Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 7 Manfaat Cloud Untuk Optimalkan Bisnis Anda

7 Manfaat Cloud Untuk Optimalkan Bisnis Anda

22 Februari 2023

Image of 7 Manfaat Cloud Untuk Optimalkan Bisnis Anda

Kita sering mendengar istilah cloud, cloud computing, sistem cloud, platform berbasis cloud, dan juga mengenai cloud lainnya. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan cloud? Di dunia internet, cloud mengacu pada pengelompokan beberapa server yang mempunya lokasi di banyak tempat. 

Ibarat membangun rumah, membangun sistem penyimpanan berbasis cloud membutuhkan infrastruktur. Infrastruktur dibangun dengan beberapa komponen cloud computing yang terintegrasi. Sistem penyimpanan berbasis cloud tidak dapat berfungsi tanpa komponen cloud computing. Saat ini banyak bisnis menggunakan cloud computing karena bisnis yang semakin besar dan berkembang sehingga jumlah data yang akan diproduksi dan diolah juga akan semakin banyak. Cloud computing inilah yang dapat memudahkan bisnis dalam mengakses data dalam jumlah besar agar dapat dimanfaatkan dengan tujuan keuntungan. Tertarik mengenal lebih jauh mengenai cloud computing? Simak informasinya berikut!

Apa itu Cloud Computing?  

Cloud computing adalah pengiriman berbagai layanan komputasi, termasuk server, perangkat lunak, penyimpanan data, basis data, jaringan, dan analitik, melalui Internet (cloud). Banyak perusahaan telah menggunakan cloud computing untuk meningkatkan produktivitas dan mencapai kapasitas penyimpanan yang besar tanpa harus membayar lebih untuk pemeliharaan hardware, software, atau sistem.

Cloud computing berbeda dari server tradisional, yang mengharuskan perusahaan mengeluarkan banyak uang untuk membeli server, router dan mempekerjakan staf untuk memelihara ruang penyimpanan dan infrastruktur. Beberapa contoh jenis layanan cloud adalah:

  • Public Cloud - penggunaan layanan cloud yang ditujukan hanya untuk penggunaan publik;
  • Private Cloud – Layanan ini menyediakan pengelolaan dan pengoperasian infrastruktur hanya untuk pelanggan tertentu yang biasanya berukuran besar dan memiliki sumber daya untuk memiliki cloud mereka sendiri.
  • Community Cloud - Dipakai secara bersama-sama oleh sejumlah organisasi yang punya kepentingan dan kebutuhan tingkat keamanan yang sama.
  • Hybrid Cloud - Meskipun hybrid cloud adalah entitas independen, ia menggunakan teknologi yang memungkinkan portabilitas data dan konektivitas antar aplikasi; 

Manfaat Cloud Computing Bagi Bisnis

Cloud computing memiliki berbagai manfaat bagi perusahaan diantaranya adalah: 

  1. Menyederhanakan Infrastruktur

Sistem informasi dan data bisnis memerlukan pengelolaan atau kontrol yang baik terhadap infrastruktur teknologi informasi, namun dengan penggunaan cloud computing, perusahaan tidak perlu lagi mengkhawatirkan hal ini. Karena penyedia layanan cloud menawarkan layanan terkait manajemen infrastruktur, perusahaan hanya perlu menggunakan layanan cloud mereka sendiri.

  1. Mengurangi Risiko

Dalam hal ini, perusahaan perlu selektif terhadap layanan cloud yang benar-benar dapat dipercaya. Memanfaatkan fasilitas penyedia layanan cloud yang andal membantu bisnis mengurangi risiko kehilangan data dan risiko pemeliharaan server. Misalnya, ketika teknisi IT perusahaan berganti pekerjaan, ini secara otomatis memengaruhi pemeliharaan aplikasi. Solusi yang ditawarkan cloud computing adalah dengan mengurangi tingkat resiko, semua kebutuhan sudah tersedia lengkap di cloud server dan semuanya terintegrasi.

  1. Efisiensi Biaya

Sebuah aplikasi atau penyimpanan data membutuhkan perangkat khusus yang dapat melayani beberapa kebutuhan sekaligus. Oleh karena itu, diperlukan komputer server untuk tujuan ini, dan komputer server relatif lebih mahal bagi pengguna daripada komputer biasa. Selain itu ada biaya pemeliharaan server dan aplikasi. Dengan menggunakan layanan cloud secara eksklusif, perusahaan dapat menghemat biaya yang relatif tinggi ini..

  1. Keamanan Informasi

Layanan cloud memiliki keamanan informasi yang relatif lebih aman karena layanan cloud telah mengantisipasi masalah keamanan informasi. Sehingga pengguna sistem ini tidak perlu lagi khawatir untuk menyimpan semua informasi perusahaan dalam satu tempat yang dapat diakses dari mana saja. Cloud computing yang dilengkapi dengan sistem keamanan informasi yang kuat berupa enkripsi data memastikan terjaganya keamanan informasi. Sistem keamanan yang solid mempersulit peretas untuk membobol basis data cloud, yang menjamin keamanan data.

  1. Akses Lebih Mudah

Layanan cloud memiliki sistem yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengakses berbagai informasi yang tersimpan dalam sistem. Pengguna dapat mengakses informasi apapun kapanpun, di mana pun selama terhubung dengan internet. Selain itu, layanan cloud semakin mempermudah aktivitas sehari-hari berkat penyimpanan virtual. Oleh karena itu, cloud computing mendukung proses bisnis yang berjalan lebih cepat dan lebih produktif

  1. Ruang Penyimpanan Tidak Terbatas

Kapasitas penyimpanan layanan cloud relatif lebih besar, bahkan tidak terbatas. Keunggulan ini menjadikan cloud computing sebagai solusi untuk kebutuhan penyimpanan banyak bisnis. Lebih menguntungkan karena cloud computing tidak memerlukan perangkat keras untuk menyimpan data. 

  1. Kolaborasi Menjadi Lebih Mudah

Layanan cloud juga menawarkan kemudahan dalam berkolaborasi. Sistem cloud computing dapat digunakan untuk mempermudah kolaborasi antar personil, karena setiap anggota tim dapat melihat mentransfer dan berbagi data di semua platform berbasis cloud

Pada era digital seperti sekarang, layanan cloud sudah menjadi kebutuhan bisnis berkat akses internet yang lebih cepat dan luas. Namun, jika Anda bingung untuk memilih penyedia layanan cloud yang andal dan dapat berkomitmen untuk melindungi data penting Anda selama 24/7, PT VADS Indonesia adalah solusi yang paling tepat. Layanan VADS Cloud didukung oleh tim berpengalaman selama24/7, sehingga akan selalu siap membantu Anda ketika dibutuhkan. VADS Cloud menawarkan server cloud untuk semua kebutuhan bisnis Anda. Hubungi kami di marketing@vads.co.id jika Anda ingin saran tentang layanan cloud yang Anda butuhkan. 

 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik