Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 3 Strategi Social Media Advertising yang Efektif dari PT VADS Indonesia

3 Strategi Social Media Advertising yang Efektif dari PT VADS Indonesia

02 Mei 2022

Image of 3 Strategi Social Media Advertising yang Efektif dari PT VADS Indonesia

Berbicara tentang teknik pemasaran dalam dunia bisnis, Anda akan menemukan berbagai cara untuk melakukannya. Salah satunya adalah dengan melakukan pemasangan iklan. Memasang iklan bisa dilakukan dengan media apa pun, termasuk social media advertising yang sangat populer sejak masifnya penggunaan media sosial.

Dalam artikel kali ini, PT VADS Indonesia akan menjelaskan seputar social media advertising dan strateginya yang efektif untuk meningkatkan kemampuan bisnis Anda dalam berkembang dan mendapatkan keuntungan lebih besar. Simak terus di sini!

Social media advertising, apa bedanya dari social media marketing?

Social media advertising merupakan jenis pemasaran digital yang biasanya memanfaatkan media sosial seperti Facebook atau Instagram. Penggunaan media sosial untuk menempatkan iklan yang Anda inginkan, idealnya akan dikenakan biaya. Meski demikian, cara ini adalah strategi yang efektif dan cepat agar Anda bisa terhubung dengan lebih banyak orang. 

Penggunaan media sosial dikatakan sangat efektif karena bisa menjangkau audiens yang luas dan meningkatkan kampanye yang ingin Anda lakukan. Jika Anda menggunakan media sosial sebagai alat menyebarkan iklan, maka Anda akan bisa menargetkan audiens secara lebih tepat. 

Pasalnya, iklan akan disebar berdasarkan sumber data dan sudah dipersonalisasi menurut perilaku pengguna dan demografi. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis di bidang kecantikan, maka orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan dunia kecantikan akan mendapatkan iklan Anda ketika membuka media sosialnya. Tentunya, kecanggihan ini didukung oleh adanya teknologi.

Berbicara tentang dunia pemasaran bisnis, pasti Anda juga akan pernah mendengar social media marketing, lalu apakah bedanya dari social media advertising? Banyak orang awam yang akan mengira dua hal ini sama, apalagi keduanya memanfaatkan media sosial untuk melakukan pemasaran. 

Meski terdengar serupa karena memanfaatkan media yang sama, social media marketing adalah teknik pemasaran yang biasanya tidak dikenakan biaya. Sedangkan seperti yang sudah disampaikan di atas, social media advertising akan dikenakan biaya. Strategi social media marketing dilakukan dengan cara beraktivitas seperti pada umumnya. Artinya, Anda akan melakukan posting konten layaknya orang bermedia sosial.

Platform social media advertising yang sering digunakan 

Social media advertising bisa dilakukan dengan membayar platform-platform yang sering digunakan. Adapun platform yang kerap digunakan adalah Facebook, YouTube, Instagram, Twitter, dan TikTok. Masing-masing media mempunyai kebijakan yang berbeda dalam memberikan layanan iklan bagi Anda.

Untuk menggunakan layanan ini, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu dan cari tahu fitur yang ditawarkan oleh masing-masing platform. Dengan begitu, Anda juga akan mengetahui platform mana yang tepat untuk memasangkan iklan. Misalnya, Anda memiliki bisnis di bidang kesehatan orang tua, maka Anda dapat menggunakan Facebook yang memiliki pengguna berusia 50-64 tahun berdasarkan riset pada 2020.

Hal serupa juga bisa diaplikasikan pada target audiens yang lain. Misalnya, jika target Anda adalah anak-anak muda, terlebih generasi Z, maka Anda bisa menggunakan layanan iklan berbayar TikTok yang hingga saat ini sudah memiliki pengguna aktif lebih dari 600 juta orang.

3 Strategi social media advertising

Setelah memahami apa itu social media advertising dan platform yang bisa Anda gunakan, kali ini PT VADS Indonesia akan berbagi strategi melakukan social media advertising yang efektif. Caranya pun tidak sulit, antara lain:

  1. Memiliki tujuan dan target pasar yang jelas

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ketika Anda hendak memasang iklan di media sosial, maka Anda harus bisa menyesuaikan target audiens yang Anda tuju. Artinya, Anda harus memahami tujuan serta target pasar yang ingin Anda capai. Misalnya, Anda mempunyai produk kecantikan bagi remaja, maka TikTok ataupun Instagram adalah media yang tepat karena kedua platform inilah yang umumnya dipakai oleh para remaja zaman sekarang.

  1. Mengunggah konten-konten organik

Strategi kedua adalah dengan menggunakan konten organik, yakni konten-konten biasa yang tidak berbayar. Dengan kata lain, social media advertising yang Anda lakukan harus didukung dengan social media marketing. Biasanya, ketika orang tertarik dengan iklan Anda, maka mereka akan mengunjungi website atau media sosial bisnis Anda. Jika konten yang Anda unggah di sana menarik, mereka pasti akan melakukan riset lebih lanjut.

  1. Memantau perkembangan iklan

Terakhir adalah dengan memantau perkembangan iklan. Setiap zaman akan memiliki cara beriklannya masing-masing. Itulah kenapa Anda harus bisa relevan terhadap perkembangan zaman agar iklan yang Anda taruh di media sosial tertentu menjadi efektif. 

Bagi yang tertarik untuk melakukan social media advertising untuk keperluan bisnis Anda, namun masih ragu dan bingung, gunakanlah layanan Social Media Advertising dari PT VADS Indonesia! Anda bisa meningkatkan awareness dan pendapatan bisnis dari penerapan strategi yang tepat. Buktikan sekarang juga!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik