Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 5 Kelebihan Artificial Intelligence untuk Marketing Bisnis

5 Kelebihan Artificial Intelligence untuk Marketing Bisnis

02 Februari 2022

Image of 5 Kelebihan Artificial Intelligence untuk Marketing Bisnis

Saat ini, artificial intelligence (AI) atau yang biasa disebut dengan kecerdasan buatan, sudah banyak digunakan di berbagai sektor kehidupan, baik kesehatan, media, ekonomi, maupun pemerintahan. Kelebihan artificial intelligence mampu membantu dan memudahkan kinerja manusia sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat, praktis, dan efisien.

Artificial intelligence, yang sudah dikembangkan sejak tahun 1960-an, adalah salah satu hasil perkembangan teknologi yang didesain mampu meniru kemampuan kognitif manusia, seperti mampu mengenali suara, mengenali wajah, membaca data, mengikuti petunjuk untuk mencari sesuatu, dan lain-lain.

Di bidang ekonomi sendiri, artificial intelligence sangat dibutuhkan untuk perkembangan suatu bisnis. Kecerdasan buatan ini biasanya digunakan di dunia marketing sehingga sangat membantu kinerja pemasaran. Pekerjaan Artificial Intelligence Marketing (AI Marketing) meliputi analisis data, pembuatan konten, pengambilan keputusan secara otomatis, dan semacamnya. Selain itu, kelebihan kecerdasan buatan untuk marketing bisnis pun beragam, di antaranya sebagai berikut.

  1. Pasang iklan online lebih efektif di media sosial

Di dunia marketing, iklan menjadi salah satu hal wajib sebagai wujud nyata memasarkan suatu produk atau jasa. Penentuan unsur bagaimana, kapan, dan di mana dalam pemasangan sebuah iklan perlu strategi tersendiri agar iklan tersebut tepat sasaran. Selain itu, pemasangan iklan juga perlu disesuaikan dengan gaya hidup pasar terkini.

Saat ini, gaya hidup masyarakat mulai beralih dengan menghabiskan sebagian besar waktunya di media sosial. Oleh karena itu, memasang iklan online di media sosial menjadi sangat efektif. Media sosial sendiri sudah menggunakan artificial intelligence untuk mengolah dan memproses data. Dengan begitu, kecerdasan buatan ini bekerja dengan memilih pengguna media sosial yang memiliki preferensi sama dengan iklan yang akan dipasang.

Selain itu, kemampuan artificial intelligence dapat menjangkau pasar lebih luas dengan mengakses data yang lebih luas pula. Promosi yang digunakan pun menjadi lebih strategis karena Anda dapat menggali potensi dengan mencari target melalui profil pengguna, pencarian kata, hal yang sedang trending, dan data online lainnya.

  1. Bisa mempelajari perilaku konsumen lewat deep learning

Kelebihan artificial intelligence selanjutnya adalah bisa mempelajari perilaku konsumen melalui deep learning. Deep learning sendiri digunakan oleh sebuah mesin untuk mampu mempelajari gambar, suara, teks, pola, dan data online lainnya. Data-data tersebut merupakan informasi penting yang diperlukan dalam marketing.

Informasi yang didapatkan ini sangat membantu pelaku marketing untuk mengetahui perkiraan perilaku konsumen atau target pasar saat ini dan di masa mendatang. Dengan begitu, pelaku bisnis dapat lebih mudah dan cepat dalam meraup untung karena pasar yang ditargetkan tepat sasaran dan mampu menyesuaikan pola perilaku konsumen.

  1. Tentukan prediksi pola pembelian dengan analitik prediktif

Selain mengetahui perkiraaan perilaku konsumen, kelebihan kecerdasan buatan lainnya adalah kemampuan untuk membuat prediksi pola pembelian. Prediksi pola pembelian ini menggunakan analitik prediktif. Cara kerjanya adalah dengan memprediksi penjualan di masa mendatang dari banyaknya data online yang tersedia. Dengan begitu, pelaku bisnis tak lagi kesulitan dalam mengatur strategi penjualan dan pemasaran.

  1. Penyebaran konten promosi lebih merata

Dengan adanya artificial intelligence, pemasangan iklan termasuk penyebaran konten promosi dapat menjangkau pasar lebih merata. Hal tersebut karena artificial intelligence mampu menganalisis data konsumen yang membutuhkan produk atau konten promosi. Selain itu, kecerdasan buatan dapat membantu pelaku marketing dalam memahami perilaku konsumen secara individual. Dengan begitu, para pelaku bisnis tidak perlu repot-repot memilih konsumen yang sesuai dengan target marketing secara manual.

  1. Tingkatkan layanan pelanggan dengan bot

Kelebihan kecerdasan buatan lain yang sudah banyak membantu pelaku bisnis adalah adanya layanan pelanggan dengan fitur bot. Fitur chatbot, misalnya, sangat dibutuhkan untuk melayani konsumen karena pelaku bisnis tidak dapat stand by 24 jam melayani mereka. Kehadiran fitur chatbot ini tentunya menambah kepuasan pelanggan dalam hal pelayanan dengan respons yang cepat.

 

Untuk memanfaatkan kelebihan artificial intelligence dalam meningkatkan pelayanan pelanggan, sudah saatnya Anda menggunakan chatbot. Namun, memilih layanan chatbot yang sesuai kadang bisa membingungkan. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir karena VADS Indonesia menyediakan layanan Smart Chat Assistant.

Layanan Smart Chat Assistant hadir dengan berbagai keuntungan dan kemudahan yang dapat digunakan oleh perusahaan Anda. Untuk mendapatkan layanan ini, Anda bisa hubungi Contact Center Services VADS Indonesia yang siap membantu Anda. Klik di sini untuk konsultasi langsung dengan VADS Indonesia!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik