Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Memahami Apa Itu Social Media Analytic dan Kegunaannya

Memahami Apa Itu Social Media Analytic dan Kegunaannya

02 Maret 2023

Image of Memahami Apa Itu Social Media Analytic dan Kegunaannya

Social media telah menjadi salah satu alat komunikasi dengan pelanggan sekaligus mengetahui kemana arah minat mereka. Namun, Anda perlu suatu perangkat untuk memahami data-data yang muncul, yaitu dengan sosial media analytic. Apa itu social media analytic dan mengapa bisnis harus bergantung pada analytic tersebut? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Definisi social media analytic

Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat di atas, social media analytic adalah sebuah perangkat yang bekerja untuk mempermudah perusahaan mengetahui bagaimana perusahaan Anda tampak di media sosial. Artinya, dengan alat ini, perusahaan Anda jadi mengetahui mana data-data yang berkaitan dan penting untuk diolah.

Seberapa penting social media analytic?

Karena saat ini semuanya sudah serba digital, tentunya social media analytic punya peran yang cukup penting bagi perusahaan. Pasalnya, kehadiran di dunia digital saja kurang cukup tanpa melibatkan proses analisis terhadap kegiatan digital perusahaan Anda. Dengan menggunakan perangkat ini, bisnis Anda dapat menganalisis seberapa berdampak campaign atau aksi-aksi lain yang perusahaan lakukan lewat media sosial.

Keuntungan yang bisa Anda dapat dari social media analytic

Supaya Anda lebih memahami keuntungan yang dapat diperoleh ketika menggunakan social media analytic, berikut kami berikan 6 alasan sebagai berikut:

  1. Bantu pertahankan branding perusahaan Anda

Tak dapat dipungkiri, pelanggan mempunyai pengaruh besar pada kelangsungan sebuah brand. Tanpa mereka, Anda akan kesulitan untuk memasarkan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Apalagi, kalau brand Anda belum terlalu terdengar di kalangan masyarakat. Melalui social media, Anda mendapatkan kesempatan memperkenalkan brand ke arah yang positif. Selain itu, media sosial juga memberikan wadah bagi Anda untuk mengetahui banyak hal, terutama interaksi antara audiens dan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

  1. Tingkatkan angka akuisisi pelanggan

Jika menggunakan cara tradisional, Anda mungkin membutuhkan waktu lama untuk mengetahui apa yang audiens butuhkan. Sementara, trends di kalangan pelanggan terbilang cepat, terutama jika ada kompetitor yang menerapkan strategi pemasaran yang serupa. Tapi, social media analytic dapat membantu Anda untuk menghemat waktu dan memberikan insight.

Bahkan, Anda dapat memprediksi apa yang akan pelanggan butuhkan di kemudian hari. Ada juga kesempatan untuk melihat respons dari audiens terhadap produk atau jasa terbaru yang Anda tawarkan. Jadi, Anda dapat meningkatkan beberapa hal atas masukan dari audiens.

  1. Efisiensi biaya customer care

Pelanggan tidak hanya membutuhkan produk atau jasa yang berkualitas, oleh karena itu,  pelayanan yang Anda berikan juga harus maksimal. Namun, pelayanan terbaik membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika Anda beralih ke social media, layanan customer care bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu besar untuk memonitor situasi pelanggan terhadap brand Anda. Dengan begitu, Anda dapat membangun hubungan secara lebih dalam.

  1. Gunakan tools yang tepat

Social media analytic memang sangat membantu. Tapi, Anda membutuhkan tools yang tepat untuk membaca data yang disediakan oleh seluruh platform yang Anda gunakan, terutama jika Anda mempunyai banyak akun social media untuk bisnis. Pasalnya, membuka dan memeriksa segala hal secara satu per satu akan sulit dan dapat membuat Anda kewalahan. Tapi, dengan menggunakan tools, Anda bisa melakukannya.

Katakanlah Anda sedang memeriksa kanal Facebook. Pada waktu yang sama, seorang pelanggan me-mention Anda di Instagram. Hal penting ini bisa luput dari fokus Anda. Akan tetapi, tools bisa memperingatkan Anda untuk membalas pesan pelanggan tersebut, sehingga kesempatan bagus yang mungkin Anda peroleh tidak terlewat begitu saja.

  1. Lakukan evaluasi secara rutin

Walaupun performa dari social media Anda menunjukkan hasil yang bagus, alangkah baiknya tetap diadakan evaluasi secara rutin. Hal ini sangat penting supaya Anda bisa melihat, apakah upaya Anda sudah mencapai hasil yang maksimal atau belum.

Katakanlah Anda membagikan konten secara teratur dalam bentuk carousel dan hanya menggunakan reels seminggu sekali. Ternyata, hasil reels memiliki engagement yang lebih tinggi dibandingkan carousel di weekdays. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui bahwa para pelanggan Anda lebih menyukai penyampaian produk atau jasa dengan menggunakan reels. Anda pun dapat mengetahui topik spesifik manakah yang menarik minat dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

Social media memang sudah menjadi salah satu platform favorit yang selain mengikuti trend, Anda juga dapat membangun hubungan lebih dekat dengan para pelanggan, termasuk mengetahui minat dan apa yang dibutuhkan oleh mereka. Meskipun begitu, social media marketing bukanlah hal yang mudah. Anda memerlukan social media analytic sebagai tools yang membantu.

Pastikan Anda memilih tools yang tepat sehingga dapat memaksimalkan setiap media sosial bisnis Anda. Konsultasikan pada PT VADS Indonesia, yang dengan senang hati akan membantu dan memberikan solusi mengenai social media analytics Anda. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, langsung saja klik di sini!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik