Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 6 Kemampuan Customer Service yang Wajib Dikuasai pada Era Digital

6 Kemampuan Customer Service yang Wajib Dikuasai pada Era Digital

19 Oktober 2021

Image of 6 Kemampuan Customer Service yang Wajib Dikuasai pada Era Digital

Customer service adalah dukungan yang Anda tawarkan kepada pelanggan, baik sebelum dan sesudah mereka membeli dan menggunakan produk atau layanan Anda, untuk membantu mereka mendapatkan pengalaman yang mudah dan menyenangkan bersama bisnis Anda.Dukungan pelanggan lebih dari sekadar memberikan jawaban, namun juga merupakan bagian penting dari janji yang dibuat bisnis Anda kepada pelanggan.

Pada era digital ini, ada beberapa kemampuan customer service yang wajib dikuasai agar bisnis Anda bisa memberikan pelanggan layanan terbaik. Customer service terbaik artinya mampu memenuhi harapan pelanggan, dari kemampuan berbahasa yang baik hingga kemauan untuk terus belajar demi senantiasa meningkatkan kualitas layanan.

Kemampuan berbahasa dengan baik

Jika pelanggan menghubungi Anda, kemungkinan itu karena ia menemui masalah pada produk atau layanan Anda. Jadi, wajar apabila mereka merasa kecewa atau bahkan marah. Namun, terlepas dari kemarahan pelanggan, agen customer service harus tetap positif dan memiliki kemampuan berbahasa secara baik. Kemampuan mengarahkan percakapan ke arah hasil yang positif dengan penggunaan bahasa positif sangat penting untuk memberikan pelanggan layanan yang diharapkan.

Problem solving

Selanjutnya, kemampuan customer service yang wajib dikuasai adalah problem solving. Pemecahan masalah melibatkan banyak keterampilan layanan pelanggan, ditandai dengan pendekatan profesional dan komunikasi yang konstan dan jelas secara keseluruhan.

Salah satu kunci utama keberhasilan problem solving adalah identifikasi masalah secara jelas. Saat pelanggan menyampaikan keluhan, coba simpulkan kembali masalah yang dihadapi pelanggan untuk memastikan Anda menangkap cerita mereka dengan benar. Baru setelah itu Anda bisa menganalisis masalah dan menyediakan solusi sesuai kebutuhan.

Sabar dan berempati

Agen customer service sudah harus terbiasa dan sabar menghadapi pelanggan yang marah atau bahkan mungkin berkata kasar saat menyampaikan kendala dan keluhan. Menjaga ketenangan sangat penting untuk memberikan layanan pelanggan terbaik. Jika Anda tidak sabar dan justru tersulut emosi, akan lebih sulit untuk menghadapi pelanggan tersebut. Itulah kenapa sabar menjadi salah satu kemampuan customer service yang wajib dikuasai pada era digital.

Selain itu, daftar kemampuan customer service yang wajib dikuasai tidak akan lengkap tanpa empati. Empati adalah kemampuan untuk memahami emosi orang lain dan memahami sudut pandang mereka. Sebanyak 70% dari pengalaman pelanggan didasarkan pada bagaimana mereka merasa diperlakukan. Bukan soal apakah masalah telah terpecahkan atau apakah ada pengembalian uang, umumnya pelanggan lebih menghargai bantuan secara emosional. Hal ini menandakan bahwa Anda memahami perasaan mereka.

Cepat beradaptasi

Berikutnya, kemampuan customer service yang wajib dikuasai pada era digital adalah cepat beradaptasi. Bisnis Anda mungkin memiliki kebijakan standar atau skrip yang disusun untuk melayani pelanggan. Namun, perlu diingat kembali bahwa setiap pelanggan memiliki karakter yang unik. Karenanya, agen customer service harus siap beradaptasi dengan berbagai situasi. Di samping kemampuan beradaptasi yang kuat, fleksibilitas dalam menanggapi berbagai situasi dengan cara yang disukai pelanggan akan meningkatkan kepuasan mereka.

Product knowledge

Memiliki product knowledge juga merupakan kemampuan customer service yang wajib dikuasai dan tidak kalah penting. Pelanggan dapat menjadi sangat frustrasi ketika bertemu dengan agen customer service yang tidak memiliki informasi terkait produk yang diperlukan. Dalam situasi seperti itu, mengaku tidak tahu bisa membuat pelanggan semakin marah, sementara pura-pura tahu hingga memberikan informasi yang salah akan membuat situasi jadi lebih buruk.

Oleh karena itu, latih agen customer service untuk mampu menjawab semua pertanyaan terkait produk dan layanan agar bisa merespons dengan tepat. Agen customer service yang mempunyai product knowledge luas tak hanya akan menyediakan solusi atas masalah pelanggan, tapi juga pada akhirnya membantu bisnis mendapatkan penjualan maksimal.

Kemauan untuk terus belajar

Terakhir, kemampuan customer service yang wajib dikuasai pada era digital adalah kemauan untuk terus belajar. Terlalu cepat merasa puas setelah mencapai target atau menjawab semua pertanyaan dan keluhan pelanggan bisa menjadi masalah di kemudian hari. Pasalnya, akan selalu ada tantangan baru yang nantinya mungkin dihadapi. Customer service yang memiliki kemauan terus belajar dapat membantu mewujudkan pelayanan prima yang bisa ditawarkan bisnis Anda.

 

Itu tadi setidaknya enam kemampuan customer service yang wajib dikuasai pada era digital saat ini. Pastikan agen-agen Anda memiliki kemampuan customer service terbaik untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan Anda. VADS Indonesia dapat membantu Anda untuk mendapatkan customer service terbaik untuk mengoptimalkan layanan pelanggan perusahaan Anda, simak secara lengkap disini



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik