Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Kelebihan Kecerdasan Buatan untuk Kepentingan Promosi Media Sosial

Kelebihan Kecerdasan Buatan untuk Kepentingan Promosi Media Sosial

25 April 2022

Image of Kelebihan Kecerdasan Buatan untuk Kepentingan Promosi Media Sosial

Kelebihan kecerdasan buatan yang utama adalah kemampuannya untuk bekerja tanpa merasa lelah seperti manusia. Anda dapat memanfaatkan kelebihan ini untuk mengembangkan bisnis. Salah satunya adalah untuk keperluan promosi di media sosial. Menariknya lagi, kecerdasan buatan masih memiliki beberapa kelebihan lain saat diterapkan pada strategi promosi media sosial. Apa saja?

  1. Manajemen media sosial jadi otomatis

Meski membuat konten media sosial penting bagi kelangsungan bisnis, pengelolaannya memerlukan perhatian ekstra. Anda tidak bisa asal mengunggah konten dan mengharapkan engagement point tinggi. Perlu ada jadwal upload yang terstruktur agar performa konten optimal.

Menggunakan tool penjadwalan akan membantu Anda mempublikasikan konten pada saat yang tepat, namun kecerdasan buatan lebih dari itu. Inovasi ini bahkan dapat membuat konten yang tepat sasaran berbekal analisis data. Kecerdasan buatan akan menambahkan tagar yang relevan dan mempersingkat link di konten. Hasilnya, konten pun akan lebih efisien dan sebagian besar pekerjaan Anda dapat berkurang tanpa perlu mengkhawatirkan hasilnya.

  1. Mampu menganalisis kompetitor

Kelebihan kecerdasan buatan lainnya adalah kemampuan untuk menganalisis kompetitor. Mengetahui kelebihan dan kelemahan kompetitor adalah kunci untuk bisa berhasil di media sosial. Dengan mempelajari kompetitor, Anda bisa tahu apa saja strategi yang berhasil dan apa yang tidak.

Manfaatkan hal tersebut untuk memodifikasi strategi Anda agar bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. Selain itu, analisis pesaing juga dapat membantu untuk memahami di mana posisi Anda jika dibandingkan dengan para kompetitor. Dengan dukungan kecerdasan buatan, Anda bahkan dapat melacak jangkauan, sentimen pelanggan, hingga tingkat keterlibatan pasar terhadap brand pesaing.

  1. Menyediakan insight baru

Melacak analitik media sosial secara manual dan kemudian mengambil insight bisa menjadi tantangan tersendiri. Di sinilah kecerdasan buatan dapat dimanfaatkan. Tool yang telah dilengkapi dengan kecerdasan buatan akan memberikan analisis sekaligus insight yang kuat tentang konten, audiens, dan lainnya.

Berbekal insight yang diperoleh dari alat ini, Anda dapat mengukur brand value perusahaan Anda dari berbagai jaringan. Hal ini dapat membantu Anda mengetahui apa yang berhasil dan mana saja aspek yang masih perlu untuk ditingkatkan. Hasilnya, Anda akan tahu jenis konten promosi media sosial seperti apa yang harus diunggah secara teratur untuk mendapatkan hasil optimal.

  1. Efisiensi biaya melalui ROI

Kecerdasan buatan memanfaatkan analisis big data yang dikombinasikan dengan machine learning untuk kemudian meningkatkan ROI (return of investment) dari media sosial apa pun. Ini jauh lebih efisien dari segi biaya jika dibandingkan dengan analisis manual menggunakan tenaga manusia.

ROI sendiri merupakan bentuk pengukuran paling efektif dari semua biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan engagement organik dari akun media sosial Anda. Kecerdasan buatan juga akan mempromosikan brand, mengonversi audiens, hingga memengaruhi mereka untuk mengambil tindakan yang dapat meningkatkan ROI dan keuntungan Anda.

  1. Meningkatkan engagement dengan audiens

Data dari We Are Social menemukan bahwa rata-rata engagement di Facebook hanya sebesar 3,41%. Di Instagram, nilainya bahkan lebih rendah, yakni sebesar 1,52%. Hal ini mempersulit brand untuk bisa berkembang di media sosial.

Iklan media sosial dapat membantu Anda melebarkan jangkauan dan engagement dengan menampilkan konten pada audiens yang lebih luas. Di sinilah kelebihan kecerdasan buatan dapat terasa. Kecerdasan buatan akan memprediksi apa yang mungkin memberi Anda hasil terbaik. Mereka mengolah data dari aset pemasaran terdahulu, misalnya email marketing, untuk membuat prediksi yang akurat dan tepat sasaran.

Dengan memanfaatkan kelebihan kecerdasan buatan, Anda bisa mengoptimalkan promosi media sosial. Bahkan jika dihitung, biaya yang dikeluarkan pun akan lebih hemat dibandingkan metode analisis konvensional. Terlebih, kini dunia telah memasuki era di mana data adalah sumber daya berharga. Kecerdasan buatan yang mampu menganalisis data dengan baik tentu akan menjadi dukungan yang sangat bermanfaat untuk bisnis Anda.

Nikmati berbagai kelebihan kecerdasan buatan melalui layanan Social Media Analytics dari PT VADS Indonesia. Layanan yang telah didukung oleh kecerdasan buatan ini akan membantu Anda untuk melihat feedback pelanggan dan mengukur performa campaign yang sedang berlangsung dengan menarik data, baik dari media cetak maupun media sosial, sesuai kebutuhan perusahaan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan Social Media Analytics dari PT VADS Indonesia, silakan klik di sini!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik