Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Tren Business Process Outsourcing 2022

Tren Business Process Outsourcing 2022

07 Januari 2022

Image of Tren Business Process Outsourcing 2022

Tantangan yang semakin kompetitif di pasar serta kemajuan teknologi yang terus meningkat mengubah cara perusahaan bekerja dengan memanfaatkan dan memaksimalkan sumber daya serta teknologi yang tersedia secara efisien dan efektif. Salah satu cara yang dapat membantu perusahaan untuk melakukan hal itu adalah dengan melakukan outsourcing. Outsourcing dapat berperan secara strategis dan juga memberikan perubahan yang signifikan terhadap pertumbuhan jangka pendek maupun jangka panjang sebuah perusahaan. Dengan menggunakan outsourcing, perusahaan dapat mengurangi biaya overhead dan juga operasional, meningkatkan efisiensi, meningkatkan kualitas layanan, hemat waktu, dan yang terpenting adalah perusahaan dapat lebih fokus kepada inti bisnis perusahaan tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa trend outsourcing di tahun 2022 yang menjanjikan bagi pertumbuhan bisnis dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, fleksibilitas, dan globalisasi:

  1. Trend bekerja jarak jauh semakin meningkat

Pandemi membuat bisnis memaksa untuk dapat efisiensi biaya operasional, merestrukturisasi perusahaan, dan juga dengan cepat beralih dengan bekerja jarak jauh. Hal ini menjadi sebuah trend yang berkelanjutan karena banyak perusahaan yang menyadari manfaat dari bekerja jarak jauh ini. Dengan memanfaatkan teknologi dan infrastruktur cloud, perusahaan dapat dengan mudah menjalankan alur kerja mereka kapan saja dan dimana saja.

  1. Penekanan yang lebih besar pada keamanan siber

Perusahaan BPO bekerja dengan data yang sensitif sehingga diharapkan memiliki keamanan data yang kuat. Terlebih lagi situasi saat ini dimana pandemi membuat keamanan data harus semakin kuat untuk menangkal kejahatan dunia maya sehingga keamanan siber yang kuat penting dimiliki untuk melindungi data dan aplikasi bisnis dari pencurian data dan identitas. BPO harus sudah mengadopsi keamanaan multi level seperti otentikasi multi faktor unruk mencegah kasus pelanggaran keamanan.

  1. Penggunaan teknologi berbasis cloud

Penggunaan cloud mempermudah kinerja perusahaan seperti mudah mengakses file dan data tanpa perlu menunggu lama, perusahaan tidak perlu berinvestasi pada perangkat keras tradisional dalam penyimpanan data sehingga akan mengurangi biaya perawatan. Dengan menggunakan cloud, perusahaan juga lebih mudah dalam membuat karyawannya bekerja secara kolaboratif dan real time kapan saja dan dimana saja.

  1. AI semakin berkembang

Artificial intelligence atau AI akan mendorong efisiensi baik dari sisi operasional maupun biaya. Dalam layanan pelanggan, AI sangat bermanfaat dan membantu dalam menagani volume data yang besar dan mengurangi waktu dalam penanganan rata-rata sehingga hal ini dibutuhkan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Selain itu AI bisa membantu agen layanan pelanggan untuk fokus pada masalah yang lebih sulit dalam membantu permasalahan pelanggan.

  1. Penggunaan pada RPA semakin berkembang

Otomatisasi proses robot atau robot process automation (RPA) telah mulai berdampak pada industri BPO. RPA merupakan bot atau kecerdasan buatan pada user interface untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dengan tarif yang lebih murah. RPA ini dapat menghemat biaya, lebih cepat, lebih efisien dan akan bisa masuk ke semua industrei dan semua jenis proses bisnis. RPA dapat digunakan untuk mengelola tugas kecil seperti proses klaim, entri data, dan sebagainya yang tugasnya repetisi dan mudah ditangani. Dalam layanan pelanggan, RPA ini bisa digunakan untuk membuat tim layanan pelanggan dengan RPA terutama untuk pekerjaan yang diotomatisasi.

Teknologi akan terus berkembang terutama dalam industri BPO ini. Tren outsourcing akan selalu berubah sehingga dapat membuat layanan pelanggan Anda lebih meningkat.

Itulah mengapa penting bagi perusahaan untuk memiliki mitra outsourcing yang selalu up to date. Pastikan bahwa Anda memilh mitra yang menyediakan layanan berdasarkan kebutuhan bisnis Anda.

PT VADS Indonesia menyediakan layanan outsourcing proses bisnis kepada perusahaan untuk membantu dalam hal meningkatkan efisiensi operasional dan layanan pelanggan. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi marketing@vads.co.id.  



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik