Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Bagaimana Cara Mendapatkan Feedback Pelanggan ?

Bagaimana Cara Mendapatkan Feedback Pelanggan ?

12 Maret 2021

Image of Bagaimana Cara Mendapatkan Feedback Pelanggan ?

Dalam setiap layanan/produk yang kita berikan, tentunya kepuasan pelanggan menjadi target utama agar bisnis yang kita lakukan akan selalu berkembang. Dari segala pengalaman yang dimiliki oleh pelanggan sendiri, nantinya mereka akan memberikan timbal balik seperti memberikan review positif ataupun negatif terhadap layanan/produk yang kita berikan. Dengan begitu kita harus selalu memberikan pelayanan terbaik kita agar memiliki image yang baik dimata pelanggan.

Feedback sendiri merupakan suatu umpan balik berupa tanggapan untuk mengukur seberapa baik dan buruknya layanan/produk yang kita berikan berdasarkan pengalaman pelanggan. Lalu, seberapa pentingkah feedback itu? Mengapa kita harus memaksimalkan segala timbal balik dari pelanggan ?

Timbal balik yang diberikan oleh pelanggan dapat menjadi suatu aspek untuk Anda mengetahui hal-hal apa saja yang harus diperbaiki dari layanan/produk yang diberikan, mengetahui kemauan yang dimiliki oleh pelanggan, dan tentunya untuk mengetahui tanggapan dari pelanggan mengenai kualitas layanan/produk Anda. Maka dari itu, bagaiman cara kita untuk mendapatkan feedback dari para pelanggan? Berikut merupakan beberapa metode yang dapat Anda gunakanan untuk memperoleh timbal balik yang sempurna.

 

Metode Ampuh untuk Mendapatkan Timbal Balik Pelanggan

  • Melakukan Survey

Survey sendiri merupakan salah satu metode yang sudah sering digunakan untuk mendapatkan feedback dari pelanggan. Ada berbagai macam tools atau media yang dapat Anda gunakan untuk membuat survey yang menarik seperti Microsoft Form, Google Form, Survey Monkey, Zoho Survey, dan masih banyak lagi.

Nantinya, survey akan berisi pertanyaan-pertanyaan yang tentunya dapat memberikan informasi tentang tanggapan pelanggan akan layanan/produk yang Anda berikan. Dengan begitu, berikanlah pertanyaan yang bersifat kolektif agar memungkinkan untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan. Buatlah juga konsep pertanyaan yang lebih menarik dan bervariasi seperti Multiple choice, Short answer dan Linear scale agar para pelanggan lebih berinisiatif dalam proses pengisian survey tersebut.

  • Menggunakan Media Sosial

Yang sudah kita ketahui bersama bahwa media sosial merupakan salah satu kunci utama untuk memasarkan layanan/produk yang kita berikan. Media sosial sendiri dapat memungkinkan untuk Anda mendapatkan timbal balik dari para pelanggan mengenai bisnis yang kita miliki. Terdapat beberapa metode seperti menggunakan Polling, melalui kolom komentar/Reply dari postingan yang Anda sebarkan ataupun dengan Direct Message.

Polling

Platform seperti Instagram dan Twitter dapat menjadi media utama untuk Anda mendapatkan feedback dari para pelaggan. Instagram sendiri memiliki fitur yang bernama Stories yang nantinya Anda dapat menambahkan kolom polling disetiap stories yang Anda buat. Twitter memungkinkan Anda untuk menambahkan kolom polling disetiap tweet yang ingin dipublish.  

Comment/Reply

Disetiap postingan yang Anda berikan dalam Instagram maupun Twitter, akan selalu tercantum kolom komentar agar  pengikut/pelanggan Anda dapat memberikan ulasan ataupun pAndangan terhadap pengalaman yang mereka punya mengenai layanan/produk yang mereka terima. Dengan begitu Anda dapat membaca setiap komentar yang sudah ada dan menjadikannya sebagai timbal balik untuk layanan/produk Anda.

Direct Message

Tidak sedikit para pelanggan yang lebih memilih berinterakasi melalui pesan langsung lantaran informasi yang diberikan lebih jelas dan lebih terinci. Dengan begitu Anda bisa menanyakan kepada mereka apakah informasi yang diberikan sudah jelas dan apakah mereka puas dengan informasi tersebut. Nantinya dengan jawaban yang mereka berikan, dapat dijadikan feedback untuk Anda. Alhasil Anda dapat mengevaluasi layanan Anda dari setiap jawaban yang sudah terkumpul.

  • Sediakan Feedback Box

Banyak dari pelanggan ataupun calon pelanggan yang tidak terlalu sering menggunakan media sosial dan tentunya mereka akan mencari informasi melalui website resmi. Anda dapat menyediakan feedback box dalam website Anda seperti kolom Saran/Komentar ataupun kolom Emoji yang memperlihatkan ekspresi happy atau sad akan informasi yang sudah Anda berikan.

  • Mengontak dengan email

Tentunya email menjadi salah satu data utama apabila pelanggan ingin menggunakan layanan yang Anda sediakan. Selain untuk menginformasikan tentang perkembangan layanan yang Anda berikan, email sendiri menjadi wadah untuk mendapatkan timbal balik dari pelanggan.

Anda dapat mengirimkan email berupa menanyakan apakah layanan yang mereka terima sesuai dengan keinginan ataupun juga menanyakan apakah mereka puas dengan layanan yang didapat. Dengan menggunakan email memungkinkan mereka untuk memberikan tanggapan dapat berupa teks ataupun lampiran berupa gambar/video.

  • Tawarkan dan Sediakan Reward

Memberikan reward atau penawaran menarik seperti potongan harga , gratis ongkos kirim, free trial, ataupun memberikan sampel dapat menjadi salah solusi untuk Anda mendapatkan feedback dari pelanggan. Berikan akses untuk mendapatkan penawaran-penawaran tersebut kepada mereka dengan mengisi pertanyaan-pertanyaan seputar tanggapan pelanggan mengenai layanan/produk yang Anda berikan.

 

Demikian beberapa metode yang dapat Anda praktikan untuk memperoleh feedback yang memuaskan dari para pelanggan. Metode-metode ini diharapkan dapat membantu Anda untuk membuat layanan/produk yang disediakan menjadi lebih baik lagi. VADS Indonesia tentunya menyediakan layanan yang dapat membantu meningkatkan bisnis Anda. Hubungi marketing@vads.co.id untuk mengkonsultasikan rencana bisnis Anda dan informasi lebih lanjut mengenai kebutuhan pelanggan perusahaan Anda.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik