VADS

Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Apa itu Artificial Intelligence?

Apa itu Artificial Intelligence?

11 November 2020

image.jpg

Artificial Intelligence (AI), penggunaannya akhir-akhir ini semakin marak dalam dunia teknologi. Penggunaannya yang dapat memudahkan pekerjaan manusia, semakin membuat AI terus dikembangkan semakin luas untuk dapat dimanfaatkan. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK). Setelah itu, AI terus berkembang, bahkan dapat digunaakan sebagai salah satu sistem pertahanan sebuah negara. AI pada aawalnya banyak digunakan di sector teknologi informasi seperti Google, Alibaba, dan Amazone, namun saat ini penggunaannya sudah bisa diberbagai sektor industri seperti keuangan, media, transportasi, kesehatan, dan hiburan serta akan terus berkembang pesat.

Pengertian Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau yang dikenal dengan kecerdasan buatan adalah sebuah mesin yang dapat belajar dari pengalaman dengan cara menyesuaikan input – input yang baru dan dapat melakukan tugas yang biasa dikerjakan oleh manusia. Saat ini sudah banyak contoh dari penggunaan AI yang disisipkan pada teknologi mesin seperti komputer yang dapat dilatih secara khusus untuk menyelesaikan tugas dan membantu pekerjaan manusia. Karakteristik yang dimiliki AI adalah kemampuannya dalam mengambil tindakan untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan dibuatnya AI adalah membuat mesin menjadi lebih pintar dari yang sebelumnya hanya bisa digunakan untuk mengetik secara manual, sekarang AI sudah bisa membuat komputer dapat mengetik secara otomatis berdasarkan suara misalnya. Selain itu dengan adanya AI, teknologi dapat membantu dalam memecahkan masalah secara efektif, efisien, dan juga teliti sehingga dapat meningkatkan pemrosesan dan membantu pekerjaan manusia dengan hasil yang maksimal.

Proses Artificial Intelligence

AI merupakan teknologi yang memerlukan data untuk dijadikan pengethuan sehingga membutuhkan pengalaman dan data supaya kecerdasan dalam meresponnya bisa lebih baik lagi. AI juga dapat belajar dengan sendirinya berdasarkan pengalaman yang digunakan oleh manusia sehingga tidak selalu disuruh oleh manusia. AI diprogram untuk terus belajar dari diri sendiri dan kesalahan yang pernah dibuatnya. Kecerdasan yang dimiliki AI membuat AI memiliki sistem yang bertindak layaknya manusia, sistem yang bisa berpikir seperti manusia, dapat berpikir dan juga bertindak secara rasional. Berikut ini merupakan proses dari Artificial Intelligence :

  • Pembelajaran (learning) : merupakan proses dimana AI memperoleh informasi dan aturan untuk menggunakan informasi
  • Penalaran (reasoning) : dimana AI menggunakan aturan dan informasi dari pembelajaran untuk mencapai perkiraan kesiimpulan yang pasti
  • Persepsi (self correction) : proses dimana AI membuat sebuah keputusan

Kelebihan dan Kelemahan AI

AI telah banyak bermanfaat bagi kehidupan manusia saat ini. Berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki AI adalah sebagai berikut :

Kelebihan :

  • Dapat membantu pekerjaan yang berulang
  • Dapat memberikan kemudahan dengan cara kerja yang lebih cepat
  • Hasil konsisten dan teliti
  • Lebih bersifat permanen seperti tidak mudah lupa karena menggunakan sistem komputer
  • Lebih mudah diduplikasi dan disebarkan dengan cepat dan mudah
  • Lebih murah dengan penggunaan yang tanpa adanya batas waktu
  • Dapat dikomentasikan dan dillacak untuk setiap aktivitasnya

Kelemahan :

  • Terbatas pada program yang diberikan
  • Membuat kinerja manusia menjadi menurun dalam beberapa bidang pekerjaan karena sudah digantikan oleh AI
  • Tidak memilki perasaan sehingga tidak dapat menggantikan engagement antar manusia
  • Tidak memiliki kemampuan dalama mengerti akan informasi yang diterima (common sense)

Pemanfaatan AI

Contoh pemanfaatan AI sudah banyak digunakan di berbagai bidang. Seperti dalam bidang game contohnya sudah banyak game yang didalamnya memiliki karakter yang menggunakan AI. Dalam bidang industry, banyak pemnafaatan AI di dalam robot yang digunakan dalam merangkai mesin kendaraan sehingga lebih cepat dana man dalam merangkai kendaraan. Bahkan dalam industri hiburan seperti di dalam film saat ini sudah menggunakan teknologi AI didalamnya serta mengenalkan bagaimana AI bekerja seperti dalam film Iron Man. Pemanfaatan AI yang palaing dekat dengan kehidupan kita sehari-hari adalah di dalam smartphone kita melalui asisten virtual Google atau Siri yang masih terus berkembang dan mungkin akan lebih cerdas lagi. Contoh yang paling sering muncul namun sering tidak terasa adalah ketika kita pernah berbelanja di e-commerce dan saat itu juga banyak muncul produk rekomendasi yang didapatkan dari data kita sendiri selama ini dalam melakukan pencarian dan pembelian sebuah produk. Serta masih banyak lagi penerapan dan pemanfaatan AI dalam kehidupan kita sehari-hari. Tentunya hal ini sangat mempermudah dan membantu pekerjaan manusia.

Kecerdasan buatan atau AI banyak membantu pekerjaan kita dan dalam kehidupan kita sehari-hari. Tentunya AI akan terus berkembang dan lebih pintar lagi dengan berbagai perbaikan dan pengembangannya. Tertarik untuk mengembangkan AI untuk mempermudah pekerjaan di perusahaan Anda? Hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi dan mengembangkan AI untuk mengoptimasi proses layanan pelanggan Anda supaya lebih cepat, efektif, dan efisen.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik