Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 5 Contoh Penerapan Artificial Intelligence dalam Media Sosial

5 Contoh Penerapan Artificial Intelligence dalam Media Sosial

23 Februari 2022

Image of 5 Contoh Penerapan Artificial Intelligence dalam Media Sosial

Kini, media sosial tak hanya digunakan untuk sekadar bertukar kabar atau berbincang ringan. Selain untuk bertukar kabar dan informasi, media sosial juga digunakan sebagai ajang promosi, misalnya untuk kepentingan bisnis. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan kegunaan media sosial, banyak perusahaan merancang strategi khusus agar konten yang mereka bagikan bisa menarik perhatian audiens.

Nah, hal tersebut dipermudah dengan kehadiran teknologi artificial intelligence atau AI. Artificial intelligence adalah kecerdasan buatan dengan melakukan tugas kognitif tertentu yang dikerjakan oleh mesin. Kecerdasan buatan ini didesain dan diprogram agar bisa berpikir seperti manusia.

Penerapan artificial intelligence dalam media sosial dapat membantu Anda saat melakukan promosi sehingga dapat memangkas biaya strategi, pembuatan, dan pengelolaan media sosial. Setidaknya ada lima contoh penerapan artificial intelligence dalam media sosial yang dapat membantu Anda menarik audiens secara tepat sasaran. 

  1. AI-generated content

AI-generated content membantu Anda dalam membaca data untuk kebutuhan promosi. Mesin yang digunakan didesain khusus untuk menyaring dan menjaring para pengguna media sosial dengan preferensi yang sama agar dapat melihat konten-konten yang Anda buat.

Dengan algoritma yang dihasilkan, teknologi AI-generated content membantu konten Anda muncul pada feed target audiens Anda. Dengan begini, harapannya konten Anda terpromosikan dengan baik sehingga peluang menghasilkan penjualan pun akan meningkat.

  1. Chatbots

Chatbots adalah fitur yang disediakan untuk melayani pelanggan melalui chat secara otomatis. Untuk menunjang penerapan artificial intelligence dalam media sosial, chatbots akan menjawab dengan respons cepat atas pertanyaan mendasar yang diajukan oleh pelanggan. Selain melakukan percakapan interaktif tersebut, chatbots juga bekerja melacak dan menganalisis riwayat belanja pelanggan hingga membantu pelanggan dalam menavigasi situs web Anda.

  1. Social media ads

Penggunaan social media ads juga menjadi pilihan yang tepat dalam mengoptimasi media sosial. Dengan adanya artificial intelligence, social media ads bekerja cepat dan tepat sasaran. Konten promosi yang Anda buat akan ditampilkan kepada pengguna media sosial berdasarkan demografi, preferensi, dan perilaku mereka. Dengan begitu, hasil jangkauan yang didapatkan akan maksimal dan optimal. 

  1. Translasi bahasa pada konten

Kecanggihan teknologi membuat para pengguna media sosial di seluruh dunia saling terhubung tanpa sekat. Hal ini semakin didukung dengan hadirnya artificial intelligence yang dapat membantu pengguna media sosial dalam menerjemahkan berbagai bahasa.

Konten-konten yang Anda buat dan unggah di media sosial tentunya akan menjangkau audiens lebih luas dan banyak. Selain itu, Anda akan lebih hemat waktu, tenaga, dan biaya karena konten tidak perlu diterjemahkan secara manual ke dalam berbagai bahasa.

  1. Penentuan ranking berdasarkan algoritma

Artificial intelligence juga mempunyai fitur yang memudahkan para pengguna media sosial, yakni dalam penentuan ranking berdasarkan algoritma. Algoritma tersebut dilakukan oleh mesin untuk mengidentifikasi pola dan data. Pola dan data yang didapatkan akan dianalisis dan diprediksi secara rinci sesuai kebutuhan. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam memprediksi tren apa yang akan terjadi, sehingga dapat menyesuaikan promosi sesuai data yang didapatkan.

 

Kehadiran kecerdasan buatan sangat menguntungkan bagi para pengguna media sosial. Penerapan artificial intelligence dalam media sosial dari beragam contoh tersebut tentu membawa banyak manfaat, misalnya dapat membuat konten yang sesuai dan tepat sasaran, mendapatkan audiens sesuai target pasar, dapat mengetahui konten yang berada di ranking teratas, hingga mengurangi waktu dan biaya dalam pengelolaan media sosial. 

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola media sosial secara tepat, Anda bisa menggunakan layanan Social Media Analytis dari VADS Indonesia dengan menghubungi marketing@vads.co.id. Langsung saja konsultasikan kebutuhan bisnis Anda untuk mendapatkan layanan Social Media Analytics yang paling sesuai.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik