Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Pentingnya Memiliki Kemampuan Customer Service yang Baik terhadap Kemajuan Perusahaan

Pentingnya Memiliki Kemampuan Customer Service yang Baik terhadap Kemajuan Perusahaan

22 Oktober 2021

Image of Pentingnya Memiliki Kemampuan Customer Service yang Baik terhadap Kemajuan Perusahaan

Pentingnya memiliki kemampuan customer service sama dengan pentingnya profit untuk perusahaan. Customer service yang baik mendukung kemajuan perusahaan dengan cara mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menyelesaikan masalah yang dihadapi pelanggan.

Banyak brand seperti seperti Amazon, Apple, Disney, atau Starbucks yang lebih dikenal karena cara mereka memperlakukan pelanggan daripada apa yang mereka jual. Jadi, customer service memegang peranan sangat penting bagi kemajuan bisnis. Mari simak informasi tentang pentingnya memiliki kemampuan customer service berikut ini!

Mengidentifikasi masalah yang dialami pelanggan

Pelanggan yang merasa tidak puas terhadap layanan bisnis Anda biasanya kecil kemungkinannya untuk kembali. Pengalaman buruk satu pelanggan menyebar jauh lebih cepat daripada pengalaman positif, jadi penting bagi bisnis untuk memiliki kemampuan customer service yang baik.

Jika ingin mendorong kemajuan perusahaan, Anda harus mampu mengidentifikasi masalah yang dialami pelanggan. Ada banyak cara mengidentifikasi masalah tersebut selain menerima keluhan langsung, bisa dengan bertanya kepada pelanggan atau memeriksa feedback yang diberikan.

Dengan melakukan identifikasi masalah dengan tepat, maka Anda akan bisa membantu pelanggan menyediakan solusi yang dibutuhkan. Pelanggan yang merasa puas dengan customer service karena masalahnya dipecahkan dengan baik akan membuat mereka loyal sehingga berkontribusi besar terhadap kemajuan bisnis Anda.

Mengedukasi pelanggan seputar produk

Kemampuan customer service yang baik juga penting karena dapat membantu mengedukasi pelanggan seputar produk yang ditawarkan. Mengedukasi pelanggan seputar produk adalah bagian penting dari pemasaran, terutama untuk produk inovatif atau baru di pasar. Lewat edukasi, pelanggan jadi lebih kenal dan familiar dengan bisnis Anda.

Edukasi pelanggan memastikan bahwa pelanggan memahami manfaat dan nilai produk bisnis Anda yang didasarkan pada pemahaman tentang kebutuhan nyata. Edukasi pelanggan juga meningkatkan pengalaman produk yang membantu meningkatkan engagement. Tingginya tingkat engagement membuat pelanggan lebih cenderung memperbarui atau membeli kembali produk Anda.

Menjadi brand image perusahaan

Brand image (citra merek) adalah persepsi pelanggan terhadap brand Anda berdasarkan interaksi mereka. Brand image perusahaan dapat berubah dari waktu ke waktu dan tidak selalu berhubungan dengan pelanggan yang melakukan pembelian atau menggunakan produk dan layanan Anda. Sebagai contoh, bahkan jika Anda bukan pengguna iPhone, Anda mungkin memiliki pandangan positif terhadap brand Apple.

Anda harus mampu membangun brand image yang positif karena brand image yang negatif dapat menyebabkan kegagalan bisnis. Lebih dari 50% bisnis gagal dalam waktu lima tahun, utamanya karena reputasi bisnis yang tidak ditangani dengan benar. Berinvestasilah pada pengelolaan brand image, salah satunya dengan memiliki kemampuan customer service yang baik. Customer service mencerminkan nilai-nilai perusahaan sehingga penting diprioritaskan.

Menjaga kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda

Memiliki kemampuan customer service yang baik juga mencakup menjaga kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. Sebagian besar pelanggan mengaku dengan senang hati akan merekomendasikan suatu brand kepada orang lain jika memiliki kepercayaan terhadap brand tersebut.

Tak hanya membantu menghasilkan berita positif dari mulut ke mulut, kepercayaan juga menciptakan loyalitas pelanggan yang membantu bisnis Anda berkembang pesat. Pasalnya, returning customers biasanya akan belanja lebih banyak daripada pelanggan baru.

Kepercayaan dan loyalitas pelanggan berjalan beriringan dan keduanya merupakan faktor penting dalam kemajuan perusahaan serta kesuksesan jangka panjang suatu brand. Banyak cara membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan, salah satunya dengan memperlakukan customer service layaknya sebuah persahabatan.

Seperti kebanyakan hubungan, persahabatan membutuhkan waktu dan dibangun di atas kepercayaan dan rasa hormat. Jadi, hubungan bisnis dengan pelanggan seharusnya tidak jauh berbeda. Dengan memperlakukan pelanggan Anda seperti layaknya seorang teman, Anda dapat membangun fondasi kepercayaan secara kuat dengan pelanggan, yang akan memberi mereka alasan untuk tetap setia pada bisnis Anda.

Menampung saran dan kritik dari pelanggan

Banyak pemilik bisnis yang hanya ingin melihat ulasan dan komentar positif tentang bisnis mereka. Namun, kenyataannya, Anda akan tetap mendapatkan feedback negatif terlepas dari betapa kerasnya usaha Anda mencoba untuk menyenangkan pelanggan.

Ulasan negatif tentang bisnis memang bisa menyakitkan, baik secara emosional maupun finansial. Namun, kemampuan menampung saran dan kritik dari pelanggan sangat krusial bagi kemajuan perusahaan karena dapat dijadikan bahan evaluasi untuk mengembangkan bisnis.

Lewat kemampuan customer service yang baik, bisnis Anda akan mampu menampung saran dan kritik dari pelanggan secara konstruktif untuk perbaikan bisnis ke depan. Memanfaatkan feedback pelanggan bisa membantu Anda mengelola kepuasan dan loyalitas pelanggan serta meningkatkan produk dan layanan bisnis.

 

Berbagai poin di atas membuktikan bahwa kemampuan customer service yang baik dapat berpengaruh positif terhadap kemajuan perusahaan. Itulah mengapa sudah saatnya Anda mulai berinvestasi untuk meningkatkan performa tim customer service. Bekali mereka dengan perangkat penunjang kerja seperti software khusus customers service yang disediakan oleh VADS Indonesia.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik