Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. BPO Adalah Singkatan dari Business Process Outsourcing, Mengapa Perusahaan Membutuhkannya?

BPO Adalah Singkatan dari Business Process Outsourcing, Mengapa Perusahaan Membutuhkannya?

11 Februari 2022

Image of BPO Adalah Singkatan dari Business Process Outsourcing, Mengapa Perusahaan Membutuhkannya?

BPO adalah singkatan dari Business Process Outsourcing yang dimanfaatkan oleh banyak bisnis, mulai dari startup kecil hingga perusahaan besar, untuk memenuhi kebutuhan mereka. Metode ini memberikan fleksibilitas operasional yang relatif besar. Alhasil, perusahaan dapat mengalokasikan waktu dan sumber daya ke hal-hal yang lebih inti, seperti membangun hubungan pelanggan yang lebih baik atau menyusun strategi pemasaran produk yang pada akhirnya menghasilkan keunggulan dari kompetitor. 

Apa itu BPO?

Biasanya, ketika sebuah bisnis didirikan, pelaku bisnis akan memilih untuk membangun dan mengelola proses bisnis sendiri secara independen. Namun, cara ini tidak selalu efektif, khususnya saat bisnis berkembang dan proses bisnis menjadi semakin rumit. Perusahaan pun akhirnya mempertimbangkan kerja sama dengan penyedia layanan Business Process Outsourcing (BPO).

BPO memungkinkan perusahaan menjalankan kegiatan operasional bisnis dengan bantuan pihak lain. Dalam hal ini, BPO bertindak sebagai vendor pihak ketiga. Berbagai layanan yang disediakan perusahaan BPO digunakan untuk melakukan proses bisnis di suatu perusahaan tanpa harus menjadi bagian dari perusahaan itu sendiri. Layanan yang diberikan perusahaan BPO mampu mengelola area tertentu dalam fungsional bisnis sehingga memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi perusahaan yang menggunakannya. 

Mengapa perusahaan membutuhkan BPO?

Setelah memahami bahwa BPO adalah singkatan dari Business Process Outsourcing, kini Anda juga perlu mengetahui pentingnya BPO bagi perusahaan. Berikut beberapa alasan mengapa perusahaan membutuhkan BPO:

  1. Efisiensi dan produktivitas bisnis bisa lebih meningkat

Alasan pertama mengapa perusahaan membutuhkan BPO adalah karena BPO mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan. Perusahaan yang menggunakan BPO bisa berkonsentrasi pada berbagai aktivitas bisnis lain yang lebih utama dan penting. Jadi, aktivitas bisnis inti bisa dikerjakan sepenuhnya oleh karyawan internal yang kompeten, sedangkan aktivitas bisnis non-inti dapat dikelola oleh perusahaan BPO yang lebih ahli dan berpengalaman di bidangnya.

Contohnya, perusahaan yang ingin mengelola bagian contact center bisa bekerja sama dengan perusahaan BPO. Dengan demikian, perusahaan dapat mencurahkan fokus 100% pada berbagai aktivitas utama bisnis utama tanpa mengabaikan kualitas layanan pelanggan yang diberikan. Perusahaan BPO mempunyai kompetensi contact center dengan standar layanan yang mencakup keseluruhan aspek, mulai dari proses layanan, agent yang berkualitas, dan penggunaan teknologi contact center yang mendukung kepuasan pelanggan sehingga dapat diandalkan.

  1. Meningkatkan kualitas layanan

Fungsi lain dari Business Process Outsourcing adalah meningkatkan kualitas layanan karena perusahaan BPO profesional fokus dalam mengembangkan expertise untuk suatu proses bisnis tertentu. Oleh karena itu, sebuah perusahaan yang mengutamakan kualitas terbaik pada anggota tim bisa memanfaatkan perusahaan BPO. Tidak hanya menawarkan keahlian di bidang tertentu, perusahaan BPO profesional juga terus melayani klien dengan mengikuti tren bisnis masa kini lewat penggunaan teknologi modern sehingga selalu up-to-date.

  1. Efisiensi biaya

BPO juga menawarkan efisiensi biaya karena kerja sama ini tidak mengharuskan perusahaan untuk mengeluarkan biaya lebih besar. Sebagai contoh, perusahaan yang memanfaatkan perusahaan BPO untuk menyediakan peralatan dan teknologi canggih dapat memangkas kebutuhan investasi untuk menyiapkan peralatan dan teknologi canggih tersebut secara mandiri.

Cepatnya perkembangan teknologi saat ini juga membuat perusahaan bisa memperoleh manfaat lebih besar dari perusahaan BPO yang terus menawarkan teknologi ter-update. Dengan demikian, perusahaan Anda bisa memenuhi kebutuhan layanan pelanggan yang maksimal tanpa perlu mengeluarkan biaya lebih besar.

VADS, perusahaan BPO Call Center terbesar di dunia

BPO adalah singkatan dari Business Process Outsourcing yang dapat memudahkan kegiatan operasional perusahaan. Anda bisa mendapatkan layanan tersebut dari VADS Indonesia, partner BPO profesional yang memanfaatkan penggunaan teknologi terkini untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Anda. 

VADS Indonesia memastikan semua proses bisnis perusahaan berjalan dengan performa terbaik, mampu mencapai tujuan, dan mewujudkan target perusahaan dengan mengintegrasikan proses, teknologi, dan sumber daya. Solusi Contact Center yang disediakan oleh VADS Indonesia, misalnya, sudah terbukti efektif. Hal ini terbukti dari kerja sama yang sudah terjalin dengan lebih dari 50 perusahaan multi-industri, seperti perusahaan telepon, layanan keuangan, pemerintah, e-commerce, farmasi, dan sebagainya. 

 

Setelah menyimak ulasan di atas, dapat disimpulkan BPO adalah singkatan dari Business Process Outsourcing yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Perusahaan dapat mengambil banyak keuntungan dari BPO, mulai dari meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis, kualitas layanan, hingga menghemat biaya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara meningkatkan layanan pelanggan di perusahaan Anda, silakan hubungi marketing@vads.co.id. Anda bisa konsultasi tentang layanan pelanggan dan berbagai layanan VADS Indonesia lainnya untuk membantu berbagai kebutuhan perusahaan Anda.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik