VADS
Articles

Strategi Meningkatkan Contact Center, Simak Tren Contact Center 2021 Ini!

Dipos pada 14 Jan 2021

Beberapa bulan terakhir ini, layanan pelanggan semakin bersiap dalam menerima penelepon dalam jumlah yang besar. Banyak pelanggan perusahaan yang membutuhkan informasi, arahan, kenyamanan, menyampaikan kendala, dan juga menyampaikan keluhannya atas ketidakpuasan terhadap suatu produk ataupun layanan. Perusahaan harus memberbarui fokus mereka untuk meningkatkan pengalaman pelanggan mereka sekaligus dapat mengefisiensikan dan melakukan penghematan biaya. Penggunaan contact center secara tradisional tidak akan cukup untuk dapat meningkatkan pengalaman perusahaan. Berbagai cara yang dimanfaatkan adalah dengan cara outsource, otomatisasi cerdas menggunakan artificial intelligence, dan juga penggunakan teknologi cloud.

Berikut ini merupakan trend contact center yang dapat perusahaan Anda terapkan sebagai strategi utama di tahun 2021 untuk meningkatkan operasional contact center yang lebih baik di masa depan :

  1. Menggunakan Outsourcing

Transformasi digital sangat cepat diterapkan terutama dalam masa pandemi seperti sekarang ini. Cara berkomunikasi perusahaan dengan agen maupun dengan pelanggan pun terguncang. Bagi perusahaan yang menggunakan jasa outsourcing, perusahaan cukup fleksibel dalam menyesuaikan jumlah agen untuk penambahan dalam melayani pelanggan dan juga tantangan operasional lainnya.

  1. Menggunakan Solusi BCP (Business Continuity Plan)

Terjadinya bencana baik itu akibat manusia maupun alam membuat perusahaan akan membutuhkan banyak dukungan dan tenaga terutama dalam melayani pelanggan. Penggunaan opsi jarak jauh dan model karyawan yang fleksibel membantu contact center tetap siap dalam menghadapi kondisi apapun termasuk kondisi darurat pada masa sulit. (Simak solusi Business Continuity Plan dari VADS Indonesia)

  1. Prioritaskan Penggunaan Digital

Transformasi digital seperti otomatisasi, artificial intelligence, sistem berbasis cloud menjadi sebuat kebutuhan bagi contact center. Perusahaan harus menyadari manfaat penting dari prioritas penggunakan media digital untuk menerapkan solusi yang cepat dalam melayani pelanggan terutama pada saat krisis seperti pandemic ini yang membuat transaksi dan komunikasi menjadi melalui medium dan tidak bertatap muka secara langsung. Saat ini AI sudah berkembang pesat dan akan terus berkembang. Contact center harus dapat memanfaatkan fungsi tersebut misalnya seperti menganalisis sentimen pelanggan dan juga memberikan saran yang relevan dan juga real time. Hal tersebut dapat menghemat biaya contact center namun dapat meningkatkan produktivitas karyawan yang akan berdampak pada kepuasan pelanggan melalui perpaduan kinerja agen dan teknologi.

  1. Meningkatkan Layanan Customer Experience Secara Mandiri

Perusahaan harus bisa mendukung kebutuhan mendesak yang dibutuhkan oleh para pelanggannya seperti memberikan layanan Smart IVR, menyediakan FAQ Online, dan chatbot otomatis untuk memberikan pengetahuan dan informasi kepada pelanggan sebagai pertanyaan umum. Sehinggan agen contact center dapat memberikan perhatian lebih banyak untuk pertanyaan atau permasalahan yang lebih kompleks. Sehingga pelanggan dapat dengan cepat mendapatkan informasi tanpa harus membuat mereka untuk menghubungi atau menelepon melalui saluran suara. Kedepannya, contact center juga harus menyediakan omnichannel dengan dukungan manusia. Sehingga ketika pelanggan sudah menggunakan customer experience secara mandiri, pelanggan dapat dengan mudah berpindah saluran jika ingin menghubungi agen contact center apabila permasalahannya belum terjawab.

  1. Jangan Melupakan Aspek Keamanan (Security Solutions)

Berbagai inovasi teknologi memungkinkan pekerjaan jarak jauh dengan menggunakan jaringan pribadi seperti VPN, cloud, dan third parties lainnya yang bisa digunakan pada contact center. Namun contact center harus dapat memperkuat sistem dan keamanan yang lebih baik. Penggunaan two factor authentication lebih aman dibanding hanya mengandalkan kata sandi sebagai keamanan data perusahaan anda. (Simak Solusi Blockchain Secure Authentication dari VADS Indonesia untuk Keamaan Data Anda)

  1. Merancang Pelatihan Terbaru untuk Agen Contact Center

Agen contact center merupakan bagian terpenting dalam sebuah perusahaan karena membantu melayani pelanggannya dan juga berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Maka, dibutuhkan pelatihan agen contact center untuk membuat contact center yang baik. Perusahaan harus memikirkan kembali seperti apa teknologi yang digunakan saat ini, perubahan perilaku pelanggan, dan juga update layanan dan produk perusahaan sehingga agen contact center selalu update dalam penggunaan teknologi maupun informasi yang dimiliki. (Layanan Customer Service Learning Center VADS Indonesia)

  1. Penggunaan Cloud Contact Center

Adanya pandemi Covid-19 dan pembatasan sosial membuat perusahaan harus bisa mengguanakan cloud untuk dapat melanjutkan bisnis seperti biasanya salah satunya adalah layanan pelanggan yang memungkinkan agen dapat berinteraksi dengan konsumen dimanapun berada. Cloud computing (komputasi awan) memungkinkan perusahaan untuk mengakses software di internet sebagai layanan sehingga staf layanan pelanggan dapat menyelesaikan tugas mereka dimanapun mereka berada. Selain itu, penggunaan cloud juga dapat terkoneksi dengan sistem bisnis lainnya seperti CRM, ERP, dan lainnya. (VADS Indonesia Cloud Solutions untuk Meningkatkan Produktivitas Perusahaan Anda)

  1. Penggunaan Media Sosial

Platform media sosial telah menjadi kontak yang diperlukan baik dari sisi perusahaan maupun dari sisi pelanggan. Contact center dengan menggunakan media sosial memberikan cara yang nyaman untuk berkomunikasi antara perusahaan dengan pelanggannya. Contact center melalui media sosial terus meningkat dan juga dapat menjangkau pelanggan dengan lebih luas. Perusahaan dapat menggunakan chatbot atau memanfaatkan artificial intelligence untuk menanggapi pertanyaan di media sosial seperti WhatsApp, Line, Twitter, Facebook, dan Instagram. Meda sosial juga merupakan platform yang efektif untuk berkomunikasi karena dapat berkomunikasi secara dua arah antara pelanggan dan perusahaan. Pelanggan dapat memposting ulasan dan pengalaman mereka di media sosial. ( Solusi Media Sosial untuk Berkomunikasi dengan Pelanggan Anda)

Itulah beberapa ide inovasi contact center 2021 yang dapat diterapkan oleh perusahaan Anda untuk menjaga bisnis Anda tetap kompetitif di era pandemi dan new normal seperti saat ini. Mengikuti tren contact center diatas diharapkan dapat memenuhi harapan pelanggan Anda untuk pengalaman yang lebih baik untuk contact center generasi selanjutnya.

Diskusikan kebutuhan contact center Anda bersama VADS Indonesia, Business Process Outsourcing (BPO) di bidang contact center dan customer experience dengan layanan manajemen contact center profesional yang dapat meningkatkan dukungan pelanggan perusahaan Anda. Segera konsultasikan di marketing@vads.co.id untuk contact center perusahaan Anda yang bertujuan untuk meningkatkan layanan contact center dan mengoptimalkan layanan contact center perusahaan Anda.

 

Source :

Ttec.com

Voiptimecloud.com

Articles

Simak Trend Outsourcing Tahun 2021

Dipos pada 12 Jan 2021

Outsourcing mempekerjakan tim ataupun perusahaan pihak ketiga untuk melakukan layanan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kegiatan yang dilakukan dengan outsourcing meliputi berbagai posisi dan fungsi seperti dukungan layanan pelanggan, pengembangan hardware dan software, desain, keuangan, ataupun layanan penyediaan SDM. Outsourcing dapat dilakukan untuk memangkas biaya operasional perusahaan, menurunkan biaya tenaga kerja secara keseluruhan, dan juga dalam investasi teknologi. Manfaat lainnya dari outsourcing adalah sebagai berikut :

  • Memiliki kinerja yang lebih baik dan produktif
  • Perusahaan dapat lebih fokus dengan bisnis inti
  • Memiliki akses lebih luas mengenai keterampilan dan keahlian karyawan
  • Dapat meningkatkan bisnis perusahaan
  • Dapat menjangkau pasar dan konsumen lebih cepat
  • Memiliki infrastruktur yang unggul dan lebih murah

Tren outsourcing baru telah muncul dengan fokus yang berpindah dari aspek low budget menjadi ke best practice dan hal penting lainnya. Berdasarkan artikel dari Morph Networks, dua tahun lalu pasar global outsourcing mendekati nilai 100 miliar. Industri outsourcing memiliki keuntungan besar dan terus berkembang. Hal ini menunjukkan bahwa angka kebutuhan outsourcing terus meningkat dan diprediksi pada tahun 2021, industri outsourcing akan berkembang ke arah yang baru dan akan mendapatkan lebih banyak perhatian di seluruh dunia dengan peningkatan yang lebih baik, lebih banyak kemajuan teknologi, produktivitas., dan fleksibilitas. Ditambah saat pekerjaan jarak jauh sudah menjadi hal yang normal karena adanya pandemi Covid-19. Diasumsikan bahwa setelah pandemi nanti, beberapa bisnis tetap melakukan pekerjaan jarak jauh untuk efisiensi dan produktivitas. Perusahaan akan mempertimbangkan cara yang paling aman, hemat biaya untuk perkembangan dan pertumbuhan perusahaan, serta membuat perusahaan terus maju.

Pandemi ini telah secara drastis memengaruhi perubahan gaya hidup, bisnis, dan juga bagaimana kita bekerja. Hal ini juga membuka jalan bagi bisnis untuk terus berinovasi dan memenuhi perubahan perilaku koonsumen. Berikut ini merupakan prediksi tren BPO 2021 :

  1. Outsourcing proses pengetahuan (knowledge process outsourcing)

Jenis outsourcing yang berhubungan dengan pengetahuan khusus dan pemecahan masalah seperti konsultan, penelitian, pengembangan, analisis, interpretasi data, dan analisis teknis. Perusahaan yang ingin memperluas insigh dapat menggunakan KPO ini untuk memenuhi persyaratan perusahaan dengan biaya yang dapat disesuaikan oleh perusahaan

  1. Otomatisasi proses robotik dan AI

Kecerdasan buatan dalam outsourcing dan juga teknologi lainnya akan terus meningkat terutama untuk sistem terotomatisasi karena dapat membantu mengelola beban kerja secara efektif dan dapat meningkatkan layanan perusahaan.

  1. Menggunakan media sosial sebagai layanan pelanggan

Penggunaan media sosial yang semakin menjangkau banyak orang membuat perusahaan harus menggunakan media sosial sebagai salah satu layanan pelanggannya supaya dapat berinteraksi dengan para pelanggannya dimanapun dan kapanpun mereka berinteraksi dengan perusahaan sehingga menciptakan pengalaman pelanggan yang baik dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

  1. Peningkatan keterampilan staf

Proses otomatisasi akan mengambil alih tugas yang dikerjakan secara berulang dan fokus para pekerja akan lebih terspesialisasi. Dengan menggunakan outsourcing, perusahaan dapat meningkatkan dan memperluas layanan yang diberikan perusahaan. Staf atau karyawan juga dapat meningkatkan keterampilan khusus dengan menggunakan outsourcing karena dapat memfokuskan keterampilan yang akan ditingkatkan.

  1. Komputasi awan (cloud computing)

Cloud computing menjadi sebuah kebutuhan untuk banyak industri dan memberikan akses layanan yang luas seperti penyimpanan dan kekuaran pemrosesan kepada perusahaan. Tahun 2020 telah menunjukkan bahwa perlunya membangun layanan komputasi awan, keamanan siber, dan juga otomatisasi fungsi bsnis. Outsourcing dapat menawarkan infrastruktur IT kepada perusahaan seperti server, penyimpanan, dan jaringan. Tidak hanya sebagai penyimpan data dan informasi pribadi serta perusahaan dengan aman, namun dapat meningkatkan sistem dan prosesn yang akan meningkatkan efisiensi bisnis.

Di tahun 2021 ini, permintaan pengalaman pelanggan akan semakin meningkat. Perusahaan harus terus memunculkan taktik dan solusi baru dalam memberrikan layanan pelanggannya yang terbaik. Dengan semakin meningkatnya ekspektasi pelanggan, perusahaan harus bisa berinvestasi dalam membentuk tim dukungan pelanggan yang baik. Berkaca pada tahun 2020 ketika adanya pandemi yang melanda seluruh dunia, membuktikan bahwa bagaimana layanan pelanggan dapat menyelamatkan perusahaan. Ketika seluruh negara di lockdown, perusahaan tidak dapat mengirimkan produk dengan cepat dan juga berbagai kendala lainnya, namun pengalaman pelanggan yang baik di masa lalu dapat membuat pelanggan tetap mendukung perusahaan. Dengan layanan pelanggan jadi pusat perhatian, kedepannya BPO akan diminta untuk memberikan layanan seperti customer journey mapping, benchmarking services, mystery shopping, smart reporting dan  insight management, real-time omnichannel experience melalui media sosial, email, dan voice.

Tahun 2020 terbukti menjadi tahun yang penuh tantangan. Meski industri BPO bertahan dan berhasil tumbuh, masih ada jalan panjang untuk memulihkan apabila terdapat kerugian. Untuk tahun 2021, industri BPO akan lebih siap memberikan solusi kepada dunia usaha saat krisis. Karena semakin banyak bisnis yang mengurangi praktik tradisional dan merangkul teknologi baru, industri BPO harus melakukan hal yang sama untuk terus melayani klien dan merevolusi proses bisnis.

Mendedikasikan layanan dukungan pelanggan perusahaan Anda ke perusahaan outsourcing yang andal adalah salah satu tren outsourcing 2021. Layanan bisnis outsourcing akan membantu perusahaan untuk membawa hasil yang positif dengan kemajuan teknologi dan otomatisasi yang akan membantu proses dan komunikasi yang lebih baik. Salah satunya adalah solusi Artificial Intelligence yang dapat berkontribusi untuk perusahaan Anda berkembang lebih cepat, melayani pelanggan yang lebih baik, dan lebih produktif.  

Seperti banyak lainnya, industri outsourcing telah mulai menyesuaikan layanannya untuk mengakomodasi perubahan teknologi dan kebutuhan lanskap bisnis yang terus berkembang. Terlepas dari perubahan yang menarik ini, praktik terbaik saat bekerja dengan mitra outsourcing tetap berakar pada nilai-nilai transparansi, integritas, dan komunikasi.

VADS Indonesia adalah Business Process Outsourcing di bidang contact center dan customer experience dengan layanan manajemen pusat panggilan profesional yang dapat meningkatkan dukungan pelanggan perusahaan Anda. Segera hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi mengenai outsourcing contact center perusahaan Anda.

 

 

Source :

morphnetworks.com

selectvoice.com

teleworkph.com

 

Articles

Kelola Customer Experience Anda Dengan Satu Platform, Omni Channel

Dipos pada 29 Des 2020

Teknologi berkembang semakin pesat dan semakin berpengaruh kepada kehidupan manusia dan membuat manusia ketergantungan dalam mengandalkan teknologi untuk kehidupan sehari-hari tersmasuk dalam bekerja. Teknologi tersebut berkembang secara terus menerus dengan penemuan yang semakin inovatif dalam membantu kehidupan dan pekerjaan manusia. Salah satu teknologi yang bisa dilihat saat ini adalah banyaknya orang yang berbelanja melalui online tanpa harus datang ke toko fisik, ditambah adanya pandemi corona yang membuat orang semakin terbatas untuk datang langsung dan menghindari keramaian. Orang membeli barang hanya menggunakan ponsel mereka dan juga dengan bantuan internet. Oleh karena itu, keberadaan customer experience menjadi salah satu aspek terpenting dalam menjalankan bisnis perusahaan untuk melayani pelanggannya yang sudah menggunakan multi channel dalam memenuhi kebutuhan mereka. Namun, di era teknologi yang semakin berkembang, dunia customer experience sudah mulai mengenal istilah omnichannel yang semakin populer.

Apa itu Omnichannel?

Omnichannel merupakan pengembangan dari multichannel dengan jangkauan yang lebih luas dan juga real time. Omni berasal dari kata omnis yang memiliki arti semua sehingga omnichannel adalah salah satu model bisnis yang menggunakan semua channel dalam mengutamakan pengalaman pelanggan. Omni channel mengintegrasikan dan mengontrol semua bagian di dalam bisnis ke dalam satu sistem.

Perbedaan Omnichannel dengan Multichannel

Beberapa perbedaan omnichannel dengan multichannel seperti :

Omnichannel :

  • Saling terintegrasi
  • Fokus pada customer journey melalui banyak channel
  • Konsisten menyampaikan pesan melalui channel manapun
  • Melibatkan data untuk membangun customer journey

Multichannel :

  • Tidak terintegrasi
  • Memanfaatkan channel sebanyak-banyaknya
  • Memanfaatkan banyak channel untuk memastikan bisnis telah ada
  • Lebih mempertimbangkan banyak channel dimana pelanggan berada

Manfaat Omnichannel

Penggunaan omnichannel tentunya untuk meningkatkan kenyaman dan kemudahan pengalaman pelanggan perusahaan. Pelanggan juga dapat melakukan transaksi ataupun mendapatkan informasi dari berbagai channel baik online maupun offline. Omnichannel lebih efisien karena seluruh pengalaman pelangggan dan keterlibatannya di semua channel yang digunakan oleh pelanggan dapat diintegrasikan menjadi satu sistem. Omnichannel dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan customer journey.

Omnichannel dapat menggabungkan semua channel baik online maupun offline yang dapat memudahkan pelanggan anda untuk mendapatkan informasi begitu juga untuk perusahaan mendapatkan informasi dan mengolah data yang didapatkan dari pelanggan. Selain itu, perusahaan dapat mengintegrasikan bisnisnya secara lebih baik karena omnichannel berfokus pada interaksi yang terintegasi.

Dalam memulai omnichannel, perusahaan harus memahami customer journey dari pelanggan perusahaan tersebut untuk memberikan kesan yang baik pada pelanggan. Selain itu, perusahaan harus dapat memilih teknologi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan pilihan dari masing-masing pelanggan perusahaan dan juga untuk memasarkan produk dan jasa yang diberikan oleh perusahaan. Setelah itu, perusahaan harus dapat mengintegrasikan seluruh teknologi yang digunakan oleh perusahaan dengan tujuan dapat meningkatkan pengalaman belanja para pelanggan. Informasi lebih lanjut mengenai omnichannel untuk mengoptimalkan customer experience perusahaan Anda dengan menghubungi marketing@vads.co.id.

Articles

Manfaat Maksimal Menggunakan Human Augmented Bot

Dipos pada 17 Des 2020

Penggunaan Artificial Inteliigence dalam layanan pelanggan semakin marak digunakan karena fungsinya yang sangat membantu tugas manusia dan juga dapat meningkatkan produktivitas. Artificial Intelligence tidak sepenuhnya menggantikan layanan pelanggan konvensional, namun menjadi sebuah pelengkap yang dapat diintegrasikan antara mesin dengan manusia untuk menciptakan produktivitas yang semakin optimal. AI dapat mempermudah proses dan mengefisiensikan waktu dalam menyelesaikan permasalahan yang dialami pelanggan, dan agen contact center dapat membantu menyelesaikan permasalahan pelanggan yang lebih kompleks. Sehingga penggunakan artificial intelligence yang dilengkapi dengan agen contact center atau istilah lainnya adalah human augmented bot, akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi layanan pelanggan perusahaan. Berikut ini merupakan manfaat penggunaan human augmemented bot diantanya adalah :

  1. Memberikan insight pelanggan

Layanan pelanggan yang menggunakan human augmented bot akan mendapatkan insight mengenai pelanggan melalui AI yang memberikan data, wawasan, dan saran yang relevan kepada agen contact center yang berinteraksi langsung kepada pelanggan sehingga agen cintact center dapat merespons pelanggan dengan cepat dan tepat tanpa perlu mengakses data yang jumlahnya sangat banyak.

  1. Meningkatkan kualitas agen contact center

AI melalui chatbot atau voicebot akan melayani pelanggan dengan menangani pertanyaan pelanggan diawal yang biasanya permintaan nya sederhana dan mudah dipahami. Apabila terdapat pertanyaan yang kompleks, segera bot mengalihkan ke agen contact center melalui alur proses layanan pelanggan secara otomatis, sehingga agen contact center dapat lebih produktif dan solusi atau permasalahan yang dialami oleh pelanggan dapat dengan cepat terselesaikan.

  1. Hemat anggaran

Di era digital seperti saat ini, perusahaan harus dapat mengutamakan pelanggan dengan memberikan layanan yang baik. Menggunakan model hybrid seperti human augmented bot dapat memenuhi permintaan pelanggan yang terus meningkat namun tetap meningkatkan fungsionalitas layanan pelanggan dengan lebih akurat, cepat, dan analisis data. Dengan menggunakan human augmented bot memungkinkan volume interaksi yang lebih tinggi tanpa menambah tenaga manusia lebih banyak dan akan mengurangi biaya rata-rata per interaksi sehingga dapat menghemat anggaran biaya perusahaan tanpa mengurangi kualitas layanan pelanggan perusahaan.

  1. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Menggunakan solusi human augmented bot dalam layanan pelanggan dapat mengurangi resiko pelanggan akan kecewa karena berinteraksi dengan chatbot atau voicebot saja yang kemungkinan besar hanya menghasilkan pengalaman pelanggan yang biasa biasa aja karena tidak dapat membantu solusi atau permasalahan yang lebih kompleks, dengan memadukan AI dan agen contact center, maka pelanggan akan merasa puas karena ditanggapi secara cepat oleh chatbot dan dilanjutkan untuk menyelesaikan permasalahan yang kompleks tersebut dengan dibantu oleh agen contact center.  

Human augmented bot memberikan kontribusi untuk meningkatkan layanan pelanggan perusahaan Anda. Layanan nya yang mampu mendukung selama 24/7 sehingga dapat merespons pelanggan dengan cepat dan kapanpun pelanggan menghubungi. Yakin dengan berbagai manfaat dari human augmented bot tapi bingung mau mulai dari mana? Silahkan hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi mengenai human augmented bot untuk meningkatkan layanan pelanggan perusahaan Anda.

VADS Indonesia menghadirkan layanan human augmented bot yang melayani berbagai perusahaan di berbagai saluran. VADS Indonesia mengetahui dan memastikan bahwa pelanggan memiliki pengalaman dukungan dengan menggunakan human augmented bot yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi layanan pelanggan perusahaan Anda. Hubungi kami, dan kami akan mendemonstrasikan bagaimana human augmented bot dapat meningkatkan upaya dukungan layanan pelanggan Anda.

Articles

Chatbot vs Voicebot

Dipos pada 15 Des 2020

Chatbot dan voicebot keduanya memiliki peran yang sangat penting untuk perusahaan terutama dalam berkomunikasi dengan para pelanggan. Komunikasi yang dilakukan oleh chatbot dan voicebot dapat dilakukan kapan saja dan pelanggan dapat merasa puas karena berkomunikasi dengan mudah dan nyaman kepada perusahaan. Saat ini memang penggunaan chatbot dan voicebot merupakan tren teknologi yang berkembang pesat belakangan ini. Berdasarkan laporan dari Acquire.io dalam website CZentrix pada tahun 2018, 40% responden yang disurvei mengatakan bahwa mereka mengobrol dengan chatbot setiap hari, laporan lainnya menunjukkan bahwa 64% pengguna internet mengatakan layanan 24 jam adalah fitur terbaik yang dimiliki oleh chatbot. Kedua solusi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Mari kita ulas masing –masing mengenai chatbot dan voicebot.

Apa itu Chatbot?

Chatbot adlaah software kecerdasan buatan yang dapat melakukan percakapan dengan pelanggan dalam bahasa manusia dengan menggunakan pesan teks. Kecerdasan buatan didalamnya memastikan bahwa pengalaman yang diberikan chatbot dalam berkomunikasi mendekati seperti sedang melakukan percakapan dengan manusia. Chatbot dapat diintegrasikan dengan mudah di berbagai situs aplikasi perpesanan seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, Live Chat, dan lainnya.

Apa saja manfaat Chatbot?

Chatbot memiliki peran penting dalam berinteraksi dengan pelanggan. Berbagai keuntungan lainnya yang dimiliki chatbot diantaranya adalah :

  • Standby 24/7 : chatbot dapat menghemat banyak waktu karena responsnya yang cepat dan juga selalu siap kapanpun pelanggan menanyakan informasi dan meminta bantuan.
  • Kepuasan pelanggan meningkat : karena dukungan pelanggan yang cepat dan chatbot dapat merespons sepanjang waktu, pelanggan akan sangat terbantu dalam memenuhi kebutuhan mereka sehingga pelanggan akan lebih puas karena dapat terbantu oleh layanan pelanggan kapanpun.
  • Membantu agen contact center : chatbot dapat dengan mudah mengambil alih tugas agen yang dilakukan secara biasa dan berulang. Hal ini dapat mengefisiensikan bisnis perusahaan anda dan juga hemat biaya karena chatbot dapat membantu agen contact center dalam menangani pertanyaan umum selama jam sibuk, sehingga agen contact center akan terfokuskan pada permasalahan pelanggan yang lebih kompleks.

 Apa itu Voicebot?

Voicebot adalah saluran suara berbasis kecerdasan buatan dan pemahaman bahasa alami untuk berkomunikasi dengan para pelanggan dengan cara audio. Teknologi AI didalamnya dapat membantu voicebot untuk mengidentifikasi kata kunci dalam percakapan dan menyimpulkan respons terbaik untuk sebuah dialog dan kemudian mesin text to speech (TTS) kemudian mengubah respons menjadi audio untuk menyelesaikan interaksi. Voicebot dilatih untuk menyelesaikan seluruh percakapan dengan proses respons yang mirip dengan cara manusia berinteraksi. Voicebot dapat diintegrasikan ke berbagai perangkat layanan seperti IVR, chatbot, layanan mandiri, dan lainnya.

Apa saja manfaat voicebot?

Voicebot memiliki berbagai kelebihan yang dapat membantu pekerjaan manusia terutama dalam layanan pelanggan sebagai berikut :

  • Menggunakan suara : voicebot akan mengeluarkan suara sebagai mode komunikasi kepada pelanggan. Pelanggan akan merasa didengarkan terkait keluhan dan pertanyaannya karena menggunakan suara sehingga pelanggan lebih mudah dalam menyampaikan keluahan atau pertanyaannya.
  • Dapat diintegrasikan : voicebot dapat dengan mudah diintegrasikan dengan berbagai layanan seperti CRM atau device lainnya sehingga dapat dimanfaatkan untuk penjualan ataupun mendukung kampanye yang dilakukan oleh perusahaan.

Voicebot juga dapat digunakan untuk otentikasi. Industri yang membutuhkan otentikasi penting seperti perbankan dan asuransi sangat penting dan merupakan suatu kebutuhan dalam menyediakan otentikasi yang tepat. Voicebot dapat dilatih untuk memahami frekuensi dalam otentikasi penelepon seperti menyebutkan nomor telepon, ID pribadi, dan otentikasi lainnya.

VADS Indonesia dapat membantu perusahan Anda untuk menyediakan Smart Outreach (stand alone bot) baik itu chatbot maupun voicebot. VADS Indonesia juga dapat membantu perusahaan Anda untuk lebih optimal dalam memberikan layanan kepada pelanggan dengan menyediakan solusi Human Augmented Bot, yaitu chatbot dan voicebot yang dilengkapi dengan agen contact center untuk mlengkapi layanan pelanggan perusahaan Anda. Segera hubungi marketing@vads.co.id untuk diskusi dan konsultasi mengenai solusi yang tepat untuk meningkatkan layanan pelanggan perusahaan Anda semakin lebih optimal dan lebih produktif serta lebih efisien.

 

Articles

Human Augmented Bot, Solusi Inovatif untuk Meningkatkan Produktivitas Contact Center Anda

Dipos pada 10 Des 2020

Perkembangan teknologi menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan dalam layanan pelanggan. Industri layanan pelanggan sangat menjadikan teknologi sebagai salah satu alat untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggannya. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI). Teknologi AI yang sering digunakan dalam melayani pelanggan adalah dengan menggunakan chatbot. Chatbot adalah robot virtual dengan kecerdasan buatan yang dapat melayani percakapan dengan cepat dan kapanpun selama 24/7. Program komputer ini dirancang untuk dapat merespons percakapan dengan pelanggan melalui teks. Fitur chatbot ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk melayani pelanggan karena fungsinya yang dapat merespons dengan cepat dan kapanpun pelanggan menanyakan informasi dan kendala yang dialaminya.

Artificial intelligence terus dikembangkan untuk memaksimalkan penggunaannya yang bermanfaat dalam membantu pekerjaan manusia. Setelah pengembangan chatbot yang dapat membantu dalam melayani pelanggan, berbagai perusahaan teknologi mengembangkan chatbot tidak hanya berdasarkan teks saja, namun mulai merambah melalui suara atau yang dikenal dengan voicebot. Voicebot adalah software yang didukung oleh kecerdasan buatan yang membantu penelepon berkomunikasi layaknya sistem suara interaktif (IVR) yang dapat merespons secara alami. Penelepon atau pelanggan tidak perlu mendengarkan menu dan menkan tombol di keypad sesuai dengan arahan dari IVR, namun pelanggan berbicara langsung dengan IVR dalam simulasi panggilan yang tersistem secara sederhana dengan operator langsung.

Voicebot menggunakan respons rekaman dan teks ke ucapan untuk menjawab pertanyaan para pelanggan. Tugas voicebot adalah membantu mengarahkan apa yang diinginkan pelanggan dengan respons yang efektif dengan menggunakan pembelajaran mesin untuk meningkatkan kapasitas dirinya dan juga untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan. Contoh popular voicebot adalah seperti Amazon Poly, Siri, Cortana, Alexa, IBM Watson, dan juga Google Assistant.

Baik chatbot maupun voicebot keduanya dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan layanan pelanggannya karena dapat beroperasi selama 24/7 sehingga kapanpun pelanggan menghubungi akan selalu dibantu oleh chatbot maupun voicebot. Namun, saat ini keduanya terbatas hanya dapat menjawab pertanyaan berulang dan pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh pelanggan sehari-hari. Untuk pertanyaan dan permasalahan yang lebih kompleks, dibutuhkan agen customer service sebagai pelengkap dalam solusi permasalahan yang dialami oleh pelanggan Anda. Solusi chatbot atau voicebot yang dilengkapi dengan agen customer service sebagai pelengkap dalam layanan pelanggan disebut dengan Human Augmented Bot.

Pengembangan secara hybrid, Human Augmented Bot adalah perpaduan antara manusia dan mesin yang dikembangkan untuk melakukan fungsi yang lebih optimal dan produktif. Chatbot dan voicebot dalam layanan pelanggan yang memiliki sistem AI memang memiliki keunggulan lebih cepat merespons dibanding dengan melakukan interaksi dengan manusia. Robot lebih baik dalam mengolah data, mencari pola, melakukan tugas berulang, dan melihat rekaman atau journey pelanggan dalam hitungan detik. Namun, di sisi lain tetap harus ada manusia yang memberikan proses data pelanggan dan juga berinteraksi kepada pelanggan dalam hal permasalahan yang lebih kompleks dan menangani subjek tertentu. Human Augmented Bot ini akan membuat perusahaan memberikan layanan kepada pelanggan yang lebih baik dan juga tentunya dengan biaya yang lebih rendah.

Human augmented bot membuat layanan pelanggan menjadi cepat, efisien, dan dapat terintegrasi dengan sistem yang dimiliki oleh perusahaan. Perpaduan antara saluran digital , otomatisasi, AI, dan keterlibatan manusia menjadikan human augmented bot menjadi suatu terobosan untuk meningkatkan layanan perusahaan dalam berkomunikasi dengan pelanggannya.

Teknologi chatbot dan voicebot akan terus dikembangkan karena teknologi ini merupakan teknologi yang memudahkan pekerjaan manusia di berbagai industri terutama dalam bidang layanan pelanggan. Tingkatkan layanan pelanggan perusahaan Anda dengan Human Augmented Bot yang disediakan oleh VADS Indonesia.  VADS Indonesia akan membantu perusahaan Anda dalam mengembangkan live chat secara hybrid, melakukan follow up dan juga tagihan melalui human augmented bot yang dapat digunakan dalam berbagai channel seperti WhatsApp, Line, Facebook, Twitter, dan Telegram. Hubungi marketing@vads.co.id untuk diskusi lebih lanjut dan konsultasi mengenai peningkatan layanan pelanggan perusahaan Anda agar lebih produktif dan efisien.

Articles

Smart Outreach, Solusi Inovatif untuk Meningkatkan Bisnis

Dipos pada 08 Des 2020

Teknologi Artificial Intelligence semakin berkembang, penggunaannya pun semakin meluas untuk berbagai bidang. Kecerdasan yang dimiliki Artificial Intelligence memang sangat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih cepat dan efisien. Banyaknya kebutuhan dan penggunaannya yang memudahkan manusia tersebut membuat teknologi Artificial Intelligence ini terus dikembangkan untuk semakin memudahkan pekerjaan manusia. Salah satu bidang yang memanfaatkan adanya Artificial Intelligence ini adalah dalam pelayanan konsumen atau customer service.

Beberapa perusahaan sudah banyak yang menggunakan AI ke dalam sistem customer service mereka dengan alasan yang lebih mudah dan murah serta dapat melayani pelanggan kapanpun dan dimanapun. Salah satu teknologi tersebut adalah dengan menggunakan chatbot atau smart chat assistant untuk melayani pelanggan mereka. Survey yang dilakukan oleh Business Insider mengatakan bahwa 80% perusahaan menggunakan chatbot di tahun 2020 ini. Chatbot umumnya digunakan untuk melayani pelanggan dan melakukan kampanye untuk perusahaan. Interaksi dengan chatbot saat ini sudah tidak terasa berbicara dengan robot, namun chatbot sudah mulai bisa mengenal bahasa Indonesia dan bahasa sehari-hari yang digunakan sehingga pelanggan lebih nyaman dalam menggunakan chatbot. Inovasi tidak hanya berhenti sampai disitu, Artificial Intelligence terus dikembangkan. Penelitian yang dilakukan oleh Gartner memprediksikan bahwa 70% seluruh interaksi dengan pelanggan akan menggunakan machine learning, chatbot, dan mobile messaging di tahun 2022. Hal tersebut menunjukkan bahwa Artificial Intelligence terus dikembangkan untuk memudahkan perusahaan dalam berinteraksi dengan pelanggannya. Salah satunya adalah hadirnya voice bot atau smart outreach.

Pengertian Smart Outreach

Smart outreach adalah software yang didukung oleh kecerdasan buatan yang membantu penelepon berkomunikasi layaknya sistem suara interaktif (IVR) yang dapat merespons secara alami. Penelepon atau pelanggan tidak perlu mendengarkan menu dan menekan tombol di keypad sesuai dengan arahan dari IVR, namun pelanggan berbicara langsung dengan IVR dalam simulasi panggilan yang tersistem secara sederhana dengan operator langsung.  Smart Outreach menggunakan respons rekaman dan teks ke ucapan untuk menjawab pertanyaan para pelanggan.

Teknologi ini semakin ditingkatkan untuk dapat merespons dengan bahasa Indonesia supaya berinteraksi dengan pelanggan dapat lebih personal dan tidak terasa pelanggan sedang berkomuniikasi dengan robot. Tugas Smart Outreach adalah membantu mengarahkan apa yang diinginkan pelanggan dengan respons yang efektif dengan menggunakan pembelajaran mesin untuk meningkatkan kapasitas dirinya dan juga untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan.

Benefit Smart Outreach

Smart Outreach dapat dimanfaatkan oleh perusahaan dalam meningkatkan customer experience dan customer loyalty pelanggan terhadap perusahaan. Berbagai benefit dan fungsi yang dapat dimanfaatkan dari Smart Outreach adalah sebagai berikut :

  1. Survey

Smart outreach dapat digunakan oleh perusahaan untuk melakukan survey kepada para pelanggan perusahaan. Survey tersebut nantinya digunakan perusahaan untuk meningkatkan layanan dan produknya sehingga dapat menyediakan layanan dan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggannya.

  1. Customer Service

Smart Outreach sangat membantu perusahaan dalam melayani pelanggan misalnya dengan menyisipkan FAQ di dalam smart outreach, sehingga akan membantu agent customer service untuk menjawab pertanyaan yang berulang dari para pelanggan dengan lebih mudah dan cepat dan juga pelanggan dapat menemukan solusinya dengan self service.

  1. Sales dan Marketing

Smart Outreach dapat digunakan untuk mendapatkan leads dan data untuk nantinya dapat digunakan untuk penjualan. Selain itu, Smart Outreach juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan perjanjian pertemuan dengan klien.

  1. Reminder

Smart Outreach dapat dimanfaatkan perusahaan dalam memberikan reminder kepada pelanggan terkait dengan penagihan billing, pembayaran, dan juga reminder lainnya terkait dengan tagihan.

  1. Data Verification

Smart Outreach juga dapat digunakan perusahaan dalam melakukan data verification untuk memperbarui data pelanggannya dan juga dapat digunakan dalam memverifikasi data pelanggan yang ingin upgrade layanan.

Dalam beberapa kebutuhan, smart outreach akan menjadi hal besar dalam layanan pelanggan karena penggunaannya yang mudah, responsif, dan juga personalisasi. Smart Outreach akan menjadi alat dukungan layanan pelanggan yang banyak diminati oleh perusahaan. VADS Indonesia menyediakan smart outreach hanya dengan setting 5 hari kerja untuk basic setup dalam mengimplementasikan smart outreach sebagai salah satu fitur untuk meningkatkan layanan pelanggan Anda dengan keuntungan sebagai berikut :

  • Secara otomatis dapat mengenali bahasa Indonesia dan bahasa lokal lainnya melalui machine learning
  • Flesibilitas dalam hal durasi
  • Setting cepat dan dapat diintegrasikan dengan sistem yang lainnya atau yang Anda miliki
  • Tersedia untuk berbagai macam channel
  • Dapat diintegrasikan dengan agent dengan human augmented bot (hybrid)

Segera hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi dan demo product untuk mengetahui lebih lengkap mengenai kegunaan smart outreach untuk meningkatkan bisnis dan customer experience perusahaan Anda.

Articles

Apa itu Voicebot?

Dipos pada 04 Des 2020

Kemajuan teknologi saat ini berkembang sangat pesat dan mempengaruhi cara hidup kita dengan berbeda. Berdasarkan hal tersebut, pelanggan saat in juga menjadi sangat menuntut dan membutuhkan layanan yang cepat dan personal untuk memenuhi kebutuhan dan menjawab pertanyaan yang dibutuhkan. Untuk itu, perusahaan harus memberikan layanan yang terbaik untuk mempertahankan dan meningkatkan bisnis nya agar tidak ditinggalkan oleh para pelanggannya.

Pelanggan seringkali dibuat kesal dengan sistem IVR yang bertele-tele dan sering kali gagal dalam memberikan arahan dan memberikan kontak yang dituju. Berdasarkan riset yang tercantum dalam website Genesys pada tahun 2018 tercatat bahwa 83% pelanggan akan menghindari perusahaan yang dituju setelah mengalami pengalaman yang buruk dengan IVR. Sedangkan, untuk memperbarui sistem IVR dibutuhkan waktu yang lama dan juga biaya yang tidak murah. Salah satu solusi yang bisa digunakan untuk menghadapi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan voicebot.

Pengertian Voicebot

Voicebot adalah software yang didukung oleh kecerdasan buatan yang membantu penelepon berkomunikasi layaknya sistem suara interaktif (IVR) yang dapat merespons secara alami. Penelepon atau pelanggan tidak perlu mendengarkan menu dan menkan tombol di keypad sesuai dengan arahan dari IVR, namun pelanggan berbicara langsung dengan IVR dalam simulasi panggilan yang tersistem secara sederhana dengan operator langsung.

Voicebot menggunakan respons rekaman dan teks ke ucapan untuk menjawab pertanyaan para pelanggan. Tugas voicebot adalah membantu mengarahkan apa yang diinginkan pelanggan dengan respons yang efektif dengan menggunakan pembelajaran mesin untuk meningkatkan kapasitas dirinya dan juga untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan. Contoh popular voicebot adalah seperti Amazon Poly, Siri, Cortana, Alexa, IBM Watson, dan juga Google Assistant.

Manfaat Voicebot

Penggunaan voicebot terus meningkat terutama keakuratannya dan semakin banyak layanan yang ditambahkan sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Voicebot memiliki teknologi Speech to Text (STT) dan Text to Speech (TTS). Kegunaan dari voicebot juga dapat digunakan untuk kebutuhan Voice Assistant, Outbound Reminder, News Reading, IOT Voice Technology, dan juga Voice E-book. Selin itu manfaat menggunakan voicebot diantaranya :

  1. Real time

Voicebot akan memproses ucapannya segera setelah pelanggan mulai berbicara melalui telepon. Voicebot juga mempersiapkan tanggapan dan respons instan segera setelah pelanggan berhenti bicara sehingga membantu waktu yang cepat dan mengurangi jeda yang terlalu lama. 

  1. Efisiensi

Voicebot akan memberikan respons yang sesuai dengan apa yang dikatakan pelanggan sehingga membuat pelanggan lebih puas karena suaranya didengar. Pelanggan membutuhkan pengingat, transaksi, janji temu, dan lainnya yang dilakukan dengan interaksi manusia biasa. Dengan menggunakan voicebot, hal in mudah dilakukan serta meningkatkan efisiensi dari segi proses dan juga budget.

  1. Meningkatkan operasional

Voicebot dapat membantu customer service dalam meningkatkan operasional dengan menangani banyak pelanggan dan beroperasi tanpa batas. Voicebot dapat membantu bisnis berhemat dengan tetap meningkatkan layanan pelanggan perusahaan dan mampu menangani seluruh pertanyaan pelanggan.

  1. 24/7

Voicebot dapat membantu pelanggan secepat mungkin dalam merespons dan juga tersedia selama 24/7. Sehingga dengan menggunakan voicebot, perusahaan dapat terbantu dalam melayani pelanggan dengan responsif dan kapanpun pelanggan menghubungi perusahaan.

  1. Integrasi data

Dengan menggunakan voicebot, perusahaan akan mendapatkan informasi dengan mudah dan juga diintegrasikan dengan semua database dan sistem yang dimiliki oleh perusahaan sehingga customer journey masing-masing pelanggan dapat terlihat. Hal tersebut dapat digunakan oleh perusahaan untuk melihat trend dan data terkait kebutuhan para pelanggan sehingga perusahaan dapat menyediakan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggannya.

Dalam beberapa kebutuhan, voicebot akan menjadi hal besar dalam layanan pelanggan karena penggunaannya yang mudah, responsif, dan juga personalisasi. Voicebot akan menjadi alat dukungan layanan pelanggan yang banyak diminati oleh perusahaan. VADS Indonesia dapat membantu perusahaan Anda untuk mengimplementasikan voicebot sebagai salah satu fitur untuk meningkatkan layanan pelanggan Anda. Hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi dan demo product untuk mengetahui lebih lengkap mengenai kegunaan voicebot untuk meningkatkan customer experience perusahaan Anda.

Articles

Memaksimalkan Contact Center dengan Smart Chat Assistant

Dipos pada 18 Nov 2020

Berbagai industri di Indonesia harus beradaptasi dengan cepat dalam menghadapi disrupsi dan perkembangan teknologi yang cepat. Perkembangan tersebut diperlukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen untuk industri perusahaan Anda. Saat ini sudah banyak konsumen yang menggunakan media yang membutuhkan respons cepat untuk menjawab kebutuhan dan keluhan mereka. Sehingga perusahaan harus bisa menyesuaikan layanannya terutama dengan memasukkan lebih banyak teknologi untuk menarik lebih banyak pelanggan, belum lagi perusahaan Anda yang harus menarik konsumen dengan penawaran yang menggiurkan untuk meningkatkan customer awareness maupun untuk meningkatkan customer loyalty. Salah satu teknologi terbaik dan juga lebih murah dalam menarik pelanggan adalah dengan menggunakan teknologi chatbot atau smart chat assistant.

Penggunaan smart chat assistant di Indonesia semakin marak dalam beberapa tahun belakangan ini. Sudah banyak smart chat assistant yang dapat membantu melayani berbagai macam industri misalnya dalam bidang telekomunikasi, retail, otomotif, financial services, kesehatan, e-commerce, pendidikan, bahkan UMKM. Berbagai macam industri tersebut berusaha untuk dapat merespon dengan cepat kebutuhan konsumennya sehingga kecepatan dan efisiensi saat ini sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan layanan pelanggan.

Apa itu Smart Chat Assistant?

Smart chat assistant adalah program kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang mensimulasikan percakapan manusia secara interaktif karena didalamnya terdapat Machine Learning dan Natural Language Processing sehingga dapat diprogram secara interaktif dan dapat memahami bahasa yang digunakan sehari-hari. Smart Chat Assistant adalah program kecerdasan buatan (AI) yang mensimulasikan percakapan manusia interaktif menggunakan frasa pengguna kunci yang dihitung sebelumnya dan sinyal auditori, visual, dan berbasis teks.

Fitur Smart Chat Assistant

Smart chat assistant akan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih saat sedang chatting bersama dengan chatbot. Smart chat assistant dapat berbahasa Indonesia menggunakan bahasa sehari-hari yang digunakan sehingga seolah akan terjawab secara personal. Apabila terdapat permasalahan yang lebih kompleks, smart chat assistant akan mengarahkan kepada agen contact center untuk dieskalasikan dan menyelesaikan permasalahan yang kompleks tersebut. Selain itu, beberapa fitur smart chat assistan lainnya adalah sebagai berikut :

  1. Memberikan reward/point kepada pelanggan
  2. Dapat memberikan informasi lokasi cabang perusahaan
  3. Dapat melakukan reminder kepada pelanggan
  4. Dapat melakukan transaksi untuk keperluan perusahaan Anda
  5. Dapat melakukan video call yang dapat digunakan untuk verifikasi data
  6. Dapat digunakan untuk customer care dan customer engagement

Manfaat Smart Chat Assistant

Di era keterbukaan informasi saat ini, pelanggan tentunya memiliki keluhan dan berbagai pertanyaan yang menginginkan jawaban dengan cepat dan tepat. Tentunya dengan menggunaan smart chat assistant, Anda dapat terbantu dalam menangani keluhan setiap saat bahkan di luar jam kerja sekalipun. Disinilah peran besar smart chat assistant dalam hal menanggapi pelanggan dan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan smart chat assistant, Anda dapat menghemat waktu dalam menjawab seluruh respons pelanggan baik itu keluhan maupun pertanyaan dari pelanggan setiap harinya. Smart chat assistant dapat membantu perusahaan Anda menghemat waktu dan juga mengurangi anggaran pengeluaran perusahaan Anda. Manfaat lainnya yang dirasakan dengan menggunakan smart chat assistant untuk contact center perusahaan Anda adalah sebagai berikut :

  1. Mengurangi beban kerja operasional

Smart chat assistant dapat melakukan banyak tugas dengan cepat dan tepat. Smart chat assistant dapat menjawab pertanyaan secara general, dengan automatisasi tersebut memungkinkan perusahaan untuk menghemat biaya seperti mengurangi jumlah panggilan masuk dan dapat meningkatkan efisiensi.

  1. Meningkatkan keterlibatan pelanggan dan pengalaman pelanggan

Smart chat assistant dapat membantu perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang dialami oleh pelanggan dengan cepat dan tepat sehingga pelanaggan tidak perlu menunggu lama dalam mendapatkan respons dari perusahaan. Hal tersebut dapat membuat pelanggan merasa senang karena merasa keluhan dan informasi yang dibutuhkan dapat ditanggapi dengan cepat sehingga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan yang baik.

  1. Meningkatkan lead generation

Smart chat assistant dapat membantu perusahaan untuk mengumpulkan data pengunjung seperti nama, email, dan nomor telepon, dan kebutuhan pelanggan tersebut, sehingga perusahaan dapat mengetahui potensial pelanggan terbaru dan menambahkan lead dengan tujuan penjualan dan meningkatkan revenue perusahaan.

  1. Memberikan insight tentang pelanggan

Dengan smart chat assistant memiliki data pengunjung seperti nama, email, nomor telepon, kebutuhan pelanggan, maka perusahaan memiliki data terkait tentang insight pelanggan sehingga data tersebut dapat dijadikan oleh perusahaan untuk memberikan produk dan layanan yang sesuai dengan target pasar nya.

  1. Selalu setia melayani pelanggan selama 24 jam

Smart chat assistant dapat digunakan agar selalu sedia melayani pelanggan tanpa batas waktu tertentu. Sehingga smart chat assistant merupakan solusi yang tepat untuk melayani pelanggan kapan saja dan di platform mana saja.

Apakah perusahaan Anda sudah menggunakan smart chat assistant untuk memaksimalkan kinerja contact center Anda? Smart chat assistant dapat memberikan efisiensi untuk perusahaan Anda terutama untuk pekerjaan yang dapat diautomisasi terutama yang sifatnya berulang. Selain itu, smart chat assistant memiliki jam kerja yang tidak terbatas. Smart chat assistant dapat melayani konsumen selama 24 jam dan juga di berbagai platform seperti FB Messenger, Telegram, Line, Webchat, Mobile, Twitter, dan WhatsApp.

Sudah saatnya perusahaan Anda menggunakan smart chat assistant untuk memaksimalkan fungsi contact center perusahaan Anda serta menciptakan kepuasan pelangggan yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan customer experience perusahaan Anda. VADS Indonesia dapat membantu perusahaan Anda untuk meningkatkan customer experience Anda dengan memaksimalkan fungsi contact center perusahaan Anda menggunakan smart chat assistant yang mudah digunakan, hemat biaya, dan dapat merespon pelanggan lebih cepat selama 24 jam kapanpun dan jam berapapun.  Hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi terkait dengan kebutuhan smart chat assistant di perusahaan Anda. 

Articles

Penerapan Artificial Intelligence dalam Dunia Contact Center

Dipos pada 16 Nov 2020

Teknologi Artificial Intelligence (AI) kini dapat dilihat penggunaannya dalam bisnis, salah satu penerapan penggunaannya peruntukkan dalam strategi customer relations perusahaan dengan para pelanggannya. Pelanggan adalah hal yang esensial dalam bisnis perusahaan sehingga dibutuhkan strategi yang tepat dalam meningkatkan customer experience perusahaan. Beragam solusi yang diberdayakan dengan menggunakan teknologi AI akan mempermudah bisnis menjadi lebih efektif terutama dalam bidang contact center seperti dalam merespons masalah, keluhan, dan berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh pelanggan. Sehingga dibutuhkan AI dalam salah satu strategi bisnis dalam meningkatkan customer experience.

Berbagai fitur AI yang digunakan dalam pelayanan pelanggan seperti contohnya adalah menggunakan chatbot dalama merespons pesan dan pertanyaan dari para pelanggan. Chatbot, penggunaannya yang dapat menjawab pertanyaan sederhana yang dilontarkan oleh para pelanggan dengan cepat memudahkan perusahaan dalam menangani contact centernya. Chatbot dapat menjawab pertanyaan pelanggan tanpa batas waktu atau selama 24/7/365 tanpa henti dengan menjangkau pelanggan tanpa adanya batasan geografis.

Selain itu terdapat personalize marketing yaitu pemasaran yang otomatis digunakan ke dalam CRM yang didalamnya telah menggunakan teknologi AI untuk membaca data keinginan pelanggan. Selain itu, personalize marketing juga dapat digunakan untuk berhubungan dengan pelanggan sehingga menciptakan relasi yang lebih kuat antara pelanggan dan perusahaan dengan objektif dapat meningkatkan customer loyalty.

Kemampuan yang dimiliki oleh Artificial Intelligence seperti mampu melakukan analisis terhadap semua data yang telah dikumpulkan berdasarkan pengalaman yang dimilikinya. Melalui komunikasi yang dilakukan oleh chatbot, AI memiliki data yang dihimpun agar memberikan solusi kepada konsumen sehingga memberikan feedback terkait pola perilaku planggan dan selera yang diinginkan pelanggan kepada perusahaan terkait dengan kebutuhan pelanggannya. Informasi tersebut diolah oleh perusahaan sehingga dapat mengambil tindakan yang cepat misalnya dalam menawarkan produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggannya dan perkembangan gaya hidup pelanggannya.

Artificial Intelligence dapat meningkatkan performa layanan pelanggan untuk membuat pelanggan mendapatkan informasi atau bantuan berupa teks dan voice secara cepat. Artificial Intelligence juga memiliki kemampuan dalam memberikan respons yang cepat dan memiliki kemampuan dalam mengenali pola perilaku konsumen dalam waktu yang sangat singkat sehingga berguna untuk contact center dalam melakukan personalisasi marketing dengan mengetahui karakter pelanggannya melalui aktivitas yang dilakukan.

Artificial Intelligence merupakan salah satu terobosan yang memudahkan perusahaan dalam melayani pelanggan. Berbagai perusahaan sudah mulai menggunakan AI dalam dunia contact centernya. Berbagai perusahaan yang memiliki AI diantaranya adalah Bank BCA dengan memiliki nama Vira, Bank BRI dengan nama Sabrina, Bank BNI dengan panggilan Cinta, Bank Mandiri dengan nama Mita, XL dengan nama Maya, dan masih banyak lagi.

Berbagai dampak yang dirasakan oleh perusahaan yang menggunakan AI sebagai otomatisasi layanan seperti dapat melayani konsumen selama 24 jam tanpa harus menambah sumber daya manusia. Dampak lain yang dirasakan adalah bisnis menjadi lebih efisien karena seluruh pesan diterima dan direspons oleh robot walaupun terdapat isu mengenai tenaga kerja yang diambil alih menggunakan robot.

Penggunaan AI sendiri masih membutuhkan pengembangan yang terus dilakukan agar semakin sempurna dalam merespons kebutuhan pelanggan. Contact center perusahaan Anda dapat menggabungkan layanan chatbot dengan contact center. Chatbot hanya dapat merespons pertanyaan yang repetitif namun belum bisa merespons untuk permasalahan yang lebih kompleks, dibutuhkan agen contact center yang dapat meneruskan permintaan yang diterima oleh chatbot untuk membantu menyelesaikan permintaan dari pelanggan atau istilah ini disebut dengan hybrid chatbot. VADS Indonesia menyediakan solusi chatbot untuk memudahkan perusahaan Anda dalam melayani pelanggan. Selain itu, VADS Indonesia juga dapat menyediakan solusi chatbot bahasa Indonesia sesuai dengan kebutuhan Anda. Berbagai fitur yang tersedia dalam chatbot tersebut adalah :

  1. Memberikan reward/point kepada pelanggan
  2. Dapat memberikan informasi lokasi cabang perusahaan
  3. Dapat melakukan reminder kepada pelanggan
  4. Dapat melakukan transaksi untuk keperluan perusahaan Anda
  5. Dapat melakukan video call yang dapat digunakan untuk verifikasi data
  6. Dapat digunakan untuk customer care dan customer engagement

Informasi lebih lengkap, silahkan klik www.vads.co.id untuk konsultasikan segera optimalisasi Artificial Intelligence untuk mengoptimalisasi performa contact center di perusahaan Anda untuk meningkatkan customer experience perusahaan Anda. Segera hubungi marketing@vads.co.id.

Articles

Penggunaan Artificial Intelligence dalam Dunia Bisnis

Dipos pada 13 Nov 2020

Perkembangan teknologi yang pesat dan semakin tingginya persaingan bisnis membuat perusahaan harus dapat memiliki inovasi yang berbeda dengan pesaingnya serta dapat memberikan kebutuhan yang tepat bagi para pelanggannya. Perusahaan harus dapat memanfaatkan teknologi yang berkembang dalam berinovasi untuk menciptakan layanan dan produk yang dapat memuaskan para pelanggannya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Teknologi AI sudah memiliki dampak yang cukup terasa signifikan di seluruh bidang kehidupan kita salah satunya adalah dalam bidang bisnis.

Artificial Intelligence atau biasa disebut dengan AI sudah menjadi sebuah kebutuhan pada era saat ini. AI merupakan simulasi kecerdasan manusia dalam mesin yang diprogram untuk berpikir dan bertindak layaknya manusia. Dalam hal ini, AI melakukan pembelajaran dalam menyelesaikan masalah melalui sesuatu yang telah diprogram sebelumnya.

Tanpa disadari, AI telah melekat di kehidupan kita dalam sehari-hari, misalnya pada halaman website yang kita kunjungi yang memiliki kesan seperti mengingatkan apa yang dicari sebelumnya sehingga seolah komputer ataupun internet dapat memahami apa yang kita inginkan. Hal tersebut merupakan salah satu contoh penerapan AI yang dapat dimanfaatkan dalam dunia bisnis. AI dapat dimanfaatkana oleh bisnis dengan tujuan yang tepat, efektif, dan efisien.

AI dapat digunakan untuk menyelesaikan tantangan yang dimiliki perusahaan dengan skala besar. AI akan mengubah ekosistem bisnis dan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan karena adanya otomatisasi misalnya dengan robot atau machine learning. Berbagai manfaat AI yang dapat digunakan dalam dunia bisnis diantaranya adalah :

  1. Promosi yang lebih efektif

Teknologi AI dapat membantu perusahaan dalam menentukan strategi promosi yang lebih efektif karena dapat mengakses data untuk menggali keinginan para pelanggan melalui kata kunci yang digunakan dalam pencarian, profil pengguna, maupun data lainnya sehhingga dapat melakukan promosi yang efektif dan juga hemat biaya.

  1. Teknologi pencarian yang semakin memudahkan

Teknologi AI dapat membantu pelanggan dalam melakukan pencarian apa yang diinginkan sehingga dapat lebih fokus pada subjek yang paling diminati sehingga membantu pelanggan untuk cepat mengambil keputusan dan memudahkan bisnis untuk lebih dekat dengan pelanggan.

  1. Lebih dekat dengan pelanggan

Teknologi AI dapat membantu perusahaan untuk mengenal lebih dekat dengan pelanggannya. Melalui AI, data mengenai perilaku, selera, gaya hidup para pelanggan dapat dianalisis menjadi sebuah data dan menciptakan pola dan tren dari apa saja kenginan para pelanggan sehingga AI akan memberikan opsi yang muncul sesuai dengan rekomendasi keinginan para pelanaggan. Hal ini juga dapat digunakan oleh bisnis dalam memiliki data kebutuhan pelanggan sehingga dapat menciptakan produk dan layanan yang sesuai dengan keinginan para pelanggan.

Penggunaan AI dapat memudahkan perusahaan dalam menjalankan berbagai aktivitas yang membutuhkan waktu lama dan sumber daya. Penggunaan AI juga mempermudah bisnis dalaam merancang produk dan layanan yang dibutuhkan oleh para pelanggan. Penggunaan AI bukan hanya terkait penjualan produk saja namun bagaimana sebuah bisnis dapat mendengar kebutuhan para pelanggannya yang utama, memiliki sifat empati terhadap keinginan dan kebutuhan pelanggan serta bagaimana perusahaan dapat melayani para pelanggannya dengan baik, sehingga dapat memaksimalkan penggunaan AI.

VADS Indonesia dapat membantu perusahaan Anda dalam menggunakan teknologi Artificial Intelligence dalam meningkatkan dan efisiensi dari bisnis Anda. Dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligence, bisnis Anda akan lebih efektif dengan budget yang hemat dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaan Anda. VADS Indonesia telah berpengalaman lebih dari 11 tahun dalam industri contact center dan support teknologi yang digunakan. VADS Indonesia saat ini melayani lebih dari 50 klien yang sebagian besar adalah market leader dari berbagai industi yang ada. Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh VADS Indonesia diantaranya :

  • Memiliki sertifikasi ISO 27001:2013
  • Memiliki IT Support dengan siap melayani 24/7
  • Memiliki 3 site berbeda di Jakarta, Yogyakarta, dan Semarang
  • Memiliki layanan end-to-end solutions untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Anda

Segera hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi mengenai teknologi Artificial Intelligence untuk meningkatkan bisnis perusahaan Anda.

 

Articles

Apa itu Artificial Intelligence?

Dipos pada 11 Nov 2020

Artificial Intelligence (AI), penggunaannya akhir-akhir ini semakin marak dalam dunia teknologi. Penggunaannya yang dapat memudahkan pekerjaan manusia, semakin membuat AI terus dikembangkan semakin luas untuk dapat dimanfaatkan. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK). Setelah itu, AI terus berkembang, bahkan dapat digunaakan sebagai salah satu sistem pertahanan sebuah negara. AI pada aawalnya banyak digunakan di sector teknologi informasi seperti Google, Alibaba, dan Amazone, namun saat ini penggunaannya sudah bisa diberbagai sektor industri seperti keuangan, media, transportasi, kesehatan, dan hiburan serta akan terus berkembang pesat.

Pengertian Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau yang dikenal dengan kecerdasan buatan adalah sebuah mesin yang dapat belajar dari pengalaman dengan cara menyesuaikan input – input yang baru dan dapat melakukan tugas yang biasa dikerjakan oleh manusia. Saat ini sudah banyak contoh dari penggunaan AI yang disisipkan pada teknologi mesin seperti komputer yang dapat dilatih secara khusus untuk menyelesaikan tugas dan membantu pekerjaan manusia. Karakteristik yang dimiliki AI adalah kemampuannya dalam mengambil tindakan untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan dibuatnya AI adalah membuat mesin menjadi lebih pintar dari yang sebelumnya hanya bisa digunakan untuk mengetik secara manual, sekarang AI sudah bisa membuat komputer dapat mengetik secara otomatis berdasarkan suara misalnya. Selain itu dengan adanya AI, teknologi dapat membantu dalam memecahkan masalah secara efektif, efisien, dan juga teliti sehingga dapat meningkatkan pemrosesan dan membantu pekerjaan manusia dengan hasil yang maksimal.

Proses Artificial Intelligence

AI merupakan teknologi yang memerlukan data untuk dijadikan pengethuan sehingga membutuhkan pengalaman dan data supaya kecerdasan dalam meresponnya bisa lebih baik lagi. AI juga dapat belajar dengan sendirinya berdasarkan pengalaman yang digunakan oleh manusia sehingga tidak selalu disuruh oleh manusia. AI diprogram untuk terus belajar dari diri sendiri dan kesalahan yang pernah dibuatnya. Kecerdasan yang dimiliki AI membuat AI memiliki sistem yang bertindak layaknya manusia, sistem yang bisa berpikir seperti manusia, dapat berpikir dan juga bertindak secara rasional. Berikut ini merupakan proses dari Artificial Intelligence :

  • Pembelajaran (learning) : merupakan proses dimana AI memperoleh informasi dan aturan untuk menggunakan informasi
  • Penalaran (reasoning) : dimana AI menggunakan aturan dan informasi dari pembelajaran untuk mencapai perkiraan kesiimpulan yang pasti
  • Persepsi (self correction) : proses dimana AI membuat sebuah keputusan

Kelebihan dan Kelemahan AI

AI telah banyak bermanfaat bagi kehidupan manusia saat ini. Berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki AI adalah sebagai berikut :

Kelebihan :

  • Dapat membantu pekerjaan yang berulang
  • Dapat memberikan kemudahan dengan cara kerja yang lebih cepat
  • Hasil konsisten dan teliti
  • Lebih bersifat permanen seperti tidak mudah lupa karena menggunakan sistem komputer
  • Lebih mudah diduplikasi dan disebarkan dengan cepat dan mudah
  • Lebih murah dengan penggunaan yang tanpa adanya batas waktu
  • Dapat dikomentasikan dan dillacak untuk setiap aktivitasnya

Kelemahan :

  • Terbatas pada program yang diberikan
  • Membuat kinerja manusia menjadi menurun dalam beberapa bidang pekerjaan karena sudah digantikan oleh AI
  • Tidak memilki perasaan sehingga tidak dapat menggantikan engagement antar manusia
  • Tidak memiliki kemampuan dalama mengerti akan informasi yang diterima (common sense)

Pemanfaatan AI

Contoh pemanfaatan AI sudah banyak digunakan di berbagai bidang. Seperti dalam bidang game contohnya sudah banyak game yang didalamnya memiliki karakter yang menggunakan AI. Dalam bidang industry, banyak pemnafaatan AI di dalam robot yang digunakan dalam merangkai mesin kendaraan sehingga lebih cepat dana man dalam merangkai kendaraan. Bahkan dalam industri hiburan seperti di dalam film saat ini sudah menggunakan teknologi AI didalamnya serta mengenalkan bagaimana AI bekerja seperti dalam film Iron Man. Pemanfaatan AI yang palaing dekat dengan kehidupan kita sehari-hari adalah di dalam smartphone kita melalui asisten virtual Google atau Siri yang masih terus berkembang dan mungkin akan lebih cerdas lagi. Contoh yang paling sering muncul namun sering tidak terasa adalah ketika kita pernah berbelanja di e-commerce dan saat itu juga banyak muncul produk rekomendasi yang didapatkan dari data kita sendiri selama ini dalam melakukan pencarian dan pembelian sebuah produk. Serta masih banyak lagi penerapan dan pemanfaatan AI dalam kehidupan kita sehari-hari. Tentunya hal ini sangat mempermudah dan membantu pekerjaan manusia.

Kecerdasan buatan atau AI banyak membantu pekerjaan kita dan dalam kehidupan kita sehari-hari. Tentunya AI akan terus berkembang dan lebih pintar lagi dengan berbagai perbaikan dan pengembangannya. Tertarik untuk mengembangkan AI untuk mempermudah pekerjaan di perusahaan Anda? Hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi dan mengembangkan AI untuk mengoptimasi proses layanan pelanggan Anda supaya lebih cepat, efektif, dan efisen.

Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik