Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Bagaimana Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Contact Center

Bagaimana Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Contact Center

02 April 2021

Image of Bagaimana Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Contact Center

Dalam dunia layanan pelanggan, perusahaan harus bisa mengukur kepuasan pelanggan untuk mengetahui sejauh mana produk dan layanan perusahaan dapat memenuhi harapan pelanggan sehingga bisa menciptakan kesuksesan merek dan juga perusahaan. Kepuasan pelanggan berfokus pada hal yang sama yaitu bagaimana perusahaan dapat mengukur ekspektasi pelanggan. Semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan, maka akan semakin besar pelanggan akan bertahan dan meningkatkan pembelian kepada perusahaan tersebut.

Banyak contact center menggunakan survei kepuasan pelanggan di akhir panggilan. Pelanggan diminta untuk mengisi survei singkat setelah setiap panggilan dan menilai tingkat layanan yang mereka terima dan memahami bagaimana perasaan pelanggan tentang bisnis Anda. Survei kepuasan pelanggan membantu perusahaan menemukan masalah dengan layanan mereka secara tepat waktu. Mereka juga memberikan visibilitas ke kinerja setiap anggota tim Anda.

Kepuasan pelanggan adalah metrik penting bagi perusahaan karena memberikan wawasan tentang hal-hal seperti loyalitas pelanggan, kemungkinan churn, dan juga membantu mengidentifikasi masalah dengan produk atau layanan. Perusahaan yang memberikan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi juga dapat menggunakannya untuk membedakan dirinya dari pesaingnya. Berikut ini merupakan beberapa langkah yang bisa dijadikan pedoman untuk contact center Anda dalam menciptakan kepuasan pelanggan :

Memahami harapan pelanggan perusahaan Anda

Masih banyak pelanggan yang tidak puas terhadap layanan suatu perusahaan, ketidakpuasan tersebut harus dikumpulkan dan diberikan umpan balik untuk perusahaan memahami apa yang diharapkan pelanggan untuk perusahaan Anda. Mengadakan survey kepuasan pelanggan menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah pelanggan sudah puas terhadap layanan yang diberikan oleh perusahaan. Metode survey yang dilakukan bisa melalui telepon, email, IVR, online maupun tatap muka sehingga dapat memberikan insight yang dapat mengembangkan perusahaan.

Jangan membuat pelanggan menunggu

Layanan contact center perusahaan dapat menawarkan panggilan kembali selama periode waktu antrian yang lama ketimbang membuat pelanggan dipaksa menunggu. Solusi contact center yang baik dapat membuat pelanggan merasa puas dengan layanan yang diberikan kepada perusahaan. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Harvard Business Review yang disebutkan dalam artikel Genesys mengatakan bahwa pelanggan yang keluhannya ditangani dalam waktu kurang dari lima menit membelanjakan lebih banyak uang dengan perusahaan Anda untuk pembelian di masa mendatang. Hal ini membuktikan bahwa semakin pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan, maka akan menghasilkan keuntungan untuk perusahaan tersebut.

Memberikan pelatihan dan pengembangan professional kepada tenaga contact center

Tim contact center yang terlatih dan professional membuat mereka lebih efisien dalam memberkan layanan yang lebih baik dan juga menjadi layanan pelanggan yang unggul sehingga akan berdampak menciptakan skor customer satisfaction atau kepuasan pelanggan yang diinginkan oleh perusahaan Anda.

Memberikan dukungan di multichannel

Dengan menggunakan layanan contact center yayng lebih bervariasi dalam menggunakan media yang digunakan seperti media sosial, live chat, telepon, dan juga email yang menjadi semakin penting untuk pelanggan sehingga layanan contact center perusahaan dapat terhubung dengan pelanggan di saluran yang mereka gunakan. Dukungan multichannel dan juga omnichannel ini tidak hanya menawarkan banyak channel, namun juga hal ini menghindari pelanggan memberikan informasi yang berulang kepada agent contact center yang bebeda karena hal tersebut dapat mengganggu pelanggan dan berpotensi merusak reputasi perusahaan karena ketidakpuasan pelanggan.

Memberikan contact center yang proaktif

Menghubungi pelanggan sebelum mereka menelpon perusahaan Anda supaya lebih efektif, tepat waktu, personalisasi, dan juga relevan dengan konsumen perusahaan Anda. Strategi proaktif ini bisa diterapkan dengan telesales, telereminder, telecollection, dan juga teleretention yaitu contohnya sebagai pengingat pembayaran, skema loyalitas pelanggan yang dipersonalisasi, dan memberikan informasi mengenai produk dan layanan terbaru dari perusahaan Anda. Startegi ini dapat mengurangi panggilan masuk dan juga meningkatkan efisiensi dari agent contact center. Hal ini juga membuktikan bahwa menawarkan layanan pelanggan yang baik tidak hanya baik untuk pelanggan saja, namun juga baik untuk kelanjutan bisnis kedepannya sehinggan menghasilkan revenue untuk perusahaan.

Memberikan manfaat tambahan

Berikan pelanggan Anda dengan penawaran gratis atau potongan harga sehingga dapat membantu perusahaan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Diskon yang diberikan untuk produk yang selama ini menjadi incaran pelanggan Anda atau memberikan aksesori tambahan sebagai dukungan pasca pembelian akan membuat pelanggan merasa puas dan diperhatikan dengan kebutuhannya sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan juga membangun citra positif merek dan peruasahaan Anda.

Data yang dimiliki terkait dengan survey kepuasan pelanggan merupakan cerminan pengalaman pelanggan sebenarnya terhadapa perusahaan Anda. Data tersebut dapat digunakan oleh perusahaan Anda untuk mengambil tindakan. Penting untuk data tersebut diolah sehingga dapat dijadikan peluan untuk perusahaan Anda dalam meningkatkan kepuasa pelanggan terutama dengan menyediakan jasa atau produk sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Menciptakan kepuasan pelanggan yang baik adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis. VADS Indonesia bisa membantu perusahaan Anda untuk membangun dan meningkatkan hubungan pelanggan yang baik sehingga tercipta kepuasan pelanggan yang baik. Berbagai keunggulan yang dimiliki untuk menangani pelanggan dengan menggunakan voice ataupun teknologi digital dapat mempermudah pekerjaan perusahaan Anda terutama dalam membangun hubungan pelanggan. Selain itu, perusahaan Anda dapat lebih cepat dalam berinteraksi dengan konsumen sehingga dapat membantu menjawab pertanyaan konsumen dengan berbagai pertanyaan yang diajukan dan meresponnya dengan cepat sehingga hal tersebut dapat membuat konsumen senang karena mendapatkan jawaban atau solusi yang dibutuhkan dengan cepat. Teknologi tersebut juga dapat berfungsi selama 24 jam sehingga kapanpun dan jam berapapun pelanggan bertanya, akan dengan cepat dan mudah dijawab. Hal tersebut dapat membuat konsumen senang dan puas sehingga dapat meningkatkan customer experience untuk perusahaan Anda. Hubungi marketing@vads.co.id untuk informasi lebih lanjut untuk membantu perusahaan Anda dalam membangun dan meningkatkan hubungan pelanggan



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik