Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Mengenal Search Engine Marketing dan Manfaatnya bersama PT Vads Indonesia

Mengenal Search Engine Marketing dan Manfaatnya bersama PT Vads Indonesia

23 Mei 2022

Image of Mengenal Search Engine Marketing dan Manfaatnya bersama PT Vads Indonesia

SEM atau Search Engine Marketing merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengembangkan bisnis dan menjangkau pelanggan baru. Menggunakan strategi organik bagi bisnis untuk menarik traffic dalam jangka panjang memang penting. Namun, untuk kondisi di mana bisnis Anda tidak dapat bersaing dengan baik di Search Engine Result Page (Halaman Hasil Mesin Pencari) tanpa bantuan, SEM bisa diandalkan. Mari mengenal Search Engine Marketing dan manfaatnya bersama PT VADS Indonesia di artikel ini!

Apa itu Search Engine Marketing (SEM)?

Pada dasarnya, Search Engine Marketing merupakan sebuah kampanye iklan penelusuran berbayar, contohnya Google Ads. Tujuan utama SEM adalah membantu mengoptimalkan visibilitas website dan halaman website melalui mesin pencari. SEM juga membantu bisnis mendapatkan posisi mesin pencari yang lebih baik di Google dan situs serupa lainnya.

Berbeda dari SEO, SEM mendapatkan penempatan mesin telusur secara cepat, tapi dengan cara berbayar. Metode berbayar ini mencakup keseluruhan strategi periklanan yang menghasilkan iklan di mesin pencari seperti Google, misalnya iklan dan keyword-keyword tertentu. Brand bisa membuat kampanye SEM di Google, mulai dari yang paling umum hingga yang paling konkret dengan berbagai opsi dan struktur iklan.

Apa saja manfaat SEM?

Strategi SEM banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan bukan tanpa alasan. Hal ini tidak terlepas dari berbagai manfaat SEM berikut ini:

  1. Efisiensi biaya

Efisiensi biaya dalam bisnis membantu menciptakan stabilitas keuangan. Bisnis dapat menerapkan efisiensi biaya, salah satunya dengan cara menerapkan SEM. SEM dapat memberikan hasil yang diinginkan oleh bisnis dengan anggaran yang terbatas. 

Anda dapat menyesuaikan iklan SEM dengan kebutuhan anggaran Anda kapan pun Anda mau. Menjalankan kampanye SEM untuk bisnis Anda juga tidak butuh investasi awal yang besar. Oleh karena itu, strategi SEM cocok untuk usaha kecil dan menengah.

  1. Relatif lebih cepat dari SEO

SEM relatif lebih cepat dari SEO soal membawa traffic yang sangat berkualitas ke website. Ia efektif menarik perhatian pengguna dan menghasilkan klik karena memungkinkan pengguna memfilter berdasarkan kata-kata yang mereka cari. Oleh karena itu, SEM memastikan traffic Anda terdiri dari orang-orang yang berpotensi tertarik dengan brand Anda.

Selain itu, peringkat SEM juga lebih fleksibel karena peringkat kedua atau bahkan ketiga bisa sama bermanfaatnya dengan peringkat pertama. Misalnya, Anda memiliki iklan di Google. Setelah seminggu, iklan Anda secara konsisten muncul di hasil pencarian pada posisi kedua atau ketiga saat menggunakan kata kunci yang Anda pilih. Anda tidak perlu mengeluarkan uang ekstra hanya untuk mendapatkan posisi teratas itu. Faktanya, pengguna mesin pencari sama seringnya mengklik iklan posisi kedua atau ketiga dalam hasil pencarian dengan iklan posisi pertama.

  1. Naikkan conversion rate

Conversion rate (tingkat konversi) adalah rasio tindakan yang ditentukan berdasarkan jumlah pengunjung website dikalikan 100. Oleh karena itu, bentuk conversion rate selalu dalam persentase. Misalnya, sebuah perusahaan menerima 1.000 pengunjung website. Conversion rate akan dihitung saat pengunjung website tersebut membeli produk. SEM menaikkan conversion rate karena Google Ads bantu mengukur konversi sehingga memastikan bahwa iklan Anda benar-benar efektif.

Apa saja jenis-jenis SEM?

Secara umum, Search Engine Marketing terdiri dari empat jenis. PT VADS Indonesia telah merangkum penjelasan masing-masing jenisnya berikut ini:

  1. Phrase Match Keyword

Phrase match keyword adalah jenis keyword yang ditambahkan sebelum atau setelah keyword. Misalnya, jika keyword utama Anda adalah ‘Baju Kantoran’, Anda dapat menambahkan phrase match keyword seperti ‘Baju Kantoran Murah’. Keyword yang lebih terfokus ini bertujuan memperoleh audiens dengan tingkat spesifikasi dan traffic sedang.

  1. Exact Match Keyword

Sesuai namanya, exact match keyword merupakan jenis keyword yang sangat fokus dan spesifik. Untuk keyword utama ‘Baju Kantoran’ misalnya, exact match keyword yang bisa Anda tambahkan adalah ‘Baju Kantoran untuk Wanita’. Trafik jenis keyword ini memang rendah, namun audiens yang melihat iklan Anda jadi sangat spesifik sehingga kemungkinan besar tertarik dengan brand Anda.

  1. Negative Keyword

Negative keyword sebaiknya dihindari karena merupakan keyword yang tidak relevan atau berkaitan dengan bisnis Anda. Contoh negative keyword untuk keyword ‘Baju Kantoran Mewah’ misalnya adalah ‘Baju Kantoran Bekas’.

  1. Broad Match Keyword

Broad match keyword merupakan keyword yang sifatnya sangat umum sehingga memungkinkan Anda menjaring calon pelanggan yang beragam lewat tingginya traffic. Broad match keyword juga merupakan keyword default Google Ads sehingga iklan Anda akan muncul dalam berbagai keyword jika Anda membidik satu kata kunci umum. Contohnya, jika memilih keyword ‘Baju Kantoran’, maka iklan Anda akan muncul saat audiens mengetikkan kata kunci ‘Baju Bisnis’, ‘Baju Formal’, dan lain-lain.

Itulah informasi tentang mengenal Search Engine Marketing dan manfaatnya yang telah dirangkum PT VADS Indonesia. Jika butuh bantuan mengeksekusi strategi SEM untuk bisnis atau brand, Anda dapat menggunakan layanan Digital Marketing dari PT VADS Indonesia. Layanan ini membantu Anda membuat dan mempublikasikan kampanye pemasaran melalui berbagai saluran digital. Klik di sini jika Anda butuh informasi lebih lanjut mengenai layanan Digital Marketing dari VADS Indonesia dan berbagai layanan menarik lainnya!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik