Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Salah Satu Bagian Penting dalam Omni Channel Marketing Adalah Media Sosial, Mengapa?

Salah Satu Bagian Penting dalam Omni Channel Marketing Adalah Media Sosial, Mengapa?

18 Maret 2022

Image of Salah Satu Bagian Penting dalam Omni Channel Marketing Adalah Media Sosial, Mengapa?

Ada berapakah akun media sosial yang Anda gunakan untuk keperluan promosi bisnis? Lebih dari satu, bukan? Mempunyai banyak akun media sosial di beragam platform tentunya membawa banyak pengalaman berbeda bagi pengguna media sosial. Hal ini juga sangat dibutuhkan bagi pelaku bisnis untuk menjangkau banyak pelanggan. Perilaku pelanggan yang membutuhkan layanan serbacepat menuntut pelaku bisnis secara kompetitif melayani mereka di banyak saluran media sosial. 

Dengan adanya kebutuhan tersebut, berbagai akun media sosial perlu saling terhubung agar dapat memberikan layanan yang optimal. Hal ini dapat diwujudkan lewat omni channel marketing. Omni channel marketing adalah strategi marketing yang menghubungkan berbagai saluran komunikasi dalam satu bentuk antarmuka.

Karena menghubungan berbagai saluran, omni channel marketing bertugas memudahkan interaksi antara pelaku bisnis dan pelanggannya. Misalnya, saat pelanggan melihat suatu produk di salah satu akun media sosial pelaku bisnis, ia dapat langsung melakukan pembelian produk tersebut melalui website. Tentunya hal ini membawa pengalaman yang baik dan menyenangkan bagi pelanggan. Lalu, mengapa media sosial begitu penting dalam omni channel marketing

  1. Meningkatkan layanan konsumen

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan strategi omni channel marketing, media sosial menjadi salah satu kuncinya. Saat ini, penggunaan media sosial menjadi sebuah kebutuhan bagi banyak pengguna untuk mencari beragam informasi yang dibutuhkan. Jika pelanggan melihat penawaran produk di situs web promosi Anda, secara umum pelanggan akan mencari tombol Instagram, Whatsapp, ataupun media sosial lain untuk mencari informasi lebih lengkap.

Dengan menggunakan media sosial, Anda dapat melayani pelanggan secara optimal dan intens. Hal ini juga didukung dengan kebiasaan perilaku pelanggan yang sehari-hari menggunakan media sosial dalam aktivitasnya. 

  1. Brand awareness jadi lebih baik

Media sosial membawa pengalaman antara pelaku bisnis dan pelanggannya untuk lebih dekat dan akrab. Dengan mempertimbangkan perilaku pelanggan dalam menggunakan media sosialnya sebagai kebutuhan, pelanggan akan lebih tertarik untuk mendapatkan pelayanan interaksi yang baik dari pelaku bisnis. Lancarnya interaksi ini menjadi kunci utama keberhasilan penawaran produk. Pelanggan akan merasa dilayani dengan baik sehingga kesadaran terhadap merek Anda pun menjadi lebih kuat.

  1. Meningkatkan kepercayaan konsumen

Bukan tanpa alasan bahwa salah satu bagian penting dalam omni channel marketing adalah media sosial. Saat berselancar mencari produk yang dibutuhkan, pelanggan akan mencari secara detail tentang info produk tersebut, termasuk tentang perusahaan penyedianya di media sosial.

Kehadiran media sosial memudahkan mereka untuk bertanya langsung dan mencari tahu lebih lanjut tentang pelaku bisnis. Konsumen juga dapat dengan mudah membaca ulasan tentang produk yang ditawarkan. Dengan beragam kemudahan dan informasi yang lengkap tersebut, kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda pun akan meningkat. 

  1. Sediakan data analitik relevan 

Perilaku pelanggan dalam mengunjungi dan berinteraksi dengan akun media sosial pelaku bisnis akan direkap menjadi sebuah data analitik. Data analitik ini juga merangkum berbagai perilaku pengguna media sosial yang relevan dengan konten pelaku bisnis. Dengan adanya data analitik yang relevan, pelaku bisnis akan lebih mudah dalam menjaring konsumen dan memasarkan produknya secara tepat sasaran.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan layanan Social Media Analytics dari VADS Indonesia yang akan membantu Anda dalam mengoptimasi media sosial sebagai bagian dari omni channel marketing.

  1. Potensi untuk menciptakan konten viral

Alasan lain media sosial menjadi bagian penting dalam omni channel marketing adalah adanya potensi untuk viral. Dengan memanfaatkan data analitik, Anda bisa menciptakan konten menarik dan relevan sesuai target audiens. Jika Anda berhasil, bukan tidak mungkin konten tersebut akan dibagikan secara sukarela oleh followers Anda.

Semakin banyak yang mengetahui dan menyukai konten tersebut, tentunya konten Anda berpotensi untuk viral. Viralnya konten akan membuat audiens tertarik mengetahui lebih jauh tentang perusahaan Anda. Dari sini, akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan promosi penjualan.

Dari berbagai alasan tersebut, tidak mengherankan jika salah satu bagian penting dalam omni channel marketing adalah media sosial. media sosial membawa banyak keuntungan bagi pelaku bisnis, terutama dalam meningkatkan layanan kepada pelanggan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara meningkatkan layanan pelanggan, Anda juga bisa menghubungi marketing@vads.co.id. Konsultasikan kebutuhan Anda dan tim VADS Indonesia akan memberikan solusi sesuai kebutuhan tersebut!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik