Articles

6 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Dukungan Business Process Outsourcing

Dipos pada 19 Jan 2023

Dalam dunia bisnis, istilah Business Process Outsourcing (BPO) sudah sering terdengar. Namun, tak sedikit juga pelaku bisnis yang belum mengetahui BPO ini. Padahal, penerapan BPO sangat berdampak bagi efisiensi kerja dan keuangan perusahaan. Berikut penjelasan lengkap tentang BPO dan enam tanda yang menunjukkan bahwa perusahaan Anda membutuhkannya. 

Apa itu business process outsourcing

Business process outsourcing adalah praktik dalam dunia bisnis ketika suatu perusahaan melibatkan pihak ketiga dalam menyelesaikan beberapa tugas perusahaan. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan Business Process Management (BPM) dan efisiensi waktu. BPO mempunyai dampak yang signifikan pada peningkatan kualitas hasil kerja. Pasalnya, perusahaan bisa lebih fokus pada pengembangan core business saat beberapa tugas lain telah di-handle oleh penyedia jasa outsourcing profesional.  

Contoh penerapan business process outsourcing 

Contoh jenis layanan BPO sangat beragam, meliputi outsourcing untuk rekrutmen pegawai, akuntansi, customer experience, dan banyak lagi lainnya. Saat bisnis Anda telah mendelegasikan beberapa tugas tersebut pada pihak ketiga, artinya Anda bisa lebih fokus untuk mengurus perkembangan bisnis lainnya.  

6 Tanda bisnis Anda memerlukan business process outsourcing 

Sebagai pelaku bisnis, sering kali Anda hanya fokus untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa berpikir bagaimana pekerjaan itu dapat cepat selesai. Maka, kenali enam tanda berikut yang dapat mengindikasikan bahwa bisnis Anda memang memerlukan BPO! 

  1. Bisnis Anda sedang berkembang pesat

 

Semakin berkembangnya perusahaan Anda, maka semakin banyak pula tugas dan tanggung jawab yang diemban. Di samping itu, ada beberapa tugas baru yang tidak sempat perusahaan Anda tangani secara mandiri. Pada saat itulah, perusahaan business process outsourcing dapat membantu meringankan beban kerja perusahaan atau bisnis Anda. Dengan begitu, business process management perusahaan Anda menjadi lebih terstruktur.   

  1. Anda perlu fokus pada kegiatan operasional utama bisnis

 

Di saat perusahaan Anda fokus pada bidang seni, menambah karyawan di bidang teknologi mungkin terdengar kurang efisien. Tanpa perlu repot-repot hire karyawan full time baru di bidang IT, Anda bisa memanfaatkan jasa dari perusahaan business process outsourcing. Dengan begitu, business process management perusahaan Anda bisa terjaga dengan baik.  

  1. Anda harus memangkas biaya operasional

 

Perekrutan karyawan baru memerlukan biaya yang tidak sedikit, sehingga aktivitas ini mungkin cukup berdampak kurang positif terhadap pengeluaran operasional perusahaan. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, biaya operasional bisa ditekan dengan jasa outsourcing yang total pengeluarannya lebih sedikit dibandingkan merekrut pegawai baru.  

  1. Bisnis Anda tertinggal dalam penerapan teknologi

 

Penerapan teknologi di era digital sangatlah penting. Maka, tidak heran kalau hampir seluruh komponen di dunia bisnis sudah dilengkapi dengan teknologi. Namun, bukan rahasia lagi  bahwa alat-alat teknologi harganya cukup mahal. Bagi Anda yang sedang membutuhkan peralatan elektronik untuk kebutuhan kantor jangka pendek, lebih baik Anda beralih ke penyedia jasa outsourcing saja. Dengan begitu, biaya operasional yang dikeluarkan lebih sedikit dari perkiraan awal dan hasil kerja bisa sesuai dengan target pencapaian.  

  1. Proses rekrutmen butuh proses panjang 

 

Proses rekrutmen pegawai bukan hanya membutuhkan biaya yang cukup banyak, tapi juga cukup lama. Sehingga, rekrutmen pegawai untuk kebutuhan bisnis yang mendesak tidaklah efektif. Dengan jasa outsourcing dari perusahaan business process outsourcing, Anda bisa mendapatkan hasil kerja yang jauh lebih praktis daripada harus mendadak merekrut pegawai baru.  

  1. Bisnis Anda tidak memiliki kompetensi yang sesuai

 

Perusahaan rintisan biasanya sering menghadapi tantangan baru. Salah satunya mungkin beban tugas di perusahaan mendadak bertambah, tapi masih belum ada pegawai yang posisi atau kompetensinya in line dengan kebutuhan baru ini. Oleh karena itu, penggunaan jasa dari perusahaan business process outsourcing adalah solusinya. Contohnya, bisnis Anda sedang ingin mengembangkan customer experience dengan customer relationship management, maka Anda bisa bekerja sama dengan PT VADS Indonesia yang menyediakan layanan tersebut. 

Apakah bisnis Anda sedang mengalami salah satu indikasi di atas? Berafiliasi dengan perusahaan business process outsourcing terkemuka dan tepercaya seperti PT VADS Indonesia adalah solusi terbaiknya! Dengan berbagai layanan business process outsourcing dari world class company ini, business process management perusahaan Anda akan semakin berkualitas. Ingin tahu lebih lanjut tentang perusahaan BPO satu ini? Klik di sini untuk informasi lebih detailnya! 

Articles

Perbedaan Inbound dan Outbound Contact Center Automation

Dipos pada 17 Jan 2023

Istilah contact center adalah hal yang sudah tidak asing di telinga, apalagi jika Anda menjalankan bisnis B2C atau business to consumer. Sejak lama, pelanggan berkesempatan untuk menghubungi perusahaan melalui telepon jika ada keluhan atau pertanyaan terkait produk dan layanan perusahaan. Sebaliknya, keberadaan contact center juga memungkinkan perusahaan menghubungi pelanggan.  

Dengan adanya transformasi menuju era digital, kini berbagai keperluan tersebut dapat dilakukan dengan lebih praktis. Anda dapat menggunakan inbound dan outbound contact center automation agar interaksi dengan pelanggan menjadi lebih efisien. Namun, apa perbedaan antara keduanya? Mari simak pembahasannya di sini! 

Mengenal contact center automation 

Teknologi contact center automation merupakan solusi untuk mempercepat sekaligus mempermudah interaksi antara perusahaan dengan pelanggan atau calon pelanggan. Caranya adalah dengan mengeliminasi tahap yang memakan waktu dan tenaga contact center agent. Penerapan otomasi ini terbagi atas inbound dan outbound contact center automation. 

Apa itu inbound contact center automation? 

 

Inbound contact center automation mengimplementasikan otomasi saat menerima panggilan telepon atau pertanyaan dari konsumen yang masuk. Contohnya, pelanggan dapat menekan angka 1 jika ingin bertanya seputar produk perusahaan atau menekan angka 2 untuk menyampaikan keluhan. Kemudian, barulah contact center agent berbicara dengan pelanggan. Alur tersebut menghapuskan aktivitas repetitif, seperti menanyakan tujuan menghubungi contact center perusahaan. 

Jenis layanan inbound contact center automation 

Berikut ini merupakan implementasi teknologi inbound contact center automation yang bisa digunakan untuk keperluan berikut:  

  • Customer service untuk menangani pertanyaan, keluhan, hingga menerima kritik dan saran dari pelanggan; 
  • Incoming sales jika ada calon pelanggan yang memiliki pertanyaan atau ingin membeli suatu produk; 
  • Service desk apabila pelanggan memerlukan panduan dalam mendaftar atau menggunakan produk. 

Apa itu outbound contact center automation

 

Berbanding terbalik dari inbound contact center automation, outbound contact center automation adalah layanan panggilan keluar dari perusahaan kepada pelanggan atau calon pelanggan dengan bantuan teknologi. Praktik penggunaan layanan satu ini diawali dengan sistem yang secara otomatis melakukan panggilan keluar. Ketika telepon sudah diangkat, penerima telepon akan terhubung dengan contact center agent untuk mengomunikasikan tujuannya. 

Dengan fasilitas ini, petugas tidak perlu melakukan panggilan satu per satu dan menunggu telepon diangkat. Sehingga, proses outbound call center dapat terlaksana dengan lebih efisien. Tidak hanya menghemat waktu dan tenaga, penerapan teknologi tersebut juga mengurangi biaya operasional perusahaan. 

Salah satu tujuan otomasi ini yakni memperoleh pelanggan baru atau customer acquisition. Hal ini terbagi menjadi cold call dan warm call berdasarkan pernah atau tidaknya penerima telepon berinteraksi dengan perusahaan. Istilah cold call biasanya digunakan untuk menyebut panggilan pada orang yang belum pernah berinteraksi dengan perusahaan. Sementara itu, warm call adalah panggilan lanjutan terhadap telepon yang sebelumnya sudah pernah menghubungi perusahaan dan mendapatkan respons yang positif dari pelanggan. Penerima telepon warm call telah menaruh ketertarikan pada produk, jadi hampir pasti percakapan akan berjalan dengan baik. 

Jenis layanan outbound contact center automation 

Melakukan panggilan keluar dilakukan untuk melaksanakan riset pasar sampai memperoleh pelanggan baru. Di bawah ini adalah beberapa contoh layanan yang bisa dilakukan melalui contact center automation.   

  • Lead generation; 
  • Market research and survey; 
  • Direct sales; 
  • Customer loyalty program; 
  • Data validation and database development, dan lain-lain. 

Lebih baik inbound atau outbound contact center automation?  

Menilik pembahasan mengenai inbound dan outbound contact center automation, masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Misalnya, menghadirkan customer service untuk menyelesaikan masalah pelanggan dapat dilakukan melalui inbound contact center, sementara menawarkan produk baru bisa melalui outbound contact center automation. Sehingga, keduanya bisa dipraktikkan secara seimbang dalam rangka menjalin hubungan baik dengan pelanggan. 

Menggunakan contact center automation memberikan kemudahan bagi contact center agent serta meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata pelanggan. Jika belum menerapkannya, tak perlu bingung, karena PT VADS Indonesia menyediakan layanan inbound dan outbound contact center automation supaya Anda dapat lebih fokus dengan inti bisnis Anda dan tidak perlu memusingkan urusan contact center. Temukan solusi contact center automation untuk perusahaan Anda dengan menghubungi VADS sekarang juga! 

 

Articles

Mengenal 5 Jenis Contact Center untuk Keperluan Bisnis

Dipos pada 12 Jan 2023

Menjaga kesetiaan pelanggan adalah salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas biaya marketing. Salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan memberikan layanan contact center yang sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan.  

Apa itu contact center? 

Contact center adalah layanan kontak yang menghubungkan pelanggan dengan brand melalui berbagai kanal secara multichannel maupun omnichannel. Contact center dapat berupa telepon, email, SMS, live chat, hingga media sosial. 

Sayangnya, masyarakat kerap salah mengartikan dengan menyamakan contact center dan call center. Padahal nyatanya, call center adalah salah satu bagian dari contact center itu sendiri. Bedanya, call center berpusat pada layanan kontak melalui panggilan telepon. 

Contact center pada dasarnya memiliki beberapa tipe dengan fungsi dan layanan yang berbeda. Oleh karena itu, memahami setiap tipenya akan membantu Anda mengetahui mana yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Berikut ini adalah lima jenis contact center yang perlu Anda ketahui. 

  1. Inbound contact center

 

Inbound contact center lebih banyak dilakukan dengan menerima panggilan telepon. Dengan kata lain, ada sejumlah agen dan perwakilan perusahaan terlatih yang bertugas menjawab telepon dan memberikan layanan penjualan maupun layanan konsumen. 

Pelanggan yang melakukan panggilan telepon biasanya ingin bertanya mengenai produk, bantuan teknis, atau pendampingan mengenai produk dan layanan yang sudah dibeli. Tujuan inbound contact center adalah memberikan respons terhadap masalah pelanggan dengan cepat dan efisien. 

  1. Outbound contact center

 

Outbound contact center adalah kebalikan dari inbound contact center. Perusahaan-lah yang melakukan kontak langsung dengan pelanggan atau calon pelanggan. Tujuannya adalah mendapatkan sales dari pelanggan baru dan yang sudah pernah beli sebelumnya. Beberapa bentuk layanan outbound contact center adalah telemarketing, telesales, dan telereminder 

  1. On-premise contact center

 

Jenis contact center satu ini memanfaatkan tempat kerja milik perusahaan untuk menyimpan semua peralatan contact center. Setiap hardware dan software dioperasikan dan dikelola oleh tim IT dari perusahaan. On-premise contact center mengedepankan keamanan data pelanggan dan perusahaan. Selain itu, kualitas panggilan pun lebih bagus dan dapat diandalkan.  

  1. Cloud-based contact center

 

Disebut juga sebagai virtual call center, cloud-based contact center adalah pusat kontak informasi yang memanfaatkan layanan virtual dalam menjawab setiap pertanyaan pelanggan. Perusahaan memanfaatkan layanan penyedia cloud-based contact center sehingga tidak perlu lagi membeli perangkat dan melatih tenaga kerja. Tim contact center bahkan bisa bekerja kapan saja dan di mana saja selama tersedia layanan koneksi internet yang baik. 

  1. Omnichannel contact center

 

Omnichannel contact center adalah tipe contact center yang paling efektif. Tidak hanya dapat dilakukan dengan melakukan panggilan telepon, omnichannel contact center memungkinkan pelanggan menghubungi brand melalui kanal komunikasi lain seperti email, SMS, live chat, hingga media sosial. Omnichannel contact center juga memungkinkan bisnis Anda menjangkau lebih banyak pelanggan melalui kanal yang berbeda-beda dan terintegrasi.  

Dari semua tipe contact center di atas, semuanya dapat diterapkan untuk mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dan efektif. Metode tersebut dapat disempurnakan dengan menyematkan teknologi otomatisasi sehingga memungkinkan setiap aktivitas contact center dilakukan secara sistematis dan otomatis. Sistem contact center-lah yang nantinya akan menerima dan menjawab pertanyaan dari pelanggan sesuai dengan pengaturan algoritma di aplikasi tersebut. 

VADS Indonesia menjadi salah satu penyedia layanan contact center terbaik di Indonesia. Tidak hanya menyediakan, tetapi VADS Indonesia juga membantu pelanggan untuk menentukan jenis contact center mana yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. 

Penggunaan layanan contact center dari VADS Indonesia dapat membantu Anda lebih fokus terhadap hal-hal penting dari bisnis yang Anda buat. Selain itu, Anda juga masih dapat mengontrol pengeluaran operasional bisnis. Manfaatkan layanan contact center untuk memaksimalkan penjualan dengan VADS Indonesia sekarang juga! 

Articles

Top 7 Contact Center Trends 2023 untuk Mengoptimalkan Bisnis Anda

Dipos pada 10 Jan 2023

Pandemi membuat seluruh pergerakan dan pekerjaan di dunia yang dahulunya bersifat tradisional beralih ke digital. Tetapi, perilaku dan ekspektasi pelanggan untuk mendapatkan layanan yang cepat dan efisien tidaklah berubah. Oleh karena itu perusahaan yang menggunakan contact center pun harus mengikuti teknologi terkini, supaya dapat bertahan dan bersaing dengan yang lain. Karena konsumen menilai sebuah merek berdasarkan pada pengalaman mereka, maka transformasi digital ini sangat membantu penilaian mereka terhadap suatu merek, dimana segala keluhan, dan permasalahan mereka dapat segera terselesaikan dengan cepat. 

Untuk memberikan pengalaman pelanggan yang baik dan menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi untuk perusahaan, kita harus terus memantau tren yang saat ini sedang berkembang terutama di industri contact center. Berikut adalah tren contact center di tahun 2023: 

  • Penggunaan AI yang terintegrasi dalam percakapan pelanggan  

artificial intelligence

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah tren yang dapat membantu agen contact center untuk dapat segera mendeteksi sentimen pelanggan dan memberikan feedback. Sehingga layanan pelanggan menjadi lebih berkualitas, cepat, dan baik. Data dari Gartner memperkirakan bahwa tahun 2026, teknologi percakapan menggunakan AI termasuk chatbots dan IVR akan mengurangi biaya tenaga kerja agen sebesar $80 miliar dan dalam beberapa laporan, AI akan meningkatkan produktivitas contact center sebesar 35%.   

  • Remote Contact Center  

remote contact center

Pandemi memicu terjadinya gaya kerja jarak jauh, sehingga membuat agen contact center juga bisa bekerja dari jarak jauh. Menerapkan kerja hybrid dan mobile merupakan salah satu alternatif kerja perusahaan. Manfaatnya adalah pengurangan biaya operasional, agen berkualitas dengan jangkauan yang lebih luas, dan juga perluasan layanan global. Namun terdapat beberapa tantangan yang harus dipertimbangkan seperti menjaga dan memantau tingkat produktivitas, pelatihan dan pengembangan agen, menjaga keamanan data pelanggan, dan komunikasi yang efektif.   

  • Advance Analytics  

analytics

Analytics dapat membantu perusahaan mendapatkan insight mengenai kinerja agen dan juga perilaku pelanggan. Data tersebut membantu perusahaan fokus pada analisis percakapan antara agen dan pelanggan, hanya dengan menggunakan kata kunci atau frasa dan juga melakukan deteksi emosional. Sehingga perusahaan memiliki insight untuk menyelesaikan masalah mereka serta meningkatkan efisiensi dan pengalaman pelanggan. Contact center juga membutuhkan analitik kinerja yang real time untuk menghasilkan laporan produktivitas karyawan demi pertumbuhan dan keberhasilan bisnis. 

  • The Cloud Contact Center  

cloud contact center

Teknologi cloud dapat membantu operasional layanan contact center untuk memastikan transisi model kerja hybrid berjalan lancar. Teknologi cloud dapat menjadi alat manajemen tenaga kerja yang efektif yang memungkinkan agen contact center dapat bekerja jarak jauh, dimana saja dan memberikan layanan pelanggan 24/7. Cloud juga dapat membantu perusahaan untuk membangun alur kerja yang cepat karena dapat menangani volume panggilan yang tinggi. Investasi dalam teknologi cloud dapat membantu perusahaan menciptakan lingkungan kerja yang fleksibel dan meningkatkan keamanan data pelanggan.   

  • Customize Customer Experience  

feedback customer experience

Pengalaman pelanggan yang dapat dipersonalisasi sangat membantu dalam membangun loyalitas pelanggan. Hal ini bisa juga untuk meningkatkan matriks pengalaman pelanggan seperti skor kepuasan pelanggan, tingkat retensi pelanggan, dan lain lain. Berdasarkan data dari McKinsey’s 2021, 71% konsumen mengharapkan pengalaman yang dipersonalisasi. Agen dapat menemukan data pelanggan dalam satu solusi sehingga mereka bisa mempersonalisasi interaksi pelanggan. Personalisasi pengalaman pelanggan dapat menghasilkan ulasan yang positif untuk layanan contact center perusahaan Anda dan bisa menawarkan pengalaman yang lebih kompetitif dibandingkan dengan contact center yang tidak memprioritaskan kebutuhan pelanggan.   

  • Memberikan dukungan dengan Omnichannel  

omnichannel

Omnichannel memungkinkan industri contact center untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di berbagai platform. Dengan cara ini, pelanggan dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai komunikasi dengan perusahaan dan pelanggan tidak perlu mengulang masalah mereka sewaktu mereka beralih dari channel yang satu ke channel yang lain. Sehingga dukungan omnichannel ini menjadi jalan komunikasi yang baik dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.   

  • Contact Center Automation  

automation

Otomasi muncul sebagai salah satu tren utama dalam contact center. Otomasi dapat menghemat biaya dan juga meningkatkan efisiensi. Selain itu dapat menumbuhkan pengalaman pelanggan dengan memberikan solusi yang bisa dipersonalisasi kapan saja. Otomasi juga dapat mengotomatiskan tugas-tugas agen yang repetitif sehinga agen bisa lebih fokus untuk menyelesaikan permasalahan pelanggan. Otomasi dalam contact center bisa dalam aktivitas rutin seperti ekspor laporan data, transfer tiket, dan mempercepat jangkauan dengan dialer prediktif atau IVR.    

Teknologi contact center seperti Robotic Process Automation (RPA) dan Natural Language Processing (NLP) dapat membantu contact center mengotomatisasi tugas rutin yang berulang. Bot RPA dapat menjawab pertanyaan umum pelanggan dan mengeluarkan data pelanggan yang relevan saat melakukan panggilan telepon.   

 

Beradaptasi dengan tren contact center akan membantu perusahaan memenuhi harapan pelanggan dan meningkatkan produktivitas agen untuk menangani semua masalah pelanggan. PT VADS Indonesia menyediakan layanan contact center untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik perusahaan Anda yang dilengkapi dengan banyak channel, fitur yang dapat disesuaikan, dan integrasi platform sehingga memudahkan untuk mengelola semua aktivitas contact center perusahaan Anda.   

Articles

Strategi SEO yang Ampuh Bangun Bisnis dengan PT VADS Indonesia

Dipos pada 25 Mei 2022

Salah satu strategi untuk membangun bisnis adalah dengan menerapkan SEO (Search Engine Optimization). Sebagai salah satu strategi pemasaran online yang sangat penting bagi bisnis, SEO memiliki beragam manfaat. Misalnya seperti menyediakan konten yang relevan dan menjangkau konsumen yang lebih luas. Mari simak informasi lengkap mengenai strategi SEO yang ampuh bangun bisnis dengan PT VADS Indonesia berikut ini!

  1. Riset keyword

Salah satu strategi SEO yang ampuh bangun bisnis dengan PT VADS Indonesia adalah riset keyword. Keyword merupakan ide atau topik yang menentukan isi konten Anda. Dalam SEO, keyword adalah kata yang dimasukkan pencari ke mesin pencari. Sebagai pemilik website dan pembuat konten, Anda perlu membuat keyword yang relevan dengan apa yang dicari orang. Tujuannya agar konten tersebut berpeluang besar untuk ditemukan oleh pengguna internet di antara hasil pencarian.

Untuk menemukan keyword yang relevan, Anda perlu melakukan riset keyword. Riset keyword adalah proses meneliti istilah pencarian populer yang diketik orang ke mesin pencari seperti Google dan secara strategis menyertakannya dalam konten Anda. Dengan begini, konten Anda berpeluang untuk muncul lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari. Proses ini merupakan praktik mendasar dalam SEO. 

Contohnya, katakanlah Anda sedang meneliti keyword "cara memulai blog" untuk konten artikel. "Blog" dapat berarti postingan blog atau website blog itu sendiri. Pengertian blog yang dimaksud pencari di balik keyword tersebut akan memengaruhi arah artikel Anda. Misalnya, pencari mungkin ingin belajar cara bikin posting blog pribadi atau cara meluncurkan domain website untuk keperluan blogging.

Untuk memverifikasi maksud pengguna dalam sebuah keyword, Anda bisa masukkan keyword tersebut ke mesin pencari dan lihat jenis hasil pencarian seperti apa yang muncul. Pastikan jenis konten yang muncul di Google terkait erat dengan konten yang Anda buat untuk keyword tersebut.

  1. Periksa plugin SEO

Plugin SEO adalah modul ekstensi untuk sistem manajemen konten, browser, dan solusi software. Ia memperluas cakupan software sumber dengan tugas dan fungsi khusus yang memengaruhi pengoptimalan mesin telusur, analisis web, pemasaran online, dan aspek lainnya. 

Ada banyak plugin untuk CMS WordPress yang menangani tugas-tugas khusus yang terkait dengan mesin pencari. Memeriksa plugin SEO penting untuk membantu Anda meningkatkan konten pada mesin telusur. Misalnya, plugin SEO membantu Anda menghindari penggunaan keyword secara berlebihan untuk meningkatkan keterbacaan konten Anda.

  1. Tentukan search intent

Search intent adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan tujuan pencarian online atau alasan mengapa seseorang melakukan pencarian tertentu. Misalnya untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang mereka miliki, mengunjungi website tertentu, atau ingin membeli sesuatu.

Google terus meningkatkan algoritmanya agar dapat menentukan maksud pencarian orang. Mereka akan memberi peringkat halaman paling sesuai dengan istilah pencarian yang dimasukkan seseorang, serta maksud pencarian di balik permintaan pencarian tersebut. Itu sebabnya Anda perlu memastikan bahwa postingan atau halaman Anda sesuai dengan maksud pencarian audiens.

  1. Siapkan konten berkualitas

Tanpa konten berkualitas tinggi, sulit untuk mendapatkan manfaat penuh dari SEO. Hanya konten yang relevan dan bermanfaat yang dapat memotivasi pengunjung website berada di halaman website lebih lama, sehingga berdampak positif pada peringkat pencarian Anda. Menyiapkan konten berkualitas juga membantu Anda mendapatkan backlink. Salah satu strategi SEO terbaik adalah mendapatkan backlink berkualitas tinggi dari website otoritas tinggi. 

  1. Masukkan meta tags

Meta tags adalah potongan teks yang menjelaskan konten halaman website. Meta tags tidak muncul di halaman website, melainkan di kode sumber halaman. Pada dasarnya, meta tags adalah deskriptor konten kecil yang membantu memberi tahu mesin pencari tentang halaman website.

Mesin pencari seperti Google menggunakan meta tags untuk memahami informasi tambahan tentang halaman website. Mesin pencari dapat menggunakan informasi ini untuk tujuan peringkat atau untuk menampilkan cuplikan dalam hasil pencarian. Contoh meta tags termasuk elemen <title> dan <description>.

  1. Gunakan backlink

Backlink adalah tautan dari satu website ke halaman website lain. Google melihat backlink berkualitas tinggi sebagai tanda bahwa sebuah website kredibel dan tepercaya. Semakin banyak website lain yang memasukkan tautan menuju website Anda, maka artinya Anda memiliki backlink yang berkualitas. Alhasil, Anda memiliki peluang lebih baik untuk muncul dalam peringkat atas hasil pencarian Google.

Demikian informasi tentang strategi SEO yang ampuh bangun bisnis dengan PT VADS Indonesia. Jika butuh bantuan mengeksekusi strategi SEO untuk bisnis atau brand, Anda dapat menggunakan layanan Digital Marketing dari PT VADS Indonesia.

Layanan ini membantu Anda membuat dan mempublikasikan kampanye pemasaran melalui berbagai saluran digital, termasuk website SEO. Klik di sini jika Anda butuh informasi lebih lanjut mengenai layanan Digital Marketing dari VADS Indonesia dan berbagai layanan menarik lainnya!

Articles

Mengenal Search Engine Marketing dan Manfaatnya bersama PT Vads Indonesia

Dipos pada 23 Mei 2022

SEM atau Search Engine Marketing merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengembangkan bisnis dan menjangkau pelanggan baru. Menggunakan strategi organik bagi bisnis untuk menarik traffic dalam jangka panjang memang penting. Namun, untuk kondisi di mana bisnis Anda tidak dapat bersaing dengan baik di Search Engine Result Page (Halaman Hasil Mesin Pencari) tanpa bantuan, SEM bisa diandalkan. Mari mengenal Search Engine Marketing dan manfaatnya bersama PT VADS Indonesia di artikel ini!

Apa itu Search Engine Marketing (SEM)?

Pada dasarnya, Search Engine Marketing merupakan sebuah kampanye iklan penelusuran berbayar, contohnya Google Ads. Tujuan utama SEM adalah membantu mengoptimalkan visibilitas website dan halaman website melalui mesin pencari. SEM juga membantu bisnis mendapatkan posisi mesin pencari yang lebih baik di Google dan situs serupa lainnya.

Berbeda dari SEO, SEM mendapatkan penempatan mesin telusur secara cepat, tapi dengan cara berbayar. Metode berbayar ini mencakup keseluruhan strategi periklanan yang menghasilkan iklan di mesin pencari seperti Google, misalnya iklan dan keyword-keyword tertentu. Brand bisa membuat kampanye SEM di Google, mulai dari yang paling umum hingga yang paling konkret dengan berbagai opsi dan struktur iklan.

Apa saja manfaat SEM?

Strategi SEM banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan bukan tanpa alasan. Hal ini tidak terlepas dari berbagai manfaat SEM berikut ini:

  1. Efisiensi biaya

Efisiensi biaya dalam bisnis membantu menciptakan stabilitas keuangan. Bisnis dapat menerapkan efisiensi biaya, salah satunya dengan cara menerapkan SEM. SEM dapat memberikan hasil yang diinginkan oleh bisnis dengan anggaran yang terbatas. 

Anda dapat menyesuaikan iklan SEM dengan kebutuhan anggaran Anda kapan pun Anda mau. Menjalankan kampanye SEM untuk bisnis Anda juga tidak butuh investasi awal yang besar. Oleh karena itu, strategi SEM cocok untuk usaha kecil dan menengah.

  1. Relatif lebih cepat dari SEO

SEM relatif lebih cepat dari SEO soal membawa traffic yang sangat berkualitas ke website. Ia efektif menarik perhatian pengguna dan menghasilkan klik karena memungkinkan pengguna memfilter berdasarkan kata-kata yang mereka cari. Oleh karena itu, SEM memastikan traffic Anda terdiri dari orang-orang yang berpotensi tertarik dengan brand Anda.

Selain itu, peringkat SEM juga lebih fleksibel karena peringkat kedua atau bahkan ketiga bisa sama bermanfaatnya dengan peringkat pertama. Misalnya, Anda memiliki iklan di Google. Setelah seminggu, iklan Anda secara konsisten muncul di hasil pencarian pada posisi kedua atau ketiga saat menggunakan kata kunci yang Anda pilih. Anda tidak perlu mengeluarkan uang ekstra hanya untuk mendapatkan posisi teratas itu. Faktanya, pengguna mesin pencari sama seringnya mengklik iklan posisi kedua atau ketiga dalam hasil pencarian dengan iklan posisi pertama.

  1. Naikkan conversion rate

Conversion rate (tingkat konversi) adalah rasio tindakan yang ditentukan berdasarkan jumlah pengunjung website dikalikan 100. Oleh karena itu, bentuk conversion rate selalu dalam persentase. Misalnya, sebuah perusahaan menerima 1.000 pengunjung website. Conversion rate akan dihitung saat pengunjung website tersebut membeli produk. SEM menaikkan conversion rate karena Google Ads bantu mengukur konversi sehingga memastikan bahwa iklan Anda benar-benar efektif.

Apa saja jenis-jenis SEM?

Secara umum, Search Engine Marketing terdiri dari empat jenis. PT VADS Indonesia telah merangkum penjelasan masing-masing jenisnya berikut ini:

  1. Phrase Match Keyword

Phrase match keyword adalah jenis keyword yang ditambahkan sebelum atau setelah keyword. Misalnya, jika keyword utama Anda adalah ‘Baju Kantoran’, Anda dapat menambahkan phrase match keyword seperti ‘Baju Kantoran Murah’. Keyword yang lebih terfokus ini bertujuan memperoleh audiens dengan tingkat spesifikasi dan traffic sedang.

  1. Exact Match Keyword

Sesuai namanya, exact match keyword merupakan jenis keyword yang sangat fokus dan spesifik. Untuk keyword utama ‘Baju Kantoran’ misalnya, exact match keyword yang bisa Anda tambahkan adalah ‘Baju Kantoran untuk Wanita’. Trafik jenis keyword ini memang rendah, namun audiens yang melihat iklan Anda jadi sangat spesifik sehingga kemungkinan besar tertarik dengan brand Anda.

  1. Negative Keyword

Negative keyword sebaiknya dihindari karena merupakan keyword yang tidak relevan atau berkaitan dengan bisnis Anda. Contoh negative keyword untuk keyword ‘Baju Kantoran Mewah’ misalnya adalah ‘Baju Kantoran Bekas’.

  1. Broad Match Keyword

Broad match keyword merupakan keyword yang sifatnya sangat umum sehingga memungkinkan Anda menjaring calon pelanggan yang beragam lewat tingginya traffic. Broad match keyword juga merupakan keyword default Google Ads sehingga iklan Anda akan muncul dalam berbagai keyword jika Anda membidik satu kata kunci umum. Contohnya, jika memilih keyword ‘Baju Kantoran’, maka iklan Anda akan muncul saat audiens mengetikkan kata kunci ‘Baju Bisnis’, ‘Baju Formal’, dan lain-lain.

Itulah informasi tentang mengenal Search Engine Marketing dan manfaatnya yang telah dirangkum PT VADS Indonesia. Jika butuh bantuan mengeksekusi strategi SEM untuk bisnis atau brand, Anda dapat menggunakan layanan Digital Marketing dari PT VADS Indonesia. Layanan ini membantu Anda membuat dan mempublikasikan kampanye pemasaran melalui berbagai saluran digital. Klik di sini jika Anda butuh informasi lebih lanjut mengenai layanan Digital Marketing dari VADS Indonesia dan berbagai layanan menarik lainnya!

Articles

Mengenal Apa itu SEO dan Cara Kerjanya bersama PT VADS Indonesia

Dipos pada 20 Mei 2022

SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu strategi pemasaran online yang sangat penting bagi bisnis. Calon konsumen menghabiskan banyak waktu di internet sehingga strategi SEO yang tepat dapat menarik perhatian calon konsumen dan menjangkau konsumen yang lebih luas. SEO bahkan tidak hanya bisa menjaring konsumen lokal, namun juga konsumen dari luar negeri. Mari lebih mengenal apa itu SEO dan cara kerjanya bersama PT VADS Indonesia di sini!

Apa itu SEO?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, SEO adalah salah satu strategi pemasaran online yang fokus pada hasil dari mesin pencarian Google. Strategi pemasaran ini mengoptimasi mesin pencarian, sebuah praktek untuk meningkatkan traffic website, baik dari segi kuantitas maupun kualitas lewat pencarian organik menggunakan mesin pencari. Tujuan SEO sederhana, yaitu agar website yang mengulas konten produk Anda bisa muncul pada peringkat atas hasil pencarian Google. 

Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap potensi calon konsumen untuk membeli dari bisnis Anda. Konten-konten SEO yang menarik juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen sehingga melakukan pembelian. 

Mengingat SEO fokus pada hasil pencarian organik, bukan melalui iklan (Google Ads), Anda perlu membuat konten semenarik mungkin dan sesuai dengan sistem pencarian Google. Contohnya, konten SEO biasanya mengandung keyword tertentu dan membahas topik yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat.

Jenis-jenis SEO

Secara umum, SEO terdiri dari tiga jenis, yaitu on page, off page, dan technical. Berikut ulasan lengkapnya:

  1. On page

SEO on page merupakan apa pun yang berada di halaman website Anda, misalnya blog, produk, dan sebagainya. Semua langkah yang Anda ambil untuk membuat peringkat halaman website Anda lebih tinggi di mesin pencari termasuk ke dalam SEO on page. SEO on page mencakup pembuatan konten berkualitas tinggi dengan tujuan agar bermanfaat bagi pengunjung website Anda. 

Jenis SEO ini juga menambahkan meta tags untuk membantu bot Google lebih memahami konten Anda, menggunakan tag HTML untuk menyorot judul dan elemen konten lainnya, serta memastikan tidak ada tautan rusak atau duplikat pada konten atau halaman. Tak hanya itu, membersihkan struktur URL, memiliki sistem penamaan yang berurutan untuk berbagai halaman serupa yang termasuk dalam satu kategori, dan memilih gambar yang tidak terlalu besar saat menulis nama file deskriptif, juga termasuk kategori SEO on page.

  1. Off page

SEO off page mencakup semua aktivitas dan strategi SEO yang dilakukan di luar website Anda. SEO off page mengarahkan lalu lintas kembali ke website Anda dan menunjukkan kepada mesin pencari bahwa Anda adalah website yang andal. SEO off page memberi tahu mesin pencari apa yang dipikirkan orang lain tentang Anda. Misalnya, ketika banyak tautan mengarah ke website Anda, mesin pencari menganggap Anda memiliki konten bagus yang memberi nilai bagi penggunanya.

Oleh karena itu, jenis SEO ini berkontribusi besar dalam menciptakan eksposur untuk merek Anda, membangun kepercayaan, dan meningkatkan kesadaran merek. Salah satu taktik SEO off page adalah pembuatan tautan, yang penting dalam hal menentukan peringkat halaman website.

  1. Technical

Technical SEO atau SEO teknis digunakan untuk memperbaiki infrastruktur website sehingga bot mesin pencari dapat melacak dan mengindeks halaman di website Anda dengan lebih efektif. Jenis SEO ini melibatkan proses audit dan pengoptimalan elemen teknis website sehingga memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google. Meningkatkan efisiensi kinerja website untuk mesin pencari membutuhkan keterampilan SEO teknis yang tinggi.

Fungsi memiliki SEO teknis yang solid untuk website adalah meningkatkan waktu buka halaman, membuatnya lebih mudah untuk dijelajahi mesin pencari, dan menyediakan algoritma mesin pencari informasi yang cukup tentang website Anda untuk mengindeksnya secara akurat. SEO teknis berada di bawah SEO on page. Oleh karena itu, fokus utamanya terletak pada peningkatan berbagai elemen di website yang dapat meningkatkan citranya di mata mesin pencari.

Cara kerja SEO

Mesin pencari online, seperti Google, digunakan oleh orang-orang yang memiliki pertanyaan dan ingin mencari jawabannya di internet. Algoritma mesin pencari adalah program komputer yang mencari petunjuk untuk memberikan hasil yang tepat sesuai apa yang pengguna cari. Mesin pencari mengandalkan algoritma untuk menemukan website dan diberi peringkat untuk kata kunci tertentu. 

SEO adalah produk dari mesin pencari. Mesin pencari mengembangkan faktor peringkat dan menggunakan faktor-faktor tersebut untuk menentukan konten yang paling relevan untuk pencarian. Namun, sebelum mesin pencari dapat menentukan konten yang paling relevan, mesin pencari harus crawling (merayapi) dan indexing (mengindeks) konten. Berikut penjelasannya:

  • Perayapan - Mesin telusur melakukan crawling untuk menemukan halaman baru dan yang sudah ada di web. Crawler menggunakan tautan untuk menemukan konten, itulah sebabnya internal link (tautan internal) dan backlink (tautan balik) penting untuk SEO.
  • Pengindeksan - Mesin pencari menggunakan pengindeksan untuk menyimpan konten dari web dan kemudian mengirimkannya melalui hasil pencarian. Pengindeksan terjadi setelah perayapan. Sebagian besar halaman akan masuk ke indeks mesin pencari, namun halaman yang berisi spam, telah diblokir, atau duplikat biasanya jarang diindeks.

Itulah informasi tentang apa itu SEO dan cara kerjanya yang diulas oleh PT VADS Indonesia. Jika butuh bantuan untuk mengeksekusi strategi SEO untuk bisnis atau brand, Anda dapat menggunakan layanan Digital Marketing dari PT VADS Indonesia.

Layanan ini membantu Anda membuat dan mempublikasikan kampanye pemasaran melalui berbagai saluran digital, termasuk SEO pada website. Bisnis Anda pun akan terbantu dalam meningkatkan berbagai aspek bisnis, seperti awareness, penjualan, hingga loyalitas pelanggan. Klik di sini jika Anda butuh informasi lebih lanjut mengenai layanan Digital Marketing dari VADS Indonesia dan berbagai layanan menarik lainnya!

Articles

Apa Itu AI dan Gunanya bagi Search Engine Optimization?

Dipos pada 18 Mei 2022

Artificial Intelligence, biasa disingkat AI, merupakan kecerdasan buatan yang dapat meningkatkan atau mengautomasi pengambilan keputusan dan tugas yang dilakukan oleh manusia. Itulah mengapa AI kerap digunakan oleh bisnis dan sangat penting untuk transformasi bisnis digital. AI memungkinkan bisnis untuk mengurangi biaya tenaga kerja, menghasilkan model bisnis baru, dan meningkatkan proses atau layanan pelanggan. Lantas, apa itu AI dan, terutama, gunanya bagi Search Engine Optimization?

​​Apa itu AI dan hubungannya dengan SEO?

AI telah mengubah proses pencarian secara permanen. Pengguna internet mendapatkan hasil pencarian khusus berdasarkan pencarian sebelumnya, perangkat yang digunakan, lokasi, dan ratusan faktor lainnya. Mesin pencari semakin tahu apa yang diinginkan pengguna. Pergeseran teknologi ini juga mendorong perubahan penting dalam Search Engine Optimization (SEO). Sebab, teknologi AI mampu membangun strategi pengoptimalan yang disesuaikan.

Saat menggunakan AI untuk melihat hubungan antara search intent dan konten, hasil pencarian disesuaikan dengan lanskap konten tertentu. Dengan kata lain, SEO yang bekerja untuk satu kelompok keyword mungkin tidak bekerja dengan baik untuk kelompok keyword lainnya. SEO yang mengandalkan AI menganalisis hubungan antara situs, halaman konten, dan peringkat mesin pencari, serta memberikan hasil yang cepat dan dapat ditindaklanjuti.

Manfaat penggunaan AI bagi SEO

Berikut beberapa manfaat penggunaan AI bagi praktik SEO dalam digital marketing:

  1. Pencarian menggunakan suara

Mesin pencari mengandalkan AI untuk memberikan hasil pencarian yang relevan. Mesin telusur menggunakan AI, machine  learning (pembelajaran mesin), dan deep learning (pembelajaran mendalam) untuk memproses query penelusuran, lalu memprediksi hasil mana yang akan memenuhi segala jenis penelusuran. 

Itu berarti, teknologi AI memainkan peran penting dalam menentukan peringkat konten Anda dan bagaimana merek Anda ditemukan oleh pengguna internet, terlepas dari mesin pencari yang digunakan. Pencarian menggunakan suara, misalnya, hanya memungkinkan dengan bantuan AI. 

Pencarian menggunakan suara bergantung pada teknologi AI dalam pembuatan dan pemrosesan bahasa alami agar berfungsi optimal. Saat ini, pencarian menggunakan suara menjadi lebih umum sehingga bisnis perlu menerapkan strategi SEO untuk pencarian menggunakan suara.

  1. Pencarian topik

Penggunaan AI bagi SEO juga membantu pencarian topik. AI dapat membantu pencarian topik yang tepat karena mampu menemukan pola dalam kumpulan data yang besar, termasuk data pada volume pencarian. Penggunaan AI memungkinkan Anda memilih topik konten dengan traffic pencarian tinggi untuk kelompok keyword tertentu. 

Bisnis dapat menggunakan AI untuk mengekstrak topik dari data pencarian, sehingga Anda dapat melihat apa yang dilakukan situs peringkat teratas lainnya untuk muncul pertama kali dalam peringkat pencarian di sekitar keyword terkait. AI membantu Anda membuat konten baru di sekitar hasil pencarian dan dapat membantu mengoptimalkan konten yang sudah Anda miliki. Tujuannya tentu mendapatkan peringkat yang lebih baik untuk keyword yang sama. 

  1. Analisis traffic

Traffic merupakan lalu lintas organik gratis yang meningkatkan visibilitas website Anda di mesin pencari. Itu berarti, traffic SEO penting bagi setiap bisnis untuk mendapatkan lebih banyak prospek, pelanggan, dan penjualan dari mesin pencari yang tidak harus dibayar. 

Traffic baik untuk SEO karena semakin populer situs Anda,  maka semakin baik peringkatnya di hasil mesin pencarian. Website yang mendapatkan lebih banyak traffic akan meningkatkan metrik SEO. Mesin pencari seperti Google lebih suka memberi peringkat pada konten yang ingin dikunjungi orang.

AI dapat membantu analisis traffic dan memberikan wawasan berharga dari data web. Perusahaan dapat menggunakan informasi ini untuk meningkatkan layanan pelanggan, mempersonalisasi rekomendasi produk, dan memastikan kepatuhan data. 

Di sisi lain, AI juga membantu menganalisis data pelanggan, mempelajari perilaku konsumen, dan memberikan penawaran yang dipersonalisasi. Hal ini penting karena konsumen akan membeli dari perusahaan yang menawarkan produk yang disesuaikan dengan preferensi mereka.

  1. Prediksi peringkat

Memahami peringkat website Anda dan pertumbuhan traffic sangat penting untuk SEO. Anda bisa mendapatkan informasi tentang peringkat website dan pertumbuhan traffic menggunakan Google Analytics. Namun, Google Analytics dapat memakan waktu lama untuk menafsirkan data. Penggunaan AI dalam SEO menjadi penting karena teknologi AI dapat memprediksi dan memperingatkan tentang pertumbuhan peringkat, sehingga dapat mengautomasi identifikasi masalah dan memberikan tindakan korektif.

  1. Kontrol SEO lebih terfokus

AI akan berdampak besar pada strategi SEO karena mengubah cara bisnis mendekati SEO dan bagaimana SEO membantu bisnis mencapai hasil yang lebih baik. Bisnis yang mampu merangkul AI akan mampu menjadi yang terdepan dalam persaingan dan mendominasi hasil mesin pencarian. AI memungkinkan bisnis untuk mengautomasi komunikasi dengan lebih baik, serta memungkinkan kontrol langsung atas strategi berbasis AI dan fokus kata kunci.

Itulah informasi tentang apa itu AI dan gunanya bagi Search Engine Optimization. Jika butuh bantuan mengeksekusi strategi SEO untuk bisnis atau brand, Anda dapat menggunakan layanan Digital Marketing dari PT VADS Indonesia. Layanan ini membantu Anda membuat dan mempublikasikan kampanye pemasaran melalui berbagai saluran digital, termasuk website SEO. Klik di sini jika Anda butuh informasi lebih lanjut mengenai layanan Digital Marketing dari VADS Indonesia dan berbagai layanan menarik lainnya!

Articles

Alasan Penggunaan Kecerdasan Buatan Untuk Kembangkan Digital Marketing

Dipos pada 16 Mei 2022

Kecerdasan buatan merupakan sebuah teknologi baru berupa simulasi proses kecerdasan manusia oleh mesin atau kemampuan program komputer. Siri milik Apple yang memahami dan menerima perintah verbal adalah salah satu contoh kecerdasan buatan. Penerapan teknologi kecerdasan buatan ternyata juga penting dalam digital marketing untuk mendukung kelancaran bisnis. Berikut beberapa alasan penggunaan kecerdasan buatan untuk mengembangkan digital marketing yang perlu Anda ketahui!

  1. Meningkatkan pengalaman pengguna

Salah satu alasan penggunaan kecerdasan buatan untuk kembangkan digital marketing adalah dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Kecerdasan buatan meningkatkan pengalaman pengguna dengan memungkinkan pembuatan konten relevan untuk mereka. Itu karena kecerdasan buatan mampu mengumpulkan data dan memutuskan jenis konten yang paling sesuai berdasarkan beberapa kriteria seperti lokasi, data historis, dan perilaku masa lalu pengguna.

Kesuksesan strategi digital marketing sangat bergantung pada pengalaman pengguna dan kecerdasan buatan membantu meningkatkan aspek ini. Bisnis yang menyuguhkan konten relevan tentu saja memberikan kesan pada pengguna bahwa brand tersebut khusus dibuat untuk mereka sehingga memberikan kesan eksklusivitas. 

Salah satu contoh penggunaan kecerdasan buatan untuk meningkatkan pengalaman pengguna adalah fitur virtual makeup try on untuk mencoba makeup secara virtual. Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah menentukan cocok atau tidaknya sebuah makeup tanpa harus mencoba produk tersebut secara langsung. Pengguna yang lebih suka belanja online tanpa datang ke toko fisik dapat memanfaatkan fitur ini dan merasa lebih puas melakukan transaksi pembelian.

  1. Promosi lebih tepat sasaran

Dalam aktivitas pemasaran, promosi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengenalkan produk oleh perusahaan. Tujuannya adalah untuk menarik minat pembeli sehingga produk yang dijual dapat diterima dengan baik oleh pembeli. Kegiatan untuk meningkatkan barang atau jasa ke arah yang lebih baik ini dapat memengaruhi, menyampaikan sesuatu, membujuk, dan meningkatkan pasar sasaran bisnis. Semakin tepat sasaran suatu promosi dilakukan, maka akan semakin tinggi pula peluang promosi mendatangkan pelanggan. 

Kecerdasan buatan dapat membantu promosi yang lebih tepat sasaran karena teknologi ini memungkinkan perusahaan menganalisis jenis dan target promosi yang lebih strategis. Kecerdasan buatan juga mampu mengakses data yang luas sehingga memungkinkan perusahaan untuk menggali potensi pelanggan yang lebih besar. Penggalian potensi pelanggan ini dilakukan lewat pencarian kata kunci, profil pengguna, serta berbagai data online lainnya.

  1. Kemampuan memprediksi customer behaviour

Kecerdasan buatan juga memiliki kemampuan memprediksi customer behavior atau perilaku pelanggan. Sebab, kecerdasan buatan bisa mengumpulkan berbagai informasi mengenai pengguna di internet dengan bantuan platform manajemen data (DMP). Dengan demikian, bisnis Anda dapat mempersonalisasi kebutuhan pengguna secara otomatis lewat profil dan situs apa saja yang mereka kunjungi. Hasilnya, Anda dapat menargetkan prospek pelanggan potensial dan meningkatkan potensi konversi lewat strategi digital marketing yang efektif.

  1. Meningkatkan ROI

ROI dapat meningkat dengan bantuan kecerdasan buatan karena teknologi ini terus mengumpulkan, menganalisis, serta menafsirkan data agar dapat digunakan untuk keuntungan bisnis. Kecerdasan buatan membantu memperkirakan penjualan dan ROI sehingga bisnis bisa menyusun strategi digital marketing yang tepat. Di samping itu, kecerdasan buatan juga membantu bisnis menghemat anggaran pemasaran dengan cara menghemat waktu dan biaya pemasaran, serta membuat pelanggan pelanggan lebih efisien dan personal.

  1. Pengambilan keputusan lebih mudah

Alasan penggunaan kecerdasan buatan untuk mengembangkan digital marketing yang terakhir adalah membantu pengambilan keputusan yang lebih mudah. Dengan menghilangkan kesalahan manusia dan menganalisis sejumlah besar data dengan cepat dan terus-menerus, kecerdasan buatan memberi bisnis berbagai informasi dan solusi terstruktur untuk masalah yang timbul.

Contohnya, saat bisnis mempertimbangkan untuk meluncurkan produk baru ke pasar baru, menyusun strategi digital marketing yang tepat bisa menjadi tantangan. Kecerdasan buatan dapat menyederhanakan proses pengambilan berbagai keputusan dengan cara mengumpulkan banyak data berbeda dan melakukan studi interdisipliner. 

Data yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan dapat dimanfaatkan oleh bisnis untuk mengambil keputusan tepat dari tahap pengembangan produk hingga pendekatan digital marketing untuk promosi produk. Kecerdasan buatan juga mengoptimalkan berbagai jenis prediksi dan manajemen risiko, misalnya memprediksi dan mengoptimalkan harga dengan bantuan alat AI.

Itulah informasi tentang beberapa alasan penggunaan kecerdasan buatan untuk mengembangkan digital marketing. Jika butuh bantuan dalam mengembangkan digital marketing, Anda dapat menggunakan layanan Digital Marketing dari VADS Indonesia.

Layanan ini membantu Anda membuat dan mempublikasikan kampanye pemasaran melalui berbagai saluran digital. Bisnis Anda pun akan terbantu dalam meningkatkan berbagai aspek, seperti awareness, penjualan, hingga loyalitas pelanggan. Klik di sini jika Anda butuh informasi lebih lanjut mengenai layanan Digital Marketing dari VADS Indonesia dan berbagai layanan menarik lainnya!

Articles

Pentingnya Content Marketing untuk Pertumbuhan Bisnis

Dipos pada 13 Mei 2022

Bagi pemilik bisnis, membuat content marketing adalah salah satu cara efektif untuk melakukan pemasaran. Pasalnya, content marketing merupakan suatu strategi berupa penyebaran konten yang relevan dengan bisnis. Dengan menyebarkan konten ini, audiens akan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk atau bisnis Anda. 

Tentunya, membentuk strategi marketing yang kuat akan membantu bisnis Anda untuk bertumbuh dan berkembang. Berikut ini penjelasan pentingnya content marketing dan bentuk-bentuknya. Anda bisa menyesuaikan bentuk content marketing yang dibutuhkan bagi bisnis Anda. Dengan begitu, pemasaran yang Anda lakukan bisa tepat sasaran.

Pentingnya content marketing untuk bisnis

Content marketing sangat penting bagi pertumbuhan bisnis Anda. Hal ini diperlukan untuk menarik perhatian audiens agar bisa mengetahui produk atau brand Anda. Ada beberapa poin penting mengapa bisnis Anda harus melakukan content marketing, salah satunya untuk meningkatkan awareness. 

Dengan kehadiran konten yang Anda sebarkan, maka banyak orang akan memahami brand dan produk yang Anda tawarkan ke publik. Konten tersebut juga bisa digunakan oleh calon konsumen untuk melakukan riset. Biasanya, jika para calon konsumen sudah tertarik dengan brand ataupun produk dari bisnis Anda, mereka akan menggali lebih dalam tentang hal-hal yang bersangkutan dengan produk yang mereka minati. 

Jika sudah demikian, mereka akan melakukan pertimbangan hingga akhirnya sampai pada tahap pembelian. Apabila banyak orang sampai pada tahap pembelian, maka strategi marketing Anda berhasil meningkatkan awareness dan juga daya beli masyarakat. Itulah pentingnya content marketing untuk meningkatkan keuntungan bagi bisnis Anda.

7 Bentuk content marketing

Sebelum membuat konten untuk content marketing, Anda perlu memahami beberapa bentuk konten yang bisa Anda gunakan. Dengan mengetahui ragam content marketing, Anda bisa membuat konten yang tepat.

  1. Infografik

Banyak orang membutuhkan informasi, namun sayangnya ilmu yang ada disajikan dalam bentuk tulisan yang panjang. Alhasil, banyak orang tidak tertarik untuk membaca secara lengkap. Untuk itu, muncullah infografik yang disajikan dengan gambar dan tulisan yang sudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Poin pentingnya adalah Anda harus bisa menyampaikan informasi secara padat dan to the point.

  1. Video

Bentuk content marketing yang kedua adalah video. Saat ini, video masih dianggap sebagai konten yang efektif untuk memberikan edukasi bagi banyak orang. Apalagi, saat ini platform YouTube sangat digandrungi oleh banyak orang, baik tua maupun muda. Konten dengan format video dapat lebih mudah dinikmati serta dipahami oleh banyak orang.

  1. Podcast

Konten yang sempat meningkat beberapa tahun ke belakang ini adalah podcast. Podcast adalah konten berupa suara layaknya Anda mendengarkan radio. Namun, tidak seperti radio yang banyak memutarkan lagu, podcast hanya berisi perbincangan antara pemilik akun dengan tamu undangan, misalnya. Dari konten ini, orang-orang bisa mendapatkan informasi dan ilmu dengan mudah. Mereka hanya perlu mendengarkan podcast yang berisi topik relevan dengan bisnis Anda.

  1. Blog

Salah satu konten tradisional yang sudah ada sejak lama adalah blog. Tak hanya blog, tapi juga website karena biasanya pada website bisnis, Anda bisa menempatkan section berisi artikel-artikel terkait produk Anda. Namun, ada hal yang harus Anda perhatikan ketika membuat artikel atau konten bagi blog bisnis Anda yaitu, SEO. SEO tidak bisa Anda pisahkan dari konten berbentuk artikel. Hal ini penting agar konten Anda bisa muncul di bagian teratas hasil mesin pencarian online (search engine).

  1. Media sosial

Berikutnya adalah media sosial. Siapa, sih, yang tidak memiliki media sosial saat ini? Tentu saja banyak orang dari kalangan muda dan dewasa yang memiliki setidaknya satu media sosial. Ada berbagai jenis platform yang bisa Anda pakai untuk memaksimalkan marketing bisnis, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, bahkan YouTube. Penggunaan media sosial ini akan sangat berpengaruh untuk menciptakan interaksi dengan pelanggan agar mereka bisa lebih mudah memahami produk Anda.

  1. Influencer

Content marketing selanjutnya adalah dengan menggunakan influencer. Saat ini, influencer memiliki peran yang penting untuk meningkatkan kemampuan pemasaran bisnis Anda. Mereka bisa memberikan jasa untuk mempromosikan konten Anda kepada followers mereka yang biasanya berjumlah banyak. Dengan begitu, target audiens yang Anda capai juga akan sesuai dengan yang diperlukan. Selain itu, influencer juga bisa membangun kepercayaan pelanggan dengan produk atau merek Anda.

  1. Testimoni dan review

Terakhir adalah testimoni atau review. Percaya atau tidak, review online akan sangat membantu bisnis Anda untuk lebih maju lagi. Semakin banyak yang memberikan testimoni baik setelah menggunakan produk Anda, maka akan semakin banyak pula orang yang tertarik dengan merek bisnis Anda.

Itulah ketujuh bentuk content marketing yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan. Pentingnya content marketing akan membantu bisnis untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat serta mengelola konten yang baik, gunakanlah layanan Digital Solutions dari PT VADS Indonesia. Bersama dengan PT VADS Indonesia, mari tingkatkan performa bisnis Anda!

Articles

Mengapa Social Media Management Penting untuk Kembangkan Bisnis?

Dipos pada 11 Mei 2022

Media sosial saat ini memang menjadi platform yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Mulai dari individu hingga bisnis, kini semuanya pasti memiliki akun media sosial agar mampu bersaing dan memasarkan produk atau layanannya dengan baik. Namun, ada hal yang masih sering dilupakan, yakni bahwa social media management penting untuk menjaga konsistensi dalam bermedia sosial. Memangnya, apa itu social media management?

Apa itu social media management?

Social media management atau manajemen media sosial adalah proses membagikan konten di berbagai media sosial yang dibantu dengan platform maupun software tertentu. Platform ini bertugas menjadwalkan kapan konten akan diunggah hingga menanggapi komentar warganet secepat mungkin. Selain itu, social media management juga bisa membuat bisnis berinteraksi dengan konsumen maupun calon konsumen untuk mengetahui tingkat kepuasan hingga harapan mereka terhadap perusahaan tersebut.

Social media management penting untuk bisnis, mengapa?

Setelah memahami apa itu social media management, kini saatnya Anda tahu mengapa social media management penting untuk diterapkan dalam bisnis. Simak tiga alasannya berikut ini!

  1. Menunjukkan jati diri perusahaan

Sekarang ini branding menjadi hal yang tak kalah penting bagi individu maupun perusahaan bisnis. Banyak yang kemudian menunjukkannya di media sosial dengan maksud memperkenalkan atau menunjukkan jati dirinya sebagai sebuah perusahaan. Bisnis yang memiliki jati diri menarik dengan produk yang berkualitas tentu akan lebih diminati jika dibandingkan dengan yang tidak menunjukkan dirinya di media sosial.

  1. Berbagi informasi jadi lebih mudah

Jika dahulu penyebaran informasi dan promosi harus disebarkan lewat mulut ke mulut maupun dengan mencetak brosur hingga memasang ikan di papan reklame, kini semuanya bisa lebih mudah dilakukan. Hanya dengan membagikan konten di media sosial, audiens bisa mengetahui informasi terkait produk atau layanan yang Anda tawarkan. Budget yang dikeluarkan pun tentu akan lebih sedikit.

  1. Membantu meningkatkan penjualan

Ketika menjalankan social media management dengan baik, tentu perusahaan akan tahu bagaimana respons warganet dan strategi apa yang diperlukan. Sehingga, ketika solusi yang dijalankan tepat dan perusahaan mampu menjamin kepuasan pelanggan dengan lebih baik lagi, angka penjualan otomatis akan ikut terdongkrak. Dengan begitu, perusahaan bisnis akan lebih cepat berkembang.

Tools social media management

Mengelola kehadiran bisnis di berbagai jenis media sosial tentu tidak mudah, apalagi jika dilakukan secara manual. Lalu, apa saja tools yang bisa digunakan untuk social media management? Berikut informasinya!

  1. Hootsuite

Tools social media management pertama yang bisa Anda gunakan adalah Hootsuite. Dengan alat ini, Anda sebagai pemilik bisnis tak perlu kerepotan menjadwalkan unggahan di media sosial, menjawab komentar serta pesan, hingga melihat performa perusahaan lewat traffic-nya di media sosial tertentu.

  1. SocialPilot

Mengunggah konten satu per satu di banyak media sosial tentu sangat memakan waktu dan tenaga. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab sudah ada SocialPilot yang mampu melakukannya secara otomatis untuk Anda. Urusan penjadwalan, manajemen banyak akun media sosial, analisis, dan lainnya, bisa dikerjakan dengan satu tools saja!

  1. Buffer

Lupa mengunggah konten di media sosial menjadi salah satu masalah yang kerap ditemui dalam social media management. Hal ini bisa berdampak buruk bagi bisnis karena berisiko membuat bisnis Anda tampak tidak konsisten. Untuk menanggulanginya, Anda bisa gunakan tools social media management, Buffer, yang mampu menjadwalkan posting-an untuk satu minggu ke depan. Performa bisnis Anda di media sosial jadi tidak akan terlupakan.

Itulah penjelasan mengapa social media management penting untuk pengembangan bisnis. Selain menggunakan tiga tools di atas, Anda juga bisa gunakan layanan dari PT VADS Indonesia yang menyediakan berbagai macam solusi untuk manajemen media sosial yang baik. Informasi lengkap mengenai layanan dari PT VADS Indonesia, bisa Anda lihat di sini!

 

Articles

Apa Itu Social Media Analytics dan Jenis-Jenisnya?

Dipos pada 09 Mei 2022

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan apa itu social media. Beberapa tahun terakhir, penggunaan media sosial terus meningkat seiring dengan kemajuan teknologi yang tidak ada habisnya. Setiap orang hingga perusahaan bisnis pun jadi punya akun media sosial masing-masing. Laju komunikasi jadi semakin mudah karena bisa dilakukan secara online tanpa harus bertemu langsung.

Akan tetapi, tahukah bahwa penggunaan media sosial saja tidak cukup bagi bisnis? Anda tidak hanya perlu memiliki akun media sosial, tapi juga harus menganalisis data yang diperoleh dari sana jika ingin mengembangkan bisnis. Proses analisis ini kemudian disebut dengan social media analytics. Lalu, mengapa ini penting dan apa saja jenis social media analytics yang bisa Anda gunakan? Simak selengkapnya di sini!

Apa itu social media analytics?

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat di atas, social media analytics diperlukan jika Anda ingin mengembangkan bisnis. Proses analisis ini mencakup tahapan mengumpulkan, menyaring, hingga meramu data yang didapatkan dari media sosial. Akan tetapi, perlu untuk Anda ketahui bahwa apa itu social media analytics tidak hanya berkutat pada jumlah like, comment, dan share saja, melainkan lebih dari itu.

Oleh karena itu, platform yang digunakan pun tidak cukup dari Google Analytics saja, tetapi membutuhkan software khusus yang dirancang untuk menyerap pencarian paling sering yang muncul berkaitan dengan perusahaan bisnis tersebut. Artinya, social media analytics tidak hanya menilai keberhasilan brand atau merek dalam memasarkan produknya, tetapi juga menangkap peluang dan menghadirkan solusi baru kepada konsumen maupun masyarakat pada umumnya.

Kenapa social media analytics penting?

Social media analytics memang penting untuk mengembangkan bisnis. Namun, apa alasannya hingga hal ini dianggap penting? Kehadiran media sosial membuat persebaran berita menjadi lebih cepat, termasuk bila citra sebuah produk tercoreng setelah ada testimoni buruk dari seorang konsumen. Di sinilah social media analytics berperan.

Saat ada tweet buruk terhadap kualitas produk maupun layanan yang diberikan oleh perusahaan bisnis tertentu, pemilik bisnis bisa dengan segera mengetahui hal tersebut dan berusaha menjawab protes atau keluhan secepat mungkin. Hal ini juga bisa memicu perusahaan untuk membuat strategi baru yang lebih baik.

4 Jenis social media analytics

Setelah mengetahui apa itu social media analytics dan mengapa ini penting untuk pengembangan bisnis, mari ketahui juga jenis-jenisnya yang terdiri dari empat kelompok. Berikut penjelasan lengkapnya mengenai empat jenis social media analytics.

  1. Diagnostic analytics

Jenis social media analytics yang pertama adalah diagnostic analytics. Analisis ini berfungsi untuk menemukan penyebab mengapa sebuah masalah bisa terjadi. Alih-alih hanya memberikan gambaran terkait campaign yang telah Anda jalankan beserta review data mengenai jumlah like, comment, dan share, analisis ini bisa memberikan inisight mengenai metode pemasaran yang berhasil dan tidak dari perusahaan Anda.

  1. Descriptive analytics

Lebih sederhana dari poin sebelumnya, descriptive analytics memberi gambaran mengenai kondisi bisnis Anda di media sosial. Analisis bisa dilakukan dengan mengupas komentar warganet terhadap produk atau layanan yang Anda berikan. Data meliputi like, comment, share, followers, dan sebagainya akan ditampilkan dalam bentuk visual dan laporan yang menarik namun tetap komplet.

  1. Predictive analytics

Sesuai dengan namanya, predictive analytics digunakan untuk memprediksi kejadian yang mungkin terjadi di masa depan. Kegiatan memprediksi ini bisa diambil dari data yang diperoleh dari media sosial, misalnya dengan melihat tanggapan warganet yang ingin membeli produk baru Anda atau dengan mencatat histori kunjungan pada website bisnis setelah diumumkan akan ada produk baru. Sehingga, perusahaan bisa memperkirakan angka penjualan.

  1. Prescriptive analytics

Sebagai tindak lanjut dari poin sebelumnya, prescriptive analytics membuat bisnis mampu menyusun strategi setelah memprediksi hal yang akan terjadi di masa depan. Misalnya, apabila penjualan diramalkan tak akan seramai peluncuran produk sebelumnya, perusahaan jadi punya strategi atau plan B supaya bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan tersebut. Ini tentu akan menguntungkan bisnis karena bisa lebih siap dengan berbagai skenario.

 

Kini, Anda paham apa itu social media analytics dan mengapa ini penting bagi bisnis. Nah, jika Anda adalah pelaku bisnis yang sedang berusaha mengembangkannya, tidak ada salahnya menggunakan layanan Social Media Analytics dari PT VADS Indonesia agar urusan bisnis jadi lebih mudah dan praktis. Yuk, kembangkan bisnis Anda bersama kami!

Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik