VADS

Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Penerapan Artificial Intelligence dalam Dunia Contact Center

Penerapan Artificial Intelligence dalam Dunia Contact Center

16 November 2020

image.jpg

Teknologi Artificial Intelligence (AI) kini dapat dilihat penggunaannya dalam bisnis, salah satu penerapan penggunaannya peruntukkan dalam strategi customer relations perusahaan dengan para pelanggannya. Pelanggan adalah hal yang esensial dalam bisnis perusahaan sehingga dibutuhkan strategi yang tepat dalam meningkatkan customer experience perusahaan. Beragam solusi yang diberdayakan dengan menggunakan teknologi AI akan mempermudah bisnis menjadi lebih efektif terutama dalam bidang contact center seperti dalam merespons masalah, keluhan, dan berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh pelanggan. Sehingga dibutuhkan AI dalam salah satu strategi bisnis dalam meningkatkan customer experience.

Berbagai fitur AI yang digunakan dalam pelayanan pelanggan seperti contohnya adalah menggunakan chatbot dalama merespons pesan dan pertanyaan dari para pelanggan. Chatbot, penggunaannya yang dapat menjawab pertanyaan sederhana yang dilontarkan oleh para pelanggan dengan cepat memudahkan perusahaan dalam menangani contact centernya. Chatbot dapat menjawab pertanyaan pelanggan tanpa batas waktu atau selama 24/7/365 tanpa henti dengan menjangkau pelanggan tanpa adanya batasan geografis.

Selain itu terdapat personalize marketing yaitu pemasaran yang otomatis digunakan ke dalam CRM yang didalamnya telah menggunakan teknologi AI untuk membaca data keinginan pelanggan. Selain itu, personalize marketing juga dapat digunakan untuk berhubungan dengan pelanggan sehingga menciptakan relasi yang lebih kuat antara pelanggan dan perusahaan dengan objektif dapat meningkatkan customer loyalty.

Kemampuan yang dimiliki oleh Artificial Intelligence seperti mampu melakukan analisis terhadap semua data yang telah dikumpulkan berdasarkan pengalaman yang dimilikinya. Melalui komunikasi yang dilakukan oleh chatbot, AI memiliki data yang dihimpun agar memberikan solusi kepada konsumen sehingga memberikan feedback terkait pola perilaku planggan dan selera yang diinginkan pelanggan kepada perusahaan terkait dengan kebutuhan pelanggannya. Informasi tersebut diolah oleh perusahaan sehingga dapat mengambil tindakan yang cepat misalnya dalam menawarkan produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggannya dan perkembangan gaya hidup pelanggannya.

Artificial Intelligence dapat meningkatkan performa layanan pelanggan untuk membuat pelanggan mendapatkan informasi atau bantuan berupa teks dan voice secara cepat. Artificial Intelligence juga memiliki kemampuan dalam memberikan respons yang cepat dan memiliki kemampuan dalam mengenali pola perilaku konsumen dalam waktu yang sangat singkat sehingga berguna untuk contact center dalam melakukan personalisasi marketing dengan mengetahui karakter pelanggannya melalui aktivitas yang dilakukan.

Artificial Intelligence merupakan salah satu terobosan yang memudahkan perusahaan dalam melayani pelanggan. Berbagai perusahaan sudah mulai menggunakan AI dalam dunia contact centernya. Berbagai perusahaan yang memiliki AI diantaranya adalah Bank BCA dengan memiliki nama Vira, Bank BRI dengan nama Sabrina, Bank BNI dengan panggilan Cinta, Bank Mandiri dengan nama Mita, XL dengan nama Maya, dan masih banyak lagi.

Berbagai dampak yang dirasakan oleh perusahaan yang menggunakan AI sebagai otomatisasi layanan seperti dapat melayani konsumen selama 24 jam tanpa harus menambah sumber daya manusia. Dampak lain yang dirasakan adalah bisnis menjadi lebih efisien karena seluruh pesan diterima dan direspons oleh robot walaupun terdapat isu mengenai tenaga kerja yang diambil alih menggunakan robot.

Penggunaan AI sendiri masih membutuhkan pengembangan yang terus dilakukan agar semakin sempurna dalam merespons kebutuhan pelanggan. Contact center perusahaan Anda dapat menggabungkan layanan chatbot dengan contact center. Chatbot hanya dapat merespons pertanyaan yang repetitif namun belum bisa merespons untuk permasalahan yang lebih kompleks, dibutuhkan agen contact center yang dapat meneruskan permintaan yang diterima oleh chatbot untuk membantu menyelesaikan permintaan dari pelanggan atau istilah ini disebut dengan hybrid chatbot. VADS Indonesia menyediakan solusi chatbot untuk memudahkan perusahaan Anda dalam melayani pelanggan. Selain itu, VADS Indonesia juga dapat menyediakan solusi chatbot bahasa Indonesia sesuai dengan kebutuhan Anda. Berbagai fitur yang tersedia dalam chatbot tersebut adalah :

  1. Memberikan reward/point kepada pelanggan
  2. Dapat memberikan informasi lokasi cabang perusahaan
  3. Dapat melakukan reminder kepada pelanggan
  4. Dapat melakukan transaksi untuk keperluan perusahaan Anda
  5. Dapat melakukan video call yang dapat digunakan untuk verifikasi data
  6. Dapat digunakan untuk customer care dan customer engagement

Informasi lebih lengkap, silahkan klik www.vads.co.id untuk konsultasikan segera optimalisasi Artificial Intelligence untuk mengoptimalisasi performa contact center di perusahaan Anda untuk meningkatkan customer experience perusahaan Anda. Segera hubungi marketing@vads.co.id.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik