Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Omni Channel Marketing adalah Strategi Pemasaran dengan Platform Berbeda, Apa Manfaatnya?

Omni Channel Marketing adalah Strategi Pemasaran dengan Platform Berbeda, Apa Manfaatnya?

01 April 2022

Image of Omni Channel Marketing adalah Strategi Pemasaran dengan Platform Berbeda, Apa Manfaatnya?

Di era digital ini, tidak heran jika Anda sering menemukan berbagai bentuk promosi di berbagai platform. Tidak jarang, konten-konten tersebut berisi hal yang sama meskipun dimuat dalam medium yang berbeda. Hal ini merupakan bentuk strategi pemasaran dari omni channel. Memangnya, apa itu omni channel dan apa saja manfaatnya untuk perkembangan bisnis? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Apa itu omni channel marketing?

Omni channel marketing adalah strategi pemasaran yang bisa dilakukan di lintas platform. Ini dilakukan dengan menyelaraskan pengiriman konten ke berbagai platform untuk mendapatkan konsistensi. Omni channel marketing digunakan karena konsumen saat ini tidak terbatas pada satu platform saja. Selain itu, strategi ini juga bisa membuat bisnis memperoleh lebih banyak konsumen di berbagai platform tersebut.

Apa manfaat dari omni channel marketing?

Karena dapat melakukan pemasaran di berbagai platform, omni channel marketing tentu memiliki banyak manfaat bagi para pelaku bisnis. Apa saja manfaatnya?  Simak penjelasan berikut ini!

1. Integrasi dengan berbagai channel

Manfaat pertama dari omni channel marketing adalah bisa menghubungkan atau mengintegrasikan berbagai channel penjualan, terutama dalam bisnis ritel. Baik penjualan online maupun offline, omni channel marketing akan menghubungkannya ke dalam satu saluran terpusat. 

Dengan omni channel, Anda dapat dengan mudah memeriksa stok barang, total penjualan, dan melakukan analisis. Anda juga tidak perlu mengecek setiap platform satu per satu karena semuanya sudah terpusat ke dalam satu saluran. Dengan begitu, pekerjaan akan lebih efisien dan dapat meningkatkan produktivitas bisnis. 

2. Meningkatkan loyalitas konsumen

Dengan strategi omni channel marketing yang memberikan kesamaan konten, konsumen dapat merasakan pengalaman konsisten di semua platform. Selain itu, strategi pemasaran ini juga bisa memberi penawaran yang menyesuaikan dengan setiap individu konsumennya. Sehingga, konsumen Anda akan merasa terlayani dengan baik. Loyalitas konsumen pun bisa tumbuh karena kelebihan ini. 

3. Mendorong penjualan dan traffic

Dengan strategi pemasaran omni channel marketing, traffic penjualan bisa meningkat, sebab pembeli akan lebih banyak dan lebih tertarik mengunjungi toko jika sudah mendapatkan informasi yang jelas dari website. Bahkan, menurut penelitian, toko offline yang menggunakan strategi omni channel marketing bisa mendapatkan peningkatan penjualan sebesar 15-30%.

4. Memberikan data

Manfaat lain yang tidak kalah penting dari omni channel marketing adalah kelengkapan data yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Berbagai platform yang Anda gunakan bisa menjadi tempat riset terkait konsumen. Data-data yang bisa Anda dapatkan antara lain adalah demografi, preferensi, perilaku, serta kebiasaan calon konsumen.

5. Membantu membuat strategi yang lebih spesifik

Dari data-data yang telah terkumpul, selanjutnya Anda bisa membuat strategi penjualan yang lebih spesifik. Pengetahuan yang lengkap tentang karakteristik calon pelanggan dan tingkah laku mereka selama bertransaksi dapat membuat Anda tahu bagaimana langkah yang harus ditempuh saat melakukan penjualan.

Dengan strategi pemasaran dan penjualan yang tepat, Anda akan memperoleh pelanggan yang sesuai dengan target pasar bisnis Anda. Jika produk Anda sudah sesuai dengan target pasar, angka penjualan pun akan meningkat, sebab produk Anda merupakan jawaban bagi mereka. Bisnis Anda pun bisa lebih berkembang.

Dari penjelasan di atas, tampak jelas bahwa omni channel marketing adalah strategi pemasaran yang bagus untuk meningkatkan produktivitas dan penjualan bisnis. Sudah saatnya Anda berbisnis tidak hanya dengan menaikkan mutu produk, tapi juga membuat strategi pemasaran yang baik melalui berbagai platform.

Anda juga bisa menyerahkan tugas omni channel marketing ke pihak ketiga yang profesional seperti PT VADS Indonesia. Semua proses bisnis, mulai dari efektivitas hingga produktivitas perusahaan, bisa meningkat jika Anda menyerahkan tugas ini pada ahlinya. Informasi lebih lanjut mengenai layanan omni channel marketing dari PT VADS Indonesia, hubungi marketing@vads.co.id.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik