Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Mengenal Teknologi Artificial Intelligence dalam Media Sosial

Mengenal Teknologi Artificial Intelligence dalam Media Sosial

11 Maret 2022

Image of Mengenal Teknologi Artificial Intelligence dalam Media Sosial

Artificial intelligence, atau dikenal juga dengan istilah kecerdasan buatan, merupakan sebuah ilmu yang berkaitan dengan kegiatan meningkatkan kepintaran mesin. Dengan kata lain, agar dapat membuat sebuah mesin menjadi pintar, manusia yang pada dasarnya memiliki kemampuan untuk bergerak, berpikir, berbicara, melihat, dan mendengar, harus mengajarkan dan membiasakan mesin tersebut agar dapat memberikan manfaat lebih bagi manusia.

Dalam keseharian, sebetulnya kita telah sering menggunakan teknologi artificial intelligence atau AI ini. AI ternyata digunakan dalam media sosial dan bahkan memiliki peran penting karena menjadi komponen kunci. Bahkan, kini telah banyak perusahaan pemasaran yang fokus pada pemanfaatan media sosial hingga menggunakan teknologi artificial intelligence untuk memperoleh keuntungan yang lebih maksimal.

Simak kemampuan teknologi artificial intelligence yang dimanfaatkan dalam media sosial berikut ini!

  1. Automasi

Biasanya, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat dan mendistribusikan konten melalui media sosial. Belum lagi kebutuhan untuk mengolah data engagement yang diperoleh dari konten yang Anda bagikan.

Akan tetapi, dengan adanya teknologi artificial intelligence, Anda akan mampu melakukan automasi dengan menjadwalkan konten yang akan dibagikan. Bahkan, Anda pun dapat membagikan konten tersebut secara bersamaan di berbagai media sosial yang Anda miliki, sehingga proses pengelolaan media sosial menjadi lebih mudah dan terarah.

  1. Pasang iklan lebih akurat

Salah satu keunggulan media sosial adalah peluang untuk menampilkan iklan kepada pengguna platform tersebut secara spesifik. Proses penampilan iklan ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi AI.

Artificial intelligence menggunakan data demografis dan perilaku pengguna media sosial tersebut, sehingga iklan berbayar dapat muncul pada sasaran target yang akurat dan membuat iklan yang ditampilkan menjadi lebih optimal. Dengan begitu, peluang terjadinya pembelian produk pun jadi semakin besar.

  1. Memberi rekomendasi konten yang relevan

Dukungan teknologi AI dalam media sosial dapat memberikan insights berupa konten yang relevan. Rekomendasi konten yang relevan ini penting untuk mendukung perkembangan bisnis dalam perusahaan Anda. Dengan rekomendasi konten yang relevan, maka Anda dapat mempelajari dan menganalisis konten yang ada di media sosial secara maksimal. Sehingga, nantinya Anda mampu melakukan promosi dengan memperhatikan ketertarikan pelanggan atas konten yang Anda produksi.

Rekomendasi konten yang relevan pun akan mampu menarik pelanggan dan calon pelanggan. Dengan teknologi AI yang terus berkembang, pelanggan yang tertarik dengan konten seputar produk bisnis Anda akan memperoleh rekomendasi sehingga menjadi target audiens yang tepat.

  1. Layanan analitik

Teknologi artificial intelligence menyediakan layanan analitik yang sudah tentu sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Layanan analitik ini dapat digunakan untuk melihat tanggapan dan juga feedback dari para pelanggan terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Dengan layanan analitik ini, teknologi artificial intelligence dalam media sosial dapat membantu perusahaan untuk mengukur dan mengumpulkan banyak data yang dibutuhkan dari media sosial, mulai dari jumlah likes, komentar, hingga pada waktu kapan saja konten Anda ramai dilihat. Berbagai data ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan strategi marketing selanjutnya.

Berkenaan dengan layanan analitik ini, VADS Indonesia menyediakan jasa Social Media Analytics yang dapat memudahkan Anda untuk menganalisis berbagai data yang diperoleh dari media sosial. Tim VADS Indonesia akan mengolah data tersebut sehingga memberikan nilai lebih bagi perusahaan Anda.

Dengan teknologi artificial intelligence, perusahaan akan mampu memperoleh data yang komprehensif mengenai wawasan pelanggan, tanggapan pelanggan terhadap campaign perusahaan, sentimen merek, analisis terhadap perusahaan pesaing, dan lain sebagainya yang sudah tentu dapat membantu menunjang perkembangan perusahaan.

Untuk mendapatkan pengetahuan lebih seputar teknologi artificial intelligence dalam media sosial ini, Anda dapat mengakses VADS Indonesia dan melakukan konsultasi dengan menghubungi marketing@vads.co.id.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik