Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Bagaimana Blockchain Memberikan Keamanan untuk Bisnis Anda?

Bagaimana Blockchain Memberikan Keamanan untuk Bisnis Anda?

04 Februari 2021

Image of Bagaimana Blockchain Memberikan Keamanan untuk Bisnis Anda?

Jika Anda mengikuti tren teknologi beberapa tahun ini terutama mengenai keuangan, perbankan, investasi, dan cryptocurrency, mungkin Anda juga pernah mendengar istilah Blockchain. Para ahli teknologi terus memberikan pengembangan terhadap keamanan data dan informasi di era digital seperti sekarang ini, salah satunya adalah pengembangan Blockchain tersebut. Blockchain dikenal sebagai salah satu cara terbaik dalam mengamankan transaksi yang kita lakukan.

Apa itu Blockchain?

Blockchain adalah salah satu jenis database. Database adalah kumpulan informasi yang disimpan secara elektronik di sistem komputer. Informasi atau data dalam database biasanya disusun dalam format table untuk memudahkan pencarian dan pemfilteran informasi tertentu. Database yang besar biasanya menampung data di server yang terbuat dari sistem dan daya komputasi serta penyimpanan yang banyak untuk dapat diakses secara bersamaan. Lalu perbedaan antara database dengan blockchain adalah pada cara bagaimana data terstruktur. Blockchain mengumpulkan informasi bersama dalam kelompok dan dikenal sebagai blok yang menyimpan berbagai kumpulan informasi. Blok memiliki kapasitas penyimpanan tertentu dan ketika diisi ke rantai blok yang sebelumnya telah terisi dan aan membentuk rantai data yang dikenal dengan istilah blockchain. Sehingga semua blockchain adalah database namun tidak semua database adalah blockchain.

Blockchain Security adalah sistem manajemen risiko komprehensif untuk jaringan blockchain dengan menggunakan kerangka kerja keamanan siber, layanan jamina, dan praktik terbaik untuk mengurangi risiko terhadap serangan dan penipuan.

Apakah Blockchain Aman?

Teknologi blockchain memperhitungkan masalah keamanan dan kepercayaan dengan berbagai cara. Pertama, block baru selalu disimpan secara linier dan kronologis artinya setelah satu blok ditambahkan, sangat sulit untuk kembali dan mengubah konten blok. Itu karena setiap blok memiliki kode tersendiri dengan fungsi matematika yang mengubah informasi digital menjadi rangkaian angka dan huruf. Jika informasi itu di edit, kode pun juga akan berubah. Sehingga hal tersebut penting untuk keamanan. Apabila terdapat peretas, mereka harus mengubah seluruh salinan blok yang akan membutuhkan sejumlah besar uang dan sumber daya karena perlu mengulang semua blok dengan kode yang berbeda.

Apa Saja Keuntungan Blockchain?

  1. Akurat

Transaksi menggunakan jaringan blockchain dapat mengurangi keterlibatan manusia dalam proses verifikasi sehingga mengurangi kesalahan manusia dan juga pencatatan informais yang lebih akurat. Jika komputer di jaringan membuat kesalahan, maka kesalahan hanya akan terjadi pada satu salinan blockchain saja karena kesalahan yang menyebar ke seluruh blockchain setidaknya harus dilakukan oleh 51% komputer jaringan dan hal tersebut mustahil dilakukan.

  1. Hemat Biaya

Perusahaan tidak perlu membahar pihak ketiga untuk memverifikasi transaksi sehingga dapat menghemat biaya yang cukup banyak.

  1. Transaksi Lebih Efisien

Transaksi yang dilakukan melalui otoritas pusat dapat memakan waktu hingga beberapa hari dan jam untuk diselesaikan, sedangkan blockchain bekerja 24/7 sehingga transaksi dapat diselesaikan dalam waktu beberapa menit hal tersebut dapat membuat transaksi jauh lebih efisien.

  1. Transaksi Aman

Setelah transaksi dicatat, keasliannya harus diverifikasi oleh jaringan blockchain. Ribuan komputer di blockchain bergegas untuk mengonfirmasi bahwa detail pembelian sudah benar. Setelah komputer memvalidasi transaksi, itu ditambahkan ke blok blockchain. Setiap blok di blockchain berisi kode uniknya sendiri, bersama dengan kode unik dari blok sebelumnya. Ketika informasi di blok diedit dengan cara apa pun, kode blok itu berubah — namun, kode di blok setelahnya tidak. Perbedaan ini membuat sangat sulit untuk mengubah informasi di blockchain tanpa pemberitahuan sehingga transaksi yang dilakukan sangat aman.

Teknologi berbasis blockchain menjadi semakin populer dan digunakan dalam menyelesaikan berbagai macam tugas. Teknologi blockchain dapat dimanfaatkan di jaringan IoT, sistem manajemen alur kerja perusahaan, cryptocurrency, dan juga banyak bidang lainnya. Salah satu contoh penggunaan blockchain adalah dimanfaatkan untuk otentikasi data pengguna. Otentikasi blockchain bisa membuat perusahaan dapat memverifikasi identitas pelanggan secara online. Seluruh jaringan yang didukung oleh blockchain mampu memverifikasi integritas datanya sendiri sehingga sama sekali tidak membutuhkan pihak ketiga untuk melakukan otentikasi data.

Di Indonesia, VADS Indonesia merupakan salah satu penyedia jasa untuk otentikasi menggunakan blockchain yaitu Blockchain Secure Authentication yang merupakan otentikasi passwordless pertama di dunia dengan menggunakan teknologi blockchain. Blockchain Secure Authentication membantu perusahaan untuk mencegah terjadinya fraud dalam informasi data pelanggan. Solusi ini menyediakan layanan otentikasi yang kuat dan terpercaya untuk situs web, login seluler, dan akses yang aman untuk dilakukan secara online.  

Berbagai keuntungan dengan menggunakan teknologi Blockchain Secure Authentication adalah : 

  • Otentikasi aman dengan pencegahan peretasan
  • Hanya menggunakan One Time Security Key (OTSK) berdasarkan beberapa informasi dari perangkat yang kita gunakan dan selanjutnya masuk tanpa kata sandi
  • Terdapat pilihan otentikasi seperti menggunakan icon dan menggunakan fingerprint.
  • Mengurangi biaya dengan mengelola program keamanan
  • Kenyamanan dan cepat dengan login yang mudah
  • Keandalan optimal untuk mendapatkan penghematan biaya

Dapatkan gratis open POC  untuk mempermudah transaksi dan melindungi data transaksi bisnis Anda bersama VADS Indonesia. Anda juga dapat menghemat biaya operasional perusahaan Anda. Informasi lebih lanjut hubungi marketing@vads.co.id 

 

Source :

Investopedia.com

Theblockbox.io

 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik