VADS

Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Chatbot vs Voicebot

Chatbot vs Voicebot

15 Desember 2020

image.jpg

Chatbot dan voicebot keduanya memiliki peran yang sangat penting untuk perusahaan terutama dalam berkomunikasi dengan para pelanggan. Komunikasi yang dilakukan oleh chatbot dan voicebot dapat dilakukan kapan saja dan pelanggan dapat merasa puas karena berkomunikasi dengan mudah dan nyaman kepada perusahaan. Saat ini memang penggunaan chatbot dan voicebot merupakan tren teknologi yang berkembang pesat belakangan ini. Berdasarkan laporan dari Acquire.io dalam website CZentrix pada tahun 2018, 40% responden yang disurvei mengatakan bahwa mereka mengobrol dengan chatbot setiap hari, laporan lainnya menunjukkan bahwa 64% pengguna internet mengatakan layanan 24 jam adalah fitur terbaik yang dimiliki oleh chatbot. Kedua solusi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Mari kita ulas masing –masing mengenai chatbot dan voicebot.

Apa itu Chatbot?

Chatbot adlaah software kecerdasan buatan yang dapat melakukan percakapan dengan pelanggan dalam bahasa manusia dengan menggunakan pesan teks. Kecerdasan buatan didalamnya memastikan bahwa pengalaman yang diberikan chatbot dalam berkomunikasi mendekati seperti sedang melakukan percakapan dengan manusia. Chatbot dapat diintegrasikan dengan mudah di berbagai situs aplikasi perpesanan seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, Live Chat, dan lainnya.

Apa saja manfaat Chatbot?

Chatbot memiliki peran penting dalam berinteraksi dengan pelanggan. Berbagai keuntungan lainnya yang dimiliki chatbot diantaranya adalah :

  • Standby 24/7 : chatbot dapat menghemat banyak waktu karena responsnya yang cepat dan juga selalu siap kapanpun pelanggan menanyakan informasi dan meminta bantuan.
  • Kepuasan pelanggan meningkat : karena dukungan pelanggan yang cepat dan chatbot dapat merespons sepanjang waktu, pelanggan akan sangat terbantu dalam memenuhi kebutuhan mereka sehingga pelanggan akan lebih puas karena dapat terbantu oleh layanan pelanggan kapanpun.
  • Membantu agen contact center : chatbot dapat dengan mudah mengambil alih tugas agen yang dilakukan secara biasa dan berulang. Hal ini dapat mengefisiensikan bisnis perusahaan anda dan juga hemat biaya karena chatbot dapat membantu agen contact center dalam menangani pertanyaan umum selama jam sibuk, sehingga agen contact center akan terfokuskan pada permasalahan pelanggan yang lebih kompleks.

 Apa itu Voicebot?

Voicebot adalah saluran suara berbasis kecerdasan buatan dan pemahaman bahasa alami untuk berkomunikasi dengan para pelanggan dengan cara audio. Teknologi AI didalamnya dapat membantu voicebot untuk mengidentifikasi kata kunci dalam percakapan dan menyimpulkan respons terbaik untuk sebuah dialog dan kemudian mesin text to speech (TTS) kemudian mengubah respons menjadi audio untuk menyelesaikan interaksi. Voicebot dilatih untuk menyelesaikan seluruh percakapan dengan proses respons yang mirip dengan cara manusia berinteraksi. Voicebot dapat diintegrasikan ke berbagai perangkat layanan seperti IVR, chatbot, layanan mandiri, dan lainnya.

Apa saja manfaat voicebot?

Voicebot memiliki berbagai kelebihan yang dapat membantu pekerjaan manusia terutama dalam layanan pelanggan sebagai berikut :

  • Menggunakan suara : voicebot akan mengeluarkan suara sebagai mode komunikasi kepada pelanggan. Pelanggan akan merasa didengarkan terkait keluhan dan pertanyaannya karena menggunakan suara sehingga pelanggan lebih mudah dalam menyampaikan keluahan atau pertanyaannya.
  • Dapat diintegrasikan : voicebot dapat dengan mudah diintegrasikan dengan berbagai layanan seperti CRM atau device lainnya sehingga dapat dimanfaatkan untuk penjualan ataupun mendukung kampanye yang dilakukan oleh perusahaan.

Voicebot juga dapat digunakan untuk otentikasi. Industri yang membutuhkan otentikasi penting seperti perbankan dan asuransi sangat penting dan merupakan suatu kebutuhan dalam menyediakan otentikasi yang tepat. Voicebot dapat dilatih untuk memahami frekuensi dalam otentikasi penelepon seperti menyebutkan nomor telepon, ID pribadi, dan otentikasi lainnya.

VADS Indonesia dapat membantu perusahan Anda untuk menyediakan Smart Outreach (stand alone bot) baik itu chatbot maupun voicebot. VADS Indonesia juga dapat membantu perusahaan Anda untuk lebih optimal dalam memberikan layanan kepada pelanggan dengan menyediakan solusi Human Augmented Bot, yaitu chatbot dan voicebot yang dilengkapi dengan agen contact center untuk mlengkapi layanan pelanggan perusahaan Anda. Segera hubungi marketing@vads.co.id untuk diskusi dan konsultasi mengenai solusi yang tepat untuk meningkatkan layanan pelanggan perusahaan Anda semakin lebih optimal dan lebih produktif serta lebih efisien.

 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik