Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 3 Strategi Website Maintenance dari PT VADS Indonesia

3 Strategi Website Maintenance dari PT VADS Indonesia

04 Mei 2022

Image of 3 Strategi Website Maintenance dari PT VADS Indonesia

Bagi pemilik bisnis, mempunyai website akan sangat membantu bagi pertumbuhan perusahaan. Masalahnya, memiliki website yang interaktif dan terbebas dari bug atau kerusakan teknis tentu tidak mudah. Anda memerlukan tim yang hebat untuk melakukan website maintenance. Apalagi, sumber daya manusia yang cermat dalam melakukan hal ini masih terbilang tidak banyak. 

Jika Anda adalah salah satu pebisnis yang merasa kesulitan untuk merawat website perusahan Anda, simak artikel dari PT VADS Indonesia ini! Artikel ini akan membahas tuntas mengenai website maintenance yang sangat berguna untuk meningkatkan performa bisnis Anda. Namun, sebelum masuk dalam penjelasan ragam website maintenance, ada baiknya kita memahami apa sebenarnya website maintenance itu.

Website maintenance merupakan sebuah cara agar website bisnis Anda tetap stabil. Artinya, Anda akan membutuhkan orang untuk melakukan perawatan bagi situs bisnis Anda. Anda perlu memastikan bahwa komponen dari website Anda berjalan sesuai dengan kebutuhan dan tidak ada kecacatan teknis yang membuat pengunjung kesulitan. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, berikut ini strategi melakukan website maintenance bagi bisnis Anda!

  1. Website maintenance mingguan

Perawatan website seharusnya dilakukan secara rutin dalam kurun waktu tertentu, misalnya dua minggu atau sebulan sekali. Tentu saja hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Semakin kompleks website yang Anda miliki, maka ada baiknya melakukan pemeliharaan sesering mungkin, atau setidaknya Anda melakukan pemantauan apakah ada bug yang harus diperbaiki.

Untuk melakukan perawatan secara mingguan, Anda bisa memeriksa apakah tautan dan halaman berfungsi dengan baik. Biasanya, bila Anda tidak melakukan pengecekan berkala, bisa saja terjadi kegagalan seperti link tidak ditemukan dan lain sebagainya. Bila terjadi seperti ini, pelanggan bisa mengira bahwa Anda tidak profesional menjalankan bisnis.

Pastikan juga website Anda menampilan informasi yang dibutuhkan dan sesuai. Lakukan pembaruan yang berfungsi agar komponen website tetap terjaga dengan baik. Apabila komponen website tidak ter-update, maka waktu loading situs Anda bisa melambat. Bisa-bisa pengunjung menunggu terlalu lama hingga akhirnya mereka tak sabar dan beralih ke website kompetitor. Anda tentu tak mau hal ini terjadi, bukan?

Selain itu, Anda juga bisa menghapus spam yang tidak diperlukan selama beberapa minggu sekali. Spam yang dimaksud bisa berupa komentar yang tidak perlu. Hal ini bisa membawa pelanggan Anda ke situs lain yang berbahaya dan tidak relevan. Cegah hal tersebut terjadi dengan melakukan pemeriksaan rutin.

  1. Website maintenance bulanan

Selain pemeliharaan secara mingguan, Anda juga bisa melakukan pemeliharaan dalam kurun waktu bulanan. Dalam pemeriksaan bulanan, Anda harus mengecek performa SEO website Anda.

SEO adalah kunci utama agar search engine seperti Google menampilkan situs bisnis Anda pada peringkat atas hasil pencarian online. Performa SEO yang bagus tentunya akan berjalan searah dengan traffic yang lebih baik. Lakukan ini secara bulanan dan evaluasilah jika performa website Anda belum menunjukkan perbaikan.

Berikutnya adalah meninjau konten  yang ada dalam website Anda. Biasanya, selain berjualan produk atau layanan yang Anda tawarkan, Anda juga memiliki section untuk menambah pengetahuan para pelanggan. Nah, konten yang terdapat di section tersebut harus bisa relevan dengan kebutuhan pelanggan serta memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan SEO. 

  1. Website maintenance kuartal

Terakhir adalah melakukan website maintenance kuartal. Artinya, Anda harus melakukan pemeliharaan setiap tiga bulan sekali. Idealnya, saat melakukan website maintenance ini, Anda akan meninjau hal-hal yang tidak bisa diselesaikan dalam jangka waktu pendek. Misalnya, jika Anda menempatkan informasi kontak bisnis Anda, maka jangan lupa periksa apakah kontak tersebut masih berlaku.

Hal ini dibutuhkan agar pelanggan bisa menjangkau Anda dengan mudah. Bayangkan jika Anda menaruh nomor WhatsApp untuk kebutuhan pelanggan, namun nomor tersebut tidak aktif. Pasti pelanggan akan merasa bahwa Anda tidak profesional.

Selain itu, Anda juga bisa mengubah desain website Anda. Ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana membuat website yang tepat dengan navigasi serta desain yang responsif. Dengan begitu, pelanggan bisa menggunakan situs Anda lebih baik. Jangan lupa juga untuk memeriksa masa aktif domain dan mengetes kecepatan situs Anda.

 

Nah, itulah penjelasan cara-cara mudah melakukan website maintenance bersama PT VADS Indonesia. Jika Anda mengalami kesulitan untuk melakukan perawatan situs bisnis secara mandiri, tak perlu bingung karena kini telah hadir layanan Website Maintenance dari PT VADS Indonesia. Ditangani oleh tenaga profesional dan berpengalaman, layanan ini dapat menjaga tampilan dan efektivitas website Anda agar selalu bisa memenuhi kebutuhan target audiens!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik