Berita
- VADS
- Berita
- Penerapan Artificial Intelligence dalam Dunia Contact Center
Penerapan Artificial Intelligence dalam Dunia Contact Center
16 November 2020
Teknologi Artificial Intelligence (AI) kini dapat dilihat penggunaannya dalam bisnis, salah satu penerapan penggunaannya peruntukkan dalam strategi customer relations perusahaan dengan para pelanggannya. Pelanggan adalah hal yang esensial dalam bisnis perusahaan sehingga dibutuhkan strategi yang tepat dalam meningkatkan customer experience perusahaan. Beragam solusi yang diberdayakan dengan menggunakan teknologi AI akan mempermudah bisnis menjadi lebih efektif terutama dalam bidang contact center seperti dalam merespons masalah, keluhan, dan berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh pelanggan. Sehingga dibutuhkan AI dalam salah satu strategi bisnis dalam meningkatkan customer experience.
Berbagai fitur AI yang digunakan dalam pelayanan pelanggan seperti contohnya adalah menggunakan chatbot dalama merespons pesan dan pertanyaan dari para pelanggan. Chatbot, penggunaannya yang dapat menjawab pertanyaan sederhana yang dilontarkan oleh para pelanggan dengan cepat memudahkan perusahaan dalam menangani contact centernya. Chatbot dapat menjawab pertanyaan pelanggan tanpa batas waktu atau selama 24/7/365 tanpa henti dengan menjangkau pelanggan tanpa adanya batasan geografis.
Selain itu terdapat personalize marketing yaitu pemasaran yang otomatis digunakan ke dalam CRM yang didalamnya telah menggunakan teknologi AI untuk membaca data keinginan pelanggan. Selain itu, personalize marketing juga dapat digunakan untuk berhubungan dengan pelanggan sehingga menciptakan relasi yang lebih kuat antara pelanggan dan perusahaan dengan objektif dapat meningkatkan customer loyalty.
Kemampuan yang dimiliki oleh Artificial Intelligence seperti mampu melakukan analisis terhadap semua data yang telah dikumpulkan berdasarkan pengalaman yang dimilikinya. Melalui komunikasi yang dilakukan oleh chatbot, AI memiliki data yang dihimpun agar memberikan solusi kepada konsumen sehingga memberikan feedback terkait pola perilaku planggan dan selera yang diinginkan pelanggan kepada perusahaan terkait dengan kebutuhan pelanggannya. Informasi tersebut diolah oleh perusahaan sehingga dapat mengambil tindakan yang cepat misalnya dalam menawarkan produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggannya dan perkembangan gaya hidup pelanggannya.
Artificial Intelligence dapat meningkatkan performa layanan pelanggan untuk membuat pelanggan mendapatkan informasi atau bantuan berupa teks dan voice secara cepat. Artificial Intelligence juga memiliki kemampuan dalam memberikan respons yang cepat dan memiliki kemampuan dalam mengenali pola perilaku konsumen dalam waktu yang sangat singkat sehingga berguna untuk contact center dalam melakukan personalisasi marketing dengan mengetahui karakter pelanggannya melalui aktivitas yang dilakukan.
Artificial Intelligence merupakan salah satu terobosan yang memudahkan perusahaan dalam melayani pelanggan. Berbagai perusahaan sudah mulai menggunakan AI dalam dunia contact centernya. Berbagai perusahaan yang memiliki AI diantaranya adalah Bank BCA dengan memiliki nama Vira, Bank BRI dengan nama Sabrina, Bank BNI dengan panggilan Cinta, Bank Mandiri dengan nama Mita, XL dengan nama Maya, dan masih banyak lagi.
Berbagai dampak yang dirasakan oleh perusahaan yang menggunakan AI sebagai otomatisasi layanan seperti dapat melayani konsumen selama 24 jam tanpa harus menambah sumber daya manusia. Dampak lain yang dirasakan adalah bisnis menjadi lebih efisien karena seluruh pesan diterima dan direspons oleh robot walaupun terdapat isu mengenai tenaga kerja yang diambil alih menggunakan robot.
Penggunaan AI sendiri masih membutuhkan pengembangan yang terus dilakukan agar semakin sempurna dalam merespons kebutuhan pelanggan. Contact center perusahaan Anda dapat menggabungkan layanan chatbot dengan contact center. Chatbot hanya dapat merespons pertanyaan yang repetitif namun belum bisa merespons untuk permasalahan yang lebih kompleks, dibutuhkan agen contact center yang dapat meneruskan permintaan yang diterima oleh chatbot untuk membantu menyelesaikan permintaan dari pelanggan atau istilah ini disebut dengan hybrid chatbot. VADS Indonesia menyediakan solusi chatbot untuk memudahkan perusahaan Anda dalam melayani pelanggan. Selain itu, VADS Indonesia juga dapat menyediakan solusi chatbot bahasa Indonesia sesuai dengan kebutuhan Anda. Berbagai fitur yang tersedia dalam chatbot tersebut adalah :
- Memberikan reward/point kepada pelanggan
- Dapat memberikan informasi lokasi cabang perusahaan
- Dapat melakukan reminder kepada pelanggan
- Dapat melakukan transaksi untuk keperluan perusahaan Anda
- Dapat melakukan video call yang dapat digunakan untuk verifikasi data
- Dapat digunakan untuk customer care dan customer engagement
Informasi lebih lengkap, silahkan klik www.vads.co.id untuk konsultasikan segera optimalisasi Artificial Intelligence untuk mengoptimalisasi performa contact center di perusahaan Anda untuk meningkatkan customer experience perusahaan Anda. Segera hubungi marketing@vads.co.id.
Berita Terkait
13 Desember 2024
10 Desember 2024
06 Desember 2024
29 November 2024
15 November 2024
14 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020