VADS

Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Kelola Customer Experience Anda Dengan Satu Platform, Omni Channel

Kelola Customer Experience Anda Dengan Satu Platform, Omni Channel

29 Desember 2020

image.jpg

Teknologi berkembang semakin pesat dan semakin berpengaruh kepada kehidupan manusia dan membuat manusia ketergantungan dalam mengandalkan teknologi untuk kehidupan sehari-hari tersmasuk dalam bekerja. Teknologi tersebut berkembang secara terus menerus dengan penemuan yang semakin inovatif dalam membantu kehidupan dan pekerjaan manusia. Salah satu teknologi yang bisa dilihat saat ini adalah banyaknya orang yang berbelanja melalui online tanpa harus datang ke toko fisik, ditambah adanya pandemi corona yang membuat orang semakin terbatas untuk datang langsung dan menghindari keramaian. Orang membeli barang hanya menggunakan ponsel mereka dan juga dengan bantuan internet. Oleh karena itu, keberadaan customer experience menjadi salah satu aspek terpenting dalam menjalankan bisnis perusahaan untuk melayani pelanggannya yang sudah menggunakan multi channel dalam memenuhi kebutuhan mereka. Namun, di era teknologi yang semakin berkembang, dunia customer experience sudah mulai mengenal istilah omnichannel yang semakin populer.

Apa itu Omnichannel?

Omnichannel merupakan pengembangan dari multichannel dengan jangkauan yang lebih luas dan juga real time. Omni berasal dari kata omnis yang memiliki arti semua sehingga omnichannel adalah salah satu model bisnis yang menggunakan semua channel dalam mengutamakan pengalaman pelanggan. Omni channel mengintegrasikan dan mengontrol semua bagian di dalam bisnis ke dalam satu sistem.

Perbedaan Omnichannel dengan Multichannel

Beberapa perbedaan omnichannel dengan multichannel seperti :

Omnichannel :

  • Saling terintegrasi
  • Fokus pada customer journey melalui banyak channel
  • Konsisten menyampaikan pesan melalui channel manapun
  • Melibatkan data untuk membangun customer journey

Multichannel :

  • Tidak terintegrasi
  • Memanfaatkan channel sebanyak-banyaknya
  • Memanfaatkan banyak channel untuk memastikan bisnis telah ada
  • Lebih mempertimbangkan banyak channel dimana pelanggan berada

Manfaat Omnichannel

Penggunaan omnichannel tentunya untuk meningkatkan kenyaman dan kemudahan pengalaman pelanggan perusahaan. Pelanggan juga dapat melakukan transaksi ataupun mendapatkan informasi dari berbagai channel baik online maupun offline. Omnichannel lebih efisien karena seluruh pengalaman pelangggan dan keterlibatannya di semua channel yang digunakan oleh pelanggan dapat diintegrasikan menjadi satu sistem. Omnichannel dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan customer journey.

Omnichannel dapat menggabungkan semua channel baik online maupun offline yang dapat memudahkan pelanggan anda untuk mendapatkan informasi begitu juga untuk perusahaan mendapatkan informasi dan mengolah data yang didapatkan dari pelanggan. Selain itu, perusahaan dapat mengintegrasikan bisnisnya secara lebih baik karena omnichannel berfokus pada interaksi yang terintegasi.

Dalam memulai omnichannel, perusahaan harus memahami customer journey dari pelanggan perusahaan tersebut untuk memberikan kesan yang baik pada pelanggan. Selain itu, perusahaan harus dapat memilih teknologi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan pilihan dari masing-masing pelanggan perusahaan dan juga untuk memasarkan produk dan jasa yang diberikan oleh perusahaan. Setelah itu, perusahaan harus dapat mengintegrasikan seluruh teknologi yang digunakan oleh perusahaan dengan tujuan dapat meningkatkan pengalaman belanja para pelanggan. Informasi lebih lanjut mengenai omnichannel untuk mengoptimalkan customer experience perusahaan Anda dengan menghubungi marketing@vads.co.id.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik