Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Cloud atau In House Server? Simak Perbedaan dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda!

Cloud atau In House Server? Simak Perbedaan dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda!

24 Februari 2023

Image of Cloud atau In House Server? Simak Perbedaan dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda!

Beberapa dekade yang lalu, infrastruktur merupakan sesuatu yang mahal dan sulit digunakan dalam bisnis, sedangkan storage atau penyimpanan dalam dunia bisnis sudah menjadi bagian penting untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Sayangnya, investasi persediaan penyimpanan tersebut masih tergolong mahal, dan banyak pihak yang berpendapat kurang efisien.

Dengan berkembang nya zaman, perusahaan teknologi memperkenalkan infrastruktur yang disebut cloud. Teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk membeli kapasitas penyimpanan tertentu tanpa harus membeli perangkat keras, perangkat lunak, dan pemeliharaan sistem penyimpanan.

Cloud memiliki layanan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dari penggunanya. Sebelum menggunakan teknologi cloud, akan lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu perebedaan menggunakan cloud dengan server tradisional. Berikut ini merupakan perbedaannya:

  1. Biaya penggunaan

Anda hanya membayar biaya layanan cloud berdasarkan kapasitas yang digunakan. Dengan sistem ini, Anda tidak perlu khawatir menghabiskan terlalu banyak uang untuk membayar layanan yang tidak Anda gunakan. Layanan cloud menawarkan efisiensi yang tentunya tidak dimiliki oleh layanan hosting tradisional. Dengan layanan hosting tradisional, biaya yang dikenakan atau dibayarkan oleh pengguna biasanya dibebankan per menit atau per jam, tergantung kebijakan penyedia layanan hosting.

  1. Fleksibel

Layanan cloud lebih mudah digunakan. Dengan sistem cloud, pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan kapasitas layanan yang diinginkan dan dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan mudah, efisien, andal, dan fleksibel kapan pun dan di mana pun.

  1. Layanan yang dikelola sepenuhnya

Berkat sistem cloud, efisiensi juga dapat dilihat dan dirasakan dalam pengoperasian dan pemeliharaan infrastruktur. Teknologi cloud tidak mengharuskan pengguna memiliki server dan perangkat sendiri untuk menyimpan dan memproses data atau aplikasi. Hal ini membuat pekerjaan pengguna teknologi cloud menjadi lebih mudah, karena pemeliharaan layanan yang digunakan tentunya menjadi tanggung jawab penyedia layanan cloud

  1. Keamanan

Pada dasarnya, Anda dapat dengan mudah melindungi data dan mengontrol siapa yang memiliki akses ke data perusahaan Anda. Anda juga dapat menyiapkan beberapa sistem perlindungan untuk data Anda. Biasanya, perusahaan yang menyimpan data sensitif, seperti bank dan lembaga pemerintah, menerapkan sistem seperti itu. Informasi perusahaan tetap aman di cloud. Selain itu, infrastrukturnya juga bisa terhubung dengan cloud.

Baik server tradisional maupun cloud memiliki karakteristik, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, banyak perusahaan saat ini memilih layanan cloud daripada server tradisional. Alasan yang paling penting adalah fleksibilitas dan efisiensi manajemen informasi. Sebagai pemilik bisnis, tidak ada salahnya berlangganan cloud. Mengapa? Berikut benefit yang bisa didapatkan:

  1. Lebih Instan

Anda tidak perlu mendesain infrastruktur dari awal karena penyedia cloud sudah menyediakan semua fungsionalitasnya. Cukup aktifkan beberapa fitur atau fungsi cloud saat Anda ingin menggunakannya dan nonaktifkan saat Anda selesai menggunakannya.

  1. Lebih Fleksibel

Penyedia layanan cloud menawarkan layanan penyimpanan dengan kapasitas berbeda. Anda bebas memilih besaran kapasitas cloud sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

  1. Perawatan Lebih Efisien

Tidak seperti server tradisional, Anda tidak perlu khawatir tentang memelihara server cloud meskipun memikirkan anggaran perbaikan. Jika terjadi kerusakan, yang harus Anda lakukan hanyalah mendiskusikan masalah tersebut dengan penyedia layanan cloud Anda dan biarkan mereka memperbaikinya tanpa biaya tambahan.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Bahkan jika perusahaan Anda memiliki tim IT, Anda dapat menghemat tenaga mereka dengan berlangganan cloud. Ini karena penyedia cloud juga bertanggung jawab untuk mengawasi operasi dan fungsi cloud dari jaringan ke pusat data hingga pemeliharaan. Sehingga tim IT Anda bisa lebih fokus untuk urusan pekerjaan lainnya.

  1. Lebih Murah

Anda hanya membayar biaya pembelian cloud sesuai dengan kapasitas dan jangka waktu yang dipilih serta pajak pertambahan nilai (PPN) yang harus dibayar. Biaya dibebankan hanya sekali hingga akhir periode berlangganan cloud

Lima manfaat tersebut sudah cukup menjelaskan alasan perusahaan Anda untuk berlangganan cloud dibandingkan dengan server tradisional. Tidak perlu bingung dalam mencari penyedia cloud terbaik karena PT VADS Indonesia siap memenuhi kebutuhan cloud Anda. Gunakan VADS Cloud untuk mencadangkan dan menyimpan data Anda dengan cepat dan aman. Segera hubungi PT VADS Indonesia untuk diskusi lebih lanjut dan mencoba layanan dari VADS Cloud.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik