VADS

Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Call Center di Masa Pandemi

Call Center di Masa Pandemi

06 Oktober 2020

image.jpg

Layanan Call Center di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 benar-benar telah merubah cara hidup orang banyak. Dunia yang sedang bekerja saat ini adalah dunia dengan normal baru yang perlu kita terima dan tetap melanjutkan aktivitas dengan berbagai macam protokol kesehatan. Perusahaan menghadapi berbagai tantangan dalam menghadapi pandemi ini, salah satunya adalah pengelolaan call center.

Pelanggan memiliki perilaku yang berubah di masa pandemi ini. Dengan meminimalkan upaya untuk bertransaksi secara kontak langsung, dan didukung oleh kemajuan teknologi yang pesat membuat keputusan pembelian pun berubah menjadi online. Banyaknya permintaan terhadap kebutuhan para pelanggan membuat perusahaan harus siap untuk melayani pelanggan. Salah satunya adalah dengan layanan call center untuk memberikan informasi maupun membantu kendala yang dialami oleh para pelanggan di masa pandemi ini. Melihat perubahan yang terjadi pada perilaku pelanggan tersebut di masa pandemi ini, call center tentunya akan mendapatkan trafik panggilan yang tinggi dari para pelanggan yang membutuhkan informasi dengan cepat dan singkat.

Untuk berkembang di masa pandemi Covid-19, call center harus tetap memberikan layanan yang tepat melalui telepon. Solusi yang dibutuhkan perusahaan haruslah yang memiliki kemanan yang baik dan juga teknologi yang inovatif. Strategi dan teknologi call center tersebut diantaranya :

Voicebot

Merupakan salah satu strategi penting call center yang dapat digunakan pada saat pandemi seperti sekarang ini. Penggunaan suara sebagai otomatisasi pelayanan merupakan salah satu yang efektif untuk menaggapi lebih banyak pelanggan yang menelpon perusahaan setiap harinya. Voicebot dilengkapi dengan Artificial Intelligence yang memiliki kemampuan untuk melakukan percakapan (suara). Voicebot memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik karena status yang selalu aktif, berbiaya rendah, dan lebih produktif untuk menjawab pertanyaan yang berulang sehingga agen call center dapat lebih fokus untuk menyelesaikan permasalahan yang rumit dan fokus pada peningkatan penjualan yang lebih kompleks.

Cloud Contact Center

Perusahaan yang menggunakan sistem contact center berbasis cloud akan merasa lebih mudah untuk mentransisikan staf dan operasional mereka. Solusi ini memungkinkan agen contact center dapat bekerja dari rumah masing-masing dengan memiliki komputer dan headset serta bandwith yang mendukung sehingga aman dan dapat dikelola dari jarah jauh. Selain itu penggunaan cloud contact center juga terintegrasi dengan sistem yang dimiliki perusahaan dalam layanan pelanggan misalnya CRM sehingga dapat melihat secara realtime aktivitas yang sedang dilakukan oleh para agen contact center secara summary maupun secara detil.

Workforce Management

Perusahaan yang memiliki solusi workforce management dapat dengan mudah untuk mengontrol jadwal agen contact center untuk fapat bekerja di rumah masing-masing. Workforce management dapat mengetahui apa yang perlu diperbaiki dan dapat dengan cepat memperbaiki contact center dalam menangani volume panggilan yang memiliki trafik tinggi. Hal ini akan memunculkan tantangan baru misalnya dapat mengizinkan agen contact center perusahaan untuk dapat menggunakan ponsel mereka dimana hal ini dipandang sebagai salah satu masalah keamanan. Dengan menggunakan solusi workforce management, perusahaan dapat mengelola agen call center secara efektif dan efisien serta dapat mengatur dan mengontrol kegiatan operasional perusahaan dari jarak jauh. Hal ini menguntungkan untuk produktivitas perusahaan, kemudahan dalam berkomunikasi, efisiensi biaya, dan memberikan layanan yang lebihuntuk meningkatkan customer experience.

Pandemi memberikan gambaran kepada kita semua diseluruh dunia tentang pentingnya memiliki rencana bisnis secara berkesinambungan. Banyak pelajaran dan cara yang bisa diperoleh oleh perusahaan dari adanya pandemi ini. Perlu dilakukan untuk membangun “new normal” untuk memberikan kontribusi kepada perusahaan dan pelanggan serta beradaptasi terhadap lingkungan yang terjadi seperti saat ini. Mungkin perlu sedikit waktu untuk menyelesakan semuanya tetapi memang penting dilakukan untuk investasi yang diperlukan sehingga call center perusahaan tetap berjalan optimal dan dapat memberikan layanan yang terbaik kepada para pelanggan. Ada banyak solusi call center lain yang berkinerja dengan baik untuk membantu perusahaan di masa pandemi ini. Setelah pandemi selesai nantinya, perusahaan dapat mengevaluasi kinerja bisnis berkelanjutan termasuk terhadap operasional call center perusahaan.

Melalui solusi contact center VADS Indonesia yang terintegrasi dengan perangkat apapun, pekerja terus menjalankan fungsi pelayanan dan memberikan layanan dengan baik. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai solusi call center yang inovatif di masa pandemi, silahkan hubungi marketing@vads.co.id.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik