Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 7 Jenis Email Marketing untuk Bisnis yang Penting Anda Tahu

7 Jenis Email Marketing untuk Bisnis yang Penting Anda Tahu

06 Mei 2022

Image of 7 Jenis Email Marketing untuk Bisnis yang Penting Anda Tahu

Dalam menjalankan pemasaran, Anda bisa melakukan berbagai cara atau strategi yang sesuai kebutuhan bisnis. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan email marketing. Cara ini dianggap ampuh untuk menjalin hubungan dengan konsumen Anda. Namun, ada beberapa jenis email marketing yang harus Anda pahami terlebih dahulu.

Dengan mengenal apa saja jenis-jenis email marketing, maka Anda bisa lebih tepat menyasar target pasar. Apalagi, jika Anda juga memahami trik untuk mengirimkan email yang benar, maka kemungkinan cara ini berhasil menjadi lebih tinggi. Jadi, apa sajakah jenis email marketing yang perlu Anda ketahui?

  1. Email sambutan selamat datang

Jenis email marketing yang pertama adalah email sambutan. Biasanya, email ini akan muncul saat seseorang baru saja melakukan registrasi. Misalnya, Anda memiliki website bisnis yang memberi kesempatan bagi pelanggan untuk melakukan registrasi sebelum membeli produk, maka biasanya Anda harus mengirimkan email sambutan kepada pelanggan yang baru membuat akun. Email ini bisa juga Anda pakai untuk memberikan pemberitahuan seperti promo bagi pelanggan pertama. 

  1. Newsletter

Jenis berikutnya adalah newsletter, yang cocok untuk menarik perhatian audiens dengan artikel menarik. Biasanya, artikel yang dikirimkan akan tersambung dengan yang sudah ada di website atau blog Anda. Dengan begitu, jika mereka ingin membaca lebih lanjut, bisa langsung mengunjungi website dan menaikkan traffic Anda.

Namun, perhatikan pengiriman email jenis ini agar lebih efisien dan efektif. Frekuensi yang tepat adalah dua hingga tiga kali seminggu atau bisa disesuaikan dengan strategi bisnis Anda. Jangan lupa untuk memberikan visual dan CTA atau call to action yang tepat agar mereka semakin terdorong untuk mengunjungi website Anda.

  1. Email berisi katalog

Jenis email marketing yang ketiga adalah email berisi katalog. Anda bisa memasukan katalog barang atau jasa yang Anda tawarkan di email ini. Keuntungan dari email jenis ini adalah Anda bisa memberikan  insight bagi konsumen tentang produk yang Anda tawarkan. 

Meskipun demikian, email berisi katalog masuk dalam kategori hard selling sehingga orang bisa saja tidak tertarik untuk menerimanya, walaupun tak ada salahnya Anda sesekali mengirimkan email ini untuk mengingatkan produk apa saja yang Anda jual atau produk terbaru dalam katalog Anda.

  1. Email blast

Sebenarnya, email blast adalah sebuah trik mengirimkan email langsung ke banyak penerima. Dengan begitu, Anda tak harus memakan waktu banyak untuk mengirimkan email secara satu per satu. Cara ini sangat efektif untuk menjangkau lebih banyak orang dengan cepat. Meskipun email dikirim secara masif dalam satu waktu, Anda tetap bisa melakukan personalisasi dengan cara memanfaatkan fitur yang tersedia agar konten email menyebut nama penerima.

  1. Digest email

Berikutnya adalah digest email yang dihasilkan dari mesin mailing list. Email ini bisa Anda tentukan kapan dikirimkan. Selain itu, jenis email ini juga bisa Anda gunakan saat perusahaan Anda memiliki kontes. Artinya, email ini dapat memberikan insight tentang kontes yang dilakukan dan sudah sampai mana perkembangannya. Ketika Anda mengirimkan perkembangan ini, maka orang akan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut acara apa yang sedang Anda selenggarakan.

  1. Email survey

Jenis email marketing satu ini sangat tepat bila Anda membutuhkan pendapat dari pelanggan Anda. Namun, perlu diingat agar tidak terlalu panjang dalam memberikan survei. Artinya, survei yang dilakukan harus bisa diselesaikan dengan cepat agar pelanggan tidak bosan karena terlalu bertele-tele. 

  1. Email penawaran khusus

Terakhir adalah email marketing dengan penawaran khusus. Email yang satu ini sangat bagus digunakan jika Anda sedang memiliki acara seperti diskon hari raya atau promo apa pun. Berdasarkan penelitian, email ini sangat efektif menarik perhatian pelanggan. Jangan lupa untuk mengirimkannya pada waktu yang tepat agar pelanggan bisa langsung melakukan pembelian dari email yang dikirimkan.

Itulah beberapa jenis email marketing yang perlu Anda ketahui dan bisa aplikasikan sesuai dengan kebutuhan. Tertarik untuk menggunakan email marketing sebagai salah satu trik pemasaran bisnis Anda? Gunakanlah layanan Email Marketing dari PT VADS Indonesia untuk tingkatkan performa bisnis Anda!

Tim PT VADS Indonesia akan membantu Anda memilih jenis email marketing yang paling tepat dan memastikan eksekusinya berjalan lancar. Buktikan efektivitas email marketing untuk promosi bisnis dengan menghubungi PT VADS Indonesia sekarang juga!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik