Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 6 Pertanyaan tentang CRM yang Perlu Diajukan Sebelum Melakukan Implementasi

6 Pertanyaan tentang CRM yang Perlu Diajukan Sebelum Melakukan Implementasi

07 Februari 2022

Image of 6 Pertanyaan tentang CRM yang Perlu Diajukan Sebelum Melakukan Implementasi

CRM atau Customer Relationship Management adalah sistem yang sangat bermanfaat dalam sebuah perusahaan bisnis. Tak hanya bisnis-bisnis berskala besar, bisnis dengan skala yang lebih kecil juga memerlukan sistem ini. Dengan menggunakan sistem ini, Anda tidak lagi perlu berkutat dalam kerumitan dokumen cetak maupun Microsoft Excel.

Seluruh urusan terkait pelanggan dan kinerja karyawan perusahaan dapat diselesaikan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia dalam CRM. Misalnya, ketika perusahaan ingin lebih tahu mengenai produk favorit pelanggan, penilaian pelanggan mengenai produk perusahaan, maupun strategi promosi yang hendak digencarkan, semuanya dapat teratasi bersama sistem CRM. Menarik, bukan?

Sistem ini dapat menjadi alat yang ampuh bila Anda mengetahui cara pengoperasiannya dengan baik. Selain harus memaksimalkan pengoperasian CRM, Anda juga perlu memilih CRM terbaik dari ratusan vendor penyedia sistem ini. Hal ini tentu saja bisa membuat Anda bingung harus memilih yang mana. Untuk menghindari seluruh kemungkinan buruk yang dapat terjadi, berikut enam pertanyaan tentang CRM yang perlu diajukan sebelum melakukan implementasi.

  1. Apa masalah yang ingin dipecahkan dengan CRM?

Sebelum memutuskan untuk implementasi CRM dalam perusahaan atau bisnis Anda, tetapkan dahulu apa saja yang menjadi permasalahan perusahaan. Apakah seluruh permasalahan tersebut harus diatasi dengan CRM atau hanya beberapa poin saja?

Ajukan pertanyaan tentang CRM itu pada perusahaan supaya tujuan penggunaan sistem ini menjadi jelas. Jika tujuannya jelas, pemanfaatannya untuk menjawab berbagai kekurangan perusahaan pun akan maksimal. Akan tetapi, apabila tidak memiliki indikator masalah yang jelas, penggunaan sistem CRM bisa saja hanya akan merugikan perusahaan karena akan menambah pengeluaran.

  1. Apa saja fitur-fitur yang disediakan CRM?

CRM memiliki beberapa fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Beberapa fitur tersebut adalah manajemen kontak, manajemen lead, prediksi penjualan, peningkatan komunikasi antarkaryawan, dan lain-lain.

Seluruh fitur tersebut dapat menjawab permasalahan perusahaan bila Anda telah melakukan identifikasi masalah. Akan tetapi, jika belum, ada baiknya Anda kembali ke poin pertama dan tentukan dahulu permasalahan apa yang ingin dipecahkan perusahaan dengan menggunakan sistem CRM.

  1. Bagaimana dengan kustomisasi sistem CRM?

Pertanyaan tentang CRM yang juga wajib diajukan calon pengguna adalah pertanyaan yang berkaitan dengan kustomisasi. Bagi pemilik bisnis dengan alur kerja dan sistem yang unik, sebaiknya gunakan sistem CRM yang dapat dikustomisasi. Sistem tersebut memungkinkan perusahaan untuk menentukan fitur-fitur apa saja yang diperlukan dan tidak digunakan, semuanya dapat diatur supaya pas, tidak kurang dan tidak berlebih.

Sistem CRM yang dapat dikustomisasi memungkinkan pengguna untuk melakukan pengeditan, penyembunyian, dan pembuatan bidang, fitur, dan alur kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

  1. Tantangan apa yang mungkin muncul saat implementasi CRM?

Dalam implementasi CRM, terdapat beberapa tantangan yang mungkin harus dihadapi perusahaan. Salah satunya adalah pengeluaran yang dibutuhkan untuk membeli sistem CRM. Tantangan kedua yang mungkin akan terjadi adalah sistem CRM yang telah ditetapkan tidak cocok bagi perusahaan. Selain itu, tantangan paling berat adalah meyakinkan dan menjaga karyawan perusahaan untuk terus mau mempelajari sistem ini demi kemajuan bersama.

  1. Apa yang harus dilakukan agar implementasi CRM berhasil?

Setelah mengetahui beberapa tantangan saat Anda memulai implementasi CRM, kini saatnya mengetahui cara-cara pengimplementasian yang tepat supaya hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Pertama, lakukan komunikasi pada atasan supaya mendapat persetujuan untuk pengaplikasian sistem ini. Kedua, lakukan komunikasi dengan seluruh karyawan perusahaan supaya mereka mau mempelajari sistem baru yang akan diterapkan. Ketiga, jadilah contoh yang baik dalam pengaplikasian sistem ini. Jika lingkungan sangat mendukung pengaplikasian sistem CRM untuk kemajuan perusahaan, kemajuan akan lebih cepat diraih.

  1. Apakah bisa mendapatkan demo sebelum menggunakan layanan CRM?

Selain mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang CRM di atas, penting pula untuk menanyakan terkait demo CRM pada vendor. Apabila vendor menyediakan percobaan gratis selama beberapa hari, perusahaan Anda bisa melihat dan mengevaluasi sistem CRM tersebut, apakah nantinya akan cocok untuk dipakai perusahaan.

 

Itu dia enam pertanyaan tentang CRM yang perlu diajukan sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk mengimplementasikan sistem ini ke perusahaan. Pastikan Anda memilih VADS Indonesia sebagai penyedia layanan CRM yang baik bagi bisnis Anda. Info selengkapnya mengenai CRM dari VADS Indonesia, silakan klik link ini!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik