Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Ciptakan Content Marketing Menarik dengan PT VADS Indonesia, Begini Caranya!

Ciptakan Content Marketing Menarik dengan PT VADS Indonesia, Begini Caranya!

22 April 2022

Image of Ciptakan Content Marketing Menarik dengan PT VADS Indonesia, Begini Caranya!

Saat ini, pembuatan konten yang tepat dan menarik sangat penting untuk meraih perhatian audiens. Dengan menerapkan strategi content marketing yang tepat, brand Anda akan lebih mudah menjangkau target marketing. Selain itu, pembuatan konten yang tepat juga dapat membantu Anda menciptakan persona atau branding yang sesuai.

Sayangnya, tidak semua perusahaan atau brand dapat menghasilkan konten yang menarik. Alhasil, mereka pun kesulitan menjangkau target market. Ternyata untuk bisa membuat konten yang baik pun tidak bisa sembarangan, Anda harus paham strategi content marketing dan cara penerapannya. Bagaimana caranya? Tim PT VADS Indonesia telah merangkum sejumlah tipsnya untuk Anda!

  1. Pastikan tujuan konten

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja menentukan tujuan konten. Anda harus tahu untuk siapa konten dibuat dan bagaimana preferensi mereka. Meski terdengar sepele, masih banyak brand yang kesulitan untuk membidik tujuan konten dengan tepat.

Salah satu cara yang bisa Anda terapkan untuk mengetahui tujuan konten adalah dengan melakukan riset. Lewat riset, Anda bisa mengetahui topik apa saja yang sedang banyak dibicarakan. Ada banyak sekali jenis riset yang bisa dilakukan, contoh yang paling banyak digunakan adalah riset keyword. Lewat riset keyword, Anda bisa tahu kata kunci yang volume pencariannya paling banyak di mesin pencari (search engine).

  1. Pahami target audiens

Agar konten yang Anda buat lebih tepat sasaran, pahamilah target audiens. Katakanlah Anda ingin membidik segmen remaja putri, maka konten pun sebisa mungkin harus mengandung unsur-unsur yang dekat dengan mereka. Misalnya, menggunakan bahasa gaul dan grafik yang estetik. Semakin detail unsur-unsur audiens yang melekat pada konten, maka akan semakin baik.

Tanpa mengetahui target audiens, konten yang Anda buat akan terasa kurang relevan. Jika konten tidak relevan, audiens akan enggan untuk berinteraksi. Konten pun akan sulit mendapat engagement seperti memberikan like, meninggalkan komentar, dan bahkan mereka cenderung mengabaikan konten.

  1. Rencanakan konten yang berkualitas

Tips content marketing selanjutnya adalah merancang perencanaan konten dengan matang agar hasilnya berkualitas. Konten yang berkualitas akan lebih mudah mendapatkan nilai engagement yang tinggi. Namun, sebenarnya, seperti apakah konten yang berkualitas itu?

Ada banyak cara untuk mendefinisikan konten berkualitas. Sering kali, kualitas dikaitkan dengan manfaat yang bisa dirasakan oleh audiens. Konten akan dinilai berkualitas jika bisa memberikan manfaat atau dampak positif bagi audiens. Ini bisa dikaitkan dengan fungsi dari produk Anda sendiri. Misalkan produk Anda menghadirkan inovasi teknologi yang belum familier bagi audiens, maka Anda bisa membuat konten tutorial produk untuk membantu audiens mengenal produk.  

  1. Kemas konten secara menarik

Untuk bisa mengetahui konten apa yang menarik, cobalah mencari tahu hal apa yang sedang menjadi tren. Anda bisa memeriksa trending topic di media sosial atau menggunakan tool seperti Google Trends untuk mengetahui tren tersebut. Memasukkan hal-hal yang sedang tren atau banyak dibicarakan akan membuat konten Anda mendapat lebih banyak atensi dari audiens.

Tidak ada salahnya juga untuk mengamati strategi content marketing yang diterapkan pesaing. Dari situ, Anda bisa tahu hal apa saja kelemahan mereka yang kira-kira bisa diolah menjadi peluang. Konten pembanding seperti ini juga mudah meraih perhatian audiens.

  1. Promosikan konten di media sosial

Bagian terakhir dari strategi content marketing adalah promosi. Tanpa promosi, mustahil konten buatan Anda diketahui masyarakat. Cara paling efisien untuk mempromosikan konten adalah melalui media sosial. Selain mudah, promosi lewat media sosial pun sangat terjangkau.

Agar lebih optimal, promosi konten harus dilakukan secara konsisten. Anda bisa memanfaatkan tool untuk menjadwalkan waktu tayang konten di media sosial. Dengan begitu, exposure konten pun akan cenderung stabil.

 

Selain tips yang telah disebutkan di atas, sebenarnya strategi content marketing masih sangat luas. Contoh penerapannya pun sangat variatif. Untuk membantu Anda menerapkan content marketing dengan optimal, PT VADS Indonesia menghadirkan layanan Social Media Care Management.

Media sosial merupakan komponen penting dalam content marketing. Untuk itu, pengelolaannya pun tidak boleh sembarangan. Lewat Social Media Care Management, PT VADS Indonesia siap membantu Anda mulai dari perencanaan campaign di media sosial hingga pengelolaan customer service untuk mencapai performa terbaik. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik