VADS

Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Smart Outreach, Solusi Inovatif untuk Meningkatkan Bisnis

Smart Outreach, Solusi Inovatif untuk Meningkatkan Bisnis

08 Desember 2020

image.jpg

Teknologi Artificial Intelligence semakin berkembang, penggunaannya pun semakin meluas untuk berbagai bidang. Kecerdasan yang dimiliki Artificial Intelligence memang sangat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih cepat dan efisien. Banyaknya kebutuhan dan penggunaannya yang memudahkan manusia tersebut membuat teknologi Artificial Intelligence ini terus dikembangkan untuk semakin memudahkan pekerjaan manusia. Salah satu bidang yang memanfaatkan adanya Artificial Intelligence ini adalah dalam pelayanan konsumen atau customer service.

Beberapa perusahaan sudah banyak yang menggunakan AI ke dalam sistem customer service mereka dengan alasan yang lebih mudah dan murah serta dapat melayani pelanggan kapanpun dan dimanapun. Salah satu teknologi tersebut adalah dengan menggunakan chatbot atau smart chat assistant untuk melayani pelanggan mereka. Survey yang dilakukan oleh Business Insider mengatakan bahwa 80% perusahaan menggunakan chatbot di tahun 2020 ini. Chatbot umumnya digunakan untuk melayani pelanggan dan melakukan kampanye untuk perusahaan. Interaksi dengan chatbot saat ini sudah tidak terasa berbicara dengan robot, namun chatbot sudah mulai bisa mengenal bahasa Indonesia dan bahasa sehari-hari yang digunakan sehingga pelanggan lebih nyaman dalam menggunakan chatbot. Inovasi tidak hanya berhenti sampai disitu, Artificial Intelligence terus dikembangkan. Penelitian yang dilakukan oleh Gartner memprediksikan bahwa 70% seluruh interaksi dengan pelanggan akan menggunakan machine learning, chatbot, dan mobile messaging di tahun 2022. Hal tersebut menunjukkan bahwa Artificial Intelligence terus dikembangkan untuk memudahkan perusahaan dalam berinteraksi dengan pelanggannya. Salah satunya adalah hadirnya voice bot atau smart outreach.

Pengertian Smart Outreach

Smart outreach adalah software yang didukung oleh kecerdasan buatan yang membantu penelepon berkomunikasi layaknya sistem suara interaktif (IVR) yang dapat merespons secara alami. Penelepon atau pelanggan tidak perlu mendengarkan menu dan menekan tombol di keypad sesuai dengan arahan dari IVR, namun pelanggan berbicara langsung dengan IVR dalam simulasi panggilan yang tersistem secara sederhana dengan operator langsung.  Smart Outreach menggunakan respons rekaman dan teks ke ucapan untuk menjawab pertanyaan para pelanggan.

Teknologi ini semakin ditingkatkan untuk dapat merespons dengan bahasa Indonesia supaya berinteraksi dengan pelanggan dapat lebih personal dan tidak terasa pelanggan sedang berkomuniikasi dengan robot. Tugas Smart Outreach adalah membantu mengarahkan apa yang diinginkan pelanggan dengan respons yang efektif dengan menggunakan pembelajaran mesin untuk meningkatkan kapasitas dirinya dan juga untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan.

Benefit Smart Outreach

Smart Outreach dapat dimanfaatkan oleh perusahaan dalam meningkatkan customer experience dan customer loyalty pelanggan terhadap perusahaan. Berbagai benefit dan fungsi yang dapat dimanfaatkan dari Smart Outreach adalah sebagai berikut :

  1. Survey

Smart outreach dapat digunakan oleh perusahaan untuk melakukan survey kepada para pelanggan perusahaan. Survey tersebut nantinya digunakan perusahaan untuk meningkatkan layanan dan produknya sehingga dapat menyediakan layanan dan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggannya.

  1. Customer Service

Smart Outreach sangat membantu perusahaan dalam melayani pelanggan misalnya dengan menyisipkan FAQ di dalam smart outreach, sehingga akan membantu agent customer service untuk menjawab pertanyaan yang berulang dari para pelanggan dengan lebih mudah dan cepat dan juga pelanggan dapat menemukan solusinya dengan self service.

  1. Sales dan Marketing

Smart Outreach dapat digunakan untuk mendapatkan leads dan data untuk nantinya dapat digunakan untuk penjualan. Selain itu, Smart Outreach juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan perjanjian pertemuan dengan klien.

  1. Reminder

Smart Outreach dapat dimanfaatkan perusahaan dalam memberikan reminder kepada pelanggan terkait dengan penagihan billing, pembayaran, dan juga reminder lainnya terkait dengan tagihan.

  1. Data Verification

Smart Outreach juga dapat digunakan perusahaan dalam melakukan data verification untuk memperbarui data pelanggannya dan juga dapat digunakan dalam memverifikasi data pelanggan yang ingin upgrade layanan.

Dalam beberapa kebutuhan, smart outreach akan menjadi hal besar dalam layanan pelanggan karena penggunaannya yang mudah, responsif, dan juga personalisasi. Smart Outreach akan menjadi alat dukungan layanan pelanggan yang banyak diminati oleh perusahaan. VADS Indonesia menyediakan smart outreach hanya dengan setting 5 hari kerja untuk basic setup dalam mengimplementasikan smart outreach sebagai salah satu fitur untuk meningkatkan layanan pelanggan Anda dengan keuntungan sebagai berikut :

  • Secara otomatis dapat mengenali bahasa Indonesia dan bahasa lokal lainnya melalui machine learning
  • Flesibilitas dalam hal durasi
  • Setting cepat dan dapat diintegrasikan dengan sistem yang lainnya atau yang Anda miliki
  • Tersedia untuk berbagai macam channel
  • Dapat diintegrasikan dengan agent dengan human augmented bot (hybrid)

Segera hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi dan demo product untuk mengetahui lebih lengkap mengenai kegunaan smart outreach untuk meningkatkan bisnis dan customer experience perusahaan Anda.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik