VADS

Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. VADS Indonesia Terapkan Protokol Kesehatan

VADS Indonesia Terapkan Protokol Kesehatan

21 Oktober 2020

image.jpg

Situasi pandemi Covid-19 ini memang bukanlah situasi yang mudah, resiko penyebaran dan penularan virus masih menjadi suatu ancaman. Namun dengan kondisi yang seperti ini perusahaan harus bisa mengendalikan situasi ini dan menguatkan komponen internal untuk bersatu melalui masa sulit ini karena perekonomian tetap harus berjalan di tengah pandemi ini dengan tetap memiliki kewaspadaan yang tinggi dengan mematuhi dan melakukan protokol kesehatan.

Untuk mencegah penularan virus Covid-19 di era new normal, pemerintah memberikan himbauan kepada perusahaan untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Pemerintah juga sudah menerbitkan surat edaran melalui Kementerian Kesehatan yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/335/2020 tentang Protokol Pencegahan penularan Corona Virus Desease (Covid-19) di Tempat Kerja Sektor Jasa dan Perdagangan (Area Publik) dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha.

Berdasarakan hal tersebut, VADS Indonesia juga memiliki panduan kerja selama new normal untuk site Jakarta, Yogyakarta, dan Semarang meliputi perkembangan informasi terkait virus Covid-19, informasi mengenai apa saja yang harus dilakukan selama new normal, penyediaan berbagai fasilitas new normal, dan juga pembentukan tim penanganan virus Covid-19.

Setiap site wajib menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Covid-19 ini seperti :

  • Selalu mengenakan masker selama ada di area kantor
  • Selalu mencuci tangan sebelum masuk ke area kantor
  • Pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki area kantor
  • Pembatasan lift dengan maksimal 5 orang dan mengikuti petunjuk yang tertera dalam lift
  • Menjaga jarak selama bekerja termausk meja dan kursi dengan jarak minimal 1 meter
  • Mengenakan masker selama berada di area kerja
  • Menjaga jarak baik di area kerja, ruang publik, area makan, area merokok dan mengikuti protokol kesehatan di area kantor
  • Memberikan tanda khusus diberbagai lantai area pekerja seperti antrian masuk gedung, lift, toilet, dan area lain sebagai pembatas jarak
  • Pengaturan jumlah pekerja yang masuk (shift) agar memudahkan penerapan dalam menjaga jarak
  • Pembersihan secara berkala untuk beberapa tempat seperti pegangan pintu dan tangga, tombol lift, peralatan bersama, dan fasilitas umum lainnya yang ada di gedung
  • Menjaga kebersihan area kerja seperti PC, Headset, dan meja kerja dengan menggunakan tisu desinfektan yang sudah disediakan
  • Memberikan jarak dengan karyawan lain saat di ruang makan, dan tidak lupa untuk mencuci tangan sebelum makan.
  • Area merokok diseluruh kantor VADS hanya dibatasi untuk 5 orang saja dengan jarak masing-masing kurang lebih 1 meter.
  • Karyawan tidak diperkenankan untuk ke area kerja proyek atau divisi lain jika tidak ada keperluan yang berhubungan dengan pekerjaan.
  • Untuk sementara, ruang publik seperti ruang makan umum (mezzanine) ditutup untuk mencegah kerumunan

Seluruh karyawan PT VADS Indonesia baik di Jakarta, Yogyakarta, dan Semarang sebelum memasuki area kerja wajib melakukan pengecekan suhu dan juga mengisi form data diri sebelum memasuki area kerja yang dapat di scan dari handphone masing-masing karyawan.

Untuk karyawan yang melanggar protokol kesehatan akan diberikan sanksi berupa surat peringatan oleh Human Capital PT VADS Indonesia. Petugas Keamanan yang bertugas pun berhak melakukan peneguran secara langsung di tempat apabila terdapat pelanggaran protokol kesehatan.

Berbagai tindakan yang dilakukan oleh PT VADS Indonesia dalam menangani dan pencegahan virus Covid-19 diantaranya selalu memberikan informasi berupa sosiaslisasi dan edukasi mengenai jaga jarak dan pentingnya menggunakan masker melalui email blast ke seluruh karyawan, memiliki hotline dan email service tersendiri untuk memberikan update dan laporan mengenai Covid-19 di lingkungan kantor kepada karyawan, serta membentuk tim penanganan Covid-19 dengan tujuan :

  • Mengambil langkah pencegahan Covid-19 di lingkungan VADS Indonesia
  • Mempercepat penanganan kasus Covid-19 dengan prosedur detail yang telah ditetapkan untuk pelaporan kasus Covid-19
  • Mengambil langkah-langkah untuk menangani apabila terdapat kasus positif Covid-19, membuat rencana BCP (Business Continuity Plan) di tingkat perusahaan dan tingkat project
  • Mempercepat pengambilan keputusan dalam segala hal yang berhubungan dengan Covid-19.

PT VADS Indonesia mengutamakan kesehatan dan keamanan sebagai prioritas nomor satu saat ini untuk mencegah penularan Covid-19 dan memberikan perlindungan seoptimal mungkin bagi kesehatan pekerja. Mari kita selalu melindungi diri kita, keluarga, dan rekan-rekan dari penularan Covid-19 ini!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik