VADS

Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 10 Skill Call Center yang Wajib Dimiliki

10 Skill Call Center yang Wajib Dimiliki

02 Oktober 2020

image.jpg

Layanan Call Center VADS Indonesia

Di era serba digital dan serba cepat seperti saat ini tidak dipungkiri bahwa peran agen call center penting dalam setiap perusahaan sebagai salah satu strategi meningkatkan layanan bisnis kepada para pelanggan. Agen call center bisa menjadi kontributor revenue dan brand image bagi perusahaan karena call center merupaan garda terdepan perusahaan yang berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan melayani pelanggan agar memperoleh kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, agen call center harus menguasai beberapa skill tertentu untuk berhadapan langsung dengan pelanggan. Apabila agen call center tidak memiliki kemampuan ini maka akan berisiko kehilangan pelanggan karena layanan yang diterima oleh pelanggan mengecewakan. Diperlukan call center yang profesional dengan sikap mental, pengetahuan, dan keterampilan dalam melayani pelanggan melalui telepon agar dapat memberikan pelayanan yang memuaskan. Berikut ini 10 skill yang harus dimiliki agen call center :

  1. Selalu Tersenyum (Smile)Sebagai agen call center, senyum adalah salah satu layanan terpenting, karena dengan senyum memberikan arti bahwa agen call center siap untuk membantu dan memberikan solusi kepada pelanggan.
  2. Keterampilan Berkomunikasi (Communication). Seorang agen call center harus pandai berkomunikasi dengan para pelanggannya. Pelanggan datang karena membutuhkan informasi detail terkait produk dan layanan perusahaan sehingga agen call center harus bisa memberikan penjelasan yang dapat dimengerti oleh pelanggan sehingga pelanggan dapat tertarik dengan produk atau layanan perusahaan.
  3. Persuasi (Persuasion). Agen call center yang berpengalaman harus menguasai keterampilan persuasi atau membujuk calon pelanggan untuk tertarik dan semakin yakin bahwa produk dan layanan perusahaan cocok untuk pelanggan tersebut sehingga pelanggan akan membeli produk dan layanan perusahaan.
  4. Kemampuan Memahami Pelanggan (Ability to “Read” Customer). Agen call center dituntut untuk mampu memahami beberapa kondisi dan prinsip psikologi perilaku dan emosi pelanggan. Hal ini penting untuk proses personalisasi untuk memberikan pengalaman pelanggan yang baik. Sehingga penting untuk mengenal pelanggan karena agen call center tidak boleh salah membaca keinginan pelanggan yang akan berakibat fatal.
  5. Mengelola Waktu (Time Management). Agen call center harus mampu untuk membantu pelanggan, salah satunya adalah menghubungi di waktu yang tepat. Agen call center harus memastikan bahwa pelanggan sedang tidak sibuk dan membantu agar tidak terlalu lama menghubungi karena menyita waktu pelanggan. Sehingga penting untuk agen call center mengelola waktu yang tepat dan durasi yang dibutuhkan dalam menghubungi pelanggan.
  6. Pengetahuan tentang Produk (Product Knowledge). Agen call center dituntut untuk mengetahui secara mendalam tentang produk dan layanan yang dijual oleh perusahaan. Tanpa mengetahui produk dan layanan yang dijual perusahaan, agen call center tidak akan mengerti bagaimana membantu pelanggan ketika sedang menghadapi masalah. Selain itu, agen call center harus meng-update informasi dan pengetahuannya terhadap produk dan lauanan perusahaan sehingga apabila ada pengembangan produk dan fitur terbarunya, agen call center dapat memberikan informasi yang tepat kepada para pelanggan.
  7. Kemampuan Mendengar yang Baik (Good Listener). Seorang agen call center harus memiliki kemampuan mendengarkan dengan baik. Kemampuan mendengar yang kurang baik akan memberikan kesan yang buruk kepada pelayanan yang diberikan perusahaan. Pelanggan akan merasa kesal apabila agen call center meminta mengulangi perkataannya.
  8. Kesabaran (Patience). Agen call center harus memiliki sifat sabar, hal ini penting untuk memberikan pelayanan yang baik dan cepat. Apabila ada pelanggan yang menelpon dengan perasaan jengkel atau kesal terhadap produk ataupun layanan dari perusahaan yang kurang memuaskan pelanggan, maka agen call center harus bisa sabar dalam menghadapi pelanggan dan tetap memberikan pelayanan yang optimal. Agen call center taetap harus merespons dengan kepala dingin, hati yang lapang, dan intonasi suara terjaga agar pelanggan tidak semakin kesal, lalu kabur dan berpindah ke perusahaan pesaing.
  9. Cepat Tanggap (Fast Respons). Seorang agen call center harus bisa cepat tanggap dalam merespons kebutuhan pelanggan. Mereka harus bisa bekerja cepat tanpa mengorbankan kualitas pelayanan. Kadang suatu yang tidak terduga menjadi permasalahan yang dialami oleh pelanggan sehingga agen call center harus selalu siap dalam keadaan dan kondisi apapun untuk menyelesaikan masalah yang dialami oleh pelanggan.
  10. Serba Bisa (Multitasking). Seorang agen call center harus dapat bekerja secara terorganisir dan harus bisa menghandle banyak tugas sambil memperhatikan apa yang pelanggan butuhkan. Seorang agen call center harus bisa mendengarkan kebutuhan pelanggan sambil mencatat pertanyaan atau keluhan dari pelanggan dengan cepat, disaat yang bersamaan agen call center harus bisa mencari data apa saja yang dibutuhkan dan disampaikan kepada pelanggan dengan baik.

Selain sejumlah skill diatas, seorang agen call center juga harus memiliki sifat kesediaan untuk belajar. Apapun yang didapat janganlah merasa puas dan harus terus belajar. Salah satu cara untuk belajar menjadi lebih baik adalah dengan menatap cermin sehingga kita dapat melihat perubahan ekspresi atau raut muka ketika sedang menerima keluhan pelanggan melalui telepon. Sehingga akan tertanam dalam jiwa bahwa agen call center harus bisa memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan perusahaan. Selain itu seorang agen call center juga harus memiliki sifat fleksibel dan kreatif dalam menghadapi pelanggan untuk memberikan solusi yang bisa diterapkan ke masing-masing pelanggan yang memiliki permasalahan yang berbeda.

Jangan lupa juga untuk memberikan ketenangan kepada pelanggan terkait permasalahan yang dihadapi apabila tidak selesai saat itu juga, agen call center harus bisa memberikan pengertian dan berjanji akan segera menghubungi pelanggan untuk menyelesaikan permasalahannya karena yang dibutuhkan oleh pelanggan adalah masalah yang dialami harus segera diatasi dengan waktu yang cepat.

VADS Indonesia menyediakan agen call center terbaik karena berpengalaman dan terlatih. VADS Indonesia juga menyediakan pelatihan dari trainer berpengalaman dan tersertifikasi di dunia call center sehingga agen call center yang disediakan oleh VADS Indonesia telah siap untuk mulai bekerja. Selain memenuhi kriteria skill diatas, agen call center VADS Indonesia juga memiliki keahlian multi language sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, Malaysia, Thailand, Tagalog dan bahasa lainnya. Background pendidikan agen call center di VADS Indonesia juga disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan industri perusahaan Anda.

Dengan menggunakan layanan dari VADS Indonesia, perusahaan Anda akan mendapatkan agen call center yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda dan dapat mengembangkan bisnis Anda. Tingkatkan bisnis Anda sekarang juga dengan layanan call center baik secara full outsource maupun managed service. Hubungi marketing@vads.co.id untuk informasi lebih lengkap.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik