Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Kenali Apa Itu BPO Contact Center Berbasis Cloud yang Bisa Maksimalkan WFH

Kenali Apa Itu BPO Contact Center Berbasis Cloud yang Bisa Maksimalkan WFH

11 April 2022

Image of Kenali Apa Itu BPO Contact Center Berbasis Cloud yang Bisa Maksimalkan WFH

BPO adalah singkatan dari Business Process Outsourcing, yang memberikan layanan bermacam-macam, termasuk contact center berbasis cloud atau cloud contact center. Cloud contact center membantu bisnis mengelola pengalaman pelanggan melalui telepon, email, teks, dan media sosial, sehingga menawarkan fungsionalitas tingkat lanjut melebihi panggilan masuk dan keluar.

Saat bisnis menambahkan lebih banyak support channel, cloud contact center bisa menjadi solusi yang membantu bisnis tetap memenuhi permintaan pelanggan dan mengoptimalkan produktivitas, termasuk memaksimalkan work from home atau WFH. Bagaimana caranya? Berikut informasinya.

Apa itu contact center berbasis cloud?

Contact center adalah fasilitas yang menangani kontak dengan pelanggan. Berbeda dengan call center yang hanya menangani panggilan telepon, contact center menangani komunikasi melalui beberapa channel. Mengandalkan BPO contact center yang tepat sangatlah penting untuk keberhasilan bisnis dalam menghadapi pelanggan. Panggilan penjualan atau support yang tidak ditangani dengan baik dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan dan rusaknya reputasi perusahaan.

Daripada contact center biasa, Anda bisa pakai cloud contact center, fasilitas berbasis internet yang menangani semua keperluan komunikasi pelanggan untuk bisnis. Fasilitas ini cocok dipakai perusahaan besar yang butuh banyak channel komunikasi (termasuk panggilan telepon dan pesan), manajemen agen, dan analitik.

Bagaimana cloud contact center bekerja?

Cloud contact center menyediakan komunikasi suara, teks, media sosial, dan video masuk dan keluar melalui koneksi internet berkecepatan tinggi. BPO contact center menangani semua pengaturan teknis, peralatan, dan pemeliharaan server. Jadi, Anda tidak perlu membeli, memasang, dan merawat perangkat keras telekomunikasi. 

Panggilan telepon pada cloud contact center dibuat menggunakan teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP). Setelah Anda menghubungkan software cloud contact center ke channel yang lain, seperti media sosial atau email, semuanya akan berfungsi secara otomatis. Masing-masing interaksi terikat ke akun dan ditugaskan ke agen yang tepat untuk menghindari konflik. 

Cloud contact center juga menyinkronkan data dengan software CRM (customer relationship management) bisnis sehingga semua agen tidak ketinggalan update. Bekerja sepenuhnya melalui internet, cloud contact center membuat bisnis hanya perlu menyediakan workstation, headset, dan koneksi internet. Saat agen masuk, mereka dapat menerima panggilan, email, atau pesan obrolan. Jadi, bisnis dapat berinteraksi dengan pelanggan secara konsisten di berbagai metode kontak.

4 Kegunaan cloud contact center

Bukan tanpa alasan kehadiran BPO contact center berbasis cloud bisa memaksimalkan WFH. Seperti yang disebutkan di atas, BPO adalah singkatan dari Business Process Outsourcing. Menyediakan layanan bersifat outsource, berikut beberapa kegunaan BPO cloud contact center:

  1. Dapat mengembangkan bisnis

Cloud contact center menyertakan infrastruktur global untuk komunikasi bisnis, jadi Anda bisa memasuki pasar tanpa membangun, menerapkan, dan memelihara layanan kompleks tersebut sendiri. Pendekatan ini memberikan keuntungan mengembangkan bisnis dengan mudah. Dengan menggunakan BPO contact center, Anda bisa memperluas kebutuhan penggunaan sesuai permintaan, tanpa waktu atau biaya tambahan untuk memperbarui perangkat keras.

  1. Fleksibel

Kini, banyak perusahaan menerapkan sistem WFH. Anda bisa menggunakan cloud contact center untuk memberikan fleksibilitas tertinggi yang dibutuhkan bisnis. Dengan BPO contact center, semua orang bisa tetap terhubung di mana pun lokasinya, termasuk supervisor dan direktur pusat panggilan yang dapat mengikuti tim di mana pun mereka bekerja.

Cloud contact center bisa bekerja di berbagai perangkat dan sistem operasi. Tersedia juga pelaporan real-time untuk memberikan transparansi lebih besar pada produktivitas dan pengalaman pelanggan. Saat WFH, keamanan menyeluruh penting untuk privasi pelanggan dan karyawan. Cloud contact center diaudit secara rutin untuk menghindari pelanggaran data yang tak diinginkan.

  1. Teknologi cloud yang lebih aman dari risiko

Ada banyak alasan mengapa teknologi cloud cenderung lebih aman dari risiko, salah satunya karena penyedia cloud berinvestasi besar dalam inovasi keamanan. Sebagian besar penyedia cloud telah membangun keseluruhan bisnis mereka di platform cloud. Berarti, penyedia cloud tidak hanya memberi pelanggan lingkungan hosting untuk beban kerja, tapi juga perlindungan infrastruktur dan layanan cloud yang menjadi prioritas pertama. 

  1. Meningkatkan pengalaman pelanggan

Tujuan utama penggunaan BPO contact center adalah untuk memecahkan masalah bagi pelanggan. Jika ingin memudahkan pelanggan untuk menghubungi agen bisnis dan menjaga hubungan pelanggan yang langgeng, Anda membutuhkan cloud contact center yang berkontribusi besar terhadap kemudahan dan kelancaran pengalaman pelanggan.

Cara kerjanya yang mudah dan cepat dalam memaksimalkan layanan pelanggan membuat BPO contact center layak Anda pertimbangkan. Anda bisa dapatkan layanan contact center berbasis cloud dari PT VADS Indonesia, BPO yang sangat diandalkan oleh banyak perusahaan. Banyaknya manfaat yang diberikan layanan cloud contact center dari PT VADS Indonesia membuat kegiatan WFH semakin mulus dan menguntungkan perusahaan Anda.

Kini, Anda telah tahu bahwa BPO adalah singkatan dari Business Process Outsourcing. Contact center berbasis cloud menjadi salah satu layanan yang dihadirkan oleh BPO seperti PT VADS Indonesia. Karenanya, jangan ragu hubungi marketing@vads.co.id untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara meningkatkan layanan pelanggan di perusahaan Anda. PT VADS Indonesia siap memberikan informasi lengkap tentang layanan pelanggan lainnya untuk membantu berbagai kebutuhan perusahaan Anda. Semoga bermanfaat!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik