Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Menggunakan Business Process Outsourcing untuk Kelola Media Sosial Perusahaan

Menggunakan Business Process Outsourcing untuk Kelola Media Sosial Perusahaan

30 Maret 2022

Image of Menggunakan Business Process Outsourcing untuk Kelola Media Sosial Perusahaan

Para pelaku bisnis saat ini tak bisa lepas dari media sosial dalam menawarkan produk atau jasanya. Selain karena media sosial telah menjadi platform yang banyak digunakan oleh masyarakat seluruh dunia, kini media sosial juga memiliki fitur khusus bagi para pelaku bisnis, misalnya dengan penyediaan katalog, tautan sambungan menuju website, laman belanja, dan lain-lain. Fitur-fitur ini bisa didapatkan di beberapa media sosial, seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, hingga Tiktok. 

Untuk menarik perhatian pelanggan, pelaku bisnis berlomba-lomba menawarkan produk atau jasanya dengan konten yang menarik. Pelaku bisnis kemudian menggunakan jasa pihak ketiga untuk mengelola media sosial bisnis secara optimal. Di sinilah business process outsourcing berperan. Memangnya, apa itu business process outsourcing? Simak penjelasan berikut untuk mengetahui jawabannya!

Apa itu business process outsourcing? 

Business process outsourcing (BPO) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pihak ketiga berupa pengalihdayaan beberapa proses dan fungsi bisnis suatu perusahaan. Beberapa urusan atau pekerjaan perusahaan dapat diambil alih oleh BPO sesuai kepentingan dan kesepakatan. Salah satu BPO ternama di Indonesia untuk mengurusi analisis media sosial dan sejenisnya adalah PT VADS Indonesia. 

Manfaat menggunakan BPO

BPO sangat membantu perusahaan dalam mengelola dan mengoptimalkan suatu pekerjaan. Perusahaan yang menggunakan BPO dapat meningkatkan produktivitas bisnis karena beberapa tanggung jawabnya telah dilimpahkan pada penyedia business process outsourcing. Dengan begitu, perusahaan mempunyai lebih banyak waktu untuk mengembangkan bisnis.

Kehadiran BPO sebagai pihak ketiga juga membantu efisiensi perusahaan dan dapat menghemat biaya pengeluaran. Pasalnya, BPO berisi para ahli di bidangnya yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan. Selain itu, BPO juga sudah menggunakan teknologi yang lebih modern, sehingga kinerja yang dihasilkan semakin baik dan sesuai dengan tren bisnis masa kini. 

Pentingnya mengelola media sosial untuk kembangkan bisnis

Saat menjalankan sebuah bisnis di era digital, Anda tidak hanya dituntut untuk meningkatkan mutu produk, melainkan juga mengelola media sosial. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu pengelolaan media sosial yang baik.

  1. Mempermudah mengenali konsumen

Agar bisnis berkembang pesat, Anda perlu mengenali konsumen dengan baik. Dengan media sosial, pelaku bisnis dan konsumennya dapat berinteraksi secara langsung dan berkomunikasi secara lebih dekat lewat fitur yang disediakan.

Adanya social media analytics juga memudahkan pelaku bisnis dalam mengategorikan konsumen dan menyasarnya sesuai target, seperti menentukan usia, jenis kelamin, hingga preferensi konsumen. Dengan data yang terperinci ini, proses branding dan promosi akan tersampaikan secara tepat sasaran. 

  1. Mendapatkan feedback secara langsung

Karena ada fasilitas komunikasi secara lebih dekat, media sosial membantu pelaku bisnis untuk mendapatkan feedback secara langsung dari para pelanggan. Konsumen dapat memberikan pendapat dan ulasannya terkait produk atau jasa yang dibeli, mulai dari ulasan positif sampai yang negatif.

Konsumen juga bisa secara langsung memberikan kritik, saran, atau pertanyaan kepada pelaku bisnis. Kemudahan berinteraksi secara langsung ini tentunya memudahkan dan menguntungkan kedua belah pihak. Dengan begitu, pelaku usaha dapat terus memperbaiki dan meningkatkan bisnisnya. 

  1. Meningkatkan visibilitas organik

Fitur tombol share dan algoritma di media sosial dapat membuat konten para pelaku bisnis tersebar secara optimal. Para pengguna media sosial juga dapat diarahkan ke website resmi perusahaan, sehingga bisa melihat berbagai macam produk yang disediakan oleh perusahaan tersebut. Ini juga bisa meningkatkan angka penjualan produk.

Konten dalam media sosial yang banyak dikunjungi bisa masuk dalam peringkat atas mesin pencari. Hal ini tentu juga menguntungkan perusahaan karena potensi menjangkau konsumen akan lebih besar dan banyak.

  1. Informasi lebih cepat dibagikan

Fitur-fitur yang disediakan di media sosial dapat memudahkan pengguna untuk membagikan konten hanya dengan sekali klik. Hal ini bisa dilakukan oleh berbagai platform media sosial, misalnya tombol share pada Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Selain itu, ada juga tombol retweet dan like di Twitter yang dapat mempermudah persebaran informasi.

Dengan begitu, informasi atau konten bisnis dapat tersebar secara cepat dan meluas. Ini tentu menjadi kelebihan media sosial sebagai sarana promosi di era digital. Kelebihan-kelebihan tersebut tidak bisa didapatkan jika Anda tidak memanfaatkan media sosial dan hanya menjalankan bisnis secara konvensional.

  1. Permudah jalin kemitraan

Banyaknya pengguna media sosial menjadi kesempatan bagi pelaku bisnis untuk menjalin kemitraan, baik dengan individu maupun kelompok. Saat ini, sudah banyak perusahaan bisnis yang bermitra dengan para influencer guna mendapatkan promosi yang lebih masif. Sebab, para pengikut akun influencer tersebut akan diarahkan ke perusahaan yang bermitra dengannya.

Para pelaku bisnis juga bisa melihat situasi dan kondisi. Misalnya, pada momen-momen tertentu saat mendekati Hari Pendidikan Nasional, perusahaan berkolaborasi dengan sejumlah tokoh pendidikan. Kemudian, pada kesempatan lainnya, mereka juga dapat berkolaborasi dengan para tokoh bisnis.

Business process outsourcing adalah pihak ketiga yang dapat membantu pengoptimalan media sosial perusahaan bisnis Anda. Saat ini, berbisnis tidak cukup hanya dengan meningkatkan mutu produk, melainkan juga harus mengelola media sosial agar mempermudah kegiatan promosi.

Jika ingin mendapatkan layanan pengelolaan yang optimal pada media sosial bisnis Anda, BPO bisa menjadi solusinya. Gunakan layanan social media analytics dari salah satu BPO ternama dan tepercaya, PT VADS Indonesia, dengan menghubungi email marketing@vads.co.id



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik