Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 3 Tahapan Social Media Analytic untuk Mengukur Keberhasilan Pemasaran Digital

3 Tahapan Social Media Analytic untuk Mengukur Keberhasilan Pemasaran Digital

06 April 2023

Image of 3 Tahapan Social Media Analytic untuk Mengukur Keberhasilan Pemasaran Digital

Memasarkan produk melalui social media saat ini sudah sangat umum Pasalnya, pemasaran digital memang sudah menguasai dunia bisnis. Supaya kiat pemasaran bisnis Anda lebih efektif, maka Anda perlu mendalami tentang social media analytic (SCA) yang merupakan sebuah proses untuk menganalisis data target audiens di jejaring media sosial. Hal ini mempunyai dampak yang positif untuk perkembangan branding dan iklan produk bisnis Anda, apa saja? Berikut dua fungsi utama social media analytics:

  1. Sebagai bentuk tanggung jawab

Social media analytic membantu bisnis Anda mempunyai riwayat dan laporan nyata pemasaran digital. Sehingga, pada tahap selanjutnya laporan ini akan dimanfaatkan oleh divisi marketing untuk tahap evaluasi dan pengembangan iklan. Laporan ini adalah bentuk tanggung jawab dari proses dan evaluasi kinerja divisi marketing yang nantinya dilaporkan ke manajer.

  1. Sebagai dasar pengambilan keputusan

Dari evaluasi dan laporan social media analytic yang sudah tersusun, divisi marketing dapat menentukan gambaran besar keadaan konten media sosial sementara, sudahkah sesuai target atau belum? Dengan begitu, pengambilan keputusan untuk social media marketing selanjutnya dapat segera disusun.

Dalam menyusun strategi social media marketing yang runtut, diperlukan keterlibatan social media analytic sebagai tools untuk membantu menganalisis perkembangan kualitas konten. Dengan strategi yang sudah baik dan disesuaikan dengan target pasar, maka waktu produktif Anda tidak akan sia-sia. Ada dua tahapan utama social media analytics yang biasa digunakan dalam proses pengembangan strategi pemasaran digital, diantaranya:

  1. Tetapkan tujuan dengan metode SMART

SMART adalah formula atau metode yang terbukti efektif dan efisien diaplikasikan dalam dunia pemasaran digital. SMART berdiri dari 5 komponen utama, yaitu specific, measurable, attainable, relevant, dan, time-bound. Dalam menyusun strategi pemasaran, Anda harus spesifik tidak boleh terlalu umum. Supaya konten yang Anda buat include dalam algoritma social media yang sesuai, sehingga kontenmu tayang di timeline target pasar tujuan.

Selain itu, tetapkan indikator yang konkrit dan measurable dari tujuan pemasaran Anda agar total reach dan impression yang diterima mencapai atau bahkan melebihi target. Penyusunan strategi pemasaran haruslah realistis atau attainable, disesuaikan kembali dengan kondisi bisnis Anda. Setelah paham dengan kondisi bisnis Anda saat ini, Anda bisa menetapkan target audiens yang relevant. Selain target audiensnya, Anda juga perlu menentukan jangka waktu penetapan strategi mulai dari rencana, eksekusi sampai finishing.

  1. Tracking social media analytics secara rutin

Setelah tahap pertama dijalankan dengan baik, maka Anda perlu mengestimasi aktivitas media sosial secara konstan. Ada dua teknik pengukuran yang bisa Anda adaptasi, yaitu ongoing analytics dan campaign-focused metric. Ongoing analysis adalah proses memonitor aktivitas media sosial secara kontinu atau berkelanjutan dari waktu ke waktu. Sementara, campaign-focused metrics memonitor dengan batasan awal dan akhir yang spesifik.

Teknik memonitor atau mengukur media sosial yang paling efektif dalam social media analytics adalah dengan melibatkan kedua teknik. Dengan begitu, hasil pengukurannya akan lebih akurat. Di samping itu, gambaran menyeluruh traffic media sosial Anda jelas, sehingga Anda akan lebih paham kebutuhan konten media sosial Anda dan strategi marketingnya.

  1. Buat laporan di akhir periode

Setiap pekerjaan yang melibatkan sebuah tugas resmi pastinya selalu dilengkapi dengan penyusunan laporan. Laporan social media analytic ini berisikan performa dan hasil dari aktivitas social media marketing dalam periode waktu tertentu, baik dalam laporan kuantitatif maupun kualitatif. Seperti yang disebutkan sebelumnya, selain berguna untuk evaluasi, laporan ini juga merupakan bentuk konkrit dari tanggung jawab selama proses kerja pada social media analytics.

 

Supaya hasil social media analytic di perusahaan ataupun bisnis Anda menjadi lebih optimal, manfaatkan layanan social media analytic dari PT VADS Indonesia yang mampu menyajikan laporan kuantitatif dan kualitatif akurat. Dukungan ini dapat membantu Anda memahami gambaran menyeluruh kebutuhan social media marketing secara praktis dan tentunya efisien. Dengan demikian, mencapai keberhasilan konten pemasaran digital bukanlah hal yang rumit lagi untuk pengembangan bisnis Anda. Langsung cek detail layanannya di sini!

 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik