Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 5 Tips Memilih Aplikasi Customer Service Terbaik untuk Perusahaan

5 Tips Memilih Aplikasi Customer Service Terbaik untuk Perusahaan

09 Desember 2021

Image of 5 Tips Memilih Aplikasi Customer Service Terbaik untuk Perusahaan

Pembeli adalah raja, karenanya sebuah bisnis harus memberikan pelayan terbaik untuk pelanggan mereka. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan layanan pelanggan atau customer service yang baik. Survei menunjukkan bahwa 80% pelanggan menyatakan bahwa respons cepat dari customer service tidak hanya penting, tetapi juga memengaruhi kesetiaan mereka kepada suatu perusahaan. Dari sini, semakin terlihat bahwa customer service adalah elemen penting dalam membangun sebuah perusahaan.

Pada era digital ini, di mana komunikasi semakin beragam, bentuk customer service juga ikut berkembang. Jika tadinya customer service hanya dilakukan lewat telepon, kini pelanggan bisa menghubungi perusahaan dengan mudah lewat media sosial atau email. Ada pula aplikasi customer service yang bisa dipakai untuk menunjang pelayanan Anda. Namun, sebelum memilih aplikasi customer service, ada baiknya Anda menyimak beberapa tips di bawah ini.

Kenali pelanggan bisnis Anda

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita hidup berdampingan dengan teknologi. Teknologi begitu memudahkan kita dalam melakukan banyak hal. Namun, dalam memilih aplikasi untuk customer service, Anda perlu memperhatikan bahwa tidak semua pelanggan Anda familiar dengan teknologi.

Kenali terlebih dahulu pelanggan bisnis Anda. Jika sebagian besar pelanggan Anda adalah orang tua, umumnya mereka lebih senang menggunakan telepon. Namun, jika pelanggan Anda adalah anak muda, mereka umumnya cenderung menyukai layanan self-service di mana mereka bisa menyelesaikan masalahnya sendiri dengan sedikit bantuan dari customer service.

Dengan mengenali pelanggan, Anda bisa memutuskan aplikasi customer service seperti apa dan fitur apa saja yang penting untuk dimasukkan ke dalam aplikasi tersebut. Pada aplikasi customer service, Anda bisa mengombinasikan beberapa fitur seperti call center yang cocok untuk pelanggan berusia tua, fitur live chat, email, media sosial, dan frequently asked questions (FAQs) untuk pelanggan yang lebih muda.

Identifikasi juga kebutuhan bisnis

Sebelum Anda menentukan aplikasi untuk customer service, identifikasi terlebih dahulu apa yang bisnis Anda butuhkan sehingga Anda bisa memilih aplikasi dengan fitur yang tepat. Misalnya, Anda perlu meningkatkan kecepatan customer service perusahaan Anda dan ingin pelayanan 24 jam. Maka, pilihlah aplikasi dengan fitur chatbot atau live chat di mana pelanggan bisa dengan cepat mendapat jawaban dari pertanyaan mereka kapan saja.

Tulis daftar kriteria aplikasi customer service

Buatlah daftar kriteria aplikasi customer service yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Aplikasi untuk customer service memiliki banyak fitur yang mendukung pelayanan suatu perusahaan. Namun, harus disesuaikan juga dengan kebutuhan dan budget perusahaan.

Apakah Anda menginginkan aplikasi yang tersambung dengan beberapa channel? Aplikasi seperti ini biasanya bisa tersambung dengan Facebook, Twitter, call center, live chat, dan email. Ada pula aplikasi yang berorientasi pada self-service dan pusat bantuan, di mana pelanggan dapat mencari informasi mengenai masalahnya dengan asistensi dari customer service.

Pelajari fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi

Tips berikutnya adalah sesuaikan fitur dengan kebutuhan perusahaan Anda. Pelajari terlebih dahulu fitur yang ditawarkan aplikasi. Umumnya, fitur yang sering dibutuhkan adalah fitur untuk menghubungkan beberapa saluran layanan cepat tanggap seperti SMS, telepon, media sosial, email, dan lain-lain. Namun, banyak aplikasi yang menawarkan fitur lain yang mungkin saja Anda perlukan.

Salah satunya adalah fitur untuk mengunggah konten terbaru dalam bentuk artikel untuk membantu pelanggan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Fitur seperti ini ideal untuk membantu pelanggan karena mereka tidak perlu langsung menghubungi agent call center, tetapi bisa mencari tahu sendiri solusi dari permasalahannya lewat konten yang disediakan perusahaan.

Cek testimoni dari pelanggan sebelumnya

Untuk memastikan bahwa aplikasi yang Anda gunakan bagus dan terpercaya, Anda bisa melihat testimoni dari pelanggan sebelumnya. Anda bisa melihatnya dari blog atau website lain yang membahas tentang produk tersebut. Anda juga bisa bertanya kepada sesama pebisnis yang sebelumnya sudah menggunakan aplikasi customer service tersebut. Jangan sampai salah memilih aplikasi yang justru menjauhkan hubungan Anda dengan pelanggan.

 

Menggunakan aplikasi customer service yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan sehingga kepuasan pelanggan pun terpenuhi. Lakukanlah tips-tips di atas, maka Anda mampu memilih aplikasi untuk customer service yang tepat. Contohnya seperti solusi customer service yang disediakan oleh VADS Indonesia. Baik untuk komunikasi inbound atau outbound, Anda bisa klik di sini untuk mendapatkannya sekarang juga!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik