VADS

Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Sinkronkan File Saat Work From Home dengan OneDrive

Sinkronkan File Saat Work From Home dengan OneDrive

13 Mei 2020

image.jpg

Work From Home saat ini sedang gencar dilakukan oleh berbagai perusahaan mengingat kebijakan yang dibuat oleh pemerintah terkait social distancing untuk menurunkan angka penyebaran coronavirus yang terjadi di Indonesia. Tentunya hal tersebut menjadi tantangan tersendiri kepada perusahaan dan karyawannya untuk tetap produktif walau terbatas oleh jarak. Kolaborasi yang real-time mengharuskan seluruh anggota tim harus berada di satu tempat secara bersamaan yang tidak mungkin dilakukan ketika sedang work from home seperti sekarang ini. Dibutuhkan tools untuk membantu perusahaan dan karyawan agar dapat berkomunikasi dan berkoordinasi agar pekerjaan tetap berjalan lancar dan produktif. 

Salah satu yang Anda butuhkan adalah penyimpanan berbasis cloud di Internet. Cloud mengubah cara kita bekerja bersama. Karyawan Anda dapat berkontribusi pada sebuah proyek secara bersamaan dimanapun dan kapanpun mereka berada. Mereka dapat menyampaikan komentar, memberi saran, dan mengajukan pertanyaan tanpa cemas mengerjakan versi dokumen yang sudah tidak digunakan karena hanya mengerjakan satu versi secara bersamaan. Salah satu layanan penyedia cloud adalah Microsoft OneDrive. Microsoft OneDrive adalah layanan komputasi awan (cloud) yang serupa dengan Dropbox dan Google Drive yang dapat membuat penggunanya mengunggah dan mensinkronkan file atau dokumen ke suatu penyimpanan cloud untuk dapat diakses melalui web atau perangkat tertentu. OneDrive adalah salah satu produk dari Microsoft yang memungkinkan penggunanya menyimpan berkas pribadi atau dokumen kantor dan juga membagikannya dengan orang-orang dalam kontak. OneDrive dapat terkoneksi dengan Microsoft 365 sehingga dapat menghubungkan Anda ke semua file yang memungkinkan Anda untuk berbagi dan bekerja sama darimana saja dengan aman. 

OneDrive menggunakan sarana website dan juga aplikasi untuk komputer serta smartphone sehingga mempermudah Anda untuk mengakses dimanapun dan kapanpun. Secara fungsi, yang paling menguntungkan dari OneDrive adalah terintegrasi dengan ekosistem Microsoft, salah satunya adalah Microsoft 365 (Baca: Microsoft 365 untuk Aktivitas Produktif dan Efektif Saat Work From Home). OneDrive memberikan kuota penyimpanan gratis awal sebesar 5GB, namun untuk pengguna Microsoft 365, Anda akan mendapatkan kuota penyimpanan sebesar 1TB. 

Berbagai fitur OneDrive mempermudah kerja Anda salah satunya adalah Folder Protection yang dapat Anda gunakan untuk memilih agar folder Documents, Pictures, dan Desktop di laptop atau PC-nya dapat ter-backup secara otomatis. Fitur Microsoft OneDrive ini sangat berguna untuk Anda yang menggunakan laptop atau device berbeda karena semua folder tersebut akan selalu terhubung atau tersinkronisasi via akun OneDrive sehingga membantu Anda untuk tetap produktif dimanapun dan kapanpun. Beberapa manfaat dan fitur OneDrive lainnya adalah  : 

  1. Akses dimana saja. OneDrive membuat Anda dapat menyimpan, mengakses, dan menemukan file kerja pribadi dan bersama dengan rekan kerja dengan mudah dari semua perangkat Anda. Pengeditan offline juga dapat disinkronkan secara otomatis pada saat Anda online
  2. Kolaborasi dengan mudah. OneDrive membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan lebih mudah dengan rekan kerja anda. Anda dapat berbagi file, mengedit file, dan bekerja bersama secara real-time dengan aman menggunakan Office Apps seperti Word, Excel, PowerPoint di website, handphone, dan desktop kapanpun dan dimanapun.
  3. Keamanan yang baik. Dengan menggunakan OneDrive, Anda dapat melindungi dan mencadangkan file Anda. Anda dapat mengembalikan file yang mungkin secara tidak sengaja terhapus yang terdapat di Recycle Bin sehingga memudahkan Anda ketika ingin melihat data yang telah kita hapus maupun ketika ingin mengakses kembali data yang tidak sengaja terhapus. Apabila terdapat serangan berbahaya dari internet, dan administrator dapat mengelola keamanan data anda dalam membantu mengamankan informasi yang Anda miliki. Microsoft juga memberlakukan beberapa fitur yang menjamin keamanan data Anda seperti scanning virus ataupun enkripsi data.
  4. Tampilan yang simple dan mudah dipahami. OneDrive memiliki tampilan yang lebih tertata dan sesuai untuk mempermudah  kita dalam melihat dampak kinerja Anda dengan yang lain. Tampilan yang sederhana dengan beberapa menu navigasi yang mudah dipahami membuat Anda juga akan lebih mudah dan cepat untuk tahu apa yang diperlukan.
  5. Video-sharing yang lebih baik. OneDrive memiliki fitur berbagi video yang disempurnakan. Jika pengguna lain ingin mengakses suatu video, secara otomatis OneDrive akan mendeteksi kecepatan internet yang dimiliki pengguna tersebut dan menyesuaikannya dengan kualitas video yang ada. Jika koneksi sedang lambat, kualitas video akan turun. Dan jika koneksi sedang bagus maka kualitas akan ditingkatkan. Hal ini menambah kenyamanan Anda saat menikmati konten video dalam kondisi apapun.

Microsoft OneDrive memiliki beberapa paket seperti untuk personal dan juga bisnis. Untuk paket personal, Anda akan mendapatkan OneDrive Basic 5GB secara gratis. Berikut ini adalah paket OneDrive untuk personal : 

  • OneDrive 100GB
  • Microsoft 365 Personal
  • Microsoft 365 Family

 

Microsoft OneDrive juga menyediakan OneDrive for Business untuk bisnis Anda. OneDrive for Business adalah penyimpanan dokumen online yang ditujukan untuk kebutuhan bisnis anda. OneDrive for Business Anda dikelola oleh perusahaan Anda sendiri dan memungkinkan Anda untuk berbagi serta mengkolaborasikan dokumen kerja dengan rekan kerja dimana Anda dapat mengontrol apa yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah paket OneDrive for Business : 

  • OneDrive for Business 1
  • OneDrive for Business 2
  • Microsoft 365 Business Standard

 

Berbagai fitur yang bermanfaat dan menguntungkan yang diberikan oleh OneDrive tersebut membuat layanan ini menjadi pilihan berbagai perusahaan terkemuka di dunia. Berdasarkan website dari Microsoft sendiri, beberapa perusahaan pengguna OneDrive seperti Chevron, Nestle, Good Year, DBS Bank, dan sebagainya. Saatnya perusahaan Anda juga menggunakan OneDrive untuk penyimpanan data yang kolaboratif dan aman dengan harga murah terutama disaat sedang Work From Home seperti saat ini. 

VADS Indonesia dapat membantu Anda dalam menyediakan OneDrive yang dibundle dengan Microsoft 365.  Dengan menggunakan layanan dari VADS Indonesia, Anda akan mendapatkan on-site support dan user onboarding yang tersertifikasi dan siap membantu Anda dalam 24x7 untuk membantu Anda bekerja menggunakan Microsoft 365 terutama penggunaan dan pengelolaan OneDrive. Hubungi kami di marketing@vads.co.id untuk dukungan teknis dalam memenuhi kebutuhan Anda untuk meningkatkan produktivitas dan penghematan biaya bisnis Anda selama Work From Home. Tingkatkan produktivitas Anda selama #DiRumahAja sekarang juga dengan Microsoft 365 dari VADS Indonesia. Info lebih lanjut, klik www.vads.co.id



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik