VADS

Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Inbound Contact Center untuk Meningkatkan Customer Experience

Inbound Contact Center untuk Meningkatkan Customer Experience

19 September 2020

image.jpg

Inbound Contact Center VADS Indonesia

Teknologi yang semakin pesat membuat konsumen ingin cepat mendapatkan informasi. Informasi yang mudah didapat dan cepat, akan membuat konsumen merasa puas terhadap layanan yang kita berikan. Berdasarkan fenomena tersebut, penting bagi perusahaan untuk membangun hubungan yang baik dengan konsumen. Hubungan baik tersebut salah satunya dibangun dengan menggunakan contact center.

Contact center adalah salah satu sarana interaksi antara perusahaan dengan konsumen. Contact center berperan penting dalam meningkatkan hubungan perusahaan dengan konsumen karena contact center merupakan garda terdepan perusahaan dalam berhubungan langsung dengan konsumen. Tugas contact center menjadi penting karena harus menjaga kepuasan konsumen agar percaya dan terus menggunakan produk dari perusahaan kita sehingga akan menciptakan loyalitas pelanggan.

Contact center terdiri dari dua tipe yaitu inbound contact center dan outbound contact center. Kita akan membahas lebih lanjut mengenai inbound contact center. (Pembahasan mengenai outbound contact center : Outbound Contact Center dan Manfaatnya Dalam Meningkatkan Customer Experience)

Apa itu Inbound Contact Center?

Inbound contact center dengan kata lain menerima panggilan masuk (incoming calls) adalah fungsi layanan pelanggan yang tanggung jawab utamanya adalah menangani panggilan telepon pelanggan yang masuk. Karakteristik utama dari inbound contact center adalah agen menunggu panggilan masuk kepada mereka dibandingkan dengan melakukan panggilan. Biasanya konsumen akan melakukan panggilan masuk untuk mencari tahu informasi layanan, dukungan teknis, kendala, bantuan produk ataupun bantuan untuk melakukan pesanan, dan itu adalah tanggung jawab inbound contact center untuk menjawab panggilan dengan cepat dan memberikan pengalaman pelanggan yang profesional dan kompeten. Oleh karena itu, agen inbound contact center harus dapat memberikan solusi dari permintaan dan permasalahan yang dialami oleh konsumen dengan cepat dan tepat. Dalam hal ini, waktu penyelesaian inbound call yang cepat dan produktivitas agen adalah indikator utama dalam keberhasilan inbound contact center sebuah perusahaan.

Keuntungan Menggunakan Inbound Contact Center

  • Lebih banyak waktu untuk fokus pada bisnis utama Anda
  • Penghematan biaya operasional
  • Karyawan yang berkualitas dengan memanfaatkan kompetensi perusahaan outsourcing
  • Mengurangi resiko bisnis
  • Mempertahankan loyalitas pelanggan
  • Mengoptimalkan pengalaman pelanggan

Layanan yang Bisa Dilakukan dengan Inbound Contact Center

Berbagai layanan yang dilakukan oleh agen inbound contact center seperti memberikan solusi dan bantuan teknis seperti perubahan kata sandi, memberbarui informasi akun pelanggan, dan menanggapi keluhan yang dialami oleh pelanggan. Inbound contact center juga dapat membantu pelanggan untuk menyelesaikan pembayaran dan pemesanan order online melalui panggilan. Pelanggan juga dapat menghubungi perusahaan untuk menanyakan terkait penagihan dan masalah dalam pembayaran online. Lebih jauh, inbound contact center juga dapat meningkatkan penjualan apabila terdapat pelanggan yang ingin upgrade atau memperluas solusi yang diinginkan.

Jenis-jenis Inbound Contact Center

  • Customer Service. Solusi layanan pelanggan secara fleksibel dan dapat memahami pelanggan yang bervariasi serta personalisasi sehingga hubungan perusahaan dengan pelanggan dapat terjalin dalam jangka waktu yang lama. Layanan ini digunakan ketika klien menelpon dengan beberapa jenis masalah yang harus diselesaikan. Dalam hal ini, customer service mengetahui detail permasalahannya dan mencoba menyelesaikan, menjawab pertanyaan, atau hanya berbicara dengan pelanggan.
  • Service Desk. Single Point of Contact (SPOC) antara customer dengan service provider. Service Desk tidak hanya fokus menangani insiden dan permintaan namun juga menyediakan interface untuk proses lainnya seperti problem management, change management, dan service level management. Selain itu, Service Desk juga berinteraksi dengan aktivitas operasional lainnya dalam suatu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional.
  • Walk In Center. Sarana untuk memberikan informasi kepada pelanggan Anda secara komprehensif. Dalam hal ini dibutuhkan sumber daya manusia yang berpengalaman serta memiliki pengetahuan yang lebih karena harus dapat menyampaikan informasi, menangani keluhan pelanggan, melakukan promosi serta penjualan produk atau layanan dengan melakukan penawaran up selling. Walk In Center dapat membantu perusahaan menciptakan kepuasan dan loyalitas serta meningkatkan pendapatan perusahaan.

Sebagian besar inbound call memiliki respons suara interaktif (IVR) sebelum terhubung dengan agen yang akan berbicara langsung dengan konsumen. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh JDPower dalam artikel yang diterbitkan oleh twilio.com, pelanggan akan menghabiskan 30% waktunya untuk berinteraksi dengan inbound call dalam sistem IVR. Sehingga dibutuhkan pembuatan IVR secepat dan seefisien mungkin untuk merutekan, memantau, dan meneruskan tugas ke agen inbound contact center.

Kemampuan untuk memberikan customer experience yang baik bergantung pada kualitas agen di inbound contact center. Karena menurut konsumen, agen adalah representasi perusahaan yang berinteraksi langsung dengan mereka. Sehingga perusahaan perlu memiliki agen inbound call center yang terlatih dan berpengalaman, lingkungan kerja dengan fasilitas yang baik, memiliki sistem penjadwalan yang baik, serta dilengkapi sistem yang dapat memotivasi agen inbound contact center untuk dapat memberikan customer experience seperti yang diharapkan oleh pelanggan.

Kebutuhan tersebut saat ini bukanlah hal yang sulit untuk dipenuhi, VADS Indonesia dapat membantu Anda untuk membuat inbound call perusahaan Anda menjadi sukses. VADS Indonesia memiliki agen inbound contact center dengan keterampilan dan pengalaman yang baik untuk memastikan mereka dapat melayani pelanggan Anda dengan baik dengan lingkungan kerja yang nyaman dan sistem yang baik. Agen inbound contact center yang terlatih untuk memberikan customer experience yang baik sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, di sisi lain Anda dapat fokus pada operasional bisnis utama Anda. Berbagai keunggulan yang dimiliki VADS yang dapat memberikan keuntungan kepada perusahaan Anda adalah :

  • Memiliki sertifikasi Metodologi Infrastruktur Teknologi Informasi (ITIL) dalam meningkatkan kualitas secara efisien dan efektif
  • Memastikan pelayanan yang efektif, meningkatkan performa, dan meningkatkan nilai bisnis perusahaan Anda
  • Melayani pelanggan Anda dengan multi bahasa seperti bahasa Inggris, Mandarin, Malaysia, Tagalog, Jepang, dan Korea. 
  • Sumber daya manusia yang berpengalaman dan pelatihan yang berkelanjutan
  • Memberikan dukungan teknis 24/7
  • Memberikan konsultasi dengan praktisi contact center VADS yang berpengalaman dan tersertifikasi oleh COPC

Segera hubungi marketing@vads.co.id untuk informasi lebih lanjut dan konsultasi mengenai inbound contact center untuk meningkatkan customer experience perusahaan Anda.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik