Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Mengapa Social Media Management Penting untuk Kembangkan Bisnis?

Mengapa Social Media Management Penting untuk Kembangkan Bisnis?

11 Mei 2022

Image of Mengapa Social Media Management Penting untuk Kembangkan Bisnis?

Media sosial saat ini memang menjadi platform yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Mulai dari individu hingga bisnis, kini semuanya pasti memiliki akun media sosial agar mampu bersaing dan memasarkan produk atau layanannya dengan baik. Namun, ada hal yang masih sering dilupakan, yakni bahwa social media management penting untuk menjaga konsistensi dalam bermedia sosial. Memangnya, apa itu social media management?

Apa itu social media management?

Social media management atau manajemen media sosial adalah proses membagikan konten di berbagai media sosial yang dibantu dengan platform maupun software tertentu. Platform ini bertugas menjadwalkan kapan konten akan diunggah hingga menanggapi komentar warganet secepat mungkin. Selain itu, social media management juga bisa membuat bisnis berinteraksi dengan konsumen maupun calon konsumen untuk mengetahui tingkat kepuasan hingga harapan mereka terhadap perusahaan tersebut.

Social media management penting untuk bisnis, mengapa?

Setelah memahami apa itu social media management, kini saatnya Anda tahu mengapa social media management penting untuk diterapkan dalam bisnis. Simak tiga alasannya berikut ini!

  1. Menunjukkan jati diri perusahaan

Sekarang ini branding menjadi hal yang tak kalah penting bagi individu maupun perusahaan bisnis. Banyak yang kemudian menunjukkannya di media sosial dengan maksud memperkenalkan atau menunjukkan jati dirinya sebagai sebuah perusahaan. Bisnis yang memiliki jati diri menarik dengan produk yang berkualitas tentu akan lebih diminati jika dibandingkan dengan yang tidak menunjukkan dirinya di media sosial.

  1. Berbagi informasi jadi lebih mudah

Jika dahulu penyebaran informasi dan promosi harus disebarkan lewat mulut ke mulut maupun dengan mencetak brosur hingga memasang ikan di papan reklame, kini semuanya bisa lebih mudah dilakukan. Hanya dengan membagikan konten di media sosial, audiens bisa mengetahui informasi terkait produk atau layanan yang Anda tawarkan. Budget yang dikeluarkan pun tentu akan lebih sedikit.

  1. Membantu meningkatkan penjualan

Ketika menjalankan social media management dengan baik, tentu perusahaan akan tahu bagaimana respons warganet dan strategi apa yang diperlukan. Sehingga, ketika solusi yang dijalankan tepat dan perusahaan mampu menjamin kepuasan pelanggan dengan lebih baik lagi, angka penjualan otomatis akan ikut terdongkrak. Dengan begitu, perusahaan bisnis akan lebih cepat berkembang.

Tools social media management

Mengelola kehadiran bisnis di berbagai jenis media sosial tentu tidak mudah, apalagi jika dilakukan secara manual. Lalu, apa saja tools yang bisa digunakan untuk social media management? Berikut informasinya!

  1. Hootsuite

Tools social media management pertama yang bisa Anda gunakan adalah Hootsuite. Dengan alat ini, Anda sebagai pemilik bisnis tak perlu kerepotan menjadwalkan unggahan di media sosial, menjawab komentar serta pesan, hingga melihat performa perusahaan lewat traffic-nya di media sosial tertentu.

  1. SocialPilot

Mengunggah konten satu per satu di banyak media sosial tentu sangat memakan waktu dan tenaga. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab sudah ada SocialPilot yang mampu melakukannya secara otomatis untuk Anda. Urusan penjadwalan, manajemen banyak akun media sosial, analisis, dan lainnya, bisa dikerjakan dengan satu tools saja!

  1. Buffer

Lupa mengunggah konten di media sosial menjadi salah satu masalah yang kerap ditemui dalam social media management. Hal ini bisa berdampak buruk bagi bisnis karena berisiko membuat bisnis Anda tampak tidak konsisten. Untuk menanggulanginya, Anda bisa gunakan tools social media management, Buffer, yang mampu menjadwalkan posting-an untuk satu minggu ke depan. Performa bisnis Anda di media sosial jadi tidak akan terlupakan.

Itulah penjelasan mengapa social media management penting untuk pengembangan bisnis. Selain menggunakan tiga tools di atas, Anda juga bisa gunakan layanan dari PT VADS Indonesia yang menyediakan berbagai macam solusi untuk manajemen media sosial yang baik. Informasi lengkap mengenai layanan dari PT VADS Indonesia, bisa Anda lihat di sini!

 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik