Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Tren Artificial Intelligence di Tahun 2021

Tren Artificial Intelligence di Tahun 2021

21 Januari 2021

Image of Tren Artificial Intelligence di Tahun 2021

Artificial Intelligence atau biasa disebut dengan kecerdasan buatan sangat berdampak pada kehidupan kita sehari-hari terutama dalam masa pandemi COVID-19. Artificial Intelligence akan tetap menjadi tren utama dalam hal perkembangan teknologi dan inovasi yang secara fundamental akan mengubah cara kita hidup dan bekerja. Pertumbuhan pesat dan perkembangan teknologi saat ini membuat AI atau kecerdasan buatan ini digunakan dalam berbagai bidang seperti kesehatan, ritel, otomotif, manufaktur, keuangan, bahkan layanan pelanggan. Berikut ini merupakan trend Artificial Intelligence yang akan berkembang dan digunakan pada tahun 2021 :

  1. Artificial Intelligence of Things (AIoT)

Artificial Intelligence of Things atau AIoT adalah kombinasi dari internet of things (IoT) dengan kecerdasan buatan. Dengan AIoT, perangkat yang terhubung ke internet akan dapat belajar dari data yang mereka kumpulkan atau dapat memahami ucapan Anda tanpa mengirimkan data ke cloud. Contohnya yang dapat diterapkan dalam perusahaan adalah Smart Office yang tidak hanya mendeteksi siapa saja yang ada di kantor tetapi juga dapat memberikan keputusan mengenai pencahayaan dan pendingin ruangan untuk menghemat energi.

  1. Peningkatan penggunaan AI Cybersecurity

Teknologi yang semakin canggih membutuhkan kemanan siber yang semakin canggih pula untuk menjaganya agar tetap aman. Dengan begitu, penggunaan alat keamanan siber yang didukung oleh AI juga akan berkembang di tahun 2021. Artificial Intelligence akan memperkuat keamanan siber dengan membantu deteksi dan pencegahan ancaman. AI akan membantu mencegah kejahatan di dunia maya dengan langkah-langkah keamanan siber yang ditingkatkan. Aktivitas ataupun transaksi palsu akan terdeteksi dengan adanya AI.

  1. AI dan Cloud menjadi Berperan

Kecerdasan buatan akan memainkan peran penting dalam penerapan solusi cloud yang lebih luas. Penggunaan sejumlah data yang besar di dalam cloud salah satunya akan diolah dengan menerapkan kecerdasan buatan.

  1. Voicebot akan berkembang pesat

Kecerdasan buatan yang digerakkan oleh suara akan berkembang pesat dengan menggunakan Natural Language Processing dan kemampuan dalam pengenalan ucapan otomatis (Automated Speech Recognition) terutama dalam layanan pelanggan. Perusahaan akan memanfaatkan AI untuk meningkatkan layanan pelanggannya.

  1. Otomatisasi Proses Robotik (Robotic Proses Automation)

Penggunaan RPA dapat mempermudah alur kerja bisnis serta dapat mengefisiensikan biaya. Karena dengan menggunakan RPA, perusahaan dapat mengotomatiskan proses bisnis yang terjadi secara berulang sehingga karyawan dapat fokus untuk melakukan pekerjaan lain yang lebih kompleks.

  1. Artificial Intelligence meningkatkan Customer Experience

Perusahaan dapat menggunakan analisis yang dihasilkan oleh AI untuk memperkirakan kebutuhan pelanggan dengan cara yang pasti yaitu berdasarkan data yang diperoleh ketika pelanggan telah mengambil keputusan. Analisis tersebut bisa berupa memberikan tanda ketika adanya perubahan perilaku konsumen sehingga perusahaan bisa mengoptimalkan pesan agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan melayani pelanggan secara efektif.

  1. Analisis Big Data menggunakan AI

Algoritma kecerdasan buatan dan sistem analisis berbasis software yang terbaik menggunakan solusi Machine Learning. Hal ini memungkinkan mereka mengubah data menjad informasi yang dapat berikan data siap olah dan dapat mengefisiensi waktu, operasional, serta biaya. Teknologi AI mampu membantu manusia dengan analisis data dengan menghasilkan insight yang lebih baik bagi perusahaan dan dapat mempercepat dalam pengambilan keputusan. Analisis data menggunakan AI ini dapat mengefisiensikan dan meningkatkan produktivitas perusahaan sehingga mendorong pendapatan lebih tunggi dan juga meningkatkan loyalitas merek.

Berbagai cara inovatif untuk membantu pemulihan bisnis terutama dalam masa pandemi ini membuat perusahaan harus dapat fokus dalam menciptakan keunggulan yang kompetitif dan juga mengikuti perkembangan teknologi. Artificial Intelligence terus dikembangkan untuk merancang produk dan layanan yang semakin baik sehingga dapat memengaruhi masa depan industri. Perusahaan harus bisa mengikuti tren yang muncul dan menemukan cara untuk memanfaatkan solusi yang didukung AI untuk meningkatkan bisnisnya. Hubungi marketing@vads.co.id untuk mengetahui bagaimana VADS Indonesia bisa membantu bisnis perusahaan Anda dengan AI, Machine Learning, Security Solutions, dan layanan Otomatisasi.

 

 

Source :

Thinkautomation.com

Ishir.com



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik