dengan yang tidak menunjukkan dirinya di media sosial.

  1. Berbagi informasi jadi lebih mudah

Jika dahulu penyebaran informasi dan promosi harus disebarkan lewat mulut ke mulut maupun dengan mencetak brosur hingga memasang ikan di papan reklame, kini semuanya bisa lebih mudah dilakukan. Hanya dengan membagikan konten di media sosial, audiens bisa mengetahui informasi terkait produk atau layanan yang Anda tawarkan. Budget yang dikeluarkan pun tentu akan lebih sedikit.

  1. Membantu meningkatkan penjualan

Ketika menjalankan social media management dengan baik, tentu perusahaan akan tahu bagaimana respons warganet dan strategi apa yang diperlukan. Sehingga, ketika solusi yang dijalankan tepat dan perusahaan mampu menjamin kepuasan pelanggan dengan lebih baik lagi, angka penjualan otomatis akan ikut terdongkrak. Dengan begitu, perusahaan bisnis akan lebih cepat berkembang.

Tools social media management

Mengelola kehadiran bisnis di berbagai jenis media sosial tentu tidak mudah, apalagi jika dilakukan secara manual. Lalu, apa saja tools yang bisa digunakan untuk social media management? Berikut informasinya!

  1. Hootsuite

Tools social media management pertama yang bisa Anda gunakan adalah Hootsuite. Dengan alat ini, Anda sebagai pemilik bisnis tak perlu kerepotan menjadwalkan unggahan di media sosial, menjawab komentar serta pesan, hingga melihat performa perusahaan lewat traffic-nya di media sosial tertentu.

  1. SocialPilot

Mengunggah konten satu per satu di banyak media sosial tentu sangat memakan waktu dan tenaga. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab sudah ada SocialPilot yang mampu melakukannya secara otomatis untuk Anda. Urusan penjadwalan, manajemen banyak akun media sosial, analisis, dan lainnya, bisa dikerjakan dengan satu tools saja!

  1. Buffer

Lupa mengunggah konten di media sosial menjadi salah satu masalah yang kerap ditemui dalam social media management. Hal ini bisa berdampak buruk bagi bisnis karena berisiko membuat bisnis Anda tampak tidak konsisten. Untuk menanggulanginya, Anda bisa gunakan tools social media management, Buffer, yang mampu menjadwalkan posting-an untuk satu minggu ke depan. Performa bisnis Anda di media sosial jadi tidak akan terlupakan.

Itulah penjelasan mengapa social media management penting untuk pengembangan bisnis. Selain menggunakan tiga tools di atas, Anda juga bisa gunakan layanan dari PT VADS Indonesia yang menyediakan berbagai macam solusi untuk manajemen media sosial yang baik. Informasi lengkap mengenai layanan dari PT VADS Indonesia, bisa Anda lihat di sini!

 

Articles

Apa Itu Social Media Analytics dan Jenis-Jenisnya?

Dipos pada 09 Mei 2022

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan apa itu social media. Beberapa tahun terakhir, penggunaan media sosial terus meningkat seiring dengan kemajuan teknologi yang tidak ada habisnya. Setiap orang hingga perusahaan bisnis pun jadi punya akun media sosial masing-masing. Laju komunikasi jadi semakin mudah karena bisa dilakukan secara online tanpa harus bertemu langsung.

Akan tetapi, tahukah bahwa penggunaan media sosial saja tidak cukup bagi bisnis? Anda tidak hanya perlu memiliki akun media sosial, tapi juga harus menganalisis data yang diperoleh dari sana jika ingin mengembangkan bisnis. Proses analisis ini kemudian disebut dengan social media analytics. Lalu, mengapa ini penting dan apa saja jenis social media analytics yang bisa Anda gunakan? Simak selengkapnya di sini!

Apa itu social media analytics?

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat di atas, social media analytics diperlukan jika Anda ingin mengembangkan bisnis. Proses analisis ini mencakup tahapan mengumpulkan, menyaring, hingga meramu data yang didapatkan dari media sosial. Akan tetapi, perlu untuk Anda ketahui bahwa apa itu social media analytics tidak hanya berkutat pada jumlah like, comment, dan share saja, melainkan lebih dari itu.

Oleh karena itu, platform yang digunakan pun tidak cukup dari Google Analytics saja, tetapi membutuhkan software khusus yang dirancang untuk menyerap pencarian paling sering yang muncul berkaitan dengan perusahaan bisnis tersebut. Artinya, social media analytics tidak hanya menilai keberhasilan brand atau merek dalam memasarkan produknya, tetapi juga menangkap peluang dan menghadirkan solusi baru kepada konsumen maupun masyarakat pada umumnya.

Kenapa social media analytics penting?

Social media analytics memang penting untuk mengembangkan bisnis. Namun, apa alasannya hingga hal ini dianggap penting? Kehadiran media sosial membuat persebaran berita menjadi lebih cepat, termasuk bila citra sebuah produk tercoreng setelah ada testimoni buruk dari seorang konsumen. Di sinilah social media analytics berperan.

Saat ada tweet buruk terhadap kualitas produk maupun layanan yang diberikan oleh perusahaan bisnis tertentu, pemilik bisnis bisa dengan segera mengetahui hal tersebut dan berusaha menjawab protes atau keluhan secepat mungkin. Hal ini juga bisa memicu perusahaan untuk membuat strategi baru yang lebih baik.

4 Jenis social media analytics

Setelah mengetahui apa itu social media analytics dan mengapa ini penting untuk pengembangan bisnis, mari ketahui juga jenis-jenisnya yang terdiri dari empat kelompok. Berikut penjelasan lengkapnya mengenai empat jenis social media analytics.

  1. Diagnostic analytics

Jenis social media analytics yang pertama adalah diagnostic analytics. Analisis ini berfungsi untuk menemukan penyebab mengapa sebuah masalah bisa terjadi. Alih-alih hanya memberikan gambaran terkait campaign yang telah Anda jalankan beserta review data mengenai jumlah like, comment, dan share, analisis ini bisa memberikan inisight mengenai metode pemasaran yang berhasil dan tidak dari perusahaan Anda.

  1. Descriptive analytics

Lebih sederhana dari poin sebelumnya, descriptive analytics memberi gambaran mengenai kondisi bisnis Anda di media sosial. Analisis bisa dilakukan dengan mengupas komentar warganet terhadap produk atau layanan yang Anda berikan. Data meliputi like, comment, share, followers, dan sebagainya akan ditampilkan dalam bentuk visual dan laporan yang menarik namun tetap komplet.

  1. Predictive analytics

Sesuai dengan namanya, predictive analytics digunakan untuk memprediksi kejadian yang mungkin terjadi di masa depan. Kegiatan memprediksi ini bisa diambil dari data yang diperoleh dari media sosial, misalnya dengan melihat tanggapan warganet yang ingin membeli produk baru Anda atau dengan mencatat histori kunjungan pada website bisnis setelah diumumkan akan ada produk baru. Sehingga, perusahaan bisa memperkirakan angka penjualan.

  1. Prescriptive analytics

Sebagai tindak lanjut dari poin sebelumnya, prescriptive analytics membuat bisnis mampu menyusun strategi setelah memprediksi hal yang akan terjadi di masa depan. Misalnya, apabila penjualan diramalkan tak akan seramai peluncuran produk sebelumnya, perusahaan jadi punya strategi atau plan B supaya bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan tersebut. Ini tentu akan menguntungkan bisnis karena bisa lebih siap dengan berbagai skenario.

 

Kini, Anda paham apa itu social media analytics dan mengapa ini penting bagi bisnis. Nah, jika Anda adalah pelaku bisnis yang sedang berusaha mengembangkannya, tidak ada salahnya menggunakan layanan Social Media Analytics dari PT VADS Indonesia agar urusan bisnis jadi lebih mudah dan praktis. Yuk, kembangkan bisnis Anda bersama kami!

Articles

7 Jenis Email Marketing untuk Bisnis yang Penting Anda Tahu

Dipos pada 06 Mei 2022

Dalam menjalankan pemasaran, Anda bisa melakukan berbagai cara atau strategi yang sesuai kebutuhan bisnis. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan email marketing. Cara ini dianggap ampuh untuk menjalin hubungan dengan konsumen Anda. Namun, ada beberapa jenis email marketing yang harus Anda pahami terlebih dahulu.

Dengan mengenal apa saja jenis-jenis email marketing, maka Anda bisa lebih tepat menyasar target pasar. Apalagi, jika Anda juga memahami trik untuk mengirimkan email yang benar, maka kemungkinan cara ini berhasil menjadi lebih tinggi. Jadi, apa sajakah jenis email marketing yang perlu Anda ketahui?

  1. Email sambutan selamat datang

Jenis email marketing yang pertama adalah email sambutan. Biasanya, email ini akan muncul saat seseorang baru saja melakukan registrasi. Misalnya, Anda memiliki website bisnis yang memberi kesempatan bagi pelanggan untuk melakukan registrasi sebelum membeli produk, maka biasanya Anda harus mengirimkan email sambutan kepada pelanggan yang baru membuat akun. Email ini bisa juga Anda pakai untuk memberikan pemberitahuan seperti promo bagi pelanggan pertama. 

  1. Newsletter

Jenis berikutnya adalah newsletter, yang cocok untuk menarik perhatian audiens dengan artikel menarik. Biasanya, artikel yang dikirimkan akan tersambung dengan yang sudah ada di website atau blog Anda. Dengan begitu, jika mereka ingin membaca lebih lanjut, bisa langsung mengunjungi website dan menaikkan traffic Anda.

Namun, perhatikan pengiriman email jenis ini agar lebih efisien dan efektif. Frekuensi yang tepat adalah dua hingga tiga kali seminggu atau bisa disesuaikan dengan strategi bisnis Anda. Jangan lupa untuk memberikan visual dan CTA atau call to action yang tepat agar mereka semakin terdorong untuk mengunjungi website Anda.

  1. Email berisi katalog

Jenis email marketing yang ketiga adalah email berisi katalog. Anda bisa memasukan katalog barang atau jasa yang Anda tawarkan di email ini. Keuntungan dari email jenis ini adalah Anda bisa memberikan  insight bagi konsumen tentang produk yang Anda tawarkan. 

Meskipun demikian, email berisi katalog masuk dalam kategori hard selling sehingga orang bisa saja tidak tertarik untuk menerimanya, walaupun tak ada salahnya Anda sesekali mengirimkan email ini untuk mengingatkan produk apa saja yang Anda jual atau produk terbaru dalam katalog Anda.

  1. Email blast

Sebenarnya, email blast adalah sebuah trik mengirimkan email langsung ke banyak penerima. Dengan begitu, Anda tak harus memakan waktu banyak untuk mengirimkan email secara satu per satu. Cara ini sangat efektif untuk menjangkau lebih banyak orang dengan cepat. Meskipun email dikirim secara masif dalam satu waktu, Anda tetap bisa melakukan personalisasi dengan cara memanfaatkan fitur yang tersedia agar konten email menyebut nama penerima.

  1. Digest email

Berikutnya adalah digest email yang dihasilkan dari mesin mailing list. Email ini bisa Anda tentukan kapan dikirimkan. Selain itu, jenis email ini juga bisa Anda gunakan saat perusahaan Anda memiliki kontes. Artinya, email ini dapat memberikan insight tentang kontes yang dilakukan dan sudah sampai mana perkembangannya. Ketika Anda mengirimkan perkembangan ini, maka orang akan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut acara apa yang sedang Anda selenggarakan.

  1. Email survey

Jenis email marketing satu ini sangat tepat bila Anda membutuhkan pendapat dari pelanggan Anda. Namun, perlu diingat agar tidak terlalu panjang dalam memberikan survei. Artinya, survei yang dilakukan harus bisa diselesaikan dengan cepat agar pelanggan tidak bosan karena terlalu bertele-tele. 

  1. Email penawaran khusus

Terakhir adalah email marketing dengan penawaran khusus. Email yang satu ini sangat bagus digunakan jika Anda sedang memiliki acara seperti diskon hari raya atau promo apa pun. Berdasarkan penelitian, email ini sangat efektif menarik perhatian pelanggan. Jangan lupa untuk mengirimkannya pada waktu yang tepat agar pelanggan bisa langsung melakukan pembelian dari email yang dikirimkan.

Itulah beberapa jenis email marketing yang perlu Anda ketahui dan bisa aplikasikan sesuai dengan kebutuhan. Tertarik untuk menggunakan email marketing sebagai salah satu trik pemasaran bisnis Anda? Gunakanlah layanan Email Marketing dari PT VADS Indonesia untuk tingkatkan performa bisnis Anda!

Tim PT VADS Indonesia akan membantu Anda memilih jenis email marketing yang paling tepat dan memastikan eksekusinya berjalan lancar. Buktikan efektivitas email marketing untuk promosi bisnis dengan menghubungi PT VADS Indonesia sekarang juga!

Articles

3 Strategi Website Maintenance dari PT VADS Indonesia

Dipos pada 04 Mei 2022

Bagi pemilik bisnis, mempunyai website akan sangat membantu bagi pertumbuhan perusahaan. Masalahnya, memiliki website yang interaktif dan terbebas dari bug atau kerusakan teknis tentu tidak mudah. Anda memerlukan tim yang hebat untuk melakukan website maintenance. Apalagi, sumber daya manusia yang cermat dalam melakukan hal ini masih terbilang tidak banyak. 

Jika Anda adalah salah satu pebisnis yang merasa kesulitan untuk merawat website perusahan Anda, simak artikel dari PT VADS Indonesia ini! Artikel ini akan membahas tuntas mengenai website maintenance yang sangat berguna untuk meningkatkan performa bisnis Anda. Namun, sebelum masuk dalam penjelasan ragam website maintenance, ada baiknya kita memahami apa sebenarnya website maintenance itu.

Website maintenance merupakan sebuah cara agar website bisnis Anda tetap stabil. Artinya, Anda akan membutuhkan orang untuk melakukan perawatan bagi situs bisnis Anda. Anda perlu memastikan bahwa komponen dari website Anda berjalan sesuai dengan kebutuhan dan tidak ada kecacatan teknis yang membuat pengunjung kesulitan. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, berikut ini strategi melakukan website maintenance bagi bisnis Anda!

  1. Website maintenance mingguan

Perawatan website seharusnya dilakukan secara rutin dalam kurun waktu tertentu, misalnya dua minggu atau sebulan sekali. Tentu saja hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Semakin kompleks website yang Anda miliki, maka ada baiknya melakukan pemeliharaan sesering mungkin, atau setidaknya Anda melakukan pemantauan apakah ada bug yang harus diperbaiki.

Untuk melakukan perawatan secara mingguan, Anda bisa memeriksa apakah tautan dan halaman berfungsi dengan baik. Biasanya, bila Anda tidak melakukan pengecekan berkala, bisa saja terjadi kegagalan seperti link tidak ditemukan dan lain sebagainya. Bila terjadi seperti ini, pelanggan bisa mengira bahwa Anda tidak profesional menjalankan bisnis.

Pastikan juga website Anda menampilan informasi yang dibutuhkan dan sesuai. Lakukan pembaruan yang berfungsi agar komponen website tetap terjaga dengan baik. Apabila komponen website tidak ter-update, maka waktu loading situs Anda bisa melambat. Bisa-bisa pengunjung menunggu terlalu lama hingga akhirnya mereka tak sabar dan beralih ke website kompetitor. Anda tentu tak mau hal ini terjadi, bukan?

Selain itu, Anda juga bisa menghapus spam yang tidak diperlukan selama beberapa minggu sekali. Spam yang dimaksud bisa berupa komentar yang tidak perlu. Hal ini bisa membawa pelanggan Anda ke situs lain yang berbahaya dan tidak relevan. Cegah hal tersebut terjadi dengan melakukan pemeriksaan rutin.

  1. Website maintenance bulanan

Selain pemeliharaan secara mingguan, Anda juga bisa melakukan pemeliharaan dalam kurun waktu bulanan. Dalam pemeriksaan bulanan, Anda harus mengecek performa SEO website Anda.

SEO adalah kunci utama agar search engine seperti Google menampilkan situs bisnis Anda pada peringkat atas hasil pencarian online. Performa SEO yang bagus tentunya akan berjalan searah dengan traffic yang lebih baik. Lakukan ini secara bulanan dan evaluasilah jika performa website Anda belum menunjukkan perbaikan.

Berikutnya adalah meninjau konten  yang ada dalam website Anda. Biasanya, selain berjualan produk atau layanan yang Anda tawarkan, Anda juga memiliki section untuk menambah pengetahuan para pelanggan. Nah, konten yang terdapat di section tersebut harus bisa relevan dengan kebutuhan pelanggan serta memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan SEO. 

  1. Website maintenance kuartal

Terakhir adalah melakukan website maintenance kuartal. Artinya, Anda harus melakukan pemeliharaan setiap tiga bulan sekali. Idealnya, saat melakukan website maintenance ini, Anda akan meninjau hal-hal yang tidak bisa diselesaikan dalam jangka waktu pendek. Misalnya, jika Anda menempatkan informasi kontak bisnis Anda, maka jangan lupa periksa apakah kontak tersebut masih berlaku.

Hal ini dibutuhkan agar pelanggan bisa menjangkau Anda dengan mudah. Bayangkan jika Anda menaruh nomor WhatsApp untuk kebutuhan pelanggan, namun nomor tersebut tidak aktif. Pasti pelanggan akan merasa bahwa Anda tidak profesional.

Selain itu, Anda juga bisa mengubah desain website Anda. Ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana membuat website yang tepat dengan navigasi serta desain yang responsif. Dengan begitu, pelanggan bisa menggunakan situs Anda lebih baik. Jangan lupa juga untuk memeriksa masa aktif domain dan mengetes kecepatan situs Anda.

 

Nah, itulah penjelasan cara-cara mudah melakukan website maintenance bersama PT VADS Indonesia. Jika Anda mengalami kesulitan untuk melakukan perawatan situs bisnis secara mandiri, tak perlu bingung karena kini telah hadir layanan Website Maintenance dari PT VADS Indonesia. Ditangani oleh tenaga profesional dan berpengalaman, layanan ini dapat menjaga tampilan dan efektivitas website Anda agar selalu bisa memenuhi kebutuhan target audiens!

Articles

3 Strategi Social Media Advertising yang Efektif dari PT VADS Indonesia

Dipos pada 02 Mei 2022

Berbicara tentang teknik pemasaran dalam dunia bisnis, Anda akan menemukan berbagai cara untuk melakukannya. Salah satunya adalah dengan melakukan pemasangan iklan. Memasang iklan bisa dilakukan dengan media apa pun, termasuk social media advertising yang sangat populer sejak masifnya penggunaan media sosial.

Dalam artikel kali ini, PT VADS Indonesia akan menjelaskan seputar social media advertising dan strateginya yang efektif untuk meningkatkan kemampuan bisnis Anda dalam berkembang dan mendapatkan keuntungan lebih besar. Simak terus di sini!

Social media advertising, apa bedanya dari social media marketing?

Social media advertising merupakan jenis pemasaran digital yang biasanya memanfaatkan media sosial seperti Facebook atau Instagram. Penggunaan media sosial untuk menempatkan iklan yang Anda inginkan, idealnya akan dikenakan biaya. Meski demikian, cara ini adalah strategi yang efektif dan cepat agar Anda bisa terhubung dengan lebih banyak orang. 

Penggunaan media sosial dikatakan sangat efektif karena bisa menjangkau audiens yang luas dan meningkatkan kampanye yang ingin Anda lakukan. Jika Anda menggunakan media sosial sebagai alat menyebarkan iklan, maka Anda akan bisa menargetkan audiens secara lebih tepat. 

Pasalnya, iklan akan disebar berdasarkan sumber data dan sudah dipersonalisasi menurut perilaku pengguna dan demografi. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis di bidang kecantikan, maka orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan dunia kecantikan akan mendapatkan iklan Anda ketika membuka media sosialnya. Tentunya, kecanggihan ini didukung oleh adanya teknologi.

Berbicara tentang dunia pemasaran bisnis, pasti Anda juga akan pernah mendengar social media marketing, lalu apakah bedanya dari social media advertising? Banyak orang awam yang akan mengira dua hal ini sama, apalagi keduanya memanfaatkan media sosial untuk melakukan pemasaran. 

Meski terdengar serupa karena memanfaatkan media yang sama, social media marketing adalah teknik pemasaran yang biasanya tidak dikenakan biaya. Sedangkan seperti yang sudah disampaikan di atas, social media advertising akan dikenakan biaya. Strategi social media marketing dilakukan dengan cara beraktivitas seperti pada umumnya. Artinya, Anda akan melakukan posting konten layaknya orang bermedia sosial.

Platform social media advertising yang sering digunakan 

Social media advertising bisa dilakukan dengan membayar platform-platform yang sering digunakan. Adapun platform yang kerap digunakan adalah Facebook, YouTube, Instagram, Twitter, dan TikTok. Masing-masing media mempunyai kebijakan yang berbeda dalam memberikan layanan iklan bagi Anda.

Untuk menggunakan layanan ini, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu dan cari tahu fitur yang ditawarkan oleh masing-masing platform. Dengan begitu, Anda juga akan mengetahui platform mana yang tepat untuk memasangkan iklan. Misalnya, Anda memiliki bisnis di bidang kesehatan orang tua, maka Anda dapat menggunakan Facebook yang memiliki pengguna berusia 50-64 tahun berdasarkan riset pada 2020.

Hal serupa juga bisa diaplikasikan pada target audiens yang lain. Misalnya, jika target Anda adalah anak-anak muda, terlebih generasi Z, maka Anda bisa menggunakan layanan iklan berbayar TikTok yang hingga saat ini sudah memiliki pengguna aktif lebih dari 600 juta orang.

3 Strategi social media advertising

Setelah memahami apa itu social media advertising dan platform yang bisa Anda gunakan, kali ini PT VADS Indonesia akan berbagi strategi melakukan social media advertising yang efektif. Caranya pun tidak sulit, antara lain:

  1. Memiliki tujuan dan target pasar yang jelas

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ketika Anda hendak memasang iklan di media sosial, maka Anda harus bisa menyesuaikan target audiens yang Anda tuju. Artinya, Anda harus memahami tujuan serta target pasar yang ingin Anda capai. Misalnya, Anda mempunyai produk kecantikan bagi remaja, maka TikTok ataupun Instagram adalah media yang tepat karena kedua platform inilah yang umumnya dipakai oleh para remaja zaman sekarang.

  1. Mengunggah konten-konten organik

Strategi kedua adalah dengan menggunakan konten organik, yakni konten-konten biasa yang tidak berbayar. Dengan kata lain, social media advertising yang Anda lakukan harus didukung dengan social media marketing. Biasanya, ketika orang tertarik dengan iklan Anda, maka mereka akan mengunjungi website atau media sosial bisnis Anda. Jika konten yang Anda unggah di sana menarik, mereka pasti akan melakukan riset lebih lanjut.

  1. Memantau perkembangan iklan

Terakhir adalah dengan memantau perkembangan iklan. Setiap zaman akan memiliki cara beriklannya masing-masing. Itulah kenapa Anda harus bisa relevan terhadap perkembangan zaman agar iklan yang Anda taruh di media sosial tertentu menjadi efektif. 

Bagi yang tertarik untuk melakukan social media advertising untuk keperluan bisnis Anda, namun masih ragu dan bingung, gunakanlah layanan Social Media Advertising dari PT VADS Indonesia! Anda bisa meningkatkan awareness dan pendapatan bisnis dari penerapan strategi yang tepat. Buktikan sekarang juga!

Articles

Mengenal Strategi Email Marketing dengan PT VADS Indonesia

Dipos pada 29 Apr 2022

Dalam dunia bisnis, ada berbagai cara untuk melancarkan strategi marketing. Salah satunya dengan cara email marketing. Melakukan promosi bisnis melalui email dianggap sebagai pilihan yang tepat dan lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan media sosial.

Dalam artikel kali ini, PT VADS Indonesia akan menjelaskan lebih dalam mengenai strategi email marketing. Dengan begitu, Anda akan lebih memahami dan bisa menggunakan email sebagai salah satu strategi email bisnis Anda!

Apa itu email marketing?

Seperti namanya, email marketing adalah cara melakukan pemasaran dengan memanfaatkan email. Artinya, Anda akan mengirimkan email pada calon konsumen. Tujuan pengiriman ini bisa beragam, mulai dari edukasi hingga mengajak audiens untuk menggunakan atau membeli produk yang bisnis Anda tawarkan.

Strategi penggunaan email ini bisa dibilang cukup tradisional dalam bidang digital marketing. Namun, jika Anda dapat menerapkan strategi yang tepat, email marketing ini akan sangat efektif.

Mengapa email marketing penting?

Meskipun terbilang cukup tradisional bila dibandingkan marketing melalui media sosial yang lebih booming saat ini, nyatanya email marketing juga penting bagi pertumbuhan bisnis Anda. Ada beberapa manfaat yang perlu dipahami agar Anda mempertimbangkan menggunakan strategi pemasaran ini.

Manfaat yang pertama adalah hemat biaya. Anda tidak perlu melakukan promosi atau pemasaran besar-besaran, cukup dengan memiliki alamat email calon konsumen dan membuat konten email yang tepat. Jangkauan email marketing pun sangat luas karena hampir tidak mungkin seseorang yang terkoneksi dengan internet, tidak memiliki alamat email.

Selain itu, beberapa penelitian mengatakan bahwa sekitar 90 persen orang akan mengecek email setiap hari. Maka dari itu, jika konten Anda bisa menarik perhatian calon konsumen, penggunaan metode pemasaran yang satu ini akan sangat efisien.

Strategi melakukan email marketing

Untuk melakukan email marketing, Anda harus memahami beberapa cara di bawah ini agar metode pemasaran lebih efektif.

  1. Kenali audiens

Strategi pertama yang PT VADS Indonesia sarankan bagi bisnis Anda adalah mengenali audiens. Anda harus bisa memahami kebiasaan atau behaviour calon konsumen Anda. Cari tahu apa saja selera dan minat mereka, dengan begitu Anda bisa membuat konten email yang tepat dan juga efektif. 

  1. Siapkan alat yang tepat

Pemasaran dengan cara mengirimkan email tidak sama dengan mengirim email pribadi. Dibutuhkan alat yang tepat untuk menunjang strategi bisnis yang satu ini. Pasalnya, di dalam email marketing akan ada video, gambar, bahkan landing page yang bertujuan agar konsumen semakin tertarik. Ada banyak alat atau tools yang bisa Anda manfaatkan. Namun, pastikan Anda sudah memahami keunggulan tiap tools agar bisa optimal dalam mengirimkan email marketing.

  1. Buatlah list 

Selanjutnya adalah membuat email list. Hal ini akan sangat diperlukan agar Anda bisa memahami target audiens yang benar-benar berpotensi bagi perkembangan bisnis. Kelompokkan alamat email calon konsumen sesuai dengan beberapa penilaian yang sudah Anda lakukan agar bisnis berjalan lancar. 

Jangan lupa juga untuk membuat konten yang menarik dengan call to action variatif agar pembaca email atau calon konsumen Anda semakin berminat menggunakan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

  1. Optimasi email marketing

Setelah Anda paham dan sudah membuat email list, optimalkan email marketing Anda dengan membangun konten yang menarik. Setelah Anda yakin dengan konten tersebut, lakukanlah email blast

Email blast berarti Anda akan mengirimkan email langsung ke banyak orang dalam sekali waktu. Tentunya target audiensnya adalah orang-orang yang sudah masuk email list. Melakukan hal ini akan sangat berguna bagi bisnis karena pemasaran dikerjakan dengan cepat dan masif.

  1. Evaluasi

Strategi yang terakhir adalah melakukan evaluasi. Tidak akan lengkap rasanya bila Anda tidak mengukur efektivitas email marketing yang Anda lakukan. Anda harus mengevaluasi strategi ini agar bisa memahami apakah yang Anda lakukan sudah benar dan efektif meraih atensi audiens. 

Cari tahu apakah mereka melakukan pembelian dan seberapa banyak orang yang melakukan transaksi setelah membuka email marketing dari Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih mengoptimalkan strategi ini di kemudian hari.

Itulah penjelasan mengenai strategi email marketing untuk mengembangkan bisnis Anda. Melakukan strategi marketing tentunya diperlukan pengalaman dan ilmu yang mendalam. Bagi Anda yang membutuhkan bantuan untuk optimalisasi strategi ini, gunakanlah layanan Digital Marketing dari PT VADS Indonesia. Kunjungi website PT VADS Indonesia untuk informasi lebih lanjut!

Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik