Berita
- VADS
- Berita
- Call Center di Masa Pandemi
Call Center di Masa Pandemi
06 Oktober 2020
Layanan Call Center di Masa Pandemi
Pandemi Covid-19 benar-benar telah merubah cara hidup orang banyak. Dunia yang sedang bekerja saat ini adalah dunia dengan normal baru yang perlu kita terima dan tetap melanjutkan aktivitas dengan berbagai macam protokol kesehatan. Perusahaan menghadapi berbagai tantangan dalam menghadapi pandemi ini, salah satunya adalah pengelolaan call center.
Pelanggan memiliki perilaku yang berubah di masa pandemi ini. Dengan meminimalkan upaya untuk bertransaksi secara kontak langsung, dan didukung oleh kemajuan teknologi yang pesat membuat keputusan pembelian pun berubah menjadi online. Banyaknya permintaan terhadap kebutuhan para pelanggan membuat perusahaan harus siap untuk melayani pelanggan. Salah satunya adalah dengan layanan call center untuk memberikan informasi maupun membantu kendala yang dialami oleh para pelanggan di masa pandemi ini. Melihat perubahan yang terjadi pada perilaku pelanggan tersebut di masa pandemi ini, call center tentunya akan mendapatkan trafik panggilan yang tinggi dari para pelanggan yang membutuhkan informasi dengan cepat dan singkat.
Untuk berkembang di masa pandemi Covid-19, call center harus tetap memberikan layanan yang tepat melalui telepon. Solusi yang dibutuhkan perusahaan haruslah yang memiliki kemanan yang baik dan juga teknologi yang inovatif. Strategi dan teknologi call center tersebut diantaranya :
Voicebot
Merupakan salah satu strategi penting call center yang dapat digunakan pada saat pandemi seperti sekarang ini. Penggunaan suara sebagai otomatisasi pelayanan merupakan salah satu yang efektif untuk menaggapi lebih banyak pelanggan yang menelpon perusahaan setiap harinya. Voicebot dilengkapi dengan Artificial Intelligence yang memiliki kemampuan untuk melakukan percakapan (suara). Voicebot memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik karena status yang selalu aktif, berbiaya rendah, dan lebih produktif untuk menjawab pertanyaan yang berulang sehingga agen call center dapat lebih fokus untuk menyelesaikan permasalahan yang rumit dan fokus pada peningkatan penjualan yang lebih kompleks.
Cloud Contact Center
Perusahaan yang menggunakan sistem contact center berbasis cloud akan merasa lebih mudah untuk mentransisikan staf dan operasional mereka. Solusi ini memungkinkan agen contact center dapat bekerja dari rumah masing-masing dengan memiliki komputer dan headset serta bandwith yang mendukung sehingga aman dan dapat dikelola dari jarah jauh. Selain itu penggunaan cloud contact center juga terintegrasi dengan sistem yang dimiliki perusahaan dalam layanan pelanggan misalnya CRM sehingga dapat melihat secara realtime aktivitas yang sedang dilakukan oleh para agen contact center secara summary maupun secara detil.
Workforce Management
Perusahaan yang memiliki solusi workforce management dapat dengan mudah untuk mengontrol jadwal agen contact center untuk fapat bekerja di rumah masing-masing. Workforce management dapat mengetahui apa yang perlu diperbaiki dan dapat dengan cepat memperbaiki contact center dalam menangani volume panggilan yang memiliki trafik tinggi. Hal ini akan memunculkan tantangan baru misalnya dapat mengizinkan agen contact center perusahaan untuk dapat menggunakan ponsel mereka dimana hal ini dipandang sebagai salah satu masalah keamanan. Dengan menggunakan solusi workforce management, perusahaan dapat mengelola agen call center secara efektif dan efisien serta dapat mengatur dan mengontrol kegiatan operasional perusahaan dari jarak jauh. Hal ini menguntungkan untuk produktivitas perusahaan, kemudahan dalam berkomunikasi, efisiensi biaya, dan memberikan layanan yang lebihuntuk meningkatkan customer experience.
Pandemi memberikan gambaran kepada kita semua diseluruh dunia tentang pentingnya memiliki rencana bisnis secara berkesinambungan. Banyak pelajaran dan cara yang bisa diperoleh oleh perusahaan dari adanya pandemi ini. Perlu dilakukan untuk membangun “new normal” untuk memberikan kontribusi kepada perusahaan dan pelanggan serta beradaptasi terhadap lingkungan yang terjadi seperti saat ini. Mungkin perlu sedikit waktu untuk menyelesakan semuanya tetapi memang penting dilakukan untuk investasi yang diperlukan sehingga call center perusahaan tetap berjalan optimal dan dapat memberikan layanan yang terbaik kepada para pelanggan. Ada banyak solusi call center lain yang berkinerja dengan baik untuk membantu perusahaan di masa pandemi ini. Setelah pandemi selesai nantinya, perusahaan dapat mengevaluasi kinerja bisnis berkelanjutan termasuk terhadap operasional call center perusahaan.
Melalui solusi contact center VADS Indonesia yang terintegrasi dengan perangkat apapun, pekerja terus menjalankan fungsi pelayanan dan memberikan layanan dengan baik. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai solusi call center yang inovatif di masa pandemi, silahkan hubungi marketing@vads.co.id.
Berita Terkait
11 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020